Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”

Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan sosial bookmark. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010.

Yuk belajar lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan media sosial. Artikel ini akan dibuat dengan format tanya jawab untuk memudahkan Anda mempelajari lebih detail mengenai apa pengertian sosial media, definisi, sejarah, fungsi, jenis, ciri, pertumbuhan, dampak dan penjelasannya.

Jelaskan Pengertian Media Sosial !

Menurut webopedia, arti media sosial adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai platform, aplikasi, dan teknologi berbasis web yang memungkinkan orang berinteraksi secara sosial satu sama lain secara online. Beberapa contoh situs dan aplikasi media sosial termasuk Facebook, YouTube, Del.icio.us, Twitter, Digg, blog, dan situs lain yang memiliki konten berdasarkan partisipasi pengguna dan konten yang dibuat pengguna (UGC – user generated content).

Sementara menurut wikipedia, definisi media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan pengertian medsos sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Media sosial merupakan sebuah media berbasis kecanggihan teknologi yang diklasifikasikan dari berbagai bentuk, seperti majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, siniar, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial.

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Menurut Michael Cross pengertian media sosial secara umum adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web.

Berikut ini dapat dilihat ciri-ciri media sosial.

  1. Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang tetapi lebih luas jangkauannya. Contohnya pesan melalui SMS ataupun internet.
  2. Pesan yang disampaikan bebas atau tanpa harus melalui suatu Gatekeeper.
  3. Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibanding platform lainnya.
  4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Baca juga >>
Apa Itu DNS? Bagaimana Cara Kerja serta Fungsinya?

Secara lebih sederhana sosial media dapat diartikan sebuah platform untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya.

Sosial media meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, dengan platform ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak dan waktu.

Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita. Seseorang yang asalnya “kecil” seketika bisa menjadi besar dengan Media sosial, begitupun sebaliknya orang “besar” dalam sekejap bisa menjadi “kecil”.

Harus diakui bahwa pengguna situs social media (sosmed) terus membludak meskipun kini sudah tersedia beragam layanan sejenis dengan keunikan tertentu. Selain update status, upload gambar/video hingga main video game, keseruan sosmed terletak pada interaksi para pengguna setia dalam menjadikan sebuah kabar sebagai viral hanya dalam hitungan menit saja.

Hal itu mendorong para pemilik situs untuk memanfaatkan sosmed sebagai ajang cari trafik cepat dan murah. Layanan mesin pencari seperti Google malah turut mengakuinya sebagai salah satu elemen SEO yang mempengaruhi SERP. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengenal lebih jauh penjabaran social media seperti Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, Pinterest, Youtube Instagram, dll.

Setelah mengetahui arti platform media sosial, selanjutkan kita akan membahas mengenai jenis sosial media di bawah ini.

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Jenis Media Sosial

Dilansir dari wikipedia, Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial, yang dapat dilihat sebagai berikut.

1. Proyek Kolaborasi

Situs web mengizinkan penggunanya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun menghapus konten-konten yang ada di situs web ini. Contohnya Wikipedia.

2. Blog dan Mikroblog

Pengguna lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini, seperti curhat (curahan hati) atau kritik terhadap kebijakan pemerintah. Contohnya Twitter.

3. Konten

Para pengguna situs web ini saling berbagi konten-konten media, seperti video, gambar, dan buku-el (buku elektronik). Contohnya YouTube.

4. Situs Jejaring Sosial

Aplikasi yang di dalamnya terdapat “izin” bagi pengguna untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa berbentuk foto-foto atau video. Contohnya Facebook.

5. Virtual Game World

Dunia permainan virtual, merupakan replikasi “lingkungan” 3D (tiga dimensi), user atau pengguna bisa muncul dalam bentuk avatar-avatar yang diinginkan dan dapat berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contohnya gim daring (online game).

6. Virtual Social World

Dunia virtual sosial, yang di dalamnya seorang pengguna merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan lain orang. Namun, Virtual social world sifatnya lebih bebas dan lebih ke arah kehidupan nyata atau realistis. Contohnya second life.

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Karakteristik Media Sosial

Menurut pakar komunikasi di pakarkomunikasi.com, Media sosial memiliki beberapa karakteristik, yaitu

1. Kualitas

Distribusi pesan melalui media sosial memiliki berbagai variasi yang tinggi, mulai dari kualitas yang sangat rendah hingga kualitas yang sangat tinggi tergantung pada konten.

2. Jangkauan

Teknologi media sosial bersifat desentralisasi, tidak berifat hierarki (Baca : Teori Jarum Hipodermik)

3. Frekuensi​

Menggambarkan jumlah waktu yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses media sosial tiap harinya.

4. Aksesibilitas

Menggambarkan kemudahan media sosial untuk diakses oleh pengguna.

5. Kegunaan

Para pemilik situs harus Menggambarkan siapapun yang memiliki akses internet dapat mengerjakan berbagai hal dengan menggunakan media sosial seperti mem-posting foto digital, menulis online dan lain-lain.

6. Segera

Menggambarkan waktu yang dibutuhkan pengguna media sosial untuk berkomunikasi dengan orang lain secara instan.

7. Tidak Permanen

Menggambarkan bahwa pesan dalam media sosial dapat disunting sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga >>
Model Pagar Rumah Minimalis Terbaru 2020

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Fitur Umum Media Sosial

Berikut fitur-fitur yang umumnya terdapat dalam suatu aplikasi media sosial. Untuk membedakan mana platform sosial media dengan aplikasi berbasis internet lainnya, paling tidak ia memiliki 7 fitur di bawah ini.

1. Akun pengguna

Setiap media sosial memungkinkan penggunanya untuk membuat akun sendiri yang akan diverifikasi menggunakan nomor handphone atau email address.

2. Halaman profil

Halaman profil berisi data nama pengguna dan detail lain seperti kontak dan informasi pribadi, Sebagai ajang komunikasi, maka laman profil khusus milik setiap pengguna adalah hal yang wajib ada.

3. Teman, pengikut, hashtag

Setiap orang dapat menggunakan platform media sosial untuk saling terhubung, baik itu dengan pengguna ataupun topik informasi tertentu. Hashtag digunakan untuk menandai topik atau kata kunci tertentu yang biasanya ditandai dengan tanda pagar #namahashtag

4. Timeline atau Lini masa

Timeline atau lini masa memungkinkan kita untuk menerima update terkini. Bahkan hari ini, tidak sedikit platform yang memungkinkan kita menerima update secara real-time. Facebook dan Twitter adalah salah satunya.

5. Personalisasi

Sosial media populer biasanya memungkinkan setiap pengguna untuk memodifikasi tampilannya se-personal mungkin. Personalisasi ini bisa tercermin dari foto yang digunakan, informasi yang tersedia, serta tampilan yang tidak monoton.

6. Komentar dan reaksi

Adanya feedback membuat interaksi lebih hidup. Umpan balik ini bisa sangat beragam, baik berupa tulisan (komentar), likes, re-tweet, love, ataupun bentuk emosi lainnya.

7. Notifikasi

Fitur notifikasi berfungsi untuk memastikan kita tidak melewatkan hal-hal yang seharusnya kita dapatkan.

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Fungsi Media Sosial

Setelah mengetahui pengertian media sosial, jenis, karakteristik dan fitur umumnya, selanjutnya kita perlu tahu apa saja fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsi media sosial secara umum:

1. Sarana Interaksi Sosial

Memperluas interaksi sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan website.

2. Sarana Aktualisasi Diri

Sebagai sarana aktualisasi diri, menunjukkan bakat dan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat dilihat banyak orang di media sosial.

3. Komunikasi Dialogis

Menciptakan komunikasi dialogis antara banyak audiens dan menjalin hubungan pribadi.

4. Sarana Komunitas Online

Sebagai sarana membentuk komunitas online. Platform ini menjadi wadah tempat berkumpulnya masyarakat online yang memiliki minat yang sama untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi atau pendapat.

5. Transformasi Komunikasi

Melakukan transformasi manusia yang dulunya pemakai isi pesan berubah menjadi pesan itu sendiri.

6. Personal Branding

Membangun personal branding bagi para pengusaha ataupun tokoh masyarakat.
Sebagai platform komunikasi antara pengusaha ataupun tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.

7. Media Pemasaran

Fitur notifikasi berfungsi untuk Sebagai media pemasaran yang dapat digunakan untuk menjaring calon customer potensial.

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Dampak Media Sosial

Walaupun media sosial merupakan sarana hiburan, faktanya tidak sedikit masalah yang dihasilkan. Berikut beberapa dampak yang muncul dari penyalahgunaan sosial media.

1. Spam

Dengan adanya sosial media membuat mudah para spammer untuk membombardir netizen dengan konten spam. Distributor spam tersebut bisa berupa akun yang dikelola oleh orang secara langsung ataupun oleh bot. Salah satu contohnya adalah spamming di instagram. Arti spam di IG adalah tulisan di dalam kolom komentar yang diposting berkali-kali pada foto yang diupate sendiri.

2. Cyberbullying

Dengan mayoritas pengguna generasi muda dan anak-anak, media sosial menjadi sangat rentan untuk menjadi ajang “ikut-ikutan”. Sayangnya, tidak sedikit aksi demam tersebut berujung pada aksi untuk mendiskreditkan seseorang. Hal ini tentu bisa berakibat fatal bagi korban atau target bully yang bisa jadi sasaran dan konsumsi jutaan orang di dunia maya.

3. Berita palsu (HOAX)

Jangan heran bila sebagian besar HOAX tersebar lewat sosial media. Hal ini dikarenakan saking mudahnya seseorang untuk menyebar informasi tanpa disertai filter yang memadai. Tingkat kesadaran dalam mengolah informasi juga menjadi faktor penting bagaimana dengan mudahnya seseorang membagikan info yang belum tervalidasi atau bahkan provokatif.

Baca juga >>
Teknik White Hat SEO vs Black Hat SEO vs Gray Hat SEO 2017

4. Menjadi Asosial

Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri.

5. Pornografi

Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela dan media sosial menjadi salah satu yang paling banyak digunakan dalam penyebarannya.

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Contoh Media Sosial

Berdasarkan data Buffer Marketing Library, berikut adalah data contoh sosial media yang paling banyak digunakan Di Dunia berdasarkan jumlah aktif pengguna bulanan atau MAUs kepanjangan dari Monthly Active User.

1. Facebook – 2.23 milliar MAUs

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Pengertian Facebook saat ini dikenal sebagai situs media sosial terbesar, dengan lebih dari dua miliar orang menggunakannya setiap bulan. Itu hampir sepertiga dari populasi dunia! Ada lebih dari 65 juta bisnis menggunakan Halaman Facebook dan lebih dari enam juta pengiklan aktif mempromosikan bisnis mereka di Facebook, yang membuatnya menjadi taruhan yang cukup aman jika Anda ingin hadir di media sosial.

Platform facebook gratis untuk sekolah yang paling dikenal identik dengan Fans Page Facebook. Pencipta dari media sosial berupa facebook adalah Mark Zuckerberg. Whatsapp dan facebook merupakan contoh sosial media yang dimiliki hampir semua orang saat ini.

Sangat mudah untuk memulai di Facebook karena hampir semua format konten berfungsi dengan baik di Facebook – teks, gambar, video, video langsung, dan Cerita. Tetapi perhatikan bahwa algoritma Facebook memprioritaskan konten yang memicu percakapan dan interaksi yang bermakna antara orang-orang, terutama yang dari keluarga dan teman.

Facebook bisa dikatakan cikal bakal sosmed modern dengan beragam fitur keren seperti :

1. Marketplace: pengguna dapat menulis, membaca dan merespon iklan tertentu.

2. Groups: pengguna dapat berinteraksi sesama pengguna lain dengan minat/hobi yang sama.

3. Events: pengguna dapat mempublikasikan rencana sebuah acara, mengundang pengguna untuk menghadiri kemudian melacak siapa saja yang bersedia hadir.

4. Pages: pengguna dapat membuat dan mempromosikan sebuah halaman umum tentang topik spesifik.

5. Chat online: pengguna dapat mengetahui siapa saja yang sedang online lalu mengajak chat atau ngobrol.

Diantara lima fitur keren di atas, update status paling sering dinantikan para pengguna. Para pemilik situs turut memanfaatkannya untuk berbagi informasi lalu memperoleh trafik instan dan backlink.

2. YouTube – 1.9 milliar MAUsPengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Apakah youtube termasuk media sosial atau tidak, Siapa tak mengenal YouTube? Situs hosting video terpopuler dunia yang memungkinkan pengguna serta pengunjung untuk nonton, berkomentar dan berbagi video. Mereka juga dapat berbagi video YouTube ke beragam platform web dengan menggunakan kode HTML tertentu. Walaupun pengguna hanya dapat mengunggah file video, namun tetap efektif menjaring trafik dan penjualan.

Pengertian YouTube adalah platform berbagi video di mana pengguna menonton satu miliar jam video setiap hari. Untuk memulai, Anda dapat membuat saluran YouTube untuk merek Anda tempat Anda dapat mengunggah video untuk dilihat, disukai, dikomentari, dan dibagikan oleh pelanggan.

Selain sebagai situs media sosial terbesar kedua, YouTube (dimiliki oleh Google) juga sering dikenal sebagai mesin pencari terbesar kedua setelah Google. (Jadi, jika Anda ingin merek Anda ada di YouTube, saya akan merekomendasikan membaca di YouTube SEO.)

3. WhatsApp – 1.5 milliar MAUs

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Pengertian WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan yang digunakan oleh orang-orang di lebih dari 180 negara. Awalnya, WhatsApp hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman. Secara bertahap, orang-orang mulai berkomunikasi dengan bisnis melalui WhatsApp.

WhatsApp telah membangun platform bisnisnya untuk memungkinkan bisnis memiliki profil bisnis yang tepat, untuk memberikan dukungan pelanggan, dan untuk berbagi pembaruan dengan pelanggan tentang pembelian mereka. Untuk usaha kecil, itu telah membangun aplikasi WhatsApp Business sementara untuk bisnis menengah dan besar, ada WhatsApp Business API.

Baca juga >>
Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster Dengan Cepat

4. Messenger – 1.3 milliar MAUs

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Messenger dulunya adalah fitur pengiriman pesan di Facebook, dan sejak 2011, Facebook telah menjadikan Messenger menjadi aplikasi mandiri dengan sendirinya dan sangat memperluas fitur-fiturnya. Bisnis sekarang dapat beriklan, membuat chatbots, mengirim buletin, dan lainnya di Messenger. Fitur-fitur ini telah memberi bisnis banyak cara baru untuk terlibat dan terhubung dengan pelanggan mereka.

5. WeChat – 1.06 milliar MAUsPengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

WeChat tumbuh dari aplikasi pengiriman pesan, seperti WhatsApp dan Messenger, menjadi platform serba bisa. Selain mengirim pesan dan menelepon, pengguna kini dapat menggunakan WeChat untuk berbelanja online dan melakukan pembayaran offline, mentransfer uang, melakukan pemesanan, memesan taksi, dan banyak lagi.

WeChat paling populer di Cina dan beberapa bagian Asia. Jika Anda melakukan bisnis di area tersebut (di mana platform media sosial seperti Facebook dilarang), WeChat bisa menjadi alternatif yang baik.

6. Instagram – 1 milliar MAUs

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Facebook dan Instagram sering disebut dengan istilah media sosial daring untuk berbagi foto. Pengertian Instagram merupakan platform berbagi foto dan video secara online dan gratis yang telah diakuisisi Facebook pada 2012.

Ini memungkinkan Anda untuk berbagi berbagai konten seperti foto, video, Cerita, dan video langsung. Ini juga baru-baru ini meluncurkan IGTV untuk video dalam bentuk yang lebih panjang.

Sebagai sebuah merek, Anda dapat memiliki profil bisnis Instagram, yang akan memberi Anda banyak analisis tentang profil dan pos Anda dan kemampuan untuk menjadwalkan posting Instagram menggunakan alat pihak ketiga.

Pengguna dapat unggah, ubah dan berbagi foto dengan pengguna lain melalui situs Instagram, email dan layanan social media lainnya seperti Twitter, Facebook, Tumblr, Foursquare dan Flickr. Fitur editing Instagram dilengkapi beragam filter digital, one-click rotation dan border. Foto dapat dibagikan ke satu atau beberapa social media sekaligus dengan sekali klik saja.

Demi memanjakan para pengguna setia, Instagram menawarkan aplikasi yang bisa terpasang pada smartphone berbasis Android dan iOS. Dalam fitur aplikasi terdapat tab “Explore” yang mempermudah penguna untuk mencari akun pengguna atau foto tertentu berdasarkan hashtag. Pada tab “Home”, pengguna Instagram dapat melihat foto/video dari akun pengguna lain yang telah di-follow, konsepnya tak jauh berbeda dari newsfeed milik Facebook. Pada semua konten foto/video, pengguna dapat memberi tanda suka atau like dan berkomentar.

7. Tik Tok – 500 juta MAUs

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Tik Tok (juga dikenal sebagai Douyin di Cina) adalah jejaring sosial video musik yang sedang naik daun. Tik Tok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada kuartal pertama tahun 2018, mengalahkan Facebook, Instagram, dan aplikasi media sosial lainnya. Pengguna dapat merekam video hingga 60 detik, mengeditnya, dan menambahkan musik dan efek khusus.

8. Twitter – 335 juta MAUs

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Pengertian dari Twitter menurut para ahli adalah merupakan situs sosmed berbasis microblogging yang memungkinkan pengguna untuk memposting tulisan pendek yang dikenal istilah “tweet”. Para pengguna dapat membuat tweet lalu mem-follow atau mengikuti tweet pengguna lain dengan dukungan aplikasi beragam platform dan perangkat. Tweet dan pesan balasan bisa ditulis via desktop dan ponsel.

Twitter adalah situs media sosial untuk berita, hiburan, olahraga, politik, dan banyak lagi. Apa yang membuat Twitter berbeda dari kebanyakan situs media sosial lainnya adalah ia memiliki penekanan kuat pada informasi waktu nyata – hal-hal yang terjadi saat ini. Sebagai contoh, salah satu momen yang menentukan dalam sejarah Twitter adalah ketika Janis Krums tweeted gambar pesawat yang mendarat di Sungai Hudson ketika ia berada di feri untuk menjemput penumpang.

Untuk membuat sebuah kabar menjadi viral atau trending topic, pengguna dapat memberi tanda hashtag di depan kata kunci yang diinginkan seperti #cantik. Hashtag secara otomatis bertindak sebagai meta tag. Tak seperti sosmed lainnya, membuat tweet hanya dibatasi 140 karakter.

Baca juga >>
Bantuan Customer Service BRI Dalam dan Luar Negeri

Uniknya, tweet itu bersifat permanen, umum dan mudah dilacak via mesin pencari. Hebatnya lagi, tweet dapat dicari langsung via twitter meski bukan anggota sekalipun.

Salah satu syarat membuat media sosial seperti facebook dan twitter adalah memiliki email dan no ponsel aktif untuk verifikasi kepemilikan akun.

9. LinkedIn – 294 juta MAUs

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

LinkedIn sengaja dirancang untuk komunitas bisnis yang bertujuan mempermudah pengguna membangun dan mendokumentasikan orang-orang dikenal secara profesional. Pengguna layanan LinkedIn bisa menikmati news feeds seputar kegiatan profesional dan modul terbatas yang bisa disesuaikan. Para pengguna, disebut connection, bisa mendaftar secara gratis. Tak seperti layanan social platform lain seperti Twitter atau Facebook, LinkedIn membutuhkan connection yang sudah ada hubungan.

Dengan keanggotaan dasar, seorang pengguna dapat membangun koneksi dengan orang lain yang pernah terikat kerja, mengenal secara profesional atau lulusan sekolah yang sama. Sementara keanggotaan premium bisa dibeli sejumlah uang sehingga pengguna dapat memperoleh akses kontak ke database LinkedIn.

LinkedIn sekarang lebih dari sekadar resume dan situs pencarian kerja. Ini telah berkembang menjadi situs media sosial profesional di mana para pakar industri berbagi konten, jaringan satu sama lain, dan membangun merek pribadi mereka. Ini juga telah menjadi tempat bagi bisnis untuk membangun kepemimpinan dan otoritas pemikiran dalam industri dan menarik bakat ke perusahaan.

LinkedIn juga menawarkan peluang iklan, seperti meningkatkan konten, mengirim iklan hasil personalisasi ke kotak masuk LinkedIn, dan menampilkan iklan di sisi situs.

 10. Pinterest – 250 juta MAUs

Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Pinterest adalah tempat di mana orang pergi untuk menemukan hal-hal baru dan terinspirasi, tidak seperti kebanyakan situs media sosial di mana keterlibatan adalah fokus utama. Menurut Pinterest, 78 persen pengguna mengatakan bahwa konten di Pinterest dari merek berguna jauh lebih tinggi daripada di situs lain. Ini memberi kesempatan unik bagi merek Anda untuk membentuk keputusan pembelian.

Karena pengguna Pinterest ingin terinspirasi untuk mencoba atau membeli hal-hal baru, kehadiran di Pinterest dapat membantu menempatkan merek Anda di benak pengguna. B

Pinterest mengusung fitur berbagi dan mengkategorikan beragam gambar yang ditemui secara online. Beberapa pendapat menyatakannya sebagai situs visual bookmarking. Ada beragam kategori bisa diakses seperti arsitektur, seni, kerajinan tangan, gaya busana, makanan & minuman, dekorasi rumah, ilmu pengetahuan dan travel. Tombol “Pin it” dapat ditambahkan ke web browser dan situs.

Fokus utama situs yaitu mengandalkan tampilan visual, tetapi perlu menambahkan deskripsi singkat. Dengan meng-klik sebuah gambar terpampang di Pinterest, maka pengguna akan dibawa langsung menuju sumber gambar asli. Para pengguna dapat menjelajahi atau mencari konten gambar kemudian mengikuti “follow” dan sekedar beri tanda suka “like”.

Kesimpulan

Dengan mengenal pengertian media sosial dan beragam platform seperti Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, Pinterest, Youtube, Instagram dan sebagainya, maka diharapkan pemilik situs dapat memanfaatkan semuanya sebaik mungkin demi kepentingan SEO.

Media sosial menambahkan kamus baru dalam pembendaharaan kita yakni selain mengenal dunia nyata kita juga sekarang mengenal “dunia maya”. Dunia bebas tanpa batasan yang berisi orang-orang dari dunia nyata. Setiap orang bisa jadi apapun dan siapapun di dunia maya. Seseorang bisa menjadi sangat berbeda kehidupannya antara didunia nyata dengan dunia maya, hal ini terlihat terutama dalam jejaring sosial.

Melihat perkembangannya yang begitu pesat, tentu media sosial juga punya andil besar dalam cara kita berinteraksi hari ini. Oleh karenanya, kita sebagai pengguna platform sosial ini juga harus bijak dalam memanfaatkannya.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !