Panduan Memilih Jasa Update Website Profesional

Berbeda dengan koran dan media cetak lainnya, konten dari situs web kita tentunya bisa diperbaharui sesering yang kita perlukan. Menambah artikel yang baru pun bisa jauh lebih mudah.

Namun, proses pembuatan dari artikelnya sendiri sangatlah menantang, apalagi jika kamu tidak begitu suka dengan dunia tulis menulis. Di saat yang bersamaan, website memiliki kebutuhan untuk terus ditambah konten secara teratur agar mempertahankan otoritasnya di mata mesin pencarian Google dan visitor kita.

Fakta inilah yang membuka peluang usaha bagi para penulis konten. Kita juga sebagai blogger pastinya akan merasa terbantu dengan kemunculan layanan jasa update situs web yang ditulis oleh para penulis profesional yang berpengetahuan luas.

Panduan Memilih Jasa Update Website Profesional

Selain daripada konten, kita pun harus memperbaharui berbagai macam elemen yang sudah terinstal di dalam website itu sendiri. Ada beberapa bagian yang mungkin bisa kamu update sendiri, dan ada pula area yang harus disentuh oleh para ahlinya.

Dengan mempebarui konten dan desain situs web kita secara teratur, maka akan menjadi sinyal SEO tersendiri dan menggiring banyak visitor secara alami masuk ke situs web kita terutama jika kita rajin mengupdate konten.

Sementara mengupdate software yang sudah usang bisa meningkatkan kekuatan sekuriti website kita agar tidak mudah terserang oleh para hacker.

Praktek Terbaik Untuk Mengupdate Website

Sebelum kita mulai, kita harus tahu dulu bahwa kategori update situs web itu bisa kita bagi berdasarkan waktunya termasuk harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Untuk harian dan mingguan, biasanya update tersebut bisa berupa konten atau artikel. Sementara untuk bulanan dan tahunan, cenderung berhubungan dengan bagian teknis.

Jasa Update Website Profesional

Jika konten atau artikel harus menjadi bagian dari kehidupan kamu sehari-hari selama website tersebut hidup, lain lagi dengan update bagian teknis yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu faktor penentunya, seperti misanya:

  • Desain website sudah terlihat usang dan tidak responsif.
  • Konversi dan penjualan tiba-tiba menurun.
  • Posisi situs web kita di SERP mengalami penurunan yang signifikan.
  • Ada ide tambahan yang harus segera diimplementasikan terhadap website kamu.
Baca juga
Panduan Memilih Jasa Tambahan Followers Profesional

Jadi tidak serta merta kita menggunakan jasa update website, tetapi harus mengecek terlebih dahulu mengenai performa dari situs web itu sendiri.

Sebenarnya, kamu pun masih bisa melakukan update situs web secara mandiri. Apalagi jika kamu ingin menghemat banyak pengeluaran. Ada beberapa praktek terbaik dan terpraktis yang bisa kamu lakukan saat mengupdate website, yang mana sudah kami bahas di bawah ini secara lengkap.

1. Tinjau Website Secara Keseluruhan

Ini mungkin bisa menjadi pekerjaan yang begitu berat dan membosankan. Soalnya, kita harus memeriksa setiap elemen yang ada di dalam website itu sendiri, untuk berjaga-jaga jikalau ada masalah atau software yang harus segera diperbaharui.

Kita ambil contoh plugin dalam wordpress, maka wajib dicek secara teratur dan segera perbaharui jikalau ada permintaan untuk update. CMS wordpress juga selalu meminta untuk segera di-update jikalau sudah ada versi yang baru. Jangan lupa untuk mem-backup situs kamu terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Ada pula PHP yang harus kamu update melalui control panel. PHP ini merupakan salah satu elemen yang terpenting karena menentukan kompatibilitas dari plugin dan coding yang menjadi dasar dari pembuatan website itu sendiri.

Untuk bagian konten, pastikan kamu menambahkan satu atau dua paragraf di postingan tertentu secara rutin. Cari juga jikalau ada broken link di sana. Gampangnya, mungkin menggunakan plugin broken link checker bisa membantu kamu mempercepat pengecekan tersebut.

2. Cek Website Data

Data bisa kamu lihat dengan mudah melalui Google Analytics. Pantau segala macam aktivitas website per 3 bulan, lalu bandingkan dan lihat kinerjanya.

Jikalau ada keanehan (penurunan) yang tak wajar, maka harus dianalisa lebih jauh. Ada banyak faktor yang mungkin bisa terjadi, seperti misalnya turun dari SERP, disalip saingan di SERP, hostingnya lambat saat diakses, atau bahkan terkena hack.

Jika masalahnya ada pada SERP, mintalah bantuan para penyedia jasa backlinking dan SEO. Akan tetapi jika bagian teknis, mintalah orang yang jago dalam urusan maintenance website.

Ingat, jasa update website itu tidak melulu masalah teknis dalam situs web, juga harus berkutat dengan off-page seperti SEO, dan penulisan konten yang harus dilakukan secara teratur.

3. Mengintip Para Kompetitor

Masa iya harus? Tentu saja! Seringkali website kita mesti diupdate mengikuti pergerakan dari para kompetitor. Dimulai dari konten hingga backlink profile, kita harus tetap mengawasi setiap aktivitas kompetitor yang ada.

Ini karena para pesaing kita juga akan senantiasa mengintip setiap aktivitas dari situs yang kita miliki.

Di dunia internet yang penuh persaingan ini, setiap orang akan saling mengintip dan mewaspadai pergerakan saingannya di masing-masing niche yang mereka geluti.

Baca juga
Strategi OMNI CHANNEL RETAIL Yang Bikin Kaya Raya

Caranya? Bisa menggunakan similarweb.com, SEMRush, atau aHref. Gunakan salah satu dari ketiga tools ini untuk mengawasi setiap gerak-gerik dari lawan kita, lalu ambil tindakan setelahnya.

4. Gunakan Tema yang Terbaru Mengikuti Zaman

Ada beberapa niche yang harus mengikuti tema dari waktu ke waktu. Misalnya, jika website kamu dibangun di zaman telepon genggam sebelum smartphone muncul, maka desain tersebut haruslah segera diganti dengan tema telepon pintar.

Ada pula niche website yang mengulas tentang PlayStation, maka kini harus diganti menjadi tema yang sesuai dengan PlayStation 5. Mungkin jika nanti PlayStation 6 sudah rilis di pasaran, maka tema tersebut harus kembali diganti.

Bahkan ada juga situs web yang menyesuaikan dengan tema-tema hari besar, seperti ramadhan, idul fitri, atau natal. Tema-tema ini merupakan waktu yang tepat untuk panen, karena hampir semua orang berubah menjadi konsumen secara serentak.

Manfaat Jasa Update Website

Untuk website bule dan target market Amerika, maka hari-hari besar tersebut bisa berupa Halloween, natal, tahun baru, thanks giving, dan lain sebagainya.

Ingat ya! Tema berbeda dengan templat (theme) website. Theme jangan pernah diganti secara sembarangan, karena bisa berpengaruh pada SEO. Namun untuk tema, biasanya hanya melibatkan homepage jika situs web atau blog kamu memiliki beranda statik.

5. Lakukan Tes A/B

Mungkin lebih dikenal dengan sebutan “sebelum dan sesudah”. Caranya cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:

  • Masuk ke mode maintenance, agar visitor kamu tahu bahwa website kamu tengah menjalani updating. Jika kamu memiliki pembaca tetap, pastikan memberi tahu mereka terlebih dahulu melalui email. Informasikan mengenai waktu maintenance
  • Backup Semua Data. Cadangan ini bisa menyelematkan usaha kamu! Percaya deh!
  • Mulai Updating. Kerjakan hal-hal yang menurut kamu penting saja untuk di-update. Bisa pula menyewa jasa update website untuk pekerjaan tertentu.
  • Bandingkan Sesudah dan Sebelum (A/B). Jika menurut kamu versi terbaru ini lebih oke, maka update layak untuk dilanjutkan. Jika misalnya nampak ancur, segera restore backup-an tersebut sehingga website akan kembali seperti sedia kala.
  • Periksa Semua Elemen. Setelah updating, periksa semua elemen yang ada dalam website. Beberapa bagian yang vital diantaranya meta code, call to action, internal linking, tombol order (untuk online shop), popup (jika ada), dan tetap responsif saat diakses oleh gadget dengan ukuran layar yang berbeda.
  • Website Online! Kini visitor kamu bisa menikmati website dengan tema yang baru atau tambahan fitur-fitur menarik di sana.

Jika strategi “sebelum dan sesudah” ini sangatlah begitu efektif di dunia marketing, begitupun di dunia website dan maintenance, karena bisa membandingkan secara langsung mengenai versi mana yang jauh lebih enak saat digunakan.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pengembangan Website Profesional

6. Optimasi SEO dan Artikel

Percaya atau tidak, kita bisa mendapatkan keyword-keyword potensial yang jauh lebih nyata dari Google Search Console, dibandingkan dengan mencarinya secara acak di tools-tools gratis ataupun berbayar.

Saat kita mempublikasikan sebuah artikel, maka akan ada data kata kunci terbaru yang akan ter-generate sebagai bagian dari impresi. Semakin tinggi nilai impresinya, maka itu berarti semakin banyak keyword tersebut memiliki volume pencarian.

Tugas kamu adalah mencomot keyword yang belum ada kontennya, buat konten berdasarkan kaidah SEO, lalu publikasikan.

Jika kesulitan untuk membuat artikel tertentu, maka kamu bisa menyewa jasa update situs web saja!

Manfaat Jasa Update Website Membantu Bisnis Berkembang

Beberapa poin dan aktivitas di atas itu hanyalah contoh. Faktanya, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meng-update website secara berkala. Bahkan dari satu poin saja melahirkan banyak sekali kegiatan yang menyita perhatian, fokus, waktu, dan tenaga.

Alhasil, jasa update situs web memang bisa membantu bisnis kita berkembang lebih jauh lagi. Para profesional ini akan senantiasa mengerjakan hal-hal teknis dengan lebih cepat, tepat sasaran, efektif, dan efisien.

Dengan begitu, fokus kamu bisa dialokasikan ke hal lain yang juga tak kalah pentingnya untuk disentuh.

Jika kamu lebih memilih jasa update website, maka ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan loh!

1. Menjaga Bisnis dan Website Tetap Pada Jalurnya

Internet lahir pada tahun 1983, mulai diminati oleh negara maju pada tahun 90an, mulai diminati di Indonesia di tahun 2000an, mulai berkembang di tahun 2010an, dan hari ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Seperti yang kita tahu bahwa akan ada perubahan besar-besaran setiap satu dekade sekali akibat cepatnya informasi yang sampai dari mulut satu orang, ke telinga orang lainnya.

Itu artinya, kita juga sebagai blogger harus cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut, dan membutuhkan fokus yang begitu besar. Jika website kita ingin tetap terupdate sekaligus kamu mampu terus berinovasi, maka wajib melibatkan banyak orang.

Asyiknya, kamu tak perlu menyewa SDM dengan sistem kontrak (seperti karyawan), tapi tinggal menyewa jasa update website saja, maka semuanya bisa beres!

2. Meningkatkan Pengaruh Bisnis dan Produk

Website bisa menjadi salah satu metode terbaik dalam proses pemasaran dan distribusi, karena mampu menjangkau lebih banyak orang hingga ke luar pulau dan luar negeri sekalipun.

Tampilan website menjadi hal yang paling dilihat pertama kali oleh calon pelanggan kita, dan mereka akan tetap di website kita jika memiliki kecepatan yang mumpuni saat diakses.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Maintenance Website Profesional

Optimasi SEO dan Artikel

Kedua tugas tersebut (menjaganya agar terlihat ciamik dan memiliki kecepatan bagus) bisa kita serahkan kepada jasa update situs web, terlebih jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengurusi hal-hal teknis semacam itu.

3. Meningkatkan Peluang Penjualan

Website yang senantiasa diupdate (terutama dari segi konten), maka akan lebih banyak mengundang calon pembeli. Di internet, semakin banyak konten “berkualitas” yang kita miliki, maka akan semakin meningkatkan otoritas di mesin pencarian.

Alhasil, kita pun akan lebih mudah meningkatkan posisinya di SERP. Visitor tersebut akan berdatangan dari berbagai macam keyword yang berbeda, dan itu bisa dijaring dengan mudah jika kamu rajin menambahkan konten baru.

Bahkan idealnya, mengupdate konten itu harus dilakukan sehari sekali. Tak hanya Google saja yang menilai website kamu secara positif, juga para langganan kita akan semakin betah dan menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan.

4. Mengetahui Apa yang Orang Inginkan

Penyedia jasa update website juga biasanya akan menyodorkan berbagai macam data penting yang tersemat di Google Analytics. Dengan begitu, kita bisa tahu apa yang sebenarnya orang inginkan saat mengakses situs kita (bisa dilihat dari halaman yang paling banyak dikunjungi).

Intinya, kehadiran website kita di tengah-tengah persaingan haruslah mampu memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Kebutuhan seperti apa?

Yaitu berupa konten yang informatif, produk yang dibutuhkan, produk yang dapat memecahkan masalah, dan segudang keinginan orang yang bisa kita ubah menjadi cuan jika kita mampu mengisi kekosongan tersebut.

5. Menstimulasi Perkembangan Usaha Kita

Situs web yang rajin diperbaharui ternyata bisa memberi kita peluang bisnis dengan cara memperluas jangkauan dan dukungan dari para pengunjung.

Setiap kali kita menambahkan satu konten di dalam website kita, maka akan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan di keyword tersebut.

Belum lagi pembaharuan dari segi teknis seperti kecepatan website dan kompatibilitasnya, maka akan membuat website kita semakin powerful sebagai sarana memperkenalkan produk yang tengah kita jual.

Mustahil usaha dan bisnis kita berkembang jika properti dan aset kita tidak diurus dengan baik – dan website tentunya termasuk ke dalam kolom aset.

6. Update Konten Lama Dengan Penulis Profesional

Halaman website yang berisi konten lama memang bisa tetap mejeng di urutan pertama Google. Tetapi bisa pula tersikut oleh saingan saat Google menilai bahwa konten yang mereka miliki cenderung lebih berkualitas tinggi dan selalu ter-update.

Saat itu terjadi, maka kamu pun harus segera memulai melakukan update konten lama tersebut dengan menggunakan penyedia jasa update website berkelas.

Baca juga
Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Update di sini tidak boleh menghapus kalimat yang sudah ada, akan tetapi hanya cukup memasukkan beberapa kata baru (minimal 400 kata) agar menjadi sinyal kepada Google bahwa halaman website kita memiliki informasi terbaru.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa membuat website kita:

  • Memiliki CTR yang bagus.
  • Bersih dari kalimat rancu dan kata typo.
  • Meningkatkan akurasi konten.
  • Meningkatkan perasaan segar secara keseluruhan (untuk mesin pencari).
  • Mampu terhindar dari broken link.
  • Memperbaiki atau mengganti broken linkpada outbond link. Ini juga bisa jadi sinyal kepada Google bahwa kita memiliki data informasi yang valid.
  • Membantu halaman dan konten baru agar cepat terindeks.
  • Mampu menyasar trend keyword.

Dikarenakan memiliki poin penting yang wajib kamu dapatkan, maka melakukan pembaharuan website bisa menjadi wajib hukumnya.

Jika kamu tak punya waktu atau malas saat melakukannya, kamu bisa gunakan jasa update website yang bertebaran di berbagai macam tempat, terutama di forum-forum SEO.

5/5 (1 Review)