Perbedaan Antara Tempered Glass Vs Gorilla Glass

Apakah ada perbedaan antara tempered glass dengan gorilla glass? pertanyaan semacam mungkin pernah muncul di benak anda pengguna smartphone. Ini wajar, mengingat keduanya bisa dibilang teknologi yang relatif baru. Keduanya (tempered glass dan gorilla glass) baru ada setelah ponsel layar sentuh berhasil ditemukan. Keduanya digunakan untuk melindungi layar ponsel dari goresan.

Artikel ini mengulas tentang tempered glass dan gorilla glass, serta perbedaan diantara keduanya. Mana lebih baik? keduanya tentu punya kelebihan masing masing. Simak selengkapnya artikel ini.

Memang, perbedaan antara layar ponsel terlindung dsn tidak, sekilas tak ada bedanya. Namun ini akan kelihatan  dari kualitas layar yang sudah dipasang pelindung lebih awet dan bertahan, tidak gampang tergores, responsif hingga kualitas layar tetap terjaga, beda dengan layar tanpa pelindung yang mudah lecet atau buram, kualitasnya lebih cepat menurun.

Kehadiran tempered glass maupun gorilla glass akhirnya mulai diterapkan di berbagai developer ponsel pintar (smartphone). Untuk tempered glass sendiri lebih awal penemuanya dibanding gorilla glass. Sehingga ada yang menilai kualitasnya agak kalah saing. Namun bukan berarti kualitas tempered glass lebih buruk. Lalu, apa bedanya tempered glass vs gorilla glass? simak ulasanya berikut ini.

Perbedaan Antara Tempered Glass Vs Gorilla Glass

Tempered Glass

Tempered glass adalah pelindung layar kaca. Terbuat dari elemen kaca berlapis lapis, yang bisa berikan perlindungan kuat. Elemen elemen penyusun tempered glass yakni antara lain lapise  film pet, oleophobic, lapisan silikon penyerap dan elemen penyusun lainya. Tempered glass diklaim lebih kuat 5 kali lipat dibanding kekuatan kaca biasa. Untuk memasangnya di ponsel, tempered glass dibeli secara terpisah.

Baca juga >>
6 Tips Memilih Headset Stereo Bluetooth Lengkap

Gorilla Glass

Gorilla glass, sebetulnya adalah merek dagang produk pelindung kaca perusahaan amerika serikat, namanya corning. Untuk bahan baku dan proses pembuatanya  dirahasiakan oleh produsen nya. Namun sedikit bocoran, pada gorilla glass tidak terdapat elemen penyusun seperti oleophobic, ini ditandai dengan ukuranya lebih tipis. Gorilla glass digunakan untuk pelindung ponsel, juga tv dan laptop. Pada ponsel, gorilla glass sudah banyak dipasang sejak diproduksi, sehingga banyak developer ponsel telah bekerjasama dengan perusahaan corning.

Perbedaan Tempered Glass Vs Gorilla Glass

Berikut beberapa perbedaan tempered glass dengan gorilla glass

1.      Tempered glass merupakan pelindung layar ponsel terbuat dari elemen kaca. Produk ini bisa diproduksi perusahaan perusahaan mana saja. Sedangkan  gorilla glass adalah sebuah merek produk pelindung layar, diproduksi oleh perusahaan asal Amerika, Corning. 

2.      Jika tempered glass diproduksi dalam berbagai bentuk, ukuran, serta kualitas berbeda tergantung produknya, maka gorilla glass hanya tersedia dalam beberapa versi seperti 2.0, 3.0, 4.0.

3.      Tempered glass hanya digunakan untuk pelindung layar ponsel sedangkan gorilla glass selain untuk melindungi layar ponsel juga bisa digunakan untuk melindungi layar tv hingga layar laptop.

4.      Tempered glass dibeli secara terpisah, sedangkan gorilla glass sudah menyatu dengan produk tv ponsel maupun laptop.

5.      Ukuran gorilla glass lebih tipis dibandingkan tempered glass. Untuk kekuatan, gorilla glass diklaim lebih baik. Corning, produsen pembuat gorilla glass menyatakan produknya cuma bisa tergores oleh berlian.

Nah itulah beberapa informasi tentang perbedaan tempered glass dan gorilla glass. Keduanya merupakan produk pelindung kaca yang relatif baru, dan sama sama memiliki kelebihan masing masing. Dengan kehadiran tempered glass dan gorilla glass, maka layar ponsel makin terlindungi, awet, tahan goresan.

Baca juga >>
Cara Seting Daerah Penyimpanan Hasil Download Di Tubemate

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !