Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional Untuk Bisnis

Di zaman dimana internet dan teknologi digital telah mempengaruhi cara kita hidup dan bekerja, maka kita akan kehilangan banyak sekali potensi dalam menjalankan bisnis tanpa adanya sebuah website.

Pasalnya, rata-rata orang akan menghabiskan waktu mereka di internet selama 6 jam sehari. Bahkan pembelian dan pemesanan online saja sudah menjadi gaya hidup masyarakat kita karena cenderung lebih mudah untuk dilakukan dan menghemat waktu.

Jadi penting sekali untuk memiliki sebuah situs jika kamu saat ini tengah menjalankan sebuah usaha dan bisnis – apapun bentuknya. Nah, buat kamu yang tidak memiliki waktu atau keterampilan dalam membuatnya, maka bisa menggunakan jasa pembuatan website di tempat kami.

Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website

Buat kamu yang belum tahu, website itu terdiri dari domain dan hosting. Sehingga pertama-tama, kamu pasti bisa mendapatkan nama situs pilihan kamu sendiri dengan top level domain, seperti .com, .net, atau .org.

Nama website itu adalah unik, sehingga tidak akan pernah sama dengan orang lain. Jadi jika misalnya nama situs pilihan kamu telah digunakan oleh orang lain, maka tak ada cara lain selain mencari nama lain yang cocok dengan bisnis kamu.

Sekalipun sebuah situs bisa diperjual belikan, tetapi membeli nama website yang telah dimiliki oleh orang lain bisa memberikan harga yang jauh lebih mahal, sehingga alternatif yang boleh kamu pilih adalah dengan mencari nama lain.

Selanjutnya, kami pun akan memberikan jenis hosting terbaik di kelasnya. Seperti yang kita tahu bahwa hosting itu memiliki bandwitdh meter yang seringkali bisa habis sebelum akhir bulan. Pada saat itu terjadi, maka website kamu pun tidak akan bisa diakses hingga sampai di awal bulan.

Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website

Demi menghindari hal tersebut, kami akan sediakan jenis hosting dengan bandwitdh berkapasitas besar atau bahkan unlimited, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu saat ini, agar semua menjadi terasa lebih fleksibel.

Nah, jadi secara garis besarnya, kamu akan mendapatkan hal-hal berikut saat menggunakan jasa pembuatan website di tempat kami:

  • Nama domain TLD
  • Hosting
  • Tampilan situs yang responsif
  • Jenis situs yang kamu inginkan
Baca juga
Panduan Memilih Jasa Traffic Website Berkualitas Premium

Tampilan website bisa disebut sebagai responsif jika halaman sebuah web tersebut berhasil ditampilkan dengan baik di berbagai macam perangkat yang berbeda dengan ukuran layar yang beragam. Jadi bukan gadget yang mengikuti ukuran situs, melainkan website-lah yang mengikuti lebar dari gadget yang digunakan oleh para pengunjung situs web.

Dikarenakan situs dengan thema yang responsif ini sudah menjadi bagian dari sinyal SEO, maka harus dijadikan sebagai pertimbangan utama dalam membangun sebuah website. Melalui jasa pembuatan website di tempat kami, memiliki tampilan yang responsif sudah pasti bisa kamu dapatkan.

Lantas, bagaimana dengan jenis situs yang harus dipilih?

Jenis Pembuatan Website Profesional

Setelah membaca panduan memilih jasa pembuatan website selanjutnya mengenal jenis website. Kebanyakan pemilik bisnis mikro dan makro selalu ingin memiliki sebuah situs untuk menunjang bisnis mereka agar lebih dikenal secara online. Sayangnya, masih sedikit diantaranya yang belum mengerti tentang jenis website yang akan dibangun.

Situs bukanlah sesuatu yang dibangun tanpa konsep. Bahkan haruslah menjalani berbagai macam tahapan untuk bisa mengudara dan memberikan dampak yang begitu besar terhadap calon konsumen dan bisnis kamu saat ini.

Situs tentunya dibangun dengan berbagai macam bentuk dan tujuan. Jadi sebelum kamu benar-benar menyewa jasa pembuatan website, pastikan dulu untuk mempertimbangkan jenis website apa yang ingin kamu bangun.

Sejauh ini, ada beberapa jenis yang selalu dijadikan incaran oleh para pemilik bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Website Company Profile

Sesuai namanya, situs ini berisikan tentang profil perusahaan yang tengah kamu miliki. Bisa dibilang website tersebut mempresentasikan bisnis kamu secara keseluruhan, karena akan mencakup berupa gambar, logo, visi, misi, serta produk atau layanan yang tengah kamu miliki saat ini.

Jadi secara sederhananya, website profil perusahaan merupakan pengenalan bisnis kita, dan bertujuan untuk memberi tahu audiens atau pengunjung tentang produk atau layanan. Secara spesifiknya, profil perusahaan juga seringkali menyertakan kisah menarik tentang bagaimana sebuah perusahaan dimulai, serta visi dan nilai dari perusahaan yang tengah kamu kembangkan.

Maka dari itulah, jika kamu menggunakan jasa pembuatan website di tempat kami untuk membuat website company profile, maka sudah pasti kami akan mengajukan beberapa pertanyaan penting tentang perusahaan kamu saat ini.

Jenis Pembuatan Website Profesional

Biasanya, ada 10 jenis pertanyaan atau informasi yang kami butuhkan, diantaranya:

  • Mengidentifikasi profil perusahaan dan jenis jasa atau produk yang tengah dijual.
  • Memberikan contoh tampilan yang bisa kamu pilih secara bebas.
  • Ceritakan tentang perusahaan kamu.
  • Beritahukan kami tentang visi dan misi perusahaan kamu.
  • Beritahukan mengenai tim terbaik perusahaan kamu.
  • Beritahukan mengenai jasa atau produk yang tengah kamu jual.
  • Daftar klien yang sudah menggunakan jasa atau produk kamu.
  • Projek yang sedang dikerjakan.
  • Quote dari para konsumen.
  • Informasi kontak yang bisa dihubungi.
Baca juga
Panduan Memilih Jasa Update Website Profesional

Desain profil perusahaan kamu tentunya harus dibuat untuk para pembaca sehingga mereka dapat memahami cara kerja bisnis kamu saat ini. Profil perusahaan akan memberikan peluang bisnis untuk menginformasikan para pengunjung tentang bisnis kamu dan bagaimana penawaran tersebut sampai kepada mereka.

Jadi, kami tidak akan pernah membuat website company profile secara asal! Semuanya berdasarkan wawancara antara kami dengan pihak perusahaan sehingga informasi yang diberikan akan sangat akurat.

2. Blog and News

Jenis website yang satu ini biasanya memuat tentang informasi dari satu kategori secara spesifik, blog yang memuat beragam topik, atau berita.

Blog juga biasanya dibuat sebagai langkah dalam menarik banyak minat calon pelanggan melalui tips dan trik yang diberikan secara sukarela dan gratis.

Misalnya jika perusahaan kamu menjual berbagai macam barang elektronik, maka topik blog dari website yang boleh kamu bangun pun bisa meliputi hal-hal yang berkaitan dengan teknologi.

Jika misalnya perusahaan kamu menjual obat atau suplemen, maka boleh menyertakan informasi mengenai dunia kesehatan.

Apapun jenis blog dan topik yang ingin kamu bangun, kami sebagai penyedia jasa pembuatan website siap menyediakan tampilan yang responsif serta konten yang berkualitas tinggi.

Konten adalah raja, sehingga penting untuk menulis artikel unik dan berkualitas agar website bisa tembus di urutan nomor 1 Google. Ketika itu terjadi, maka calon pelanggan pastinya akan berbondong-bondong mendatangi kita.

3. Online Shop

Jenis tersulit sekaligus yang paling mendatangkan banyak uang. Bagaimana tidak, website bertipe online shop ini sudah pasti memuat berbagai macam produk atau jasa yang ingin kita jual.

Dengan kata lain, informasi yang diberikan pun akan lebih to the point tanpa banyak basa-basi. Belum lagi keyword yang ditargetkan berupa buying keyword sehingga kebanyakan para visitor yang masuk ke website kita memang sudah berniat untuk membeli, dan bukan mencari informasi.

Jika misalnya perusahaan kamu ingin membuat sebuah online shop, maka company profile masih dibutuhkan untuk kami tempatkan di bagian about us, dan lain sebagainya. Ini ditujukan semata-mata untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan para visitor agar proses jual beli kamu semakin lancar.

Selanjutnya, kami akan mendata semua produk yang kamu miliki lengkap dengan deskripsi produk, harga, dan potongan harga (jika ada). Semakin lengkap produk yang dijadikan display di website online shop tersebut, maka akan semakin bagus karena kemungkinan terjualnya akan semakin besar.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Logo Premium Profesional

Membuat toko online sendiri tentunya dapat menghemat waktu baik pembeli maupun kamu sebagai pengecer atau penjual. Dengan sudah terteranya status produk di halaman tertentu, maka bisa mengurangi aktivitas teleponan tentang ketersediaan suatu produk.

Namun membuat online shop memang tidak semudah menjetikkan jari, maka dari itulah kami sebagai penyedia jasa pembuatan website hadir buat kamu.

Manfaat Website untuk Bisnis

Setelah mengetahui panduan memilih jasa pembuatan website selanjutnya kita bahas manfaat website. Memiliki website untuk mendukung bisnis kita hampir tak ada sisi negatifnya. Sebaliknya, dengan memiliki website, maka kita bisa mendulang berbagai macam manfaat yang mungkin tidak akan bisa didapatkan oleh mereka yang tidak memiliki website.

Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Cara sederhana agar rekan bisnis dan klien kita mencari alamat perusahaan atau bisnis kita di internet adalah melalui website. Sehingga tampilan pertama yang muncul haruslah meyakinkan prospek bahwa bisnis kamu tersebut sangatlah terpercaya.

Makanya, kami sebagai penyedia jasa pembuatan website akan semaksimal mungkin memberikan tampilan website yang profesional sesuai dengan permintaan kamu.

Ini karena website sendiri cenderung melegitimasi bisnis kamu sekaligus meningkatkan kredibilitas perusahaan. Bahkan sebuah perusahaan tanpa website di zaman sekarang ibarat seseorang tanpa identitas.

Manfaat Website Untuk Bisnis

Jangan pernah merasa cukup dengan pemasaran media sosial dan periklanan yang kamu jalankan di Facebook. Faktanya, survey di tahun 2015 menunjukkan bahwa sekitar 84% konsumen percaya bahwa perusahaan yang memiliki situs web cenderung terlihat lebih kredibel daripada sekedar halaman media sosial saja.

2. Membantu Membangun Bisnis

Dengan pertumbuhan dunia internet, pengaruh media sosial, dan popularitas perangkat seluler, situs web telah menjadi alat yang sangat penting untuk membangun bisnis kita dalam jangka panjang.

Ini karena kita bisa memasukan berbagai macam hal di dalam website kita tersebut sesuai dengan perkembangan perusahaan kita, seperti misalnya:

  • Kisah dan sejarah perusahaan. Melalui ini, kita bisa memberitahu audiens bagaimana kita memulai bisnis, tujuan kita melakukan bisnis, dan apa yang telah berhasil kita capai.
  • Klien berpengaruh. Jika misalnya kamu berhasil mendapatkan klien-klien besar dan berpengaruh, maka bisa ditempatkan sebagai penarik magnet gratis bagi calon konsumen yang lainnya.
  • Membantu menemukan tim. Patut kita ukur juga bahwa yang datang ke website perusahaan bukanlah calon klien dan pembeli saja, juga pelamar kerja yang ingin bekerja di tempat kita. Melalui ini, kita bisa menemukan tim impian kita yang handal di bidangnya masing-masing.
Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website Responsive Mobile

Ketiga poin di atas hanya 3 dari banyaknya contoh aspek dalam membangun bisnis kita melalui internet. Masih banyak kok yang bisa kamu lakukan saat menjalankan sebuah website, terutama untuk tujuan promosi dan SEO.

