perbedaan tempered glass dan anti gores, apa itu gorilla glass, perbedaan corning gorilla glass 3 dan 5, perbedaan tempered glass asli dan palsu

Apakah ada perbedaan antara tempered glass dengan gorilla glass? pertanyaan semacam mungkin pernah muncul di benak anda pengguna smartphone. Ini wajar, mengingat keduanya bisa dibilang teknologi yang relatif baru. Keduanya (tempered glass dan gorilla glass) baru ada setelah ponsel layar sentuh berhasil ditemukan. Keduanya digunakan untuk melindungi layar ponsel dari goresan.

Artikel ini mengulas tentang perbedaan tempered glass dan gorilla glass, serta perbedaan diantara keduanya. Mana lebih baik? keduanya tentu punya kelebihan masing masing. Simak selengkapnya artikel ini.

Memang, perbedaan antara layar ponsel terlindung dsn tidak, sekilas tak ada bedanya. Namun ini akan kelihatan  dari kualitas layar yang sudah dipasang pelindung lebih awet dan bertahan, tidak gampang tergores, responsif hingga kualitas layar tetap terjaga, beda dengan layar tanpa pelindung yang mudah lecet atau buram, kualitasnya lebih cepat menurun.

Kehadiran tempered glass maupun gorilla glass akhirnya mulai diterapkan di berbagai developer ponsel pintar (smartphone). Untuk tempered glass sendiri lebih awal penemuanya dibanding gorilla glass. Sehingga ada yang menilai kualitasnya agak kalah saing. Namun bukan berarti kualitas tempered glass lebih buruk. Lalu, apa bedanya tempered glass vs gorilla glass? simak ulasanya berikut ini.

Perbedaan Tempered Glass dan Gorilla Glass

Tempered glass adalah pelindung layar kaca. Terbuat dari elemen kaca berlapis lapis, yang bisa berikan perlindungan kuat. Elemen elemen penyusun tempered glass yakni antara lain lapise  film pet, oleophobic, lapisan silikon penyerap dan elemen penyusun lainya. Tempered glass diklaim lebih kuat 5 kali lipat dibanding kekuatan kaca biasa. Untuk memasangnya di ponsel, tempered glass dibeli secara terpisah.

Gorilla glass, sebetulnya adalah merek dagang produk pelindung kaca perusahaan amerika serikat, namanya corning. Untuk bahan baku dan proses pembuatanya  dirahasiakan oleh produsen nya. Namun sedikit bocoran, pada gorilla glass tidak terdapat elemen penyusun seperti oleophobic, ini ditandai dengan ukuranya lebih tipis. Gorilla glass digunakan untuk pelindung ponsel, juga tv dan laptop. Pada ponsel, gorilla glass sudah banyak dipasang sejak diproduksi, sehingga banyak developer ponsel telah bekerjasama dengan perusahaan corning.

Gorilla Glass secara harfiah berarti kaca gorila, adalah merek dagang terdaftar untuk lembaran kaca alkali-aluminosilikat yang diproduksi oleh pabrik kaca Corning asal Amerika Serikat. Kaca ini direkayasa dengan menggabungkan ketipisan, keringanan, dan daya tahannya terhadap kerusakan. Kaca ini lebih banyak digunakan sebagai kaca pelapis perangkat elektronik portabel seperti telepon genggam, pemutar media portabel, layar komputer jinjing, dan beberapa layar televisi.

Corning mengatakan bahwa properti utama kaca ini adalah kekuatannya, daya tahannya yang tinggi terhadap goresan, dan kekerasannya dengan nilai uji kekerasan Vickers 622 banding 701. Material ini dapat didaur ulang.

Kaca tersebut diperkuat melalui pergantian ion. Ditempatkan pada garam kalium cair pada temperature 400 °C, ion sodium yang lebih kecil meninggalkan kaca dan ion potassium dari bak garam tersebut menggantikan Ion yang lebih besar mengambil lebih banyak ruang dan ditekan ketika kaca mendingin, menghasilkan lapisan tegangan pada permukaan kaca.

Komposisi khusus Gorilla Glass memungkinkan ion kalium untuk menyebar ke permukaan, untuk menciptakan tegangan yang tinggi ke dalam gelas. Lapisan Kompresi inilah yang lebih tahan terhadap kerusakan dan penggunaan sehari hari.

Berikut beberapa perbedaan tempered glass dengan gorilla glass

1. Tempered glass merupakan pelindung layar ponsel terbuat dari elemen kaca. Produk ini bisa diproduksi perusahaan perusahaan mana saja. Sedangkan  gorilla glass adalah sebuah merek produk pelindung layar, diproduksi oleh perusahaan asal Amerika, Corning.

2. Jika tempered glass diproduksi dalam berbagai bentuk, ukuran, serta kualitas berbeda tergantung produknya, maka gorilla glass hanya tersedia dalam beberapa versi seperti 2.0, 3.0, 4.0.

3. Tempered glass hanya digunakan untuk pelindung layar ponsel sedangkan gorilla glass selain untuk melindungi layar ponsel juga bisa digunakan untuk melindungi layar tv hingga layar laptop.

4. Tempered glass dibeli secara terpisah, sedangkan gorilla glass sudah menyatu dengan produk tv ponsel maupun laptop.

5. Ukuran gorilla glass lebih tipis dibandingkan tempered glass. Untuk kekuatan, gorilla glass diklaim lebih baik. Corning, produsen pembuat gorilla glass menyatakan produknya cuma bisa tergores oleh berlian.

Nah itulah beberapa informasi tentang perbedaan tempered glass dan gorilla glass. Keduanya merupakan produk pelindung kaca yang relatif baru, dan sama sama memiliki kelebihan masing masing. Dengan kehadiran tempered glass dan gorilla glass, maka layar ponsel makin terlindungi, awet, tahan goresan.

Perbedaan Tempered Glass yang Asli dan Palsu

Tempered Glass merupakan salah satu aksesoris ponsel yang memiliki fungsi utama untuk melindungi layar ponsel dari goresan-goresan yang membuat baret. Dengan memasang Tempered Glass pada layar ponsel, setidaknya akan lebih mengamankan layar inti agar tidak rusak oleh goresan-goresan yang membahayakan. Banyak sekali Tempered Glass yang di jual bebas dengan harga yang variatif baik melalui online maupun toko offline.

Perbedaan Tempered Glass Yang Asli Dan Palsu

Karena banyaknya penjual Tempered Glass, pasti ada kemungkinan ulah iseng penjual Tempered Glass palsu. Nah, agar kamu tidak menjadi korban dari produk Tempered Glass palsu, kamu bisa menerapkan beberapa tips yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini. Apa saja Perbedaan Tempered Glass yang Asli dan Palsu tersebut? Simak ulasan yang ada di bawah ini.

Harga Tempered Glass

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika membeli Tempered Glass agar tidak salah membeli yang palsu adalah dengan menimbang harga jual. Harga yang mahal memang tidak selalu menjamin menentukan kualitas dari produk Tempered Glass tersebut. Jika harga mahal saja tidak ada jaminan khusus, terlebih dengan harga yang murah. Tentu hal seperti ini perlu kamu perhatikan dengan benar.

Kamu tidak boleh tergiur dengan harga yang murah. Terlebih harga yang mereka tawarkan tidak masuk akal. Jika kamu di tawari produk Tempered Glass dengan harga yang murah sekali dan jauh dari harga normal di pasaran, kamu boleh curiga bahwa produk Tempered Glass adalah palsu. Namun semisal kamu membeli Tempered Glass di toko offline dan kebetulan toko tersebut sedang mengadakan promo, maka bisa jadi memang Tempered Glass itu asli. Tapi tetaplah hati-hati dan jangan tergiur dengan murahnya harga jual.

Ketebalan Tempered Glass

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan ketika membeli Tempered Glass adalah melihat dan mengamati ketebalan dari Tempered Glass. Tempered Glass yang asli tentu memiliki ketebalan yang relatif lebih tipis di banding dengan Tempered Glass palsu. Adapun ukuran ketebalan yang paling pas untuk sebuah Tempered Glass adalah berkisar 0,3 mm atau lebih sedikit.

Dengan Tempered Glass yang memiliki ketebalan 0,3 mm, maka itu akan memudahkan sensitivitas dari ponsel android mu sehingga tidak akan sulit ketika mengoperasikan berbagai macam perintah. Coba kamu bayangkan Tempered Glass tersebut terlalu tebal, maka sudah jelas ponsel android mu tidak akan optimal dalam menjalankan performa dan kinerjanya. Karena itulah ketebalan menjadi salah satu hal yang mampu membedakan mana Tempered Glass asli dan yang palsu.

Plastik Anti Shattered Tempered Glass

Satu lagi yang harus kamu perhatikan sebelum membeli Tempered Glass adalah memastikan bahwa Tempered Glass tersebut memiliki plasti anti shattered yang berkualitas baik. Plastik anti shattered tersebut memiliki peran dan fungsi utama agar semisal Tempered Glass pecah, maka pecahan tersebut tidak akan mengenai inti layar dari ponsel android mu.

Untuk plastik anti shattered yang bagus dan berkualitas kamu bisa membedakannya dengan jelas ketika pertama kali memegang Tempered Glass tersebut. Akan jadi perbedaan yang kamu rasakan ketika memegang atau mengelus plastik anti shattered dari Tempered Glass yang kamu beli tersebut.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika akan membeli sebuah produk Tempered Glass agar tidak tertipu membeli produk Tempered Glass yang palsu. Dengan menerapkan beberapa tips diatas, maka kamu bisa membedakan mana Tempered Glass yang asli dan mana Tempered Glass yang palsu.