Pengertian dan Cara Optimasi SEO Off Page Terbaru 2017

Search Button SEON PORTAL BISNIS One Stop Solution Bisnis Online Indonesia Transparent

Apa itu Optimasi SEO Off page !

Seorang blogger atau siter mengetahui dengan pasti bahwa faktanya optimasi SEO Website selalu dibutuhkan bagi sebuah blog atau website. Kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan ditujukan untuk memperoleh optimasi SEO website yang powerfull agar blog tersebut mampu berada di rangking tertinggi pada hasil pencarian mesin pencari. Jadi tidak bisa dipungkiri optimasi SEO website memang harus diterapkan sejak awal mula membangun blog atau website demi memperoleh penilaian maksimal dari mesin pencari apakah layak untuk menempati posisi pertama atau tidak.

Secara garis besar Search Engine Optimization (SEO) terbagi menjadi 2 bagian yaitu SEO Onpage dan SEO Off page. Bagian pertama sudah ada penjelasan lebih detail pada artikel sebelumnya dimana arti sederhananya melakukan optimasi melalui faktor internal sebuah halaman website entah itu theme website, pemilihan keyword, description, alamat web, pengaturan template sampai komponen komponen artikel berkualitas. Sedangkan SEO Offpage adalah proses optimasi website atau blog yang dilakukan dari faktor eksternal yaitu lewat pencarian beberapa backlink untuk mempromosikan sekaligus meningkatkan nilai popularitas suatu website. Oleh karena itu, kegiatan ini tidak bisa dibilang gampang mengingat  keduanya saling berkaitan dan bersifat sistematis sehingga harus melewati teknik SEO Onpage dulu sebelum berlanjut ke teknik SEO Offpage. Dengan demikian, peranan SEO offpage ternyata tak kalah pentingnya, jadi patut untuk dipelajari lebih mendalam.

Optimasi SEO Off page merupakan salah satu proses optimasi lewat faktor faktor di luar situs yang akan mempengaruhi peringkat sebuah halaman website atau blog. Optimasi SEO offpage juga didasarkan pada bidikan kata kunci atau keyword.  Berarti dapat dikatakan Optimasi SEO Offpage sumbernya hanya berasal dari link masuk, inbound link atau tautan balik. Untuk analoginya, ambil contoh saat pemilihan ketua kelas dimana masing masing kandidat akan menjadi ketua kelas berdasarkan pemungutan suara terbanyak. Sama halnya seperti mesin pencari (google, yahoo Bing dan lain-lain) akan terus menghitung jumlah dan kualitas backlink atau tautan balik (sama dengan vote seluruh murid di kelas) sebuah website dan kemudian baru menentukan situs mana yang pantas menjadi nomor 1,2, 3 (sama dengan ketua kelas) di hasil pencarian kata kunci mesin pencari.

Sudah mulai mengerti kan mengenai Optimasi SEO Off page ? Dari analogi tersebut maka meningkatkan posisi situs bisa dilakukan dengan membangun backlink sebanyak-banyaknya. Tapi jangan salah memahami bahwa kekuatan Offpage tidak selalu terletak pada kuantitas backlink saja melainkan kualitas backlink juga. Berdasar sumber pakar SEO website, satu backlink relevan yang mempunyai otoritas tinggi akan membawa nilai besar terhadap website dibanding ribuan bahkan ratusan backlink spam. Adapun baclink itu sendiri terdiri dari beberapa macam seperti situs web social bookmarking (google bookmark, dig), media social (youtube, facebook, twitter, google+), komentar di blog (blogcommenting atau blogwalking), forum – forum online (detik, kaskus, kompas, merdeka,bersosial), directory web, atribut profile situs Web 2.0 (blogspot, blogdetik, weebly, wordpress) dan masih banyak lagi.

 

Panduan Optimasi SEO Offpage !

Dalam melakukan optimasi SEO Offpage, ada beberapa hal yang harus diperhatikan termasuk keberagaman jenis jenis Backlink supaya nanti tidak dianggap spam (sampah) atau masuk pada kategori Black-Hat SEO.

1. Link Diversity

Link Diversity adalah variasi sumber tautan balik pada sebuah situs atau website. Adapun pointnya terdiri menjadi 5 bagian antara lain.

  • Pertama, hirarki situs luar yang berbeda. Usahakan untuk memperoleh tautan balik eksternal dari halaman depan web (homepage atau root domain) tapi boleh juga melalui isi web (content) dengan prosentase sekitar 40:60
  • Kedua, domain berbeda. Variasi membangun backlink tidak dianjurkan berada di satu tempat saja karena selain sulit mempopulerkan web, terkadang mesin pencari tidak menganggapnya sebagai backlink berkualitas melainkan hanya backlink spam saja.
  • Ketiga, follow dan nofollow. Sekali lagi variasi antara kedua backlink ini seharusnya bisa seimbang. Jadi jangan melulu mencari tautan backlink berjenis follow saja tetapi diimbangi pula dengan tautan nofollow. Prosentase boleh berbanding lurus 50:50 atau bila ingin mengikuti anjuran sebaiknya jenis follow sebanyak 60-90% sedangkan jenis nofollow cukup 10-40% saja.
  • Keempat, hirarki situs internal berbeda. Artinya bahwa memperoleh tautan balik ke halaman depan web (homepage) ternyata ada batasnya yaitu sekitar 20-50% dan selebihnya dianjurkan mengarah ke tautan balik halaman halaman web lain (inner pages atau deep linking)
  • Kelima, PA dan DA yang berbeda. Page authority dan Domain authority memiliki peranan besar sebagai tautan balik (backlink). Maka, carilah situs – situs dengan PA dan DA tinggi karena dapat memberikan nilai lebih di hadapan mesin pencari.

2. Anchor Text

Adalah keberagaman variasi teks. Maksudnya dalam menuliskan tautan balik (backlink) ada baiknya tidak selalu berfokus pada kata kunci utama. Misalnya kita ingin menautkan keyword “cara memperoleh uang” ke beberapa situs untuk dijadikan backlink, maka janganlah semua tautan langsung diarahkan pada kata kunci utama namun variasikan masing-masing backlink dengan brand perusahaan, personal, URL, kata kunci turunan, dan lain-lain.

3. Sumber tautan balik relevan

Dengan menautkan suatu backlink yang relevan terhadap website, bisa dipastikan nilai tautan tersebut lebih tinggi daripada memperoleh tautan balik lewat situs situs kurang relevan. Contohnya, website produk kewanitaan sudah seharusnya mencari tautan balik atau backlink ke website sejenis seperti kesehatan umum, kesehatan wanita, masalah kewanitaan dan sebagainya.

 

Manfaat Optimasi SEO Off page !

Dengan menerapkan teknik optimasi SEO offpage secara tidak langsung manfaatnya pun akan berimbas positif terhadap website yang dikelola. Dibawah ini beberapa keuntungan jika optimasi SEO offpage benar benar dilakukan secara baik dan benar.

1. Menaikkan rangking website di mesin pencari

Dapat dipastikan sebuah website yang telah menerapkan optimasi SEO Offpage secara benar maka besar kemungkinan mesin pencari mampu memberi nilai lebih hingga membawanya ke rangking tertinggi di posisi SERP.

2. Mampu meningkatkan trafik pengunjung

Sudah dibahas sejak awal bila optimasi SEO website mempengaruhi posisi hasil pencarian di mesin pencari. Ketika suatu website sudah berada di posisi top mesin pencari maka kunjungan pun semakin banyak, karena setiap orang yang mencari suatu keyword hampir pasti selalu mengklik posisi teratas untuk dijadikan sumber mengingat bahwa secara tidak sadar mereka percaya kalo posisi paling atas merupakan website terpercaya atau terbaik.

3. Menambah sumber lalu lintas pengunjung

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa optimasi SEO offpage terdiri dari bermacam macam backlink. Dengan menanamkan suatu backlink melalui berbagai sumber secara otomatis pula lalu lintas yang menuju ke website akan beragam, jadi tak melulu lewat pencarian mesin pencari seperti google, yahoo dan sejenisnya. Dampak lainnya tentu akan menjaring trafik (pengunjung) lebih tinggi dibanding hanya berfokus pada satu tautan balik (backlink) saja.

4. Meningkatkan popularitas blog atau website

Dengan menempati posisi pertama di SERP tentu saja website atau blog akan selalu dikunjungi oleh siapapun bahkan hanya untuk sekedar melihat lihat. Bayangkan saja jika didukung dengan isi setiap artikel yang berkualitas maka besar kemungkinan mereka akan singgah kembali bahkan sampai hafal betul bahwa website tersebut sangat bermanfaat sehingga tingkat popularitas pengembangnya pun ikut naik drastis.

5. Memperkuat otoritas web

Adanya variasi SEO offpage baik itu berdasar kualitas maupun kuantitas backlink, memberikan harapan tinggi terhadap kepercayaan sebuah mesin pencari. Dampaknya,  jelas sekali bila mesin pencari akan selalu memilih bahkan mempertahankan rangking website agar berada pada posisi teratas. Lebih dari itu, sudah hampir pasti website tersebut menjadi acuan atau referensi di bidangnya bagi konsumen, komunitas sampai individu penggguna internet secara luas.

6. Mudah ketika memasarkan suatu produk

Bila anda ingin berbisnis melalui online shop, nampaknya optimasi SEO onpage patut diterapkan sehingga suatu produk langsung dapat dikenal masyarakat secara luas. Pada awalnya anda dapat menulis review produk atau barang tertentu kemudian bertahap mengoptimalkanya secara onpage. Jika sudah berada di posisi teratas dalam mesin pencari tentu tingkat prosentase penjualan produk akan semakin besar mengingat kunjungan dari waktu ke waktu pasti selalu meningkat.

7. Meningkatkan Revenue Pendapatan

Jangan salah bila website dengan kualitas berbobot dan menempati posisi pertama di search engine bisa langsung mendapatkan income secara pasif. Misalnya saja, memberikan penyewaan iklan mandiri yang akan ditayangkan pada website atau blog atau mengikuti kerjasama periklanan atau biasa disebut publisher (pop under, google adsense, popcash dan lain-lain). Prinsipnya, setiap kunjungan ke website akan memperoleh income pasif apalagi jika pengunjung mengklik iklannya. Semuanya tergantung pilihan anda karena ada banyak sekali jenis jenis suatu iklan dalam internet marketing.

Kira-kira begitulah dasar terpenting dalam mempelajari optimasi SEO Offpage secara mandiri. Pada proses awal memang butuh kesabaran dan ketelatenan namun seiring berjalannya waktu, kita nanti juga akan terbiasa dengan mencari sampai menautkan backlink backlink berkualitas. Dan tetap diingat bahwa penilaian dari luar situs tidaklah selalu berujung pada hal hal baik, jadi perlu adanya perhatian khusus terhadap teknik optimasi SEO Offpage demi menjaga reputasi suatu situs atau website.

 

 

 

 

Adapun pengertian search engine secara umumnya termasuk salah satu pencarian yang memungkinkan pengguna internet untuk menemukan beragam dokumen dan informasi pada dunia internet alias World Wide Web. Dengan demikian pengguna lebih cepat memperoleh informasi dari berbagai situs dalam hitungan beberapa detik saja. Layanan mesin pencari paling laris manis, handal dan akurat saat ini adalah Google.

Cara kerja mesin pencari tergolong sederhana, yakni mengirim “sinyal” untuk mengumpulkan dokumen sebanyak mungkin. Pada layanan ini terdapat sebuah program bernama indexer dimana bertujuan membaca hasil pengumpulan dokumen dan menyusun indeks berdasarkan kata kunci yang tertera pada setiap dokumen. Setiap layanan seach engine mengusung algoritma paten untuk menghasilkan indeks akurat.

Selain mempermudah pengguna internet mencari dokumen yang dikehendaki, layanan mesin pencari turut menyumbang trafik atau pengunjung menuju website milik pihak tertentu. Saat ini, hampir semua sektor industri tumbuh pesat berkat kehadiran mesin pencari yang mengembangkan ide pengoptimalan konten web sehingga mampu mendongkrak rangking (posisi) dalam hasil penelusuran dari kata kunci tertentu. Dari sini pulalah awal mula kehadiran Search Engine Optimization (SEO).

Manfaat Search Engine

Kehadiran mesin pencari memberi banyak manfaat hebat bagi pengguna internet ataupun pemilik situs. Berikut ini tiga manfaat utama yang dirasakan langsung.

1. Beragam informasi

Internet menyimpan banyak informasi dan dokumen berharga. Mesin pencari mempermudah pencarian beragam informasi yang dikehendaki, mulai dari hasil studi universitas, ensiklopedia, diskusi umum hingga blog personal. Layanan tersebut memungkinkan pengguna mencari informasi berdasar sumber utama.

2. Ketepatan hasil

Mesin pencari mampu menyusun hasil pencarian yang tepat. Dengan meletakan dua tanda kutip (contoh: “baik”) maka daftar hasil penelusuran jauh lebih akurat. Beberapa layanan seperti Google atau Yahoo bahkan mempermudah pencarian spesifik menurut sumber web. Pengguna pun bisa memperoleh hasil efektif tanpa buang-buang banyak waktu.

3. Teratur

Layanan mesin pencari dapat memberikan keteraturan dalam dunia internet dan website. Artinya bahwa beragam informasi yang tersebar luas di server seluruh pelosok dunia dikumpulkan pada satu wadah sehingga akses lebih mudah, kapanpun dan dimana saja. Ini berdampak positif bagi pemilik situs yang bisa memperoleh kunjungan secara gratis serta stabil.

Jenis Jenis Search Engine

Mesin pencari saat ini dianggap metode terkuat mempromosikan website via online. Para pemilik situs menganggapnya bagian dari Public Relation yang bekerja secara diam-diam dibalik layar. Hal ini semakin diperkuat hasil studi menyebutkan bahwa antara 40-80 persen pengguna internet menemukan informasi atau dokumen melalui fitur pencarian mesin pencari.

Kehadiran mesin pencari menguntungkan pemilik situs, apalagi jumlah pengguna layanan ini mencapai 625 juta setiap hari seperti dilansir dari laman Searchenginewatch. Tak heran pemilik situs sangat tergantung pada layanan SE(search engine) terutama demi menghasilkan trafik tertarget menuju website supaya berpeluang lebih besar untuk terjadinya pembelian. Mesin pencari juga selalu membawa pengunjung baru menuju website tertarget dengan penyusunan strategi optimasi yang tepat.

Dalam mencari dokumen serta mempromosikan situs, maka pengguna internet dan pemilik website perlu mengenal beragam tipe seach engine, yakni:

1. Crawler-Based Search Engine

Layanan mesin pencari ini menggunakan program software otomatis untuk mensurvei dan mengkategorikan banyak laman web. Program yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengakses laman web disebut spider, namun pada kondisi tertentu dikenal dengan nama lain seperti ‘crawler’, ‘robot’ atau ‘bot’.

Spider akan mencari laman web, mengunduh dan menganalisa informasi terkandung pada laman web. Nantinya laman web segera ditambahkan ke database mesin pencari. Ketika pengguna internet melakukan pencarian, mesin pencari segera memeriksa database dari laman website yang mengandung kata kunci spesifk lalu menampilkan dalam bentuk daftar tautan (link).

Daftar berupa tautan menuju website ditampilkan menurut pencarian kata kunci terdekat yang ingin ditemukan oleh pengguna internet. Crawler-based search engine tanpa henti menelusuri internet untuk menemukan laman web baru lalu memperbarui informasi database sehingga pengguna selalu memperoleh informasi terbaru. Adapun contoh dari crawler-based search engine yakni: Google dan Ask Jeeves.

2. Direktori

Layanan ini menggunakan editor manual alias keterlibatan langsung manusia untuk menentukan kategori suatu situs. Dengan kata lain, situs ditempatkan sesuai kategori spesifik pada database direktori. Editor manual secara spesifik akan memeriksa dan menilai sebuah situs berdasarkan informasi yang diperoleh dan memakai aturan berlaku. Ada dua layanan direktori terkenal sampai saat ini, yakni: Yahoo Directory dan Open Directory (dmoz.org).

Beberapa direktori menawarkan layanan pembayaran. Jika suatu situs atau website ingin lebih cepat terindeks, maka wajib membayar sejumlah uang. Tapi, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, mengingat beberapa direktori juga menawarkan layanan gratis meski proses indeks memakan waktu cukup lama.

3. Hybrid Search Engine

Layanan Hybrid mengandalkan kombinasi sempurna antara hasil crawler-based dan direktori. Saat ini semakin banyak mesin pencari berpindah haluan ke model hybrid-based, namun dua layanan paling terkenal sebagai pencetus konsep tersebut adalah Google dan Yahoo.

4. Meta Search Engine

Layanan Meta SE mengambil data dari semua hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari lainnya. Nantinya hasil pencarian tersebut dikombinasikan menjadi daftar pencarian berukuran besar. Adapun dua layanan meta mesin pencari paling terkenal yakni Metacrawler dan Dogpile.

5. Search engine khusus

Merupakan jenis SE yang dikembangkan secara khusus demi memenuhi kebutuhan pencarian lebih spesifik. Adapun layanan mesin pencari khusus seperti pencarian belanja (Yahoo Shopping), pencarian lokal (nzs), pencarian nama domain (freeparking), pencarian freeware & shareware (downloads.com) dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan pengguna internet.

6. Pay per click (PPC)

Salah satu layanan berbayar dari search engine untuk keperluan marketing dan promosi web. Banyak situs memanfaatkan PPC untuk memperkenalkan atau mengiklan produk atau jasa kepada khalayak ramai agar lebih mudah diterima. Nantinya situs muncul di rangking paling teratas demi memperoleh klik lebih banyak. Google AdWords dan Bing merupakan dua layanan paling terkenal. dimana biaya yang dikenakan kepada pemilik situs berdasarkan klik atau Click-Through Rate (CTR).

Demikianlah pengertian search engine, manfaat search engine dan jenis jenis search engine yang berdampak positif bagi pengguna internet di seluruh dunia. Kehadiran layanan ini turut mempermudah pemilik situs untuk mengoptimalkan konten dan penjualan produk ataupun jasa. Google merupakan situs mesin pencari terbesar dengan ratusan juta pengakses setiap hari, maka tak heran jika kebanyakan pemilik situs berusaha mengoptimalkan rangking web di google via SEO.

😡
☹️
😐
☺️
😍

Your Details

Let us know how to get back to you.


How can we help?

Feel free to ask a question or simply leave a comment.


Shares