Rata Rata Umur Baterai Smartphone Dan Cara Perawatannya

Baterai tanam adalah baterai yang ada di HP yang sudah terpasang permanen dan tidak bisa di ambil maupun di pindahkan, dengan adanya baterai tanam ini maka hp anda akan lebih simpel dan misalkan jatuh maka tidak akan terpisah antara baterai dengan casing maupun HP nya.

Jaman dulu, HP menggunakan baterai removable atau baterai yang bisa di copot dan kemudian di ganti. Dengan begitu maka akan lebih awet karena jika terjadi kerusakan pada baterai maka anda hanya cukup membeli baterainya saja kemudian di ganti dengan yang baru. Lantas apakah baterai tanam bisa di ganti layaknya baterai removable? Berikut penjelasannya

Rata Rata Umur Baterai Smartphone

Rata rata usia baterai smartphone adalah sekitar 2 tahun. Malah pada beberapa kasus ada yang hanya 1,5 tahun, tergantung penggunaan. Kalau yang sering dipakai buat main game sambil di charge biasanya 1,5 tahun sudah soak. Setelah 1,5 tahun sampai 2 tahun biasanya baterai mulai soak dengan ciri-ciri baterai jadi cepat habis walaupun sudah memakai mode hemat baterai. Kemudian tanda-tanda yang lain jika level baterai sudah dibawah 10% atau 5% biasanya smartphone akan mati dengan sendirinya karena baterainya sudah tidak kuat lagi. Selain itu ciri-ciri yang lainnya yaitu ketika di charge proses pengisian baterai menjadi lebih lama.

Untuk biaya penggantian baterai tergantung dari seri smartphone nya. Semakin mahal harga smartphone nya maka biaya penggantian baterainya juga akan semakin mahal karena harga sparepart baterai yang mahal di tambah proses penggantian baterai yang sedikit lebih rumit pada smartphone-smartphone yang mahal.

Rata Rata Umur Baterai Smartphone

Cara Mengganti Baterai Tanam

Setelah mengetahui rata rata umur baterai smartphone selanjutnya membahas baterai tanam. Jika pada hp jaman dulu, mengganti baterai sangatlah mudah karena anda hanya cukup membuka casing bagian belakang kemudian mengambil baterainya dan kemudian memasukan kembali baterai yang baru.

Semudah dan segampang itu tanpa harus repot menggunakan berbagai alat dan tanpa khawatir akan terjadi kerusakan karena membuka baterai. Namun pada baterai tanam sangat jauh berbeda dengan baterai removeable, karena jika anda ingin membuka dan mengganti baterai tanam maka ada beberapa alat yang perlu di persiapkan.

Baca juga
Cara Mengatasi Android Selalu Masuk Recovery Mode

Selain itu anda juga perlu berhati-hati dalam melakukan penggantian baterai karena takut merusak komponen dan kabel-kabel yang rumit yang justru bisa menyebabkan kerusakan jika terjadi kesalahan.

Untuk mengganti baterai tanam, anda harus memperhatikan betul langkah-langkahnya dan jangan membuat kesalahan sedikitpun agar HP anda tidak rusak atau eror. Oleh karena itu, berikut langkah-langkah cara mengganti baterai tanam yang perlu anda perhatikan.

  • Siapkan perlengkapan yang di butuhkan untuk mengganti baterai tanam, yakni baterai tanam baru yang baru anda beli, kemudian Obeng Philips plus yang berukuran 1,5 mm, SIM Ejector dan spudger
  • Setelah itu, buka SIM tray atau tempat penyimpanan kartu SIM dengan memasukan SIM ejector
  • Kemudian anda bisa membuka casing bagian belakang HP anda dengan tangan biasa selanjutnya untuk mulai membuka bagian baterai maka anda bisa mencongkelnya dengan spudger atau prying tool.
  • Pisahkan antara konektor baterai dengan spudger atau pryting tool dengan hati-hati agar tidak merusak konektor baterai anda
  • Buka modul load speaker terlebih dahulu, karena baterai tanam menempel pada bagian modul loud speaker yang tertanam pada body hp. Anda bisa menggunakan spudger untuk membuka modul load speaker dengan cara mencongkelnya. Perhatikan dan jangan sampai ada kabel maupun komponen yang tergeser ketika anda mengambil baterai tanam tersebut
  • Setelah itu tahap selanjutnya adalah mulai melepaskan baterai, untuk melepaskan baterai maka anda harus perlahan lahan mengambilnya dengan melepas perekatnya agar tidak sampai terputus
  • Kemudian jika anda sudah selesai mengambil baterai yang lama, anda bisa mulai memasang baterai yang baru dengan langkah yang sama seperti di atas hanya saja jika anda memasukan baterai yang baru maka anda harus merangkainya sedangkan jika anda mengeluarkan hp yang lama maka anda harus membongkarnya.

Demikianlah beberapa langkah cara mengganti baterai tanam yang bisa anda lakukan sendiri jika anda ingin mengganti baterai anda secara mandiri atau tidak ke konter dan tukang service. Namun perlu anda perhatikan jika anda ingin mengganti baterai tanam sendiri maka berhati-hatilah agar tidak terjadi kerusakan lain atau timbul masalah lainnya.

Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

Setelah mengetahui rata rata umur baterai smartphone selanjutnya cara menghemat baterai. Setiap smartphone Android dikemas dengan perangkat keras dan fitur canggih, tetapi sayangnya dilengkapi dengan masa pakai baterai yang singkat. Layar yang lebih besar dan lebih cerah, prosesor yang lebih cepat, dan aplikasi yang berjalan di latar belakang, semua cepat menguras daya dari baterai yang semakin tipis. Berikut adalah tips untuk membuat baterai ponsel Android Anda bertahan lebih lama.

1. Menggunakan mode hemat daya

Cara tercepat untuk menghemat baterai Anda adalah dengan mengaktifkan modus hemat daya yang ditemukan dalam pengaturan sebagian besar ponsel Android. Anda dapat melakukan ini dengan pergi ke pengaturan > pemeliharaan perangkat, kemudian mengetuk ikon baterai di pojok kiri bawah.

Baca juga
Game VR Android Terbaik Tanpa Controller Multiplayer

Mode ini membatasi prosesor ponsel Anda dan mengurangi tampilan kecerahan layar, sehingga hanya menggunakan daya minimum untuk menjaga fungsi kritisnya berjalan. Ini berarti bahwa bahkan dengan mode hemat daya, Anda masih memiliki akses ke aplikasi untuk mengirim SMS, penelusuran web, dan media sosial. Terlebih lagi, fitur ini dapat diatur untuk secara otomatis aktif ketika baterai ponsel Android drop ke tingkat tertentu, sehingga Anda dapat menerapkan tips ini dan menikmati masa pakai baterai yang lebih lama.

2. Menyetel kecerahan secara manual

Menggunakan Auto-brightness pada ponsel Android juga menguras baterai Anda lebih cepat, karena sistem ini sebenarnya menetapkan kecerahan pada tingkat yang lebih tinggi daripada apa yang Anda butuhkan. Untuk memperpanjang masa pakai baterai, sesuaikan kecerahan secara manual dengan membuka pengaturan > tampilan. Untuk menghemat lebih banyak daya, Anda dapat mengatur interval waktu tunggu layar menjadi sesingkat 15 detik, sehingga layar ponsel Anda kembali menjadi gelap lebih cepat bila tidak digunakan.

3. Uninstall aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan

Semakin banyak aplikasi yang ada di ponsel, semakin banyak energi yang digunakan. Jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai, Anda harus memiliki aplikasi yang sedikit. Apakah Anda sangat membutuhkan empat editor foto? Apakah Anda memerlukan aplikasi situs berita terpisah ketika Anda dapat mengakses mereka semua satu aplikasi? Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak perlu, berlebihan, atau jarang digunakan dengan membuka Settings > Apps. Dari daftar lengkap semua aplikasi, pilih dan uninstal aplikasi yang tidak dipakai.

4. Mengatur layar home

Sebagian besar pengguna ponsel Android tidak menyadari bahwa layar home juga menentukan masa pakai baterai. Dengan memuat banyak aplikasi dan widget membuat konsumsi baterai naik. Jaga layar home tetap minimalis dengan hanya menyimpan aplikasi penting dengan wallpaper gelap. Wallpaper berwarna gelap atau hitam juga dikenal mengurangi konsumsi baterai.

5. Mematikan suara dan getaran

Suara dan getaran memungkinkan Anda tahu tentang panggilan masuk, pesan, dan pemberitahuan. Tetapi dalam beberapa kasus dapat menguras baterai Anda. Jika Anda memiliki chat grup yang sangat aktif, atau jika Anda berlangganan banyak feed, maka Anda harus mempertimbangkan mematikan suara dan getaran untuk aplikasi ini. Menghilangkan pilihan suara dan getaran dengan pergi ke pengaturan > suara dan getaran.

6. Menyembunyikan semua Notifikasi

Jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai lebih lanjut, maka Matikan pemberitahuan sepenuhnya. Tanyakan pada diri Anda, “Apakah Anda perlu tahu setiap kali seseorang posting atau komentar di halaman Facebook Anda? Apakah Anda ingin mendengar tentang penawaran terbaru dan penawaran dari aplikasi Anda? ” Jika Anda tidak terlalu perlu diberitahu tentang hal ini, maka pergi ke pengaturan > pemberitahuan, kemudian matikan pengaturan semua aplikasi.

Baca juga
Review OnePlus 8 dan 8 Pro, Kenalkan Kamera Setara DSLR

7. Memeriksa setelan Layanan lokasi

Beberapa aplikasi seperti Google Maps dan Waze mengharuskan Anda mengaktifkan layanan lokasi untuk menampilkan lingkungan sekitar dan memberikan petunjuk arah. Tapi Layanan ini menguras baterai, Anda harus menyalakannya hanya untuk selama Anda perlu. Anda dapat pergi ke pengaturan > Connections > lokasi > menemukan metode, lalu centang opsi penghematan baterai.

Cara Merawat Baterai iPhone Refurbished

Seteleh mengetahui rata rata umur baterai smartphone selanjutnya cara merawat baterai iphone. Menjadi produk terbesar di dunia, iPhone merupakan salah satu ponsel yang paling banyak digunakan oleh banyak orang. Banyak fitur canggih dan desain yang menarik membuat iPhone digunakan. Walaupun harganya selau tinggi tetapi pengguna iPhone banyak. Tetapi,masih ada kelemahan yang dimiliki iPhone yaitu dari segi baterainya.

Cara Menghemat Baterai Iphone

Semua pengguna iPhone pasti sering kesal karena baterai cepat habis dan panas. Ada beberapa faktor alasan baterai iPhone cepat habis. Salah satu nya faktor yang menyebabkan baterai iPhone cepat habis yaitu terlalu lama penggunaan serta juga kurangnya perhatian dari user untuk cepat mengcharger baterai iPhone. Selain itu,kami akan membagikan tips tentang cara merawat iPhone refurbished. Apa itu iPhone refurbished?

iPhone refurbished adalah iPhone yang sudah dibenarkan dan menjadi iPhone baru lagi. Dengan kata lain iPhone refurbished adalah iPhone yang second tetapi masih layak untuk digunakan. Karena bagi beberapa orang menggunakan barang second masih trend. Maka dari itu,sengaja kami bagikan tips berikut untuk anda yang sedang mencari referensinya

1. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai iPhone

Anda dapat menginstall aplikasi penghemat baterai yang tersedia untuk iPhone seperti DU Battery Saver. Aplikasi ini bisa anda install agar iPhone dapat sedikit hemat. Karena memang daya baterai iPhone yang melemah dan sering habis. Kami sarankan untuk menggunakan beberapa aplikasi penghemat baterai,demi membuat iPhone tak cepat kehabisan baterai.

2. Matikan GPS,Wifi,Data Selular Dan Bluetooth Saat Sedang Tidak Digunakan

Fitur-fitur sangat berguna bila akan kita gunakan. Tetapi,saat tak gunakan tetap menyala akan merepotkan kita. Karena daya baterai yang tersedot membuat fitur-fitur ini harus dimatikan saat tak terpakai. Cek kembali fitur fitur ini,agar iPhone anda tak cepat kehabisan baterai.

3. Rendahkan Kecerahan Layar

Selain membuat mata sakit,kecerahan layar yang tinggi membuat daya baterai terkuras. Hal ini sangat membuat kita kesal,karena memang walaupun sepele. Ternyata menggunakan kecerahan layar yang tinggi membuat baterai iPhone cepat habis. Maka dari itu,kami rekomendasikan untuk menurunkan kecerahan layar pada iPhone anda.

4. Gunakan Powerbank

Fungsi powerbank adalah membuat daya baterai kita menjadi tetap ada. Saat lupa membawa charger powerbank sangat membantu kita. Maka dari itu,kami sarankan untuk anda semua untuk menggunakan powerbank untuk menghemat baterai iPhone kita.

Baca juga
Cara menggunakan aplikasi cute cut

5. Segera Charger Bila Baterai Akan Cepat Habis

Bila daya tahan baterai sisa 30% sebaiknya langsung dicharger saja. Sesegera mungkin mengcharger baterai iPhone bila baterai cepat habis. Kecuali anda memilih baterai dengan kualitas baik yang membuat kita tak harus mengcharger daya baterai iPhone. Walaupun simpel,tetapi jangan disepelekan karena cara ini sangat bagus untuk menghemat baterai iPhone.

6. Jangan Terlalu Lama Memainkan iPhone

Untuk menghemat baterai iPhone,kita perlu menggunakan iPhone seperlunya saja. Sewaktu-waktu kita membutuhkan baterai iPhone dan habis. Maka kita akan kesulitan dalam menggunakan iPhone,minimal gunakan untuk bermain game sebentar. Serta tak perlu berlama lama mendengarkan musik. Serta gunakan iPhone untuk membalas chat atau beberapa kegiatan yang bermanfaat saja.

7. Mengurangi Penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi yang berlebihan akan membuat iPhone cepat habis. Seperti game,equalizer musik atau beberapa aplikasi yang anda buka tetapi tak penting. Demi menjaga daya baterai iPhone tetap stabil. Sebaiknya kurangi penggunaan aplikasi yang tak diperlukan. Agar daya baterai tak berkurang banyak.

8. Kunci Ponsel

Ketika anda sedang tidak menggunakan iPhone sebaiknya dikunci ponsel iPhone anda. Sehingga layar tidak terus menerus menyala. Hal ini akan membuat iPhone menyedot daya baterai yang tinggi,mungkin tak disadari. Tetapi,kini anda bisa mengunci ponsel iPhone anda dengan benar dan baik. Karena pengucian iPhone ini dapat menghemat baterai iPhone.

Tips Membeli Iphone Refurbished

Tips Membeli iPhone Refurbished

1. Periksa IMEI iPhone

Hal pertama yang perlu anda periksa saat akan membeli iPhone refurbished adalah mengecek imeinya. Anda bisa mengecek imei ke pengaturan iPhone,bila imei iPhonenya masih ada dan tidak ada kendala. Anda bisa membeli iPhone tersebut karena masih aman untuk digunakan. Walaupun sederhana tetapi bila imei tak dicek akan fatal sekali,kasus kasus pencurian data atau hack ponsel dapat dicuri melalui imei ponsel kita. Maka dari itu,imei wajib kita periksa saat akan membeli iPhone refurbished.

2. Cek iPhone Asli Atau Palsu

Ada banyak iPhone palsu yang tersedia di pasaran. Perangkat ini sering kekurangan nomor seri yang valid, nomor IMEI atau mungkin memiliki masalah dengan kapasitas. Jadi, pastikan untuk mengumpulkan nomor seri iPhone dari Penjual dan memverifikasi di situs resmi Apple tentang pelayanan dan dukungan.

3. Periksa Garansi iPhone

Apple menawarkan waktu garansi selama satu tahun untuk produk Apple. Terkadang, pembeli dapat membeli jaminan tambahan untuk membuat iPhone menjadi memiliki garansi lebih dan bila rusak mempermudah perbaikan. Beberapa iPhone refurbished yang harganya cukup mahal,bisa anda ketahui juga garansinya.

4. Pastikan iPhone Bukan iPhone Curian

Apple memperkenalkan kunci aktivasi di iPhone untuk melindungi kita dari pencurian. Sebelum Anda membeli iPhone refurbished coba dan Dapatkan nomor IMEI atau nomor seri untuk memeriksa status kunci aktivasi iPhone. Jika Anda melihat kunci aktivasi diaktifkan, Anda tidak akan dapat menggunakan ponsel tersebut sebagai milik Anda.

Baca juga
Download Mozilla Firefox Quantum Terbaru 2021

Coba dan hubungi penjual telepon dan meminta mereka untuk menonaktifkan kunci aktivasi dan periksa lagi sebelum Anda membayarnya. Untuk menonaktifkan kunci aktivasi berhasil, iPhone memerlukan pemilik asli ID pengguna dan sandi.

Anda dapat memeriksa kunci aktivasi pada perangkat iPhone itu sendiri pada pengaturan iPhone > iCloud > Find My iPhone. Ini harus dimatikan sebelum Anda membeli iPhone refurbished. Pemilik membutuhkan username dan password untuk mematikan ini. “Finds My iPhone ” pengaturan.

5. Cek Kelengkapan iPhone

Walaupun termasuk iPhone refurbished,biasanya iPhone tetap lengkap saat kita beli. Dari segi dus,charger,earphone,kabel,sticker iPhone dan beberapa kelengkapan iPhone wajib kita cek dahulu sebelum dibeli. Karena aksesories iPhone yang mahal,membuat kita harus mengeluarkan dana lagi. Sebaiknya saat akan membeli iPhone refurbished diteliti lagi ya kelengkapannya.

6. Kualitas iPhone Refurbished

Mungkin kualitas iPhone yang kita beli baru dan refurbished berbeda. Dari segi fitur sama tetapi bila sudah dipakai seseorang,ada beberapa fitur yang mungkin melemah atau rusak. Tetapi yang terpenting kita perlu tahu. Bahwa kualitas iPhone refurbished sama dengan iPhone pada umumnya. Sama-sama dikeluarkan produk apple. Anda jangan khawatir karena tidak mungkin sudah refurbished tetapi produk bukan dari apple.

Semoga tips menghemat baterai iPhone dan tips membeli refurbished iPhone diatas tadi dapat membantu kita dalam merawat iPhone refurbished. Walaupun sederhana,tetapi sebenarnya perlu kita jaga dan rawat agar tidak drop dan rusak. Bagi anda para pemula yang sedang mencari iPhone refurbished bisa mengikuti tips dan trik dari kami.

 

5/5 (3 Reviews)