Peluang dan Prospek Karir Kuliah Jurusan Psikologi

Bagi pelajar SMA dan SMK di tingkat akhir kelas XII, menentukan jurusan dan kampus yang akan diambil saat kuliah adalah sesuatu yang seringkali membingungkan. Memilih jurusan kuliah memang susah gampang. Pilihannya tidak hanya sesuai dengan passion tapi juga bagaimana peluang dan prospek karir kedepannya.

Dengan memilih jurusan kuliah yang tepat, setidaknya siswa akan fokus mengembangkan potensi yang dimiliki dan memiliki peluang akan prospek karir di tempat kerja. Di era keterbukaan informasi sekarang ini, informasi mengenai jurusan kuliah bisa dengan mudah kita dapatkan dari Google, Social media atau website resmi kampus.

Di artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu jurusan psikologi, bagaimana peluang serta prospek karir untuk lulusan jurusan psikologi, serta rekomendasi kampus terbaik. Yuk Mulai.

Apa itu Psikologi

Berdasarkan psychologytoday.com , Psikologi adalah studi tentang pikiran dan perilaku, yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Seseorang yang melakukan praktik psikologis disebut sebagai psikolog. Para psikolog berusaha untuk memperbaiki kualitas hidup seseorang melalui intervensi tertentu baik pada fungsi mental, perilaku individu maupun kelompok, yang didasari atas proses fisiologis, neurologis, dan psikososial.

Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno Psychē yang berarti jiwa dan -logia yang artinya ilmu, sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Penyebutan “ilmu psikologi” merupakan sebuah kekeliruan yang sering muncul karena kata “psikologi” sendiri berarti “ilmu tentang jiwa”.

Perilaku manusia sangat beragam sehingga psikologi memperluas jangkauannya ke banyak bidang aktivitas. Secara umum, psikolog penelitian adalah mereka yang mempelajari banyak cara kerja pikiran. Psikolog klinis adalah mereka yang menangani disfungsi, sementara banyak ahli psikologi lainnya menerapkan pengetahuan mereka tentang perilaku manusia di berbagai bidang mulai dari ekonomi hingga olahraga.

Baca juga
Manfaat Gadai BPKB Motor dan Mobil Dengan Amanah

Cakupan Keilmuan Psikologi

Secara garis besar, psikologi mencakup area keilmuan berikut ini:

Hewan dan manusia

Banyak orang menyangka psikologi hanya mempelajari manusia, tetapi dalam percobaan tentang proses dalam diri, hewan juga banyak dilibatkan terutama ketika menghadapi masalah etika tentang objek penelitian yang melibatkan manusia, misalnya ketika menguji sebuah zat percobaan di otak yang belum pernah diketahui hasilnya. Maka dalam hal ini hewan dianggap pengganti yang lebih berterima secara moral daripada menggunakan objek manusia.

Keturunan atau lingkungan

Sepanjang sejarah psikologi selalu ada pertentangan mana yang lebih berperan, apakah faktor keturunan atau faktor lingkungan. Faktor keturunan merujuk pada apa yang diwariskan secara turun-temurun secara genetis, dari generasi ke generasi. Sementara faktor lingkungan merujuk pada apa yang terjadi di sepanjang hidup termasuk pengetahuan, pengalaman hidup, trauma, atau luka yang diperoleh fisik.

Walaupun banyak penelitian membuktikan bahwa kedua faktor ini berpengaruh, baik secara sendiri-sendiri maupun saling berinteraksi, namun kesimpulan ini tidak cukup untuk menghentikan dilakukannya penelitian lainnya yang hasilnya mengarah pada memperkuat atau memperlemah kesimpulan ini.

Alam sadar dan alam bawah sadar

Sebuah perilaku banyak dipengaruhi oleh kesadaran atau alam sadar kita, tetapi ada banyak konsep psikologi yang berpendapat bahwa alam bawah sadar yaitu sebuah ranah diri manusia yang terletak di bawah pengetahuan kesadaran diri mempengaruhi latar motif tindakan dan respon seseorang.

Normal dan tidak normal

Kadar penderitaan dan keterbatasan atau ketidakmampuan dijadikan ukuran untuk menentukan apakah pikiran dan perilaku seseorang itu termasuk kategori normal atau tidak normal. Ukuran-ukuran tentang kadar keselarasan dengan lingkungan atau apakah menyimpang dari norma , ketidakteraturan atau  ketidakterkelolaan atau ketidakterkendalian, atau bahaya dan kerusakan yang ditimbulkannya terhadap individu atau masyarakat juga dijadikan tolok ukur untuk menentukannya.

Rentang usia

Karena faktor lingkungan atau faktor perjalanan hidup di atas banyak berpengaruh kepada pembentukan diri pada manusia, maka psikologi mengkaji keseluruhan perjalanan hidup manusia, namun ada banyak penelitian psikologi yang hanya mengkaji rentang usia tertentu saja, misalnya mengenai masa pra-sakit pada gangguan skizofrenia yang sangat banyak terjadi di usia remaja akhir dan dewasa awal.

