Apa Itu Optimasi Speed Website

Ilmupengetahuanalam.id| Halo sobat semua, mungkin sobat semua sudah mengenal apa itu fisika ya? Tapi apakah sahabat semua sudah mengetahu pengertian fisika menurut para ahli dan bagaimana perkembangan fisika itu sendiri? Jika belum memahaminya, mari kita ulas lebih dalam tentang pengertian dan perkembangan fisika menurut para ahli.

Sejarah perkembangan ilmu fisika bermula dari dunia filosofi, bagaimana manusia mengamati dunia sekitar, kejadian-kejadian yang terjadi disekelilingnya. Dari pengamatan tersebutlah muncul sebuah pertanyaan besar mengapa hal itu terjadi dan bagaiama proses itu terjadi serta pertanyaan-pertanyaan lainnya yang muncul di pemikiran manusia.

Berdasarkan dunia filosi inilah awal perkembangan ilmu fisika. Tentu sahabat sudah mengetahui Fisika berasal dari kata Yunani bukan? Yunani adalah negara yang terkenal dengan filsuf-filsuf atau pemikir yang terkenal hingga saat ini.

Menurut Wikipedia bahwa fisika berasal dari akar kata φυσικός (fysikós) yang memiliki arti alamiah dan φύσις (fýsis) yang artinya alam. Secara harafiah bisa di artikan bahwa fisika adalah ilmu alam yang mempelajari tentang segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang serta kejadian-kejadian di alam.

Secara teori fisika adalah salah satu ilmu pengetahuan tertua diperadaban manusia. Lalu bagaimana perkembangan ilmu fisika berdasarkan para ahli? Kali ini kita akan membahasnya perkembangan fisika berdasarkan beberapa ahli yang bersumber dari paper yang salah satunya di unggah oleh Walisongo.ac.id

Perkembangan fisika menurut Richtmeyer dibagi menjadi 4 periode. Periode pertama dimulai dari zaman prasejarah hingga tahun 1550an. Pada masa ini manusia mulai mengembangkan ilmu pengetahuan melalui pola pikir. Pada masa ini sudah di temukan teknologi dan ilmu pengetahuan yang membantu umat manusia, salah satunya ditemukannya jam pasir, kalender matahari, teknologi bangunan. Pada masa ini juga di publikasikan teori yang sangat terkenal mengenai siapa pusat dari tata surya itu? Ya, teori yang sudah sahabat kenal yaitu teori heliosentris dan geosentris.

Baca juga >>
Cara Menghilangkan Jerawat Ekstrim

Pada periode kedua antara tahun 1550 sampai dengan 1800an pengamatan terhadap suatu kejadian atau fenomena alam secara sistematis atau yang dikenal dengan metode saintifik atau metode ilmiah. Metode ini salah satu pencetusnya adalah Galileo.

Selain Galileo, pada periode kedua inilah juga muncul ilmuan-ilmuan yang sangat berpengaruh di ilmu fisika salah satunya adalah Newton. Hukum-hukum yang dihasilkan oleh Newton tentang mekanika sangat berpengaruh di dunia fisika dan di pakai hingga saat ini. Dalam periode ini juga banyak ditemukan hukum dan pengetahuan baru tentang fisika. Diantaranya adalah persamaan bernauli, asas black, teori kinetik gas dan sebagainya.

Isaac Newton

Periode ketiga dimulai dari 1800 hingga 1890an. Pada periode ini ilmu fisika dikenal dengan fisika klasik. Formulasi umum pada mekanika yang sudah dikemukakan oleh Newton pada periode sebelumnya sangat berpengaruh pada masa ini. Pada masa ini juga penemuan pada fisika panas, gelombang, listrik magnet sangat bermanfaat bagi manusia saat ini.

Periode keempat tahun 1890 hingga saat ini adalah periode yang dikenal dengan fiska modern. Pada masa ini, banyak fenomena alam yang sudah bisa diamati oleh manusia karena sudah banyak teknologi yang membantu manusia dalam pengamatan kejadian atau fenomena-fenomena alam tersebut. Fenomena yang terjadi tidak bisa dijelaskan oleh fisika klasik.

Pelopor dari fisika modern adalah Einstein. Einsten mengemukakan teori tentang realtifitas yang mencari pionir dalam fisika modern. Pada masa periode keempat muncullah teori tentang fisika kuantum ilmuan yang terkenal salah satunya adalah Plank, Bohr, Pauli, Schodinger dan ilmuan lainnya.

Demikian ulasan lengkap tentang pengertian fisika menurut para ahli dan perkembangan ilmu fisika secara lengkap. Silahkan anda bagikan kepada yang lainnya ya.