Pengertian Suhu Dan Kalor: Rumus Kalor

Ilmupengetahuanalam.id- Kali ini kita akan membahas tentang pengertian suhu dan kalor? Apa itu suhu dan kalor? Pengertian secara ilmiah tentang suhu adalah ukuran yang menyatakan energi panas tersimpan dalam suatu benda. Atau dalam seerhananya ukuran derajat panas dinginnya sebuah benda.

Apa itu suhu dan kalor?

Jika sebuah benda memiliki suhu tinggi maka benda tersebut memiliki energi panas yang tinggi, dan sebaliknya. Perpindahan energi panas dari yang bertemperatur tinggi ke bertemperatur rendah inilah yang disebut dengan pengertian kalor.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara perpindahan kalor dari satu benda ke benda yang lainnya, kamu sudah tentu mengetahui alat yang digunakan untuk mengukur suhu bukan? Alat untuk mengukur suhu adalah termometer. Secara umum yang perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa skala terometer yang banyak digunakan saat ini. Skala termometer tersebut adalah celcius (C), fahrenheit (F), Kelvin (K), dan Reamur.

Konversi Skala Termometer

Skala tersebut memiliki dua titik, yaitu titik tetap atas, dan titik tetap bawah. Titik tetap atas adalah titik dimana air mendidih, sedangkan titik tetap bawah adalah titik dimana air membeku. Berikut ini rumus untuk mengkonversi skala, dari skala yang satu ke skala yang lainnya.

Pengertian suhu dan kalor

Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Perubahan Wujud

Apakah kalor dapat menyebabkan kenaikan suhu? Jawabannya ia. Kalor dapat menaikan suhu benda. Contohnya saja ketika kita ingin membuat teh panas, maka kita harus memanaskan air di dispenser atau memasaknya menggunakan kompor. Awalnya suhu air adalah rendah, namun ketika kita panaskan maka suhu dari air tersebut akan meningkat. Semakin besar banyak kalor yang diberikan kepada sebuah benda maka semakin besar kenaikan suhu benda tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kalor yang diterima sebuah benda. Diantaranya adalah massa, kalor jenis (ini terkait jenis bendanya) dan, perubahan suhu.

Baca juga >>
Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Satuannya

Dari ketiga faktor tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kalor yang diperlukan untuk menaikan suhu suatu zat atau benda bergantu dari massa benda, kalor jenis benda dan perubahan suhu sehingga dirumuskan sebagai berikut:

 Q = m c ΔT

q = Banyaknya kalor yang diperlukan (Joule)
m = Massa benda (kg)
c = Kalor jenis (J/kgoC)
ΔT= Perbuhan suhu (C)

Selain dapat merubah suhu benda, kalor juga dapat menyebabkan perubahan wujud zat. Seperti yang kita ketahui bahwa wujud zat ada tiga yaitu padat, cair dan gas.

Pengaruh kalor dapat merubah wujud padat menjadi gas atau sebaliknya, perubahan wujud dari padat menjadi cair atau sebaliknya serta perubahan wujud cair menjadi gas dan sebaliknya.

Bagaimana pembahasan kita kali ini sudah mengetahui pengertian suhu dan kalor bukan? Nanti kita juga akan membahas tentang asas black dan penerapannya serta perpindahan kalor melalui tiga jenis cara.

Silahkan dishare informasi ini ya supaya teman-teman mu juga mengetahui tentang rumus dan pengertian suhu dan kalor serta cara mengkonversi skala termometer.