pengertian teknologi secara umum dan menurut para ahli

Pengertian teknologi secara umum dan menurut para ahli – Teknologi adalah penggunaan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan cara untuk melakukan sesuatu. Contohnya dengan memakai pengetahuan ilmiah untuk membuat sebuah mesin atau perangkat guna membuat hal-hal agar suatu pekerjaan lebih mudah untuk dilakukan. Teknologi sudah banyak mempengaruhi masyarakat dan juga lingkungan dalam berbagai hal. Di kalangan masyarakat, teknologi sudah sangat membantu mengembangkan ekonomi yang lebih maju lagi (termasuk ekonomi global di era sekarang ini).

pengertian teknologi secara umum dan menurut para ahli

Pengertian teknologi secara etimologis, teknologi “techne” berarti serangkaian metode rasional yang berhubungan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan mengenai metode dan seni. Secara umum, teknologi didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang dibuat secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran tuk mencapai suatu nilai.

Definisi teknologi bisa dipandang menjadi kegiatan yang mengubah atau membentuk kebudayaan. Selain itu, teknologi merupakan terapan sains, matematika, dan berbagai seni tuk faedah kehidupan seperti yang dikenal sekarang ini. Tetapi ada juga definisi sejenis menonjolnya, yaitu definisi teknologi menjadi sains terapan, khususnya para ilmuan dan insinyur. Dalam penggunaan ini, pengertian teknologi berpedoman pada alat dan mesin yang bisa dipakai tuk memecahkan masalah di dunia nyata.

Kata “teknologi” juga bisa dipakai buat merujuk kepada kumpulan teknik. Dalam konteks ini, ialah suatu keadaan sekarang dari pengetahuan manusia mengenai bagaimana menggabungkan sumber daya memproduksi produk yang dikehendaki, memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan. Teknologi merupakan konsekuensi dari ilmu dan rekayasa, walau kegiatan manusia justru mendahului kedua ranah itu.

Pengertian teknologi menurut para ahli

  1. Teknologi menurut Prayitno dalam Ilyas (2001), teknologi merupakan semua perangkat ide, metode, teknik benda-benda material yang dipakai dalam waktu dan tempat tertentu maupun tuk memenuhi semua kebutuhan manusia.
  2. Arti Teknologi menurut Mardikanto (1993), teknologi ialah suatu perilaku informasi, produk, dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan dipakai atau diterapkan oleh masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendukung terjadinya perubahan individu atau seluruh masyarakat yang berkaitan.
  3. Menurut Iskandar Alisyahbana seperti dikutip Yusufhadi Miarso (2007 : 131), teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat semakin ampuh pancaindra, anggota tubuh, dan juga otak manusia.
  4. Harvey Brooks memberikan pengertian teknologi menjadi pemakaian pengetahuan ilmiah tuk membuat barang-barang dengan jalan reproduksi.
Baca juga >>
Pengertian Perdagangan
Perkembangan teknologi terkini, seperti telepon, mesin cetak, internet dan lain sebagainya telah mengakibatkan berkurangnya hambatan fisik tuk berkomunikasi dan memungkinkan manusia tuk berinteraksi dengan bebas pada skala global. Namun, tak semua teknologi telah dipakai dengan maksimal untuk tujuan damai, pengembangan senjata terus meningkat dan telah berkembang sepanjang sejarah, sampai ke penciptaan senjata nuklir.
Order via Whatsapp !