Pengertian URL Permalink dan Cara Agar SEO Friendly

Jika Anda seorang blogger, Anda pasti sudah mendengar istilah “Permalink” atau “Permalink URL”. Bagi seorang pemula, tentu saja kata ini sedikit asing karena ini hanya ditemukan di blogging. Nah, oleh karena itu, dalam posting ini saya akan membahas dengan sangat rinci tentang permalink dan bagaimana membuatnya menjadi SEO friendly.

Apa itu Permalink?

Permalink sebenarnya adalah kependekan dari Permanent Link yang dalam bahasa Indonesia berarti tautan permanen. Seharusnya, permalink berarti tautan atau tautan yang permanen ke halaman atau posting di blog. Namun, arti sebenarnya bukanlah tautan sama sekali, tetapi URL. Arti yang tidak masuk akal ini disebabkan oleh kebiasaan menggunakan kata permalink yang merujuk pada URL oleh blogger. Permalink adalah istilah yang digunakan untuk URL halaman web dalam bentuk posting atau halaman statis. Seperti namanya, Permalink bersifat permanen sehingga menjadi identitas halaman blog. Permalink juga unik, artinya tidak mungkin sama. Bagian merah adalah inti dari permalink, bahkan dapat disebut permalink itu sendiri. Jadi, permalink juga bisa diartikan sebagai bagian dari url yang ada setelah domain blog.

Seberapa Penting Permalink?

Seperti yang saya katakan di atas bahwa permalink adalah salah satu identitas unik dari halaman blog atau posting yang disimpan di url. Identitas unik ini digunakan untuk menampilkan konten dari halaman yang memiliki identitas itu. Ini adalah peran permalink yang paling mendasar ketika kita berbicara tentang bagaimana suatu web menampilkan konten. Jadi, tidak masalah jika permalink dalam bentuk angka. Namun, jika kita berbicara tentang peran permalinks dalam SEO, itu tidak sesederhana itu. Permalinks dengan pola numerik adalah tabu karena mereka tidak dapat menggambarkan konten pada posting dengan permalinks ini. Apa yang membuat permalink begitu penting adalah kenyataan bahwa setiap mesin pencari utama (Google, Yahoo, Bing) menampilkannya dalam indeks, biasanya tepat di bawah judul. Sehingga permalink ini dapat dikatakan sebagai referensi kedua untuk pencarian setelah judul. Untuk alasan ini, permalinks mungkin tidak mengandung kode atau angka yang tidak menggambarkan konten posting, kecuali jika Anda tidak peduli dengan SEO.

Baca juga >>
Alasan Google Menghapus Foto Profil Author Di Search Machine

Cara Membuat Permalink Ramah SEO

Setiap situs memiliki struktur atau pola permalink yang berbeda untuk halaman atau posting. Situs yang menggunakan wordpress yang di-host-sendiri bahkan dapat memilih pola permalink mereka sendiri. Untuk mengatur struktur permalink pada wordpress self-host, Cukup Login ke dashboard -> pilih menu Pengaturan di sidebar kiri -> Klik sub menu “permalinks”. Kemudian, pilih struktur permalink. Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang cara membuat permalink ramah SEO, ada 2 struktur permalink yang paling saya rekomendasikan karena terbukti sangat bagus, baik untuk SEO maupun untuk Pengguna.

  1. Pola http: // domain / tahun / tanggal / kata kunci

Pola permalink ini adalah apa yang saya gunakan di blog ini. Pola ini juga merupakan pola default untuk blog blogger / blogspot terlepas dari ada atau tidaknya format .html di bagian akhir. Keuntungan dari permalink dengan struktur seperti ini adalah untuk memberikan informasi pada saat posting diterbitkan. Kekurangannya, lebih sedikit kata kunci yang dimasukkan. Pola ini sangat baik diterapkan pada blog yang isinya hanya valid atau relevan pada waktu-waktu tertentu dan harus selalu diperbarui, seperti situs niche berita dan sejenisnya. Namun, itu juga tidak bermasalah jika diterapkan di blog dengan konten yang tidak mudah basi. Perlu diingat bahwa pengguna mesin pencari akan lebih suka konten baru daripada yang lama. Jadi, ketika konten Anda lebih segar daripada konten serupa lainnya, peluang klik lebih besar yang akan mempengaruhi RKT posting Anda.

  1. Pola http: // domain / kata kunci

Pola permalink ini cocok untuk blog yang isinya tidak mudah rusak, alias “abadi” (: D). Keuntungan dari struktur permalink ini adalah Anda dapat menambahkan lebih banyak kata kunci ke url. Kekurangannya, jika postingan Anda tidak relevan dengan waktu, itu akan membuat pengunjung kecewa ketika informasi yang diperoleh sudah tidak berlaku lagi. Ini dapat menyebabkan peningkatan rasio pentalan blog Anda yang tentu saja tidak baik untuk SEO. Terlepas dari kelemahan dan kekuatan struktur permalink di atas, semuanya tergantung pada bagaimana Anda menerapkannya di blog. Semuanya tergantung pada kata kunci yang Anda masukkan.

Baca juga >>
Apa itu paypal

 

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !