Panduan Memilih Kursus Web Design Profesional

Bidang mendandani sebuah situs web masih akan terus tumbuh seiring dengan berkembangnya dunia teknologi di kehidupan kita sehari-hari.

Kini orang ingin melakukan segalanya dengan cara yang lebih praktis, dimulai dari mencari informasi, tips dan trik, hingga belanja secara online.

Dengan begitu, sudah dipastikan bahwa pekerjaan mendesain web akan terus ada dan memiliki tingkat permintaan yang lumayan tinggi.

Kondisi ini tentunya bisa menjadi salah satu alasan kenapa kita harus mengambil kursus website design, karena ada peluang besar untuk kemajuan karier dan keamanan kerja di masa depan.

Panduan Memilih Kursus Web Design Profesional

Intinya, peluang dan keuntungan kerja sebagai pendesain web sangatlah bagus dan menjanjikan, sehingga tak ada ruginya untuk mulai belajar dan mengembangkan kemampuan kita di bidang tersebut.

Tapi perlu diketahui bahwa mendesain web itu tidaklah mudah. Memang untuk jenis web berskala perorangan dan profil perusahaan cenderung terlihat simple. Namun untuk web yang memiliki banyak fitur dan aplikasi seperti toko online serta affiliate system, maka kita harus mendapatkan segudang ilmu dan pengalaman terlebih dahulu.

Memilih Kursus Web Design Profesional

Kita pasti akan dihadapkan dengan bahasa pemrograman, minimalnya berupa HTML, CSS, dan PHP.

Tetapi kesulitan tersebut tentunya akan diganjar dengan reward yang akan kita terima nanti. Semakin menantang pekerjaan yang kita hadapi, maka akan semakin besar pula cuan yang akan kita dapatkan.

Jadi, persenjatai diri kamu dengan ilmu ini melalui kursus web design.

Kunci Ilmu yang Harus Didapatkan Web Designer

Ada banyak tempat kursusan yang memberikan pengajaran web design di sekitar kita, terutama di kota-kota besar. Tapi dimanapun tempatnya, tempat kursusan yang baik akan memberikan pengajaran tentang ilmu dasar sekaligus membantu kita berkembang dengan cepat.

Kursus website design yang baik dan berkualitas tidak akan hanya melatih kita untuk mengetahui cara membangun website, akan tetapi ada hal-hal lain yang perlu kita dapatkan selama pembelajaran tersebut berlangsung.

Karena normalnya, perusahaan akan menuntut kita untuk mengetahui hal lain selain membangun website.

Dengan begitu, kemampuan-kemampuan ini pun harus kamu dapatkan!

Baca juga
Apa Itu CDN Content Delivery Network

1. Memperkuat Imajinasi

Imajinasi lebih baik daripada ilmu pengetahuan. Begitulah yang dikatakan Albert Einstein beberapa puluh tahun yang lalu.

Kita memang dituntut untuk mengerti berbagai macam hal teknis mengenai website, tetapi jangan pernah melupakan imajinasi, karena bisa menjadi pondasi saat kita mulai mendesain website.

Kekuatan imajinasi ini akan membantu kita untuk membangun dan menggunakan desain yang jauh lebih baik, serta memiliki ciri khas pribadi yang tak dimiliki oleh website lain.

Imajinasi ini tentunya bisa dilatih melalui faktor kebiasaan, dan kreativitas akan mengalir bersamanya. Kursus web design yang baik tentunya akan membantu kamu memiliki momen-momen berharga saat mulai berlatih mendesain web berdasarkan imajinasi kamu sendiri.

2. Kreativitas

Hampir sejalan dengan imajinasi, tetapi kreativitas mungkin lebih terarah. Bisa dikatakan bahwa imajinasi adalah jalannya, dan kreativitas membantu jalan tersebut menjadi rapi dan rata.

Sekali lagi, seorang desainer web itu tidak hanya harus mahir secara teknis saja, akan tetapi juga harus mampu kreatif dan berpikir di luar kotak.

Semua desainer web yang berkualitas tentunya memiliki proses kreativitas yang berbeda, sehingga akan mencapai tujuan perancangan yang begitu khas.

Kreativitas ini akan terlibat langsung dengan pembuatan tampilan website, dan antarmuka dari homepage dan postingan-postingan yang dilakukan.

Salah satu untuk mempermudah kita dalam mengimplementasika kreativitas tersebut ke dalam sebuah website adalah dengan menggunakan plugin bernama Elementor.

3. Kesabaran

Kesabaran juga merupakan salah satu kunci kesuksesan jangka panjang di hampir segala bidang, termasuk web design. Jika kita memiliki keyakinan dan keuletan, maka usaha kita pun akan dihargai.

Kita akan mendapatkan hal-hal baru setiap kali mampu menyelesaikan tugas di kursus web design yang kita hadiri, dan – tentu saja – ini memerlukan tingkat kesabaran yang tinggi.

Kesabaran ini nantinya akan membuahkan hasil seperti mengembangkan cara berpikir, merasakan esensi dari mendesain website, serta memandang desain yang baru.

Kreativitas dan imajinasi juga akan muncul jika kamu mampu bersabar saat belajar. Istilah yang menggambarkan suasana ini adalah “feel-nya mulai kerasa!”

4. Memperhatikan Detail

Dari mental, sekarang masuk ke IQ, yang mana harus kita kuasai sejalan dengan perkembangan skill web design kita.

Ada banyak jenis detail yang harus kita buat, perhatikan, dan perbaiki jika ada masalah atau kesalahan.

Detail tersebut bisa meliputi tampilan, responsif, navigasi, kategori, tag, halaman statik, dan lain sebagainya.

Kursus Web Design Profesional

Jika kita mampu menyempurnakan setiap detail yang ada, maka jangan heran jika konsumen pun akan kembali dan memesan jasa web design kita secara berulang kali.

Faktanya, menjadi seorang desainer web memerlukan 30% mental dan 70% teknis. Tidak perlu risau juga jika kamu kurang begitu pandai dalam hal ini, karena detail dan ketelitian bisa dilatih melalui pembiasaan.

Baca juga
Strategi OMNI CHANNEL RETAIL Yang Bikin Kaya Raya

5. Kemampuan Teknikal

Mungkin ini adalah skill utama yang wajib kamu kuasai dengan sempurna. Soalnya, semua sketsa, imajinasi, dan kreativitas akan tergambar melalui kemampuan teknikal.

Setidaknya, ada 10 jenis kemampuan teknikal yang wajib kamu kuasai, diantaranya adalah:

  1. Alat desain dasar (misalnya elementor, wordpress, blogger, dan lain sebagainya)
  2. UX/UI dan desain visual
  3. HTML dan CSS
  4. Bahasa pemrograman lanjutan, seperti PHP, jQuery, Java Script, dll
  5. Manajemen server web
  6. SEO (search engine optimization)
  7. CMS (content management system)
  8. Digital Marketing
  9. Manajemen Waktu
  10. Komunikasi

Pastikan kamu ikut kursus web design yang menyertakan ilmu-ilmu teknikal di atas ya!

6. Bisa Mengoperasikan Photo Editing Software

Masihkah ada hubungannya? Tentu saja!

Mendesain website sangatlah erat kaitannya dengan foto dan gambar. Toh, pada akhirnya kita harus mengedit berbagai macam gambar yang bisa membuat website tersebut memiliki tampilan menarik dan tidak monoton.

Ada homepage statik yang harus diberikan gambar dengan ukuran yang sama, ada logo yang harus memiliki background transparan berformat PNG, dan ada pula gambar yang harus ditambahkan di setiap postingan yang dilakukan.

Salah satu software terbaik untuk mengedit foto atau gambar tersebut adalah PhotoShop. Selain mudah digunakan, software ini memuat semua hal yang dibutuhkan oleh desainer website, termasuk crop, resize, save file dalam berbagai macam bentuk format, hingga hal-hal mendetail lainnya.

7. Pekerjaan Web Design Ternyata Menjanjikan

Di dunia digital yang sebagian besar proses pemasaran dan distribusi dilakukan secara online, maka secara otomatis si empunya produk (perusahaan) pastinya membutuhkan sebuah website sebagai wadah aktivitas promosinya tersebut.

Sekarang coba hitung berapa banyak perusahaan yang lahir setiap tahunnya? Menurut data, ada hampir 4 juta perusahaan baru yang lahir di 10 tahun terakhir ini. Itu artinya, ada 400 ribu perusahaan baru setiap setahun sekali.

Ini hanya ada di Indonesia, dan belum termasuk hitungan perusahaan yang datang dari luar. Ingat, setiap perusahaan normalnya pasti memiliki lebih dari 1 website, sehingga permintaan akan SDM yang memiliki kemampuan dalam mendesain website pastinya dibutuhkan.

Asyiknya, tak banyak orang yang mengejar skill tersebut, sehingga saingannya di Indonesia tergolong sangat rendah.

Tingginya permintaan akan website berkualitas tinggi inilah yang akan menempatkan kita pada job yang sesungguhnya, dan bahkan bisa mengalahkan penghasilan dari UMR.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kejar karir kamu sebagai pendesain website dengan ikut kursus web design sebagai batu loncatannya. Jika sudah menguasai, maka bersiaplah mendapatkan sejumlah manfaatnya!

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Optimasi Page Speed Profesional

Pekerjaan web design itu sangatlah menjanjikan, dan berikut adalah alasannya!

8. Bisa Gabung ke Perusahaan atau Freelancer

Keutamaan yang pertama adalah kemandirian! Kamu bisa memiliki opsi untuk bekerja pada orang lain atau bahkan membuka jasa pembuatan website secara mandiri.

Bahkan pekerjaan freelancer saat ini tengah mengudara dan populer, karena menawarkan kemudahan dan bisa dilakukan dimanapun kita berada.

Bayangkan, kamu bisa bekerja sambil liburan dan terhindar dari kemacetan kota-kota besar seperti Jakarta.

Tapi ingat, bekerja secara mandiri menuntut tanggung jawab yang besar. Selalu bekerja tepat waktu dan disiplin, dan berikan hasil sesuai deadline yang telah disepakati bersama.

Jangan sampai melakukan hal yang tak senonoh, seperti meminta uang bayaran di muka tetapi setelah itu kabur entah kemana.

9. Industrinya Sedang Berkembang

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, pekerjaan dalam bidang mendesain website diperkirakan akan tumbuh hingga 27% pada tahun 2024.

Angka tersebut tentunya jauh lebih cepat daripada tingkat pertumbuhan rata-rata yang diproyeksikan di semua bidang pekerjaan manapun.

Bidang desain website ini pun diperkirakan akan terus tumbuh seiring dengan semakin banyaknya transaksi yang beralih dari sistem tradisional ke dalam online.

Masih ada waktu 3 tahun dari sekarang, dan itu adalah waktu yang cukup untuk belajar di tempat kursus web design, kemudian bekerja untuk mencari pengalaman.

Sekalipun mendesain website menawarkan kita bekerja secara independen, tetapi alangkah baiknya kamu bekerja dulu ke perusahaan tertentu demi mengasah kemampuan dan mencari pengalaman dalam dunia kerja.

10. Memberikan Dampak Besar Terhadap Perusahaan

Artinya, kita bisa memiliki status dan jabatan yang lebih baik di perusahaan tertentu. Saat ini, bidang IT masih sangat disegani oleh orang perusahaan, sehingga bisa menjadi batu loncatan yang indah nan sempurna buat kamu yang sudah berusia 20 tahunan ke atas.

Kunci Ilmu yang Harus Didapatkan Web Designer

Bahkan sekarang sudah banyak perusahaan yang hanya mengandalkan website sebagai media pemasaran, distribusi, dan transaksinya. Ini memungkinkan kita menjadi tulang punggung dari sebuah perusahaan.

Alhasil, kita bisa menjadi seorang ace dan aset berharga bagi perusahaan. Mereka pun tentunya tidak akan membiarkan kita lari ke perusahaan lain.

11. Hidup Menjadi Lebih Mudah

Sekalipun kita terkena PHK atau pengurangan karyawan akibat virus Covid-19 saat ini, akan tetapi kita masih bisa melebarkan sayap untuk mendapatkan pekerjaan baru, karena permintaannya yang masih terus meningkat.

Wabah dari virus covid-19 ini memaksa orang-orang untuk menutup tokonya, sehingga penjualan secara tradisional tidak begitu efektif (dan berbahaya) untuk dilakukan.

Alhasil, hampir semua sektor beralih ke online, dan bahkan membebankan semua proses marketingnya melalui website saja.

Jadi, sekalipun wabah penyakit menular tengah menyerang, akan tetapi permintaan untuk mendesain website malah akan jauh lebih meningkat drastis.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Backlink Berkualitas untuk Website

Selalu pegang dan manfaatkan ilmu yang kamu dapatkan dari tempat kursus web design!

12. Sektor Industri tak Terbatas

Ini kelebihan yang super duper fantastis! Kita bisa bekerja di semua sektor perusahaan, dimulai dari pedagang ritel hingga perusahaan super besar berskala unicorn!

Ini tentunya akan memperluas portofolio kita dan menghilangkan potensi kebosanan dengan pekerjaan yang itu-itu saja!

Memang pekerjaan utama kita adalah mendesain website, akan tetapi setiap desain dan sistem pemasarannya cenderung sangat berbeda dari satu sektor dengan sektor yang lainnya.

Di sinilah kita akan mencoba belajar dan menyesuaikan diri dengan para klien. Pendesain website pastinya dituntut untuk mengerti tentang produk yang perusahaan tengah jual.

4 Elemen Untuk Desain Web

Misalnya kamu tidak terlalu punya banyak waktu, maka bisa memfokuskan diri dulu dengan mempelajari keempat elemen dalam pembuatan atau mendesain sebuah website, selama kamu sudah tahu dasar-dasarnya.

Bahkan keempat elemen ini bisa menjadi penentu apakah website yang kita buat itu terlihat kinclong atau tidak.

Elemen Untuk Desain Web

Di awal-awal belajar web design di tempat kursusan, sebenarnya kita tak harus mengerti semua hal secara sekaligus, cukup fokuskan dulu kepada bagian yang menurut kamu sangat penting untuk dipelajari, kemudian yang lainnya bisa menyusul.

Namun jika kamu kebingungan untuk menentukan jenis yang urgent, maka kami rekomendasikan untuk mulai mempelajari keempat hal berikut ini:

1. Layout yang Solid

Dasar belajar website itu masih penting untuk dilakukan, tetapi saat masuk ke dalam tahap menengah atau mahir, maka cobalah untuk berfokus pada pembuatan layout dari sebuah website.

Semakin kamu bereksperimen dan membuat layout yang berbeda, maka intuisi kamu akan semakin terasah dan jauh lebih baik.

Dalam desain web sendiri, layout bisa disebut sebagai pondasi, karena melibatkan penempatan semua konten dan elemen navigasi.

Sekalipun pembuatan layout ini dipermudah dengan CMS paling terkenal seperti wordpress, tetapi kamu pun wajib mempelajarinya menggunakan CMS lain, karena permintaan tiap orang dan konsumen itu pastinya berbeda.

2. Tipografi yang Enak Dibaca

Ada macam-macam bentuk tulisan yang bisa kamu gunakan dengan ukuran yang berbeda. Istilah untuk menyebutnya adalah tipografi.

Untuk bisa menguasai bagian ini, maka kita wajib mengetahui kode CSS dari website itu sendiri, sekalipun kamu menggunakan CMS paling mudah seperti wordpress.

Tipografi ini harus disesuaikan dengan tema website yang kamu bangun, seperti font dan ukuran.

Ingat, ukuran antara tulisan paragraf, judul, dan heading itu tidak boleh disamaratakan, karena akan membuat orang susah saat membedakannya.

Baca juga
Apa itu Facebook Ads

Pastikan juga ukuran tulisan cukup besar untuk bisa dibaca oleh segala kalangan usia. Salah satu contoh tipografi terbaik bisa kamu lihat di website https://www.matthewwoodward.co.uk/ dan https://backlinko.com/hub/seo.

3. Warna yang Sedap Dipandang

Selanjutnya pemilihan warna pun sangat begitu vital. Penggabungan warna ini memang harus berdasarkan selera, tapi tetap memiliki tujuan dan arti yang ingin disampaikan.

Jika kita tidak mampu menggabungkan antara satu warna dengan yang lainnya, maka bisa-bisa jatuhnya menjadi norak.

Warna tersebut tidak sebatas pada layout saja, juga termasuk ke dalam judul postingan dan anchor teks.

4. Desain Elemen yang Sesuai

Skill penting terakhir yang wajib kamu pelajari lebih dulu adalah desain elemen. Kreativitas kita tentunya dituntut, sehingga harus kamu latih dari waktu ke waktu.

Lakukan eksperimen dan bersenang-senanglah dengan latihan ini, seperti memasukan tekstur, ikon, pola, dan lain sebagainya.

Desain elemen bersama ketiga faktor di atas ini sangatlah memainkan peran besar terhadap kesuksesan sebuah website saat dilihat oleh calon pelanggan, jadi pastikan kamu meminta tempat kursus web design untuk mengajarkannya secara terperinci.

5/5 (1 Review)