Panduan Memilih Kursus Webmaster Profesional

Di zaman teknologi seperti sekarang, menjadi seorang webmaster yang terampil dalam membuat dan mengelola blog akan nampak seperti kebutuhan. Bahkan sudah banyak perusahaan-perusahaan yang mencari sumber daya yang memiliki keahlian semacam itu.

Sebenarnya, tak ada persyaratan formal agar kita bisa menjadi seorang webmaster. Namun masih saja tetap harus menguasai beberapa keterampilan berbasis web seperti pemrograman, positioning, dan pengembangan konten agar kita dinilai sebagai seorang webmaster profesional.

Tetapi jika kamu ingin terlihat nampak lebih profesional dan formal, maka bisa masuk ke kuliahan jurusan komputer dan teknologi. Dengan begitu, ilmu yang kita miliki akan lebih disegani, karena sebagian besar orang lebih mementingkan formalitas daripada pengalaman.

Panduan Memilih Kursus Webmaster Profesional

Jika kamu tidak memiliki kesempatan untuk masuk ke bangku kuliah karena biaya pendidikannya yang melambung tinggi atau adanya halangan lain, maka salah satu opsi terbaik yang bisa kamu pilih adalah mengambil kursus sebagai webmaster.

Melalui kursus sebagai webmaster, selain kamu mendapatkan ilmu untuk mengembangkan sebuah website, juga nantinya akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan saat melamar kerja.

Sertifikat ini memang tidak bisa menggantikan gelar S1 atau diploma, akan tetapi bisa menjadi nilai tambah bahwa kamu memang sudah benar-benar menguasai skill yang perusahaan butuhkan.

Kursus Google Webmaster Tools

Lantas, apa saja sih pelajaran yang didapatkan dari kursus tersebut? Apakah kursus webmaster benar-benar worth untuk dicoba? Apakah kita benar-benar membutuhkannya?

Nah, mari kita bahas secara lengkap di sini.

Skill-Skill yang Harus Dipelajari oleh Webmaster

Banyak dari perusahaan yang mencari SDM yang terampil dalam bidang webmaster untuk mengelola website yang mereka miliki.

Biasanya, seorang webmaster haruslah bertanggung jawab terhadap beberapa hal-hal yang sudah menjadi tugas utama mereka, seperti misalnya memelihara server, memastikan website tetap berfungsi, tampilan website ramah pengguna, terlihat bagus secara visual, dan memiliki coding-coding yang terbebas dari bug sehingga cepat saat diakses.

Selain dari segi teknis, kamu juga harus mampu beradaptasi dengan perusahaan, yang mana biasanya melibatkan sebuah tim. Dengan begitu, kita pun harus mampu bekerja baik dalam tim, berkolaborasi dengan manajer, berkomunikasi dengan desainer, penulis, dan lain sebagainya.

Baca juga
Review AMP for WP Pro Plugin AMP Terbaik tahun 2020

Nilai tambah yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini adalah jika kamu menguasai tekhnik SEO. Ini karena SEO merupakan tekhnik pemasaran yang terkadang menjadi tulang punggung website dan perusahaan itu sendiri.

Nah, kursus webmaster ini biasanya akan menggojlok kita dengan pelajaran-pelajaran teknis hingga SEO. Namun, untuk faktor adaptasi haruslah kamu dapatkan sendiri nanti sejalan dengan waktu dan pengalaman saat bekerja di perusahaan tertentu.

Dengan mendapatkan sertifikat dan keahlian yang sesuai, maka perusahaan pun akan yakin bahwa kita tidak akan kedodoran saat diberikan tugas dan tanggung jawab sebagai webmaster.

Adapun contoh tanggung jawab webmaster tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menentukan kebutuhan situs web perusahaan. Kebutuhan ini haruslah kita pilih sendiri dan diajukan kepada atasan, lengkap bersama alasan dan keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan dalam jangka panjang.
  • Membangun dan menguji situs web yang fungsional serta responsif.
  • Berkoordinasi dengan desainer, penyedia konten, dan manajemen, atau bahkan pemilik bisnis.
  • Menerapkan dan memastikan keamanan situs web dan perlindungan data.
  • Memelihara, memperbaharui, dan mengoptimalkan server.
  • Memantau dan menganalisis kinerja situs web.
  • Memperbaharui konten website serta meninjau SEO.
  • Mengatasi dan menanggapi komentar, sekaligus keluhan visitor kita.

Sementara untuk contoh kemampuan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan dalam membaca bahasa pemrograman dan sistem operasi.
  • Kemampuan dalam memahami alat manajemen situs web.
  • Pemasaran online dan SEO.
  • Pengetahuan tentang dunia IT.
  • Mampu bekerja sama dengan baik.
  • Dapat diandalkan dan berorientasi pada detail.
  • Keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah yang baik.

Dengan memiliki kemampuan yang didapatkan dari kursus webmaster, maka kamu bisa mengatasi berbagai macam masalah di perusahaan saat bekerja nanti.

Memang pada dasarnya kita disodorkan dengan beberapa tanggung jawab baik secara tertulis maupun tak tertulis di awal-awal, tetapi seringkali kita pun akan dihadapkan dengan pekerjaan yang membutuhkan skill tingkat tinggi.

Disanalah kamu bisa belajar secara langsung berdasarkan pengalaman. Jadi kursus itu masih diibaratkan sebagai pintu gerbang atau modal dalam mengembangkan kemampuan kamu di dunia IT dan webmaster.

Skill Skill yang Harus Dipelajari oleh Webmaster

Tetapi ilmu sebenarnya yang bisa kamu dapatkan adalah di tempat kerja itu sendiri. Jadi tak heran jika perusahaan seringkali mencari SDM yang sudah berpengalaman, karena mereka sadar bahwa di dunia kerja akan ada masalah yang membutuhkan intuisi dan pengalaman kita.

Buat kamu yang fresh graduate, tidak perlu khawatir, karena masih banyak perusahaan yang mencari SDM tanpa harus memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Alasan Kenapa Perusahaan Membutuhkan Webmaster

Semakin lama, maka seorang webmaster akan semakin dibutuhkan karena bisa memenuhi berbagai macam pekerjaan yang hanya ada di era modern saat ini.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Security Website Profesional

Jawabannya cukup sederhana, sebuah perusahaan membutuhkan website untuk berbagai macam tujuan, seperti tujuan promosi, marketing, brand awareness, atau bahkan profil perusahaan semata.

Tentunya ini menjadi kesempatan bagi kita dalam melebarkan sayap di dunia IT. Kita bisa mendapatkan peluang pekerjaan berbekal ilmu dan kemampuan yang didapatkan dari kursus webmaster.

Jika kamu masih bertanya-tanya kenapa seorang webmaster sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan, ada beberapa alasan yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, beberapa diantaranya adalah:

1. Perusahaan Akan Dibantu Oleh Seorang Profesional

Sebuah perusahaan yang memperkerjakan kita akan berharap banyak terhadap prosfek dan kemampuan yang kita miliki.

Mereka secara terang-terangan menginginkan kita untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan dunia IT dan website itu sendiri.

Pada dasarnya, webmaster adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memelihara situs web agar tetap berjalan sebagaimana mestinya, atau bahkan mencapai tujuan seperti berada di halaman pertama mesin pencarian dan meningkatkan konversi penjualan.

Entah itu perusahaan kecil hingga berskala besar, sekarang memiliki website bagi usaha mereka sudah menjadi kewajiban, sebagai salah satu upaya dan bukti bahwa mereka hadir dan siap memberikan layanan yang disediakan.

2. Eksistensi

Sama halnya seperti kita saat bermain medsos, perusahaan dan pemiliknya juga ingin tampil eksis di dunia online, tetapi dengan cara yang lebih elegan.

Dengan memiliki website, maka perusahaan bisa memperkenalkan diri mereka dan menawarkan produk ke khalayak umum secara lebih mudah.

Apalagi jika upaya tersebut didukung dengan SEO, maka website perusahaan pun akan semakin terkenal, menghasilkan konversi, serta mampu menjangkau brand awareness.

Untuk alasan inilah, kita sebagai webmaster pastinya dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di hampir segala sektor.

Jadi dengan menginvestasikan uang kita terhadap ilmu di kursus webmaster, maka akan menjadi salah satu cara kita untuk mendapatkan pekerjaan tetap dan menghasilkan uang demi masa depan.

3. Perusahaan Bisa Fokus ke Bidang Lain

Dengan memiliki SDM webmaster seperti kita, perusahaan tentunya akan menyerahkan segala urusan dan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan dunia maya. Dengan begitu, perusahaan pun mampu berfokus ke hal lain yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan.

Sebagian besar pemilik usaha yang tak memiliki pengetahuan di bidang komputer pastinya ingin berfokus pada sisi bisnis saja. Faktanya, kebanyakan pemilik bisnis adalah mereka yang lahir pada generasi sebelum teknologi belum lazim digunakan.

Sehingga mereka pun belum terlalu familiar dengan hal-hal semacam itu. Dengan begitu, bisa menjadi kesempatan emas bagi kita untuk mengisi kekosongan tersebut.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Audio Editing Profesional

4. Perusahaan Ingin Meningkatkan Daya Tarik Melalui Website

Tak perlu dipungkiri bahwa setiap pemilik bisnis, pastinya ingin perusahaan mereka semakin dikenal dan memiliki daya tarik tertentu, dengan tujuan mendapatkan lebih banyak klien dan pemasukan.

Di saat yang bersamaan pula, kita sebagai webmaster harus mampu memenuhi permintaan perusahaan tersebut dengan kemampuan dalam membuat website semenarik mungkin.

Alasan Kenapa Perusahaan Membutuhkan Webmaster

Meskipun penampilan fisik bukanlah segalanya, tetapi visitor dan klien perusahaan pastinya menilai sebuah website dari tampilannya terlebih dahulu. Antarmuka yang begitu atraktif dan didukung oleh navigasi yang baik bisa membuat visitor kita betah berlama-lama di website perusahaan.

Oleh karena itulah, wajib mendapatkan ilmu yang bermanfaat melalui kursus webmaster sebelum bekerja sebagai ahli di bidangnya.

Membangun Blog Sendiri? Boleh Boleh Boleh!

Membangun blog atau website sendiri juga ternyata bisa memberikan manfaat yang super banyak! Dengan begitu, ikut kursus sebagai webmaster hampir tak ada resikonya sama sekali, selama teknologi internet, komputer, dan gadget masih banyak digunakan orang.

Apalagi sudah ada prediksi bahwa dunia internet akan menjadi bisnis terbesar yang pernah ada. Bahkan sudah ada contohnya, sebut saja Google, Facebook, Youtube, dan lain sebagainya.

Sebagai seseorang yang mengerti di bidang webmaster, membangun blog sendiri juga boleh kamu lakukan kapanpun kamu inginkan, apalagi jika didukung dengan konsep yang begitu jelas dan terarah.

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa orang-orang mulai bloggingan dan membangun website mereka, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berbagi Hobi

Jika misalnya saat ini kamu memiliki hobi tertentu, maka bisa dishare di website atau blog yang kamu bangun sendiri. Apapun itu – termasuk memancing, gaming, sepak bola – semuanya bisa diuangkan jika misalnya blog hobi kita tersebut dikunjungi banyak visitor.

Bayangkan, kamu bisa menguangkan hobi secara berkelanjutan, dan itu sudah menjadi impian semua orang yang hidup di dunia ini.

Dengan begitu, kursus webmaster juga bisa mendukung hobi kamu sekaligus menjadikannya uang. Benar-benar ilmu yang menjanjikan, bukan?

Jadi jangan sampai kamu berpikir bahwa kursus ilmu tersebut hanya buang-buang uang dan waktu. Faktanya, malah lebih banyak nilai plus dibandingkan dengan sisi negatifnya.

2. Mengedukasi Orang Lain

Kamu juga bisa memberikan ilmu gratis kepada para visitor, entah itu belajar bahasa asing, atau bahkan tips dan trik membangun sebuah blog dan website.

Lagi-lagi kedua topik tersebut sangatlah menjanjikan jika ingin dimonetasi, sehingga bisa mendatangkan cuan secara berkelanjutan.

Salah satu monetasi terbaik dari dunia edukasi ini adalah menjual produk digital, misalnya berupa pdf. Kamu juga bisa menjual produk orang lain melalui affiliate marketing dari ClickBank atau CJ Jucntion.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Editing Foto Profesional

Apapun aktivitas kamu di website, semuanya bisa diuangkan selama mendatangkan banyak visitor. Seperti yang sering orang bilang, ujung-ujungnya duit.

3. Membangun Otoritas

Otoritas di sini bukan hanya website, tetapi diri kita sendiri. Kita bisa membuat blog atau website dengan nama kita sendiri, sehingga bisa dikenal oleh publik sebagai seorang ahli di bidangnya.

Banyak loh artis yang mencoba tekhnik semacam ini. Bahkan sistem dan cara kerjanya pun hampir sama, yaitu semakin kita dikenal oleh publik, maka akan semakin mendatangkan cuan, entah itu melalui endorse, seminar, dan lain sebagainya.

Membangun blog untuk tujuan ini adalah buat kamu yang ingin menaikan nama dan nilai diri sendiri diantara calon klien, sehingga harga yang kita tawarkan pun jauh lebih tinggi daripada jasa-jasa yang ada di pasaran.

4. Meningkatkan Keterampilan Menulis

Konten masih menjadi raja dalam dunia SEO. Itu artinya, mampu menulis artikel yang berkualitas tinggi dan enak dibaca bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Bahkan rata-rata penulis online yang profesional memiliki pendapatan sama seperti UMR atau bahkan lebih.

Dengan memiliki blog pribadi, maka kamu bisa melatih gaya tulisan dan membuat konten yang berkualitas tinggi, entah itu dari segi pembaca manusia maupun mesin telusur.

Bekerja di perusahaan belum tentu mendapatkan kesempatan emas tersebut, karena kita memang bekerja sebagai webmaster di bidang tekhnik, dan bukan bagian konten.

Jadi, blog pribadi adalah pilihan terbaik jika kamu ingin melatih diri cara membuat artikel yang bagus dan layak bersaing di mesin telusur.

Manfaat Belajar di Kursus Webmaster

Jadi sudah jelas bahwa menjadi seorang webmaster itu cenderung dibutuhkan oleh banyak perusahaan, juga akan memberikan benefit bagi diri sendiri, terutama dari segi perkembangan diri dan ilmu yang kita miliki – dan yang terpenting mendatangkan cuan.

Manfaat Belajar di Kursus Webmaster

Dan semua syarat tersebut bisa terpenuhi asalkan kamu mampu menguasai beberapa keterampilan tentang webmaster. Semuanya bisa dilakukan melalui kursus sebagai webmaster.

Bahkan kursusannya sendiri bisa mendatangkan manfaat buat kamu, dan tidak dilihat sebagai batu loncatan saja. Adapun beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki mentor yang ahli. Kamu juga sebenarnya bisa belajar membuat blog secara otodidak, tapi akan lebih bagus jika memiliki mentor karena akan menghemat waktu dan tenaga. Apalagi jika kamu ingin menguasai ilmu webmaster secara cepat.
  • Tak malu saat tak tahu. Jika kamu tiba-tiba bekerja di sebuah perusahaan dan dihadapkan dengan masalah tertentu, maka akan malu jika bertanya. Tetapi jika kamu masuk kursusan, maka bisa bertanya kepada mentor saat mengalami kendala semacam itu, sehingga nantinya bisa terhindar dari hal memalukan di perusahaan.
  • Ilmunya lebih terarah. Tanpa bermaksud untuk menjatuhkan tempat kuliahan, jika dilihat dari segi ilmu, maka kursusan cenderung lebih terarah. Kuliahan memiliki banyak matkul yang seringkali melebar. Ada beberapa jenis matkul yang bahkan kita tidak sukai sama sekali, tetapi harus dijalani karena tuntutan.
  • Lebih menghemat waktu. Pelajaran di kuliahan pastinya sudah diatur dan selesai dalam jangka waktu 4 tahun. Tapi dikursusan, kita bahkan bisa lulus hanya dalam waktu satu bulan saja.
Baca juga
Panduan Memilih Kursus Web Design Profesional

Mengingat faktor waktu yang merupakan paling penting untuk digaris bawahi, maka akan lebih baik jika kita masuk kursus webmaster saja jika kamu ingin buru-buru masuk kerja.

Sebaliknya, jika kamu memang memiliki dana dan waktu yang lumayan banyak, maka kuliahan bisa memberikan kamu gelar yang tak kalah pentingnya sebagai modal di dunia kerja.

5/5 (1 Review)