Pengertian dan Peranan Converstion Rate Optimization pada Bisnis Online

Apakah Anda memiliki bisnis online? Pastinya sudah tau tentang SEO. Search Engine Optimization akan membuat lalu lintas di situs web Anda tinggi. Namun sayangnya, SEO saja tidak cukup dalam pemasaran online. Anda akan membutuhkan CRO atau Converstion Rate Optimization .  Ibaratnya, jika SEO mampu mendatangkan banyak pengunjung ke toko Anda, maka CRO akan meningkatkan jumlah penjualan atau penutupan. Dalam kasus bisnis online, penutupan dapat berupa peningkatan jumlah pelanggan, jumlah pembelian yang tinggi oleh pengunjung, peningkatan jumlah pengikut, hingga jumlah unduhan di situs web.

Apa itu CRO?

Nginx Vs Apache, Anda Golongan Yang Mana?

Konversi kata dalam Converstion Rate Optimization  berarti suatu kondisi ketika pengunjung situs web mengambil tindakan yang menguntungkan bisnis Anda. Pengunjung menjadi pelanggan. Sebagai bisnis online, mengetahui seberapa besar tingkat konversi sangat penting. Ini agar Anda mengetahui parameter keberhasilan dan menetapkan target yang lebih tinggi di masa depan. Misalnya, jumlah pengunjung situs web adalah 2000 pengunjung dan pembelian atau unduhan terjadi sebanyak 10. Kemudian Anda dapat menghitung tingkat konversi dengan membagi 20 hingga 2000 lalu kalikan 100, Anda akan mendapatkan satu persen. Itu berarti, persentase konversi situs web adalah satu persen.

Karena Anda sudah tahu berapa persentase penutupannya, mengetahui berapa nilai ideal juga sangat penting. Menurut penelitian WordStream, tingkat konversi rata-rata di semua jenis bisnis online adalah 2,35 persen. 25 persen di antaranya mencapai 5,31 persen dan 10 persen lainnya bahkan mencapai 11,45 persen. Jadi, jika situs web Anda memiliki persentase satu persen, maka dua persen adalah angka yang wajar untuk ditargetkan untuk pengembangan bisnis.

Baca juga >>
Menjajal Bisnis Waralaba Martabak Africa Waka-waka

Mengoptimalkan CRO

Nginx Vs Apache, Anda Golongan Yang Mana?

Dalam CRO, ada tiga elemen penting yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah tujuan pengoptimalan situs web. Apakah itu mendatangkan banyak pembeli atau pelanggan konten Anda. Dengan mengetahui tujuan CRO, Anda dapat menentukan metode yang paling tepat untuk digunakan. Elemen penting kedua adalah elemen pendukung di situs web Anda. Misalnya artikel yang menarik dan bermanfaat, ikon obrolan layanan pelanggan untuk membantu pelanggan, atau spanduk promosi. Sekarang elemen terpenting ketiga adalah evaluasi. Dalam bisnis apa pun, evaluasi akan diperlukan.

Cara Meningkatkan Tingkat Konversi

Jumlah pengunjung yang mampir ke situs web Anda sangat penting tetapi akan sangat disayangkan jika banyak pengunjung tidak mengambil tindakan lebih lanjut, misalnya membeli produk. Sekarang untuk menambah jumlah CRO, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Tingkatkan Kecepatan Situs Web

Seberapa cepat situs web bekerja sangat penting. Pengunjung tidak akan mau berlama-lama di situs dengan respons panjang. Jika situs web Anda membutuhkan lebih dari empat detik untuk menampilkan halaman, maka segera perbaiki.

 

Buat Judul Berita Menarik

Lihatlah situs web besar di internet. Anda akan menemukan berita utama yang segera menarik perhatian saat pertama kali pengunjung melihatnya. Gunakan metode yang sama di situs web Anda. 90% pengunjung memutuskan untuk terus menjelajahi situs web dengan tajuk berita menarik.

Gunakan fitur Pop Up

Pop up dapat mengoptimalkan CRO. Di situs web Anda, pasti ada sejumlah artikel dengan tingkat lalu lintas tinggi daripada yang lain. Manfaatkan artikel potensial ini dan tampilkan munculan di halaman. Menggunakan pop up yang berbeda untuk halaman yang berbeda dapat dilakukan.

Menyediakan Layanan Pelanggan

Baca juga >>
Manfaat Woocommerce Dalam menjalankan Bisnis Online

Jika situs web menjual produk atau menawarkan layanan tertentu, pastikan bahwa ada ikon bantuan obrolan di mana pengunjung dapat dengan mudah berinteraksi langsung dengan layanan pelanggan dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Berikan Kolom Testimonial

Bahkan, pengunjung akan selalu melihat ke kolom ulasan pelanggan sebelum mereka memutuskan tindakan yang akan menguntungkan situs web Anda. Situs web hotel misalnya. Pengunjung tentu akan membandingkan pengalaman pelanggan sebelumnya sebagai penilaian mereka.     Demikian pula testimoni dari produk yang Anda jual. Pengalaman pelanggan yang puas untuk produk atau layanan Anda di situs web, akan mengundang lebih banyak pelanggan. Jika memungkinkan, gunakan juga testimoni orang-orang terkenal.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !