pengertian prestasi menurut para ahli

Banyak sekali orang mengejar prestasi disegala bidang, hanya menilai kemampuan seseorang dari piala, penghargaan atas prestasi yang sudah mereka raih. Tapi apakah kita mengerti apa sebenarnya hakikat dari pengertian prestasi? Jika kita membahas tentang pengertian prestasi maka banyak sekali orang yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian prestasi, baik di bidang belajar maupun bidang lain, berikut kami mencoba mengumpulkan beberapa pendapat tentang pengertian prestasi menurut para ahli dari beberapa sumber…

pengertian prestasi menurut para ahli

pengertian prestasi menurut para ahli

  1. WS. Winkei (1989), mengemukakan pengertian prestasi ialah hasil dari pembelajaran yang ditunjukan oleh siswa menurut kemampuan internal yang didapatkan sesuai dengan tujuan instruksional.
  2. Sumadi Suryabrata (1998), ialah sebagai rumus yang diberikan guru mata pelajaran mengenai kemajuan atau prestasi belajar selama periode tertentu.
  3. Harjati (2008:43), prestasi belajar ialah hasil usaha yang dilakukan dan menghasilan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol tuk menunjukkan kemampuan pencapaian dalam hasil kerja dalam waktu tertentu.
  4. Bukhari M.Ed (1983), pengertian prestasi ialah diartikan sebagai hasil yang dicapai atau hasil yang telah dicapai
  5. Kamus Bahasa Indonesia, mengemukakan pengertian prestasi ialah hasil yang telah dicapai, dilakukan, dilakukan dan sebagainya.
  6. Siti Pratini (2005), ialah hasil dari seseorang dalam kegiatan pembelajaran.
  7. Sutratinah Tirtonegoro (1984:4), Sutratinah Tirtonegoro mengemukakan pengertian prestasi belajar ialah suatu bentuk penilaian terhadap hasil aktivitas transfer ilmu (belajar) yang dilakukan di sekolah dan diwakilkan dalam bentuk angka sebagai salah satu bentk penilaian standar akan pencapaian suatu peserta didik dalam rentan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.
  8. Haditomo dkk (1980:4), prestasi belajar ialah bentuk dari kemampuan seseorang dalam melewati beragam proses pembelajaran dengan hasil yang maksimal serta tingkat kemampuan yang tinggi sehingga hasil yang dicapai memiliki kelebihan tersendiri baik dari sisi waktu, ketepatan maupun unsur lainnya.
  9. Sunarya (1983:4), ialah lebih mengarah ke perubahan sikap maupun tingkah laku seseorang yang tentunya meliputi tiga ranah seperti kognitig, afektif dan psikomotorik yang bisa diwakili sebagai tolak ukur keberhasilan.
  10. Asmara (2009:11), pengertian prestasi belajar ialah suatu bentuk pencapaian atas usaha seseorang dalam penguasaan materi, keterampilan, maupun pengetahuan yang ditunjukkan ataupun diwakilkan dalam bentuk nilai.
  11. Hetika (2008:23), pengertian prestasi belajar ialah pencapaian atua kecakapan yang dinampakkan dalam keahlian atau kumpulan pengetahuan
  12. Dewa Ketut Sukardi (1983:51), mengemukakan pengertian prestasi belajar ialah bagiand ari alat ukur kemampuan para siswa tuk menghitung maupun menyimpulkan tingkat keberhasilan dari suatu proses pembelajaran dari seluruh mata pelajaran yang ada.
Baca juga >>
Pengertian Bimbingan Belajar
Dari beberapa pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian prestasi adalah suatu hasil yang telah dicapai sebagai bukti usaha yang telah dilakukan. semoga pengertian tersebut dapat bermanfaat buat anda semua.
Order via Whatsapp !