HP sejuta umat! Begitulah kata yang pantas untuk diberikan pada gadget canggih yang satu ini. Bagaimana tidak, dengan budget yang tak terlalu besar saja kita bisa mendapatkan spesifikasi handphone yang cukup wah di kelasnya.

Banyak para pecinta game mobile yang menjadikannya sebagai handphone alternatif ketika tidak cukup modal untuk membeli varian yang lebih mahal.

Pelarian ini juga menjadikan HP Realme C17 dikejar banyak orang semenjak tahun 2020 lalu berkat harganya yang menggiurkan.

Tak berhenti sampai di sana, varian gadget ini pun menghadirkan sejumlah fitur dan kelebihan yang wajib untuk kamu manfaatkan nantinya!

Harga dan Spesifikasi Realme C17

Prosesor yang disediakan oleh handphone Realme C17 sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk kita gunakan bermain game tanpa harus membuatnya kehilangan banyak baterai.

Sekalipun entry-level ini ada di kelas bawah, namun permainan berkapasitas kecil seperti Mobile Legend dan Free Fire masih bisa digunakan.

Berbeda jika kamu hendak bermain game terbaik di tahun ini seperti Genshin Impact dan Honkai Impact 3, maka handphone ini masih masuk ke dalam varian kentang.

Tak jarang permainan menjadi terasa berat.

Namun jika berbicara masalah harga, Realme C17 masihlah sangat layak untuk dikejar saat kita sandingkan dengan spesifikasinya.

Dikutip dari halaman resmi Realme, dengan harga 2.799.000 rupiah saja kita sudah bisa mendapatkan prosesor Snapdragon 460, bersama dengan Octa-Core CPU, 11 Nm, hingga 1.8Ghz, yang dikawinkan dengan GPU Andreno 610.

Bermain game tentunya erat kaitannya dengan angka RAM, yang mana harga tersebut tuh sudah bisa mendapatkan memori sebesar 6GB dengan ruang penyimpanan internal sebesar 256GB.

Secara garis besarnya, itu spesifikasi yang paling banyak dijadikan patokan. Sebagai bahan pertimbangan tambahan, maka bisa melihat daftar spek komplit dari Realme C17 berikut ini:

  • Prosesor: Snapdragon 460
  • CPU: Octa-Core, 11 Nm, up to 1.8Ghz.
  • GPU: Andreno 610
  • RAM: 6GB
  • ROM: 256GB
  • Layar: 90Hz Ultra Smooth Display dengan 90% rasio layar beresolusi 1600×720 High Definition
  • Potret: Kamera Utama 13MP, Lensa Ultra Wide-Angle 8MP, Lensa Makro 2MP, Lensa B&W 2MP, Kamera Selfie 8MP
  • Video: 1080p dan 720p dengan maksimal 30fps
  • Baterai: 5000mAh Massive Battery
  • Jaringan: 2 SIM Card berfrekuensi LTE TDD, WCDMA, dan GSM
  • Nirkabel: 2.4/5 GHz, 802.11 b/g/n/a/ac, Bluetooth 5.0
  • Ukuran: 164,1mm x 75.5mm x 8,9mm (PxLxT)
  • Berat: 188g termasuk baterai
  • Fitur Lain: 1 slot MicroSD, Sensor, Navigasi, Konektor, Sistem Operasi Realme UI berdasarkan Android 10

Dalam dunia handphone, jika gadget tersebut bisa digunakan untuk bermain game, maka aplikasi-aplikasi umum seperti WA akan lebih lancar dan ringan saat digunakan.

Prosesor dari Realme C17 sendiri memiliki reputasi yang begitu baik, bersama dengan grafis lengkap dengan GPU Andreno 610 yang dimilikinya, maka akan menyediakan pengalaman visual yang menyenangkan saat bermain game dan menonton film.

Mengenai RAM dan ROM Realme C17

Sebagian besar orang selalu mencari handphone berdasarkan ukuran RAM dan ROM yang dimilikinya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa dengan RAM sebesar 6GB dan ruang penyimpanan sebesar 256GB, maka menawarkan kita sejumlah pemakaian aplikasi harian dengan kecepatan akses luar biasa.

Pasalnya, aplikasi tersebut tak hanya membutuhkan RAM saja, juga menghabiskan ruang penyimpanan sekian persen saat sedang digunakan.

Inilah kenapa handphone yang memiliki RAM besar namun ROM kecil tetap terasa berat dan nge-lag saat digunakan, apalagi jika membuka semua aplikasi yang telah diinstal di handphone saat bersamaan.

Selain itu, ROM yang besar juga mencegah kita untuk memasangkan kartu memori eksternal yang malah membebani performa handphone itu sendiri.

Jarang orang tahu bahwa semakin besar ruang penyimpanan eksternal yang digunakan, maka akan semakin memberatkan handphone kita pada saat eksekusi aplikasi tertentu.

Menyimpan aplikasi pada memori eksternal malah seperti ibarat menyiram minyak pada api yang membara, atau menabur garam di dalam luka.

Alih-alih membuatnya lebih cepat dan lapang, kebiasaan ini membuat handphone kita semakin kesakitan.

Maka dari itulah, Realme C17 menyediakan ruang penyimpanan yang besar dan RAM yang mumpuni, sehingga aktivitas meminjam ruang ke memori eksternal untuk penggunaan aplikasi bisa dihindari.

Sekalipun handphone kita tersebut menyediakan ruang kartu mikro SD, namun lebih baik untuk dihindari penggunaannya secara masif.

Harga Pas Untuk Prosesor Mantap

Sementara banyak orang yang meributkan masalah RAM dan ROM, lain lagi dengan prosesor yang seharusnya dijadikan tajuk utama karena menjadi otak dari gadget itu sendiri.

Sayangnya, jarang orang yang mau mempertimbangkan varian prosesor yang disediakan oleh masing-masing handphone.

Ini karena versinya sendiri cenderung lebih sulit diingat dan ditakar, berbeda dengan RAM yang berupa angka.

Untungnya, prosesor miliknya Realme C17 sendiri tidak kacangan. Bisa dibilang cukup pas dengan harga yang ditawarkannya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Realme C17 ini dipersenjatai oleh prosesor Snapdragon 460 Octa-Core yang diperkaya dengan Qualcomm SM4250.

Kemudian kecepatan refresh sebesar 90Hz ini juga mampu meningkatkan aksesibilitas dan kecepatan perpindahan antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Tak berhenti sampai di sana, Realme C17 telah terkenal akan kekuatan daya baterainya yang begitu membahana. Padahal, sebagian besar efek ini berkat prosesor yang dibawanya tersebut, sambil menawarkan waktu ngechas yang lebih cepat.

Contoh Game yang Dapat Dimainkan dan Efeknya

Sebagai gambaran, kita coba ambil sedikit contoh beberapa varian game yang paling banyak dan terkenal dimainkan saat ini, sebut saja Free Fire dan PUBG.

Prosesor entry-level hingga mid-range miliknya Realme C17 ini bisa memberikan kecepatan frame rate yang lumayan tinggi untuk game bertajuk FPS dan MMO.

Namun dikarenakan tingkat grafiknya merupakan kelas bawah hingga menengah, kita pun hanya bisa memainkan PUBG dengan kualitas dan frame rate sedang.

Sementara game Free Fire dapat berjalan secara lebih lancar di ponsel keren yang satu ini.

Tentu saja, jika ada game favorit yang membutuhkan daya lebih rendah daripada kedua permainan di atas, sudah dipastikan dapat dimainkan secara lebih lancar dengan pengalaman yang jauh lebih baik.

Didukung dengan RAM 6GB, Realme C17 mampu memberikan dukungan yang begitu baik saat ingin melakukan multi-tasking.

Maklum, seringkali kita harus membuka aplikasi lain saat game berlangsung – apalagi permainan online yang tak bisa kita pause atau matikan di tengah jalan.

Tentu saja, daya baterai dan usianya akan semakin lama lagi jika tak digunakan untuk kebutuhan game.

Ini karena game sendiri merupakan salah satu aktivitas yang paling merusak gadget kita dari waktu ke waktu.

Makanya, khusus buat kamu yang handphone-nya hanya dijadikan sebagai sarana komunikasi dan hiburan seperti nonton Youtube, maka dapat mengharapkan usia Realme C17 di atas 5 tahunan.