Peluang Usaha Rumahan di Desa dengan Penghasilan Ala Kota

Daftar isi konten

Cara Mudah Cetak Kartu Bpjs Kesehatan Online

Berlokasi di desa berkembang bukan berarti menutup kemungkinan untuk menjalankan bisnis. Meski jauh dari keramaian kota, bisnis tetap bisa dijalankan. Desa memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kota. Oleh karena itu, keunggulan ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan peluang bisnis. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda coba.

Ide Usaha di Pedesaan

  • 1. Ternak lele

Salah satu kelebihan di desa adalah lahan yang masih sangat luas. Selain itu, udara dan alam juga masih asri sehingga sangat cocok digunakan untuk melakukan ternak atau budidaya. Hal ini akan sulit dilakukan di perkotaan karena selain lahan yang terlalu sempit, udara di perkotaan juga tidak terlalu bagus untuk beternak.

Untuk memulai bisnis ternak lele tidak terlalu susah. Anda hanya tinggal menyiapkan kolam dan bibit ikan lele. Setelah lele sudah siap panen, Anda bisa menjualnya ke penjual warung pecel lele di pinggir jalan. Jika lele Anda berkualitas, bukan tidak mungkin akan ada banyak yang menjadi langganan Anda. Selanjutnya, Anda hanya tinggal fokus ke kualitas lele saja tanpa harus memikirkan pemasarannya.

  • 2. Kafe

Siapa bilang bisnis kafe hanya bisa dijalankan di perkotaan? Justru, kini banyak kafe yang didirikan di pedesaan karena memiliki pemandangan yang sejuk dan indah. Di tempat ini pengunjung bisa bersantai dan sejenak lepas dari ramainya hiruk pikuk perkotaan dengan melihat pemandangan alam ditemani secangkir kopi.

Jika desa tempat Anda tinggal memiliki potensi pemandangan alam yang indah, jangan ragu untuk memulai bisnis kafe ini. Kenalkan bisnis Anda melalui sosial media dengan mengunggah beberapa pemandangan yang bisa pengunjung rasakan ketika mengunjungi kafe Anda. Sebagai tambahan, berikan akses wifi gratis agar pengunjung bisa segera berbagi pengalaman dan bisa menjadi agen marketing Anda secara tidak langsung.

  • 3. Katering
Baca juga >>
3 Laporan Keuangan Penting Yang Harus Diketahui Setiap Pemilik Bisnis

Masih kategori bisnis dalam bidang kuliner yaitu bisnis katering. Makanan di pedesaan memiliki karakter sendiri dan keuntungan ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Jika Anda atau keluarga Anda memiliki kemampuan di bidang memasak yang bagus, maka bisnis ini bisa dicoba. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa memulai dengan menawarkan jasa katering pada tetangga yang hendak mengadakan acara dan berikan harga khusus.

Bisnis katering adalah bisnis yang cukup menjanjikan karena makanan bisa mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Jika Anda mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut, yakni bisnis Anda akan bertahan lama dan tetap laris. Yang paling penting, selalu jaga kualitas rasa dan kebersihan agar pemesan bisa berubah menjadi pelanggan.

Baca juga: 3 Jenis klasifikasi desa berdasarkan perkembangannya

  • 4. Jasa Pembayaran

Jika jarak di desa cukup jauh dengan tempat-tempat penting seperti bank, PLN, dan sebagainya, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka bisnis jasa pembayaran. Tetangga atau orang lain bisa membayar berbagai keperluan seperti listrik, transfer belanja online, pembelian tiket, dan kebutuhan lain melalui Anda.

  • 5. Membuka warung kelontong

Bisnis yang satu ini bisa Anda kombinasikan dengan poin sebelumnya. Anda bisa membuka warung yang menjual beraneka produk kebutuhan sehari-hari. Memang ini memerlukan modal cukup besar. Namun, karena kebutuhan sehari-hari yang Anda jual, maka konversi penjualannya akan cukup tinggi.

Itulah kelima peluang usaha di desa berkembang yang bisa Anda coba. Sebenarnya masih banyak bisnis rumahan yang bisa dilakukan di desa. Namun, kelima tersebut adalah yang paling menjanjikan dan mudah untuk dilakukan. Jika Anda menjalankan dengan sungguh-sungguh, penghasilannya akan sebanding dengan berbisnis di perkotaan.

Order via Whatsapp !