Baca juga
3 Destinasi Tempat Wisata di Prigen paling Layak Dikunjungi

Pembagian Umum Kuliah Jurusan Psikologi

Setidaknya ada 6 pembagian umum konsentrasi bidang psikologi yang akan dipelajari di jenjang perkuliahan jurusan psikologi. Detilnya bisa dibaca di bawah ini.

Psikologi Umum dan Eksperimental

Cabang kuliah ini adalah pusat keilmuan psikologi paling dasar yang mengupas semua hal yang berhubungan dengan penelitian dan eksperimen dalam bidang psikologi. Cabang ilmu ini akan membantu mahasiswa untuk merinci, menjabarkan, menjelaskan, memprediksi dan mengendalikan proses psikologi. Anda akan diajarkan bagaimana sebuah penelitian psikologi dilakukan dengan menggunakan peralatan dan berbagai metode ilmiah.

Psikologi Klinis

Cabang kuliah ini adalah bagian yang membedah perilaku manusia secara khusus dan mendalam, khususnya kondisi mental manusia paling ringan hingga berat. Psikologi klinis akan mengarahkan mahasiswa untuk penjadi psikolog.

Bagi Anda yang berminat menjadi psikolog profesional jalannya adalah menempuh S1 jurusan psikologi kemudian meneruskan S2 dengan mengambil jalur profesi. Secara resmi psikolog adalah ahli yang menempuh pendidikan S2 jalur profesi psikolog, sedangkan untuk S2 terapan biasanya disebut ahli psikometri atau ahli intervensi sosial.

Psikologi Perkembangan

Cabang kuliah ini adalah cabang psikologi yang berfokus pada proses perkembangan mental manusia mulai dari bayi sampai manula. Setiap proses itu memiliki keilmuan yang bisa dikaji secara ilmiah, dari mulai proses perkembangan remaja, krisis pengembangan, cara mendidik anak, dan lain-lain.

Psikologi perkembangan memungkinkan Anda mengetahui bagaimana manusia berkembang, mengenali gangguan atau krisis yang terjadi, hingga menentukan cara menghadapinya.

Psikologi Industri dan Organisasi

Cabang kuliah ini adalah cabang psikologi yang berfokus pada psikologi industri, perusahaan, dan organisasi. Secara umum, bagian konsentrasi ini seringkali dikaitkan dengan dunia Manajemen Sumber Daya Manusia atau atau HRD di dunia kerja industri dan perkantoran.

Psikologi industri dan organisasi akan mempersiapkan Anda menempati posisi di bagian sumber daya manusia (HRD) di sebuah perusahan.

Psikologi Pendidikan

Cabang psikologi pendidikan akan berfokus pada penerapan psikologi di bidang pendidikan misalnya bagaimana menentukan pendidikan yang tepat untuk anak dalam usia tertentu, serta membuat pemetaan kebutuhan akan pendidikan untuk berbagai situasi dan kondisi hingga detil yang harus dipersiapkan untuk pendidikan usia tertentu, populasi tertentu, sampai pendekatan yang tepat untuk mengajar anak usia remaja sesuai dengan kapasitas mental masing-masing.

Baca juga
Belajar Digital Marketing dan Social Media Marketing

Psikologi Sosial

Cabang kuliah ini mempelajari interaksi antara proses mental seorang individu dengan individu lain atau kelompok. Kondisi psikologi dari interaksi manusia sebagai makhluk sosial dipelajari dan dibahas dalam Psikologi Sosial. Bidang ini menjelaskan bagaimana konflik sosial dapat terjadi hingga bagaimana seseorang dapat memiliki masalah dalam interaksi sosialnya.

Peluang Kerja dan Prospek Karir Jurusan Psikologi

Lulusan jurusan psikologi cukup memiliki banyak pilihan peluang kerja dan prospek karir. Setidaknya ada 15 posisi peluang kerja dan prospek karir yang bisa diisi lulusan psikologi.

  1. Psikolog
  2. Psikiater
  3. Staff HRD atau Human Resource Departement
  4. Konselor Profesional dan Konsultan Psikologi
  5. Guru BK atau Bimbingan Konseling
  6. Dosen Ilmu Psikolog
  7. Terapis Kesehatan Mental Anak
  8. Management Trainee
  9. Translator Buku Psikologi
  10. Penulis Jurnal Psikologi International
  11. Konsultan SDM
  12. Staf Ahli SDM
  13. General Affairs
  14. Ahli Psikometri
  15. Ahli Riset

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai peluang dan prospek karir lulusan psikologi. Untuk pelajar SMA dan SMK yang bermitan mengambil jurusan psikologi, kami rekomendasikan untuk membaca artikel mengenai Top 10 Kampus Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia menurut Kampuspsikologi.com , jurusan psikologi terbaik di Indonesia adalah di UGM.

5/5 (1 Review)