Pentingnya Desain Logo Pada Bisnis Online

Bisnis tidak akan mudah dikenal tanpa merek. Untuk membuat merek mudah diingat, desain logo harus tepat. Logo tentu tidak dapat dibuat asalkan berasal, mereka harus sesuai dengan konsep, visi, dan misi perusahaan. Di era digital ini, logo yang baik adalah yang sederhana, namun unik yang mudah bagi banyak orang untuk diingat. Nah, bagaimana Anda membuat desain logo dan relevansinya dengan bisnis yang kita miliki?

Aturan Umum Desain Logo

Pengertian Dan Peranan Converstion Rate Optimization Pada Bisnis Online

Dalam logo perusahaan harus ada nilai-nilai penting yang diangkat, seperti: kepercayaan dan nilai-nilai merek. Berikut adalah beberapa aturan desain logo umum:

1. Harus mudah diingat oleh pelanggan.

Logo adalah wajah perusahaan yang akan dilihat oleh pelanggan potensial. Seperti pelopor, logo perusahaan akan ‘berbicara’ kepada dunia, mengundang mereka untuk datang dan mencoba produk-produk perusahaan. Agar tidak mudah dilupakan, hindari mendesain logo yang rumit dengan warna yang menyakiti mata. Kuncinya adalah kesederhanaan. Contoh: gunakan maksimum tiga warna berbeda yang gradasinya berdekatan, dengan kombinasi huruf, angka, atau simbol sesedikit mungkin.

2. Ada makna tersirat dalam logo.

Apa artinya tersirat dalam logo perusahaan? Ini juga menjadi pertimbangan. Masukkan relevansi perusahaan yang kami miliki di logo sebanyak mungkin. Salah satu elemen penting dari perusahaan yang harus dimasukkan adalah tagline. Tagline adalah moto yang mencerminkan visi dan misi perusahaan. Tagline dapat dimasukkan ke dalam logo atau digunakan sebagai simbol sehingga tidak memakan banyak ruang. Orang yang melihat juga akan mudah diingat.

Baca juga >>
Mengenal Lebih Dekat Paytren Ustadz Yusuf Mansur

3. Desain harus unik.

Desain yang unik segera terlihat oleh orang-orang. Namun, unik tidak harus berarti rumit dengan grafik dan teks yang terlalu “canggih”. Alhasil, apalagi diingat, hanya dilihat juga memberi kesan tidak nyaman. Desain logo harus unik, tetapi tetap sederhana. Misalnya: buat saja fitur unik pada logo yang membuat logo perusahaan terlihat sangat berbeda dari yang lain.

4. Desain dapat berubah sesuai kebutuhan.

Ingat, desain yang sebenarnya tidak harus menjadi pekerjaan akhir. Padahal, desain logo masih bisa berubah dan berkembang sesuai kebutuhan. Memang, logo tidak harus selalu berubah, terutama di saat-saat yang terlalu cepat. Namun, ada kalanya logo perusahaan harus berubah. Misalnya: untuk melakukan rebranding. Ini juga seharusnya tidak terlalu sering. Biasanya, rebranding logo perusahaan terjadi setelah bisnis berjalan lama, seperti: 25 tahun atau seperempat abad. Penggantian logo biasanya juga tidak jauh dari versi sebelumnya.

5. Pilih warna yang mudah diingat tetapi nyaman untuk dilihat.

Pilihan warna yang tepat dapat menjadi representasi perusahaan yang diwakili oleh logo. Misalnya: perusahaan media untuk kaum muda menggunakan warna-warna ceria, seperti merah, biru atau kuning. Perusahaan yang bergerak di lingkungan menggunakan warna hijau dan coklat yang melekat pada alam, seperti hutan.

6. Pilih font dan ukuran font yang mudah dibaca.

Desain logo yang efektif fleksibel. Logo harus digunakan dalam berbagai format, mulai dari kartu nama, papan iklan, dan berbagai proyeksi lainnya. Untuk alasan ini, pastikan ukuran font dan font yang dipilih untuk logo mudah dibaca dan diingat, bahkan dari jarak jauh. Anda dapat menempatkan singkatan nama perusahaan sebagai bagian dari logo atau simbol yang cukup jelas dan mudah diingat. Hindari font dengan gaya mural pelukis jalanan yang rumit dan membingungkan saat membaca. Meskipun kreatif, font gratis semacam itu tidak cocok untuk menjadi logo perusahaan.

Baca juga >>
Manfaat Woocommerce Dalam menjalankan Bisnis Online

7. Bebaskan kreativitas Anda saat membuat desain logo.

Nah, jangan ragu untuk sekreatif mungkin. Meskipun beberapa saran di atas tampaknya menjadi kendala, sebenarnya masih ada banyak ide untuk desain logo yang sejalan dengan relevansi perusahaan yang kita miliki. Jangan takut untuk mencoba lagi dan lagi sampai Anda mendapatkan desain yang paling cocok untuk perusahaan Anda.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !