Review Lengkap Xiaomi Mi 10 Pro dan Info Harga

Tanggal 13 Februari 2020 lalu, Xiaomi Technology secara resmi merilis seri Xiaomi Mi 10 terbaru. Seri andalan terbaru itu ada dua yaitu Mi 10 reguler dan Mi 10 Pro. Bagi Mi Fan, kehadiran Xiaomi Mi 10 dipandang sebagai produk yang sangat penting. Dari perspektif konsumen, mereka sangat mengharap Xiaomi meluncurkan model andalan tanpa adanya cela dalam semua aspek spesifikasi. Lalu apa yang bisa diandalkan dari spesifikasi Xiaomi M1 10 dan Mi 10 Pro?

 

Menurut CEO Xiaomi Lei Jun, memilih untuk meluncurkan seri Xiaomi Mi 10 adalah keputusan yang sulit. Kita tahu, dunia saat ini sedang dilanda epidemi Corona sehingga kendala Xiaomi tidak cuma untuk mengadakan konferensi pers, tetapi juga dalam persiapan rantai pasokan, kapasitas pabrik, dan logistik penjualan berikutnya. Xiaomi pun mengalami kesulitan dalam memberikan layanan pelanggan. Namun akhirnya seri Xiaomi Mi 10 tetap bisa dihadirkan untuk konsumen.

 

Seri Xiaomi Mi 10 dibagi menjadi Xiaomi Mi 10 dan Xiaomi Mi 10 Pro. Keduanya seratus persen sama dalam hal desain, tetapi ada beberapa perbedaan dalam beberapa parameter layar, kamera, baterai dan pengisian daya. Baik Xiaomi Mi 10 maupun Xiaomi Mi 10 Pro menggunakan layar punch hiperboloid resolusi 6,67 inci 2340 × 1080 piksel dengan kecepatan refresh rate 90Hz hingga maksimal bisa sampai 180Hz. Keduanya dilengkapi dengan platform chipset tergahar saat ini, Snapdragon 865. Kamera depan 20 Megapiksel, memori LPDDR5, memori flash UFS 3.0, sensor sidik jari di layar optik ultra tipis, motor linier horizontal, NFC berfitur lengkap, pengisian daya 30W nirkabel, speaker stereo ganda 1216 dan remote control inframerah.

Baca juga >>
Berbagai Cara Bayar Listrik PLN Online

 

Dari segi ukuran, tidak ada perbedaan antara Xiaomi Mi 10 dan Xiaomi Mi 10 Pro, dimana keduanya menawarkan ukuran 162,58 × 74,8 × 8,96mm dengan berat 208 gram. Tidak ringan dan tipis, tetapi berkat desain frame yang sangat bagus dan distribusi berat yang seimbang, maka memegang ponsel ini pun rasanya tidak terlalu berat. Perbedaannya adalah bahwa kecerahan puncak layar Xiaomi 10 mencapai 1120nit, empat kamera belakang yang tersusun dari kamera utama 108 megapiksel, sensor 13 megapiksel ultra wide angle, sensor 2 megapiksel depth of field, dan sensor 2 megapiksel makro, kapasitas baterai adalah 4780mAh, dan charger pengisian cepat 30W.

 

Sementara spesifikasi Xiaomi Mi 10 Pro memiliki kecerahan layar maksimal 1200 nit, kamera belakang dengan konfigurasi 108 megapiksel kamera utama (1/1.33-inch 8P lens OIS optical image stabilization), 12 megapiksel portrait lens (2PD dual-core focusing), 20 megapiksel ultra-wide-angle lens (117 degrees), dan 10x hybrid optical zoom lens (OIS optical image stabilization), mendukung pengisian cepat kabel 50W yang klaimnya hanya butuh 45 menit untuk mengisi penuh.

Review Lengkap Xiaomi Mi 10 Pro dan Info Harga (1661 kata)

Desain: Layar hiperboloid + proses AG

Seri Xiaomi 10 menggunakan desain layar hiperboloid 6,67 inci dengan casing belakang juga menggunakan desain 2.5D untuk memastikan pegangan yang mantap. Xiaomi Mi 10 Pro tersedia dalam warna star blue dan matte putih. Cangkang belakang menerapkan finishing matte AG. Dibandingkan dengan Xiaomi Mi 9 Pro, tekstur kesing belakang Mi 10 Pro agak lebih kasar yang secara efektif akan mengurangi kemungkinan noda sidik jari tertinggal. Baik di depan maupun belakang juga sudah diberikan tambahan lapisan kaca Gorilla Glass generasi kelima yang lebih tahan aus dan dapat secara efektif mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh benturan yang tidak disengaja.

Baca juga >>
Cara Setting Controller Free Fire: Battlegrounds Di Nox

Keempat kamera di belakang diatur dalam barisan vertikal 3 + 1, dan bagian bawahnya adalah lampu dual color temperature LED. Selain lampu LED, ada juga sensor cahaya independen. Dengan kata lain, Xiaomi Mi 10 Pro menggunakan desain sensor cahaya ganda. Produsen mengklaim jika fitur integrasi sumber cahaya ganda di bagian depan dan belakang akan sangat meningkatkan akurasi sensor cahaya dan juga penyesuaian kecerahan layar yang lebih halus. Dan pada situasi gelap, penyesuaian otomatis akan lebih halus sehingga pengalaman membaca di malam hari pun akan lebih baik. Selain mikrofon peredam bising dan sensor inframerah di bagian atas, ada juga speaker terpisah yang ukurannya sama dengan speaker bawah. Slot kartu SIM terletak di bagian bawah. Tampaknya ini adalah ponsel Xiaomi pertama dengan slot kartu SIM di bagian bawah. Xiaomi Mi 10 Pro tidak menyediakan tombol suara tersendiri, pengguna dapat mengontrol fitur Xiaomi Assistant melalui tombol daya atau suara.

Sistem Operasi: MIUI 11 Lebih Smooth

Xiaomi Mi 10 Pro dilengkapi dengan sistem MIUI 11 berbasis Android 10, dan sistem file menggunakan F2FS. Sistem file ini lebih ramah untuk membaca dan menulis secara acak, dan secara teoritis dapat meningkatkan kelancaran sistem. Perubahan paling jelas dalam pengaturan sistem adalah penambahan pengaturan kecepatan refresh layar. Pengguna dapat dengan bebas beralih antara kecepatan kedip layar dari 60Hz dan 90Hz. Untuk pengguna yang tidak menyukai layar punch, mereka dapat memilih untuk menyembunyikan fungsi poni. Sistem ini menyediakan total tiga mode untuk dipilih. Xiaomi Mi 10 Pro pun menambahkan fungsi video toolbox ke sistem. Setelah mengatur aplikasi yang menggunakan Toolbox maka membukanya akan secara otomatis meluncurkan aplikasi tersebut. Video toolbox menyediakan fungsi-fungsi seperti penyesuaian style gambar, peningkatan suara, peningkatan kualitas gambar, perekaman layar, tangkapan layar, dan proyeksi layar. Diharapkan bahwa fungsi ini akan tersedia pada model lain di masa depan.

Baca juga >>
10 Game VR Android yang bisa dimainkan tanpa controller

Kinerja: Snapdragon 865 + LPDDR5 + standar unggulan UFS 3.0

Xiaomi Mi 10 Pro dilengkapi dengan platform chipset terbaik Snapdragon 865, memori RAM LPDDR5 8/12 GB dan memori flash 256GB UFS 3.0, yang dapat dikatakan sebagai konfigurasi standar ponsel unggulan pada paruh pertama tahun 2020. Diukur, kecepatan membaca dan menulis secara simultan untuk versi Xiaomi Mi 10 Pro 8 + 256GB masing-masing mencapai 1637.9MB / s dan 726.64MB / s, dan kecepatan membaca dan menulis secara acak melebihi 200MB / s. Dapat dikatakan bahwa ini adalah produk Xiaomi dengan kinerja penyimpanan terbaik dalam sejarah. Sementara tolok ukur Xiaomi Mi 10 Pro untuk benchmark Antutu V8 yang menambahkan dukungan untuk layar refresh rate tinggi, didapatkan poin untuk refresh rate 60Hz dan 90Hz masing-masing adalah 562345 dan 565594. Kecepatan refresh utamanya akan memengaruhi skor UX. Skor UX pada 60Hz adalah 75910 dan 90Hz adalah 80527. Selisihnya mencapai 5000 poin.

Kamera Xiaomi Mi 10 Pro: Kamera 108MP Quad

Xiaomi Mi 10 Pro dilengkapi dengan kamera depan ultra-miniature 20 megapiksel. Modul ini merupakan desain buatan Xiaomi yang sudah dipatenkan. Sensor kamera depan ini sudah mendukung mode fotografi wide-angle panoramic yang akan mengambil tiga gambar berturut-turut kemudian sistem akan secara otomatis mensintesisnya. Sedangkan kamera belakang adalah desain empat kamera, termasuk kamera utama Samsung HMX 1 / 1,33 inci 108 megapiksel, lensa super telephoto, lensa portrait dan lensa ultra wide-angle.

Bukaan kamera utama 108 megapiksel sebesar F / 1.69, dilengkapi dengan lensa 8P, dan mendukung stabilisasi gambar optik OIS. Lensa ultra-telefoto mendukung 10x optical hybrid zoom dan 50x digital zoom. Ini juga mendukung stabilisasi gambar optik OIS. Fitur tersebut diklaim akan secara efektif mengurangi sedikit goyangan tangan saat memotret dengan lensa ultra-telefoto. Lensa ultra wide angle atau sudut ultra lebar memiliki sensor 20 Megapiksel, dan sudut lebarnya dapat mencapai cakupan hingga 117 derajat. Pada saat yang sama, lensa ini pun mendukung fungsi koreksi distorsi AI ultra wide angle, yang dapat menghilangkan distorsi saat mengambil gambar panorama dan potret.

Baca juga >>
Cara install Android 11 developer preview di Google Pixel

Lensa portrait memiliki sensor 12 megapiksel, ukuran piksel 1,4 micrometer, mendukung pemfokusan dual-core Dual PD, dan panjang fokus 50mm. Ini adalah konfigurasi klasik yang telah dipertahankan di ponsel Xiaomi generasi terbaru. Xiaomi Mi 10 Pro pun mendukung fungsi fokus laser, yang lebih akurat untuk pemotretan malam hari. Fitur Itu juga dapat memonitor suhu warna dari cahaya sekitar (ambient) secara real time, membuat foto white balance akan lebih akurat.

Dalam hal fitur perangkat lunak, Xiaomi Mi 10 Pro mendukung Super Night Scene 2.0. Algoritma optimasi adegan malam berdasarkan domain RAW sehingga akan memperoleh lebih banyak informasi data gelap. Hasil foto panorama yang diambil di malam hari tanpa noise dan detail yang lebih kaya. Untuk kemampuan merekam video, Xiaomi Mi 10 Pro telah menambahkan mode Vlog, built-in beberapa set template Vlog, dan mendukung gerakan mirror otomatis, transisi, soundtrack, dan eal-time voice subtitles.. Selain itu, Xiaomi Mi 10 Pro juga mendukung real-time video blurring yang dapat menangkap gambar video latar belakang buram. Dari foto yang diambil, Xiaomi Mi 10 Pro sangat memuaskan dalam kemampuan zoom. Selain itu, gambar yang diambil pada setiap focal length sangat bagus dalam white balance dan tidak ada banyak perbedaan.

Pengisian dan Daya Tahan Baterai Sangat Memuaskan

Xiaomi Mi 10 Pro menggunakan baterai sel tunggal 4500mAh, yang mendukung pengisian cepat kabel 50W, pengisian cepat nirkabel 30W, dan pengisian reverse 10W. Charger pengisian cepat kabel meningkat sebesar 5W dibandingkan dengan yang dimiliki Xiaomi 9 Pro. Sementara pengisian cepat nirkabel dan pengisian reverse tidak berubah dibanding yang dimiliki seri sebelumnya. Menurut Xiaomi, saat menggunakan charger asli, Xiaomi Mi 10 Pro dapat mengisi baterai hingga 100% dalam 45 menit saja. Menggunakan solusi single-cell dual charge pump maka tingkat konversi yang didapat akan melebihi 97%.  Selain itu, Xiaomi Mi 10 Pro menggunakan teknologi pengisian cepat MI-FC baru, yang dapat memonitor tegangan sel secara real time selama proses pengisian. Di bawah premis untuk memastikan keamanan, dengan meningkatkan durasi pengisian daya tinggi pada separuh waktu pengisian pertama, mengurangi pengisian yang tidak efisien dalam separuh waktu pengisian kedua pada gilirannya akan mengurangi waktu pengisian.

Baca juga >>
Cara Daftar Paket Promo Telkomsel Rp.0 Kuota 500Mb/Hari

Dalam hal daya tahan baterai ketika posisi kartu seluler aktif, Wi-Fi yang terhubung, refresh rate 90Hz, dan kecerahan otomatis, menonton satu jam video hanya menghabiskan 10% daya dan 15 menit memainkan Peace Elite (kualitas tertinggi) hanya mengkonsumsi 5%, memainkan 15 menit “Glory of the King” (mode frame rate tinggi) cuma mengkonsumsi 4% daya, 15 menit menjalankan aplikasi Antutu stress test hanya mengkonsumsi 8% daya. Secara keseluruhan, Xiaomi Mi 10 Pro yang dilengkapi dengan platform mobile Snapdragon 865 dan layar dengan kecepatan refresh 90Hz tampaknya membuat baterai 4500mAh cukup awet.

Harga Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro

Mengacu pada harga Xiaomi Mi 10 dan harga Xiaomi Mi 10 Pro untuk pasar China, berikut daftar selengkapnya :

  • Xiaomi Mi 10 8GB + 128GB dijual seharga 3999 yuan (sekitar Rp.9.200.000)
  • Xiaomi Mi 10 8GB + 256GB dijual seharga 4299 yuan (sekitar Rp.9.900.000)
  • Xiaomi Mi 10 12GB + 256GB dijual seharga 4699 yuan (sekitar Rp.10.800.000)
  • Xiaomi Mi 10 Pro 8GB + 256GB dijual seharga 4999 yuan (sekitar Rp.11.500.000)
  • Xiaomi Mi 10 Pro 12GB + 256GB dijual seharga 5499 yuan (sekitar Rp.12.600.000)
  • Xiaomi Mi 10 Pro 12GB + 512GB dijual seharga 5999 yuan (sekitar Rp.13.800.000)

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !