Pengertian Manajemen (management) Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen (Management) Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen (Management) Menurut Para Ahli – Pengertian manajemen secara umum ialah seni dalam memperoleh tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen asal katanya dari “to manage” artinya mengatur, mengelola atau mengurus. Para ahli memberikan definisi terhadap istilah manajemen ini dengan jumlah yang banyak sekali. Namun dari sekian banyak definisi tersebut, ada satu yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu Manajemen dalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian atau pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (Arif & Zulkarnain, 2008). Untuk lebih lanjut mari kita simak pembahasan berikut itu terkait pengertian atau definisi manajemen menurut para ahli.

Pengertian Manajemen (Management) Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen (Management) Menurut Para Ahli

Dibawah ini admin sajikan beberapa ahli terkait pengertian Manajeman, Supaya lebih faham silahkan anda simak, beberapa pengertian manajemen menurut para ahli adalah sebagai berikut:
  1. Wilson (2015), Menyatakan manajemen adalah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya (Ibrahim, 2016).
  2. Koontz (2015), Menyatakan bahwa manajemen adalah seni yang sering produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu mendasarinya. Namun ruang lingkup manajemen tidak terbatas hanya pada leader. Karena kepemimpinan hanyalah bagian dari manajemen. Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa manajemen ialah seni dalam mengelola. Sebuah seni tentunya tak cuma memakai satu metode saja. Metode yang dipakai haruslah banyak kemudian menjadikannya sebagai seni bernilai tinggi. Begitu pula dengan manajemen. Untuk menata sebuah sistem harus memiliki manajemen yang baik dan hadal agar sistem tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya (Ibrahim, 2016).
  3. Terry (2015), Menyatakan manajemen yakni proses khas terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan, menggerakan, pengorganisasian, dan pengawasan yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain. Pengertian dari manajemen sering kali berbeda penjelasan dan mempunyai sudut pandang yang berbeda dari para ahli. Namun dalam hal visi dan tujuannya, kesemua pengertian tersebut akan selalu mengerucut kepada satu hal, yaitu pengambilan keputusan. Di dalam kesaharian kita sering kali mendengar tentang manajemen, sejatinya bermakna seni dalam mengelola dan mengatur. Seni tersebut menjadi krusial dalam rangka menjaga kestabilan sebuah entitas bisnis atau perusahaan dan organisasi (Ibrahim, 2016).
  4. Horold Koontz dan Cyril O’donnel, Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain (Arif & Zulkarnain, 2008).
  5. James A.F. Stoner, Manajemen yaitu proses perencanaan, pengorganisasian serta penggunaan sumber daya organisasi lainnya supaya mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan (Arif & Zulkarnain, 2008).
  6. Lawrence A. Appley, Manajemen ialah seni pencapaian tujuan dilakukan dengan usaha orang lain (Arif & Zulkarnain, 2008).
  7. Drs. Oey Liang Lee, Manajemen adalah seni pencapaian dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Arif & Zulkarnain, 2008).
  8. Christiawan (2002), Manajemen ialah pihak pengelola sekaligus mengendalikan perusahaan. Manajemen diyakini dan diberi wewenang guna mengelola sumber daya yang diinvestasikan kedalam perusahaan oleh pemilik. Manajemen berguna menjalankan kegiatan bisnis perusahaan. Konsekuensi dari hal ini ialah pihak manajemen harus mempertanggungjawabkan pelaksanaan wewenang itu secara periodik pada pemilik. Pertanggungjawaban periodik ini biasanya memakai media laporan keuangan. Untuk itu manajemen haruslah merancang dan mengimplementasikan suatu sistem akuntansi yang dipakai buat menyusun laporan keuangan secara periodik yang akurat dan dapat diandalkan.
Baca juga >>
pengertian korupsi

Toeri Manajemen Klasik

Sedangkan toeri manajemen klasik menurut Henry Fayol (1841-1925) dalam Priyono (2007) adalah seorang industriawan Perancis yang kemudian terkenal sebagai bapak manajemen operasional me-ngembangkan manajemen sebagaimana yang dikemukakannya dalam bukunya yang terkenal yang berjudul Administration Indus-trielle et generale. Fayol berpendapat bahwa dalam perusahaan industri kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan manajemen dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok tugas, yaitu:
  • Technical. Merupakan kegiatan memproduksi dan membuat produk. Kegiatannya meliputi merencanakan dan meng-organisir produk.
  • Commercial. Meliputi kegiatan membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan menjual barang (hasil produksi).
  • Finacial. Kegiatan pembelanjaan, yakni meliputi kegiatan mencari modal dan bagaimana menggunakan modal tersebut.
  • Security. Yaitu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga keamanan (keselamatan kerja dan harta benda yang dimilki perusahaan).
  • Akuntansi. Meliputi kegiatan yang terdiri dari mencatat, menghitung, mengkalkulasi biaya yang dilaksanakan, menghitung dan menentukan keuntungan yang diperoleh, menge tahui hutang-hutang yang menjadi kewajiban perusahaan me nyajikan neraca, laporan rugi laba, dan mengumpulkan data data dalam bentuk statistik.
  • Tugas manajerial. Melaksanakan fungsi-fungsi yang ada dalam manajemen
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian manajemen (management) menurut para ahli yang dapat kami informasikan kepada Anda semua. Mudah-mudahan dapat menjadikan ilmu buat Anda dan faham akan arti manajeman yang sesungguhnya. Terimakasih

Leave a Comment

Order via Whatsapp !