Pengertian Covert Selling dalam Online Shop

Sekarang ini bisnis online shop merajalela, baik di kota besar maupun kota kecil. Bagi Anda yang sedang merintis usaha bisnis online shop, tentu saja menjadi tantangan tersendiri karena semakin banyaknya pesaing baik dengan menjual produk dengan tipe yang sama ataupun berbeda.

Maka ilmu mengenai usaha atau bisnis harus dipertajam. Salah satunya yaitu metode covert selling. Bagi Anda para pebisnis pemula yang baru mendengar. Kita bahas secara lengkap pengertian cover selling adalah menurut berbagai pengusaha dan ahli.

Covert Selling Adalah ?

Covert selling adalah salah satu teknik jualan yang dilakukan dengan terselubung yang tujuan yang memiliki target untuk bisa didengar oleh orang lain atau menarik perhatian orang lain, tanpa merasa kita menjual ataupun mempromosikannya.

Teknik ini sudah menjadi salah satu teknik Andalan marketing, di mana banyak sekali orang yang ahli di bidang marketing ataupun promosi. Mereka merasa bahwa beberapa produk tidak bisa dijajakan secara langsung. Karena tidak terlalu menarik perhatian, sehingga mereka mencari cara bagaimana mempromosikan produk secara terselubung tanpa orang sadari.

Teknik covert selling ini bisa menjadi alternatif, bagi Anda yang ingin menjual produk tanpa harus terang-terangan. Mengingat beberapa masyarakat Indonesia memang tidak suka penjualan atau promosi yang berlebihan. Hal ini dikarenakan teknik hard selling terkadang membanjiri kolom iklan media sosial dan pada akhirnya membuat banyak orang merasa bosan, atau cenderung kesal karena adanya promosi yang berlebihan tersebut.

Strategi covert Selling

Untuk Anda yang tertarik menggunakan covert selling. sebenarnya bagaimana sih strategi yang bisa dilakukan atau diterapkan untuk bisnis yang Anda miliki. tidak perlu bingung karena ada beberapa strategi atau prinsip dasar covert selling adalah :

Baca juga >>
10 usaha rumahan ibu rumah tangga terbaru 2018

1. Gunakan Karya

Pada dasarnya banyak sekali orang yang tertarik dengan gambar ataupun video yang menarik perhatian, namun tidak berisi iklan ataupun ajakan untuk membeli. Sehingga Anda bisa menggunakan video atau gambar, sebagai salah satu cara untuk menceritakan hal-hal yang berbau kreativitas ataupun karya.

Dibalik itu Anda bisa menyisipkan produk dan juga barang yang ada jual secara tidak langsung atau secara tidak sadar. Misalnya saja Anda menceritakan mengenai pengalaman seseorang yang berhasil mencapai kesuksesan. Karena ia memiliki skill ataupun pengetahuan yang sangat baik di bidang fashion.

Hal ini bisa juga disisipkan dengan bagaimana ia memilih warna dan juga produk yang pada akhirnya disambungkan dengan penjualan pakaian atau fashion yang Anda miliki. Hal ini memang cukup sulit karena membutuhkan analisis tetapi efeknya sangat baik.

2. Copywriting

Prinsip dasar kedua dari covert selling yang harus Anda ketahui yaitu adanya copywriting ataupun bahasa yang tepat. Cara ini, membutuhkan bahasa yang sangat tepat yang umumnya digunakan sehari-hari. Sehingga tidak terlihat seperti promo atau iklan namun tetap bisa menarik perhatian banyak orang.

Misalnya saja beberapa penjual mengganti diskon dengan penawaran spesial karena bahasa diskon terlalu umum. Sedangkan penawaran spesial menjadikan banyak orang tertarik karena hanya menganggap, bahwa harga produk tersebut memiliki potongan pada momen tertentu saja.

3. Gunakan Masalah/ Testimoni

Prinsip terakhir yang harus Anda pahami dalam cover selling yaitu adanya penggunaan testimoni ataupun menyebutkan masalah yang dihadapi. Misalnya saja, Anda memiliki produk yang membantu untuk memutihkan kulit. Nyatanya masyarakat yang memiliki masalah warna kulit yang berbeda seperti belang ataupun gelap.

Biasanya mengalami kendala dan juga permasalahan besar. Untuk itu Anda bisa menceritakan bagaimana rasanya orang-orang yang memiliki permasalahan kulit gelap, berubah menjadi terang dengan menggunakan produk yang mereka sukai. Maka secara tidak langsung produk yang Anda miliki telah dipasarkan atau dipromosikan.

Baca juga >>
Omzet Penjualan Menurun? Waspada 5 Penyebab dan Solusinya

Bisa dikatakan covert selling adalah salah satu cara yang banyak dipilih karena lebih  mudah mempromosikan sebuah barang. Bagi yang tertarik, anda bisa mencari lebih banyak informasi mengenai covert selling gratis melalui internet, ataupun mengikuti seminar usaha dan bisnis.

Order via Whatsapp !