Peluang Bisnis di Masa Depan Era Society 5.0

Kehidupan sosial manusia selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Dari mulai zaman purba yang berburu dan mengumpulkan makanan, kemudian beralih ke era bercocok tanam, era industri, era informasi dan yang terakhir di masa depan adalah era society 5.0.

Era society 5.0 adalah era dimana semakin berkembangnya penggunaan A. I. (Artificial Intelligence), internet berkecepatan tinggi, kendaraan otonom, penjelajahan luar angkasa, serta layanan berbasis teknologi yang semakin memanjakan konsumen. Misalnya seperti layanan beli makanan (GrabFood/GoFood) dan shopping yang hanya menggunakan smartphone dan konsumen hanya tinggal duduk manis dirumah. Tentunya di era society 5.0 masa depan dimana teknologi akan semakin berkembang maka inovasi layanan yang semakin memanjakan konsumen akan terus berkembang.

Konsumen akan memilih layanan yang paling praktis, simpel dan murah tentunya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mulai dari makanan, pakaian, koneksi internet, kesehatan, hiburan, asuransi, hajatan dan lain sebagainya. Inilah sebenarnya peluang bisnis yang bisa dilakukan jika kita ingin sukses di era society 5.0 di masa depan.

Berikut beberapa peluang bisnis yang akan berkembang pesat di era society 5.0 di masa depan :

1. Perusahaan A. I.

Kebutuhan A. I. akan sangat berkembang dan dibutuhkan di masa depan baik di bidang kedokteran, otomotif, militer, finansial, hiburan, internet dll. Perusahaan A. I. yang dapat mendominasi di bisnis ini pasti akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Mulai sekarang sudah banyak perusahaan dan startup yang berkecimpung di bidang A. I. ini.

2. Jasa antar, pembelian makanan, dan shopping berbasis aplikasi smartphone.

Tentunya untuk yang satu ini kita tahu ada perusahaan Gojek dan Grab yang terdepan dalam bisnis ini. Diprediksi di masa depan perusahaan-perusahaan ini akan semakin banyak penggunanya. Karena dengan layanan yang semakin memanjakan konsumen akan sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Baca juga >>
Investasi Saham Di Perusahaan 5G

3. Perusahaan E-Money.

Bisnis E-Money semakin hari semakin berkembang. Kita ketahui sekarang banyak perusahaan E-Money yang sudah bermunculan mulai dari OVO, Dana, LinkAja, Gopay, Paytren, bahkan WhatsApp dan Facebook sudah bersiap-siap meluncurkan E-Money nya dengan layanan WhatsApp Pay dan Libra nya Facebook. Bisnis E-Money ini akan terintegrasi dengan pembayaran segala macam kebutuhan & pembayaran tagihan konsumen mulai dari pulsa, PLN, Telkom, PAM, BPJS, TV Kabel, dan lain sebagainya.

4. Aplikasi Bimbingan Online.

Ini adalah salah satu layanan yang akan memanjakan konsumen di segmen anak sekolah. Para siswa tidak perlu capek-capek keluar rumah untuk mengikuti les dan bimbingan. Cukup duduk manis dirumah didepan laptop atau smartphone. Contohnya yang lagi getol iklan adalah layanan RuangGuru.

5. Perusahaan Eksplorasi Luar Angkasa.

Tentunya perkembangan teknologi luar angkasa akan semakin berkembang cepat. Bahkan sudah ada ide untuk membuat koloni di bulan dan Mars. Dua perusahaan terdepan yang saat ini terus berlomba adalah SpaceX nya Elon Musk dan Blue Origin nya Jeff Bezos.

6. Perusahaan Mobil Otonom & Mobil Listrik.

Penggunaan kendaraan mobil otonom dan mobil listrik di masa depan akan semakin banyak. Dimulai dari perusahaan Tesla, Waymo nya Google, serta perusahaan semacam Honda, Toyota dan BMW sudah merilis mobil otonom dan mobil listriknya.

7. Produsen Gadget

Produsen gadget khususnya smartphone akan terus menuai untung yang banyak karena penggunaan gadget di masa depan akan terus berkembang. Tapi tentunya persaingan di ranah ini cukup sengit antara Apple, Samsung, Xiaomi dan perusahaan-perusahaan yang lainnya. Kuncinya adalah di inovasi, kualitas, dan harga yang terjangkau.

8. Layanan Kesehatan Berbasis Teknologi.

Baca juga >>
Cara Menjual Produk Digital/Downloadable Product di Tokopedia

Sekarang sudah mulai banyak layanan konsultasi dengan dokter secara online, misalnya layanan HaloDoc. Di prediksi layanan kesehatan berbasis teknologi akan semakin berkembang pesat karena konsumen semakin dimanjakan dengan pelayanan yang cepat dan ramah tanpa harus keluar rumah.

Jika kita hanyalah orang biasa bermodal minim bagaimana kita memperoleh profit dari peluang-peluang bisnis diatas. Maka kita bisa mengambil peluang usaha sesuai dengan kemampuan kita masing-masing, bisa menjadi driver grab/gojek, jadi ahli A. I., jualan gadget & aksesorisnya, buat aplikasi smartphone, jadi mentor bimbingan online, youtuber, blogger, pemain E-sport, jasa tukar uang E-money, silahkan dipilih dan dikembangkan sesuai kemampuan & passion masing-masing.

Order via Whatsapp !