pengertian etika moral dan akhlak

Kata Etika, Moral dan Akhlak sangat sering kita dengar dikehidupan sehari-hari. Namun, apakah kita tahu apa arti dari kata Etika, Moral dan akhlak tersebut? Baiklah, kali ini kami akan membahas pengertian etika moral dan akhlak secara rinci dan lengkap agar kita bisa lebih tahu dan mengerti maksud dari 3 kata tersebut.
pengertian etika moral dan akhlak
Kata etika dalam agama islam sebut juga dengan akhlak yang berasal dari kata al-akhlak berarti budi pekerti. Secara etimologi etika berarti adat kebiasaan sedangkan menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak. Ahmad Amin menegaskan bahwa etika ialah ilmu yang menjelaskan arti buruk dan baik yang seharusnya dilakukan oleh manusia.
Pengertian Moral secara etimologi berasal dari kata mores berarti kesusilaan, kelakuan dan tabiat. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, moral adalah ajaran mengenai baik-buruk dari suatu perbuatan. Sedangkan pengertian moral secara terminologis ialah sifat, kehendak, perangai, pendapat atau perbuatan yang secara layak bisa dikatakan benar atau salah dan baik atau buruk.
Pengertian Akhlak dalam bahasa Arab khuluq berarti tingkah laku, tabiat atau perangai seseorang. Sedangkan menurut istilah, akhlak adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang mendorong perbuatan secara mudah dan spontan tanlagi berpikir dan direnungkan terlebih dahulu. Ibn Maskawaih menjelaskan bahwa Akhlak merupakan keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya dalam melakukan suatu perbuatan tanpa pertimbangan terlebih dahulu.

Hubungan etika moral dan akhlak

Jika etika dan moral digabungkan maka bisa dikatakan antara etika dan moral punya kesamaan yakni sama-sama membahas perbuatan manusia baik atau buruk. Tolak ukur yang dipakai dalam moral untuk melihat tingkah laku manusia ialah adat istiadat, kebiasaan yang berlaku di masyarakat. Menurut Ibnu Arabi, hati manusia bisa baik atau bisa juga buruk disebabkan didalam hati manusia terdapat 3 nafsu yakni Syahwaniyah (nafsu pada kelezatan dan syahwat jasmani), Al-Ghadabiyah (seperti marah, merusak, senang menguasai, ambisi), Al-Nathiqah (bersyukur kepada Allah, beribadah, berdzikir, besar cita-citanya dll)

Manfaat etika moral dan akhlak dalam kehidupan

  • Menjadikan insan yang lebih taqwa kepada Allah.
  • Memperbaiki tingkah laku manusia untuk menjadi pribadi yang baik.
  • Bisa membedakan yang baik dan yang buruk.
  • Mengetahui dampak positif  hidup rukun  dalam kehidupan.
  • Memahami pentingnya persatuan dalam kehidupan.
  • Bisa berperilaku mahmudah (berakhlak terpuji) dan mampu mennghindari akhlak madzmumah.
  • Menumbuhkan kesadaran pribadi untuk membentuk nuansa kebersamaan di kehidupan sosial.
Order via Whatsapp !