Menurut wikipedia, Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya yang membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Artikel ini akan membahas mengenai pentingnya logo dan mudahnya design logo online di Fastwork.id ,  Yuk Mulai.

Pentingnya Logo Untuk Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan, logo adalah salah satu hal terpenting dalam strategi branding. Logo yang baik mampu mempengaruhi calon konsumen dalam waktu singkat. Salah satunya cukup dengan melihat logo tersebut secara langsung konsumen akan menghubungkannya dengan suatu produk. Contohnya seperti logo apel tergigit pada produk besutan Apple.

Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. Logo yang baik bisa mewakili produk atau perusahaan dan juga mudah diingat.

Logo Apple sering kita lihat karena perusahaan besar ini mengeluarkan banyak produk. Logo ini berbentuk sebuah apel yang sudah tergigit. Buah apel dalam bahasa Inggris memang berarti apple, persis seperti nama perusahaan ini. Namun kenapa harus berbentuk apel yang tergigit?

Logo Apple

Rob Janoff, seorang desainer yang membuat logo ini, mengatakan bahwa Steve Jobs hanya memintanya untuk membuat outline sederhana dari apel. Alasan mengapa buah itu tergigit hanyalah untuk membedakannya dari buah ceri. Gigitan itu hanya dibuat sebagai skala sehingga meski kecil, logo Apple tetap terlihat seperti apel, bukannya buah ceri.

Selain itu, Janoff juga cukup senang ketika desain apel tergigitnya (biten apple) menjadi simbol ‘bytes’. Bytes merupakan fondasi penting dalam dunia komputer. Logo Apple sendiri sebenarnya telah mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Hampir semua perusahaan besar memiliki logo yang mewakili ciri khas produk dan identitas perusahaan sehingga ketika melihat gambar logo tersebut maka masyarakat akan tertuju pada satu hal dan akan terus mengingat branding produk dan perusahaan tanpa harus mencantumkan visi misi, deskripsi atau penjelasan tambahan apapun. Contoh logo bagus lainnya dengan mudah bisa ditemukan pada brand kenamaan seperti Coca Cola, Nike, Adidas, KFC, Mcd dan lainnya.

Pentingnya Desain Logo Pada Bisnis Online

Bisnis tidak akan mudah dikenal tanpa merek. Untuk membuat merek mudah diingat, desain logo harus tepat. Logo tentu tidak dapat dibuat asalkan berasal, mereka harus sesuai dengan konsep, visi, dan misi perusahaan. Di era digital ini, logo yang baik adalah yang sederhana, namun unik yang mudah bagi banyak orang untuk diingat. Nah, bagaimana Anda membuat desain logo dan relevansinya dengan bisnis yang kita miliki?

Unnamed File 11 1024x682 1

Dalam logo perusahaan harus ada nilai-nilai penting yang diangkat, seperti: kepercayaan dan nilai-nilai merek. Berikut adalah beberapa aturan desain logo umum:

1. Harus mudah diingat oleh pelanggan

Logo adalah wajah perusahaan yang akan dilihat oleh pelanggan potensial. Seperti pelopor, logo perusahaan akan ‘berbicara’ kepada dunia, mengundang mereka untuk datang dan mencoba produk-produk perusahaan. Agar tidak mudah dilupakan, hindari mendesain logo yang rumit dengan warna yang menyakiti mata. Kuncinya adalah kesederhanaan. Contoh: gunakan maksimum tiga warna berbeda yang gradasinya berdekatan, dengan kombinasi huruf, angka, atau simbol sesedikit mungkin.

2. Ada makna tersirat dalam logo

Apa artinya tersirat dalam logo perusahaan? Ini juga menjadi pertimbangan. Masukkan relevansi perusahaan yang kami miliki di logo sebanyak mungkin. Salah satu elemen penting dari perusahaan yang harus dimasukkan adalah tagline. Tagline adalah moto yang mencerminkan visi dan misi perusahaan. Tagline dapat dimasukkan ke dalam logo atau digunakan sebagai simbol sehingga tidak memakan banyak ruang. Orang yang melihat juga akan mudah diingat.

3. Desain harus unik

Desain yang unik segera terlihat oleh orang-orang. Namun, unik tidak harus berarti rumit dengan grafik dan teks yang terlalu “canggih”. Alhasil, apalagi diingat, hanya dilihat juga memberi kesan tidak nyaman. Desain logo harus unik, tetapi tetap sederhana. Misalnya: buat saja fitur unik pada logo yang membuat logo perusahaan terlihat sangat berbeda dari yang lain.

4. Desain dapat berubah sesuai kebutuhan

Ingat, desain yang sebenarnya tidak harus menjadi pekerjaan akhir. Padahal, desain logo masih bisa berubah dan berkembang sesuai kebutuhan. Memang, logo tidak harus selalu berubah, terutama di saat-saat yang terlalu cepat. Namun, ada kalanya logo perusahaan harus berubah. Misalnya: untuk melakukan rebranding. Ini juga seharusnya tidak terlalu sering. Biasanya, rebranding logo perusahaan terjadi setelah bisnis berjalan lama, seperti: 25 tahun atau seperempat abad. Penggantian logo biasanya juga tidak jauh dari versi sebelumnya.

5. Pilih warna yang mudah diingat tetapi nyaman untuk dilihat

Pilihan warna yang tepat dapat menjadi representasi perusahaan yang diwakili oleh logo. Misalnya: perusahaan media untuk kaum muda menggunakan warna-warna ceria, seperti merah, biru atau kuning. Perusahaan yang bergerak di lingkungan menggunakan warna hijau dan coklat yang melekat pada alam, seperti hutan.

6. Pilih font dan ukuran font yang mudah dibaca

Desain logo yang efektif fleksibel. Logo harus digunakan dalam berbagai format, mulai dari kartu nama, papan iklan, dan berbagai proyeksi lainnya. Untuk alasan ini, pastikan ukuran font dan font yang dipilih untuk logo mudah dibaca dan diingat, bahkan dari jarak jauh. Anda dapat menempatkan singkatan nama perusahaan sebagai bagian dari logo atau simbol yang cukup jelas dan mudah diingat. Hindari font dengan gaya mural pelukis jalanan yang rumit dan membingungkan saat membaca. Meskipun kreatif, font gratis semacam itu tidak cocok untuk menjadi logo perusahaan.

7. Bebaskan kreativitas Anda saat membuat desain logo

Nah, jangan ragu untuk sekreatif mungkin. Meskipun beberapa saran di atas tampaknya menjadi kendala, sebenarnya masih ada banyak ide untuk desain logo yang sejalan dengan relevansi perusahaan yang kita miliki. Jangan takut untuk mencoba lagi dan lagi sampai Anda mendapatkan desain yang paling cocok untuk perusahaan Anda.

Tips Cara Design Logo Online Gratisan

Hingga saat ini, banyak pengusaha membuat logo asal jadi, tanpa memiliki arti dan sekedar  simbol saja. Sebagai pebisnis yang cerdas, lambang perusahaan Anda harus memiliki arti tersendiri dan mudah diingat oleh calon konsumen. Sebaiknya logo dibuat sederhana, tidak berlebihan dan menampilkan pilihan warna menarik agar mudah diingat oleh banyak orang. Perhatikan pula ukuran dan kesesuaian bentuk logo tetap proporsional.

Untuk membuat design logo online sebenarnya tersedia cukup banyak tools dan software gratisan yang bisa Anda coba beberapa diantaranya sebagai berikut :

1.FreeLogoDesign

FreeLogoDesign adalah perangkat lunak berbasis website untuk membuat logo online gratis dalam hitungan menit. Tools ini memungkinkan Anda membuat logo dengan mudah baik menggunakan PC, smartphone atau tablet. Anda dapat memilih ribuan template berkualitas dan sesuaikan logo Anda dengan mengedit warna, bentuk, dan font.

Freelogodesign 1024x492 1

 

2.LogoMaker

Logo Maker didirikan pada awal tahun 2000-an sebagai sarana untuk membantu pemilik bisnis merancang logo perusahaan. Awalnya, tim desain Logo Maker membuat lusinan konsep logo berbeda untuk setiap pemilik bisnis. Setelah memilih yang mereka sukai, konsep lainnya tidak digunakan.

Dengan ratusan ribu konsep logo yang tidak terpakai, LogoMaker segera menyadari bahwa mungkin pemilik bisnis lain dapat menemukan tempat yang tepat untuk desain dan mulai mengunggah desain ekstra itu ke dalam aplikasi pembuat logo online yang mudah digunakan. Anda juga dapat memilih font, gaya, tata letak, ikon, dan warna yang berbeda.

Logo Maker

 

Sebagai tools gratisan untuk design logo online ,  FreeLogoDesign dan Logo Maker ini cukup lumayan untuk sekedar membuat desain logo sederhana, tapi tentu jangan berharap terlalu banyak. Membuat logo yang baik memang tidak mudah, terkadang kurang menarik, dan tidak menginterpretasikan produk atau perusahaan, apalagi jika tanpa pengetahuan yang cukup di dalam desain grafis, sketsa, estetika dan perpaduan warna.

Untuk desain logo yang lebih baik, ada baiknya Anda menyewa jasa pembuatan logo profesional untuk membantu menciptakan logo yang melambangkan produk dan identitas perusahaan. Alternatif lain Anda dapat menggunakan jasa freelancer yang cepat dan gak ribet di Fastwork.id

Kenapa menggunakan jasa freelancer? Karena biasanya jasa pembuatan logo dari freelancer tidak memakan biaya yang banyak, harga bisa mulai dari 30 ribu saja, bahkan bisa lebih murah ketika ada diskon atau promo.

Anda cukup memberikan deskripsi dari entitas dan juga konsep yang sudah dipikirkan sebelumnya. Setelah itu akan langsung dibantu oleh freelancer, untuk hasil pekerjaan bisa revisi hingga cocok.

  

Tips Cara Design Logo Online di Fastwork.id

Berikut adalah cara menggunakan jasa freelancer di Fastwork untuk jasa pembuatan logo perusahaan.

1. Kunjungi website Fastwork di category logo online

Anda bisa mengakses websitenya di alamat https://fastwork.id/logo-design

2. Cari dan pilih jasa freelancer sesuai kebutuhan desain logo perusahaan

Seperti terlihat pada gambar di bawah, ada 388 freelancer yang bisa Anda gunakan keahliannya. Beberapa memiliki rating tinggi dan professional.

Freelancer Design Logo Online 1024x548 1

3. Diskusikan pekerjaan dengan detil kepada freelancer

Tanya dan arahkan secara singkat. Jika anda belum menerima respons dari freelancer, anda dapat berbicara dengan freelancer yang lain. Anda dapat berbicara dengan freelancer max. 10 orang per hari.

Jika freelancer bersedia bekerja untuk anda, freelancer akan mengirimkan anda kuotasi dan kontrak ke Anda. Sistem tidak mengijinkan Anda untuk bertukar kontak seperti, LINE ID, nomor telephone, atau email dengan freelancer.

4. Melakukan pembayaran via sistem Fastwork.id

Sistem Fastwork akan menjadi penengah. Sistem akan menyimpan uang anda sampai freelancer menyelesaikan tugasnya. Klik “Pekerjakan Freelancer” setelah selesai membaca semua deskripsi dan kontrak. Anda dapat melakukan pembayaran dengan 2 cara, via kartu kredit dan Transfer Bank.

Untuk Transfer Bank, Anda perlu mengirimkan bukti ke Fastwork untuk persetujuan. Setelah menyelesaikan pembayaran, barulah anda dapat bertukar, LINE ID, nomor telephone atau email dengan freelancer.

5. Tunggu freelancer mengirimkan pekerjaannya kepada Anda.

Teliti kembali pekerjaan terakhir yang dikirimkan oleh freelancer. Klik “Setujui” jika freelancer menyelesaikan dan bekerja sesuai kontrak. Freelancer akan menerima bayaran anda setelah anda menyetujui pekerjaannya.

Anda dapat menolak pekerjaan terakhir tersebut dan biarkan freelancer melanjutkan pekerjaan sesuai dengan apa yang tertulis di kontrak dan perjanjian. Anda dapat menggugat jika freelancer bekerja tidak sesuai dengan kontrak dan perjanjian

6. Berikan rating dan review

Untuk mengembangkan Fastwork community Berikan rating dan review untuk freelancer

Demikian informasi mengenai pentingnya logo dan tips design logo online di Fastwork.id semoga artikel ini bermanfaat.