Platform Dropship Indonesia Tanpa Modal untuk Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan usaha online ataupun menjual berbagai produk secara online. Maka sekarang ini sudah banyak difasilitasi dengan teknologi dan juga internet. Terutama situs perbelanjaan atau e-commerce, seperti Shopee Tokopedia dan Bukalapak telah menyediakan area untuk Anda berjualan.

Sehingga lebih mudah untuk menjajakan produk kepada konsumen. Namun di sisi lain ada juga sistem dropship yaitu salah satu cara dengan menjual produk milik orang lain atau supplier, tanpa harus mengeluarkan modal. Dropship merupakan salah satu metode untuk Anda yang ingin memulai berbisnis hanya dengan menggunakan internet dan teknologi.

Platform Dropship Indonesia Tanpa Modal untuk Pemula

Bagi yang tertarik untuk melakukan sistem dropship. Berikut ini beberapa platform dropship yang bisa digunakan.

1. Sahabat Dropshipper

Platform pertama datang dari sahabat dropshipper. Platform ini sudah populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama di kota besar. Selain membuat drop ship menjadi lebih mudah dan juga aturan yang sangat jelas. Di sisi lain sahabat dropshipper juga membantu banyak brand lokal sehingga dapat meningkat di kalangan Indonesia ataupun dunia.

Beberapa layanan unggulan yang bisa didapatkan mulai dari cek resi, adanya garansi retur atau pengembalian jika dalam kondisi rusak, dan lain sebagainya. Anda juga akan mendapatkan cara untuk mengakses katalog atau produk terbaru sehingga bisa dipasarkan.

2. Bandros

Platform ke-2 yang masuk ke dalam salah satu platform dropship indonesia Andalan banyak masyarakat adalah Bandros. Aplikasi ini bukan hanya menjual berbagai produk umkm namun juga produk rumahan terutama makanan seperti frozen food dan juga makanan olahan lainnya.  Platform Bandros ini bergerak di bidang khusus dropship yang bisa membantu Anda untuk menjual produk dari berbagai toko, yang tentu saja kualitasnya jempolan.

Platform Dropship Indonesia Tanpa Modal

Disini Anda bisa mendapatkan berbagai fitur mulai dari marketing kit, Bandros academy, custom pakaian, tracking order, cek stok online dan lain sebagainya. Apabila Anda tertarik untuk bergabung dengan tim bandros Anda bisa langsung menghubungi website resminya.

3. Dropshipaja

Platform ketiga yang tidak boleh dilewatkan bernama dropshipaja. Salah satu platform yang populer ini umumnya memang memiliki ciri bahwa yang dijual bukan hanya pakaian atau aksesoris. Namun juga Anda bisa melakukan penjualan seperti casing handphone, flashdisk custom dan lain sebagainya. Apabila Anda memiliki fashion dan juga keinginan untuk usaha di bidang online shop. Maka Anda bisa menggunakan platform dropshipaja dan juga bergabung dengan berbagai syarat dan ketentuan yang telah diberikan.

Selain itu Anda juga bisa memulai tanpa menggunakan modal kelebihan yang bisa didapatkan atau fitur yang bisa didapatkan mulai dari promo gratis ongkir, customer service yang dapat membantu melayani kendala Anda selama 24 jam, dan dia pilihan produk yang beragam.

4. Resellerdropship

Tempat-tempat yang masuk ke dalam platform dropship Andalan banyak masyarakat Indonesia yang bernama resellerdropship. Tempat satu ini memang mengusung tema berjualan medsos dan juga menghubungkan marketplace, tanpa memiliki website toko online.

Sehingga ada beberapa fitur yang bisa didapatkan mulai dari kelengkapan produk fashion, kemudahan akses pada aplikasi reseller dropship yang bisa didownload di play store. Lebih aman dan terpercaya, serta sudah digunakan sejak waktu yang lama.

5. Bakul Dropship

Terakhir rekomendasi platform dropship indonesia untuk para pemula yang tidak memerlukan modal bernama Bakul Dropship. Website yang satu ini merupakan software yang membantu Anda menemukan akun marketplace Indonesia yang membantu adanya metode dropship ala importer.

Kelebihan yang paling disukai dalam Bakul Dropship yaitu adanya scrape produk otomatis atau pengambilan data dengan jumlah yang sangat banyak. Misalnya 200 hingga 300 produk dalam satu kali download sekaligus. Selain itu ada juga fitur impor dan juga ekspor produk internasional yang ingin dijual kembali di Indonesia serta adanya convert mata uang asing ke rupiah.

Ide Bisnis Dropship Indonesia yang Untung

Sebelum memasuki ide bisnis, Anda perlu mengetahui apa pengertian dari dropship Indonesia. Merupakan salah satu metode bisnis yang banyak digunakan dengan cara melibatkan pihak ketiga untuk membantu menjual produk yang Anda miliki dan juga konsumen.

Namun dropship menggunakan nama ataupun status toko dari perantara tersebut dan bukan pusat supplier, ataupun toko pertama. Cara ini seringkali digunakan untuk Anda yang ingin menjual produk tanpa memusingkan brand ataupun merek, karena sudah cukup populer.

Ide Bisnis Dropship Indonesia

Ada beberapa ide bisnis yang bisa dicontoh di antaranya yaitu :

1. Pakaian dan aksesoris

Ide pertama yang bisa dilakukan untuk sistem dropship Indonesia yaitu pakaian dan juga aksesoris. Umumnya target pelanggan dari pakaian dan aksesoris sebenarnya cukup acak bisa jadi pria atau wanita dan juga rentang usia mulai dari 10 tahun hingga 40 tahun. Namun kebanyakan target tersebut yang diutamakan adalah bagaimana cara menjual produk dan mempopulerkan kualitas dari produk tersebut.

Misalnya saja pakaian aksesoris tas jam tangan merupakan ide bisnis yang cukup strategis dan masih banyak dibutuhkan di tengah masyarakat Indonesia. Apabila anda masih bekerja dan ingin mencoba untuk melakukan usaha sampingan. Maka anda bisa mengikuti trend dan juga mengetahui psikologi dari calon pembeli.

2. Aksesoris Gadget

Ide bisnis yang kedua yaitu aksesoris gadget seperti yang diketahui gadget ataupun teknologi merupakan salah satu hal yang tidak pernah berhenti dan terus berevolusi. Hal ini juga berpengaruh pada aksesoris ataupun berbagai perangkat tambahan yang dapat melengkapi penggunaan gadget.

Misalnya saja earphone, mouse flashdisk, casing ponsel dan lain sebagainya. Kenyataannya dropship Indonesia sangat populer dengan penggunaan aksesoris gadget, bahkan tetap laku di tengah pasaran walaupun persaingan cukup tinggi.

3. Kelengkapan Bayi

Cukup jarang terpikirkan oleh para pengusaha baru, namun ide bisnis selanjutnya yang ternyata banyak menarik perhatian adalah bisnis produk bayi. Mulai dari pakaian dan juga kelengkapannya. Permintaan konsumen terhadap produk ini tidak pernah berhenti selama masih ada ibu yang melahirkan.

Selain itu penggunaan dan juga kualitas sangat dibutuhkan terutama di era millennial ini, sudah banyak ibu muda yang paham akan menggunakan produk-produk yang bagus untuk anak kecil pada tahun 2017 saja. Perputaran dari produk yang menggunakan berbagai perlengkapan bayi memiliki nilai 88 triliun di Indonesia dan akan terus meningkat setiap tahunnya.

4. Makanan Sehat

Bisnis ke-4 yang tidak boleh dilewatkan tentu saja makanan terutama apabila Anda memutuskan untuk mendirikan online shop dengan sistem menjual makanan sehat. Sekarang ini gaya hidup sehat merupakan hal yang populer dan trend di kalangan anak muda hingga orang tua.

Seiring berjalannya waktu bukan hanya kegiatan olahraga ataupun tempat untuk berolahraga saja yang ramai. Namun produk kesehatan semakin mahal harganya. Mulai dari makanan ataupun berbagai produk yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Untuk itu ide bisnis dropship Indonesia dengan memanfaatkan makanan kesehatan bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Kenyataannya semakin hari cukup banyak pesaing bisnis yang tumbuh dan juga berkembang, sehingga bisa menjadi hambatan ataupun tantangan. Bagi Anda para pengusaha pemula adanya metode seperti reseller atau dropship Indonesia dapat membantu mengembangkan bisnis, agar menjadi lebih baik lagi. Sehingga bukan hanya keuntungan saja yang bisa didapatkan tetapi kelangsungan bisnis jangka panjang.

Panduan Reseller Dropship Agar Tidak Rugi

Setelah memahami platform dropship indonesia selanjutnya kami sampaikan panduan reseller dropship. Saat ingin memulai sebuah bisnis, maka ketakutan terbesar yang seringkali terjadi yaitu adanya kerugian atau bahkan kehilangan modal secara besar-besaran, termasuk bagi Anda yang memutuskan untuk menjadi reseller dropship.

Panduan Reseller Dropship Agar Tidak Rugi

Apa perbedaan antara reseller dropship dan juga reseller? Pada umumnya nya reseller dropship ini bisa dilakukan, jika sudah ada perjanjian antara Anda dan juga tempat untuk mengirim barang ataupun pusat pengiriman barang tersebut tanpa ada pihak perantara.

Namun ternyata ada beberapa panduan reseller dropship agar tidak rugi, yang harus Anda pahami. Sehingga nantinya, ketika Anda mempraktekkan pada usaha yang sedang dirintis. Tidak mengalami kehilangan keuntungan atau bahkan hingga bangkrut.

1. Tentukan Supplier

Panduan pertama yang harus Anda ketahui tentang saja memilih supplier ataupun penjual yang tepat. Karena bagaimanapun juga ketika Anda mengirimkan barang ke konsumen, Anda tidak melihat produk yang dikirimkan seperti apa kondisinya dan juga kualitasnya. Namun jika tempat penjualan tersebut memang populer akan kualitas yang sangat bagus, maka Anda tidak perlu khawatir lagi.

Perlu diingat bahwa seorang dropshipper, tidak perlu ikut campur dalam pengecekan kualitas barang. Sehingga memilih supplier yang tepat menjadi kunci bagaimana reseller dropship Anda berjalan dengan sukses. Selain itu jangan lupa ketika Anda memilih tempat berjualan yang mau mengirimkan barang atas nama toko Anda. Maka supplier tersebut harus menyediakan perjanjian khusus agar nantinya tidak mengalami kendala atau kesalahpahaman di waktu selanjutnya

2. Tentukan Harga Jual

Panduan kedua agar tidak terjadi kerugian ataupun kendala yaitu cobalah kerjasama dengan terbuka dan tentukan harga jual. Saat Anda memutuskan untuk memilih supplier, pasti tempat tersebut akan memberikan harga khusus. Karena Anda telah menjadi reseller mereka.

Namun Anda juga harus menginformasikan kepada penjual berapa harga yang nantinya akan Anda berikan kepada konsumen secara langsung. Sehingga tidak ada perbedaan informasi ataupun kesalahan pengiriman dan juga kesalahan bayaran. Selain itu Anda juga harus mencapai kesepakatan bersama dan tidak boleh ada hal-hal yang ditutupi antara supplier ataupun Anda sebagai pihak reseller yang menjual sistem dropship.

3. Menentukan Nama Brand atau Produk

Panduan lainnya yang harus Anda ikuti dan tidak boleh dilewatkan, yaitu menentukan brand ataupun nama produk. Bagaimanapun juga produk yang dijual merupakan produk yang diambil dari supplier ataupun toko pusat. Jika produk tersebut telah memiliki nama, misalnya merek tertentu, maka Anda tidak bisa mengubahnya.

Hanya saja Anda bisa mengirimkan produk tersebut atas nama toko yang Anda miliki. Tetapi jika tempat pengiriman tidak memiliki brand atau nama produk. Maka Anda bisa menyematkan nama produk. Cobalah bicarakan dengan supplier dan tentukan. Sehingga tidak ada nama ganda yang nantinya membuat konsumen merasa ragu atau kapok untuk membeli di toko yang Anda miliki.

4. Pastikan Data Benar

Hal penting lainnya yaitu alamat, yang seringkali menjadi masalah besar. Di mana reseller dropship telah memberikan alamat dan juga toko sesuai, dengan yang Anda inginkan. Namun ternyata atau pusat mengirimkannya sesuai dengan nama toko asal.

Hal ini seringkali terjadi dan menyebabkan konsumen tidak percaya ataupun merasa tertipu. Jika terjadi seperti ini cobalah untuk minta maaf dan langsung koreksi, serta ubah sistem pembelian yang ada. Jangan lupa ingatkan supplier, tentang perjanjian pembelian. Agar Anda tidak mengalami kerugian atau kehilangan konsumen.

5. Cara Menangani Konsumen

Hal terakhir yang harus memiliki kualitas yang sama antara supplier dan Anda sebagai reseller dropship adalah cara menangani customer atau cara menangani konsumen. Misalnya saja Anda telah menangani pembelian dengan baik, namun ternyata atau pusat melayani pembeli dengan cara asal-asalan.

Misalnya saja pengemasan barang yang asal ataupun pengiriman yang cukup lama. Hal ini akan mempengaruhi nama toko Anda dan pada akhirnya akan berimbas pada usaha yang Anda lakukan. Walaupun sistemnya hanya reseller dan berbentuk dropship.

Untuk itu pelayanan customer harus sama. Usahakan semaksimal mungkin untuk bisa melayani sesuai dengan pembelian yang seharusnya. Misalnya proses pengiriman dan juga pengemasan tidak memakan waktu yang terlalu lama, atau pengemasan barang memiliki kualitas yang sangat baik.

5/5 (1 Review)