4. Bangun Hubungan yang Kuat Dengan Pasar

Bisnis menurut definisi merupakan entitas yang hidup dan bernafas. Itu artinya, loyalitas bisa kamu dapatkan ketika pelanggan tahu bawa mereka berurusan dengan perusahaan yang mengerti kebutuhan mereka, dan bukan hanya perusahaan yang mencari untung saja.

Melalui bantuan jasa pembuatan website di tempat kami, maka kami akan membantu agar pasar tahu “siapa kamu dan perusahaan kamu”. Di luar halaman beranda dan “about us”, kami akan mengatur halaman blog tempat kamu berbagi pemikiran dan ide dengan para audiens dan calon pelanggan.

Jika bisa, selalu gunakan aturan 80:20, yang mana 80% mencakup informasi mengenai tips dan trik, serta 20% mencakup promosi dan bagaimana kamu mendidik audiens tentang bisnis kamu tersebut.

Jangan lupa juga untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan cara menyediakan fitur chat atau telepon. Ini akan memberikan para calon konsumen dalam menyampaikan kekhawatiran dan pertanyaan yang dimilikinya.

Cara Membuat Website Sendiri

Oke, katakanlah kamu tidak ingin menggunakan jasa kami, maka kami akan tetap memberikan cara membuat website langkah demi langkah, agar kamu bisa membuatnya sendiri.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Platform Website yang Ingin Kamu Gunakan

Platform ini digunakan untuk mempermudah kita dalam me-manage postingan dan halaman tertentu, dan seringkali disingkat menjadi CMS (content management system).

Ada banyak yang bisa kami pilih, termasuk wordpress, blogger, wix, joomla, druppal, dan lain sebagainya.

Setiap platform pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sementara untuk jenis CMS yang paling banyak digunakan saat ini adalah wordpress.

Jadi jika misalnya kamu ingin menggunakan jasa pembuatan website ke tempat kami dengan platform yang jauh lebih friendly dan bisa bersahabat dengan mesin telusur, maka kami sarankan menggunakan wordpress saja.

2. Pilih Nama Domain

Silahkan pilih nama domain sesuai dengan keinginan masing-masing. Jangan lupa juga mengenai ekstensi di belakang nama domain tersebut. Lebih disarankan untuk menggunakan .com, .net, .org, .id, atau .co.id.

Kenapa? Soalnya kelima ekstensi tersebut merupakan jenis yang paling banyak digunakan. Kamu bisa membeli nama domain di GoDaddy, JagoanHosting, Qwords, dan lain sebagainya.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Mempercepat Website Profesional

3. Cari Penyedia Hosting

Gampangnya, hosting ini merupakan tempat dimana website kamu disimpan. Tanpanya, website kamu tidak akan mampu diakses oleh orang-orang.

Salah satu tips dalam memilih hosting adalah pastikan memiliki unlimited bandwitdh, ruang penyimpanan yang besar, serta memiliki sekuriti yang baik.

Tentunya besaran harganya pun disesuaikan dengan ruang penyimpanan dari masing-masing hosting yang ditawarkan.

4. Cari Thema dan Desain

Secara default, wordpress sudah memiliki banyak sekali thema yang memungkinkan website kamu memiliki tampilan yang menarik. Akan tetapi, tidak semudah itu dalam melakukannya.

Pemilihan thema sendiri haruslah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Belum lagi harus dipastikan bahwa semuanya sudah responsif dengan gadget apapun. Jika tidak, bisa fatal akibatnya!

5. Tambah Konten dan Optimasi

Selanjutnya, silahkan tambahkan konten seperti about us, privacy policy, terms of use, dan lain sebagainya. Yang kemudian disusul dengan visi misi perusahaan, produk perusahaan, sejarah perusahaan, dan lain sebagainya.

Bagian produk perusahaan bisa kamu optimasi menggunakan SEO agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan lebih banyak penjualan dan perusahaan kamu akan lebih bercuan.

Tapi buat kamu yang tidak ingin ribet memikirkan kelima hal di atas, maka bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional di tempat kami. Kami sudah tahu seluk beluk mengenai dunia internet dan website, sehingga dijamin bisa membantu perusahaan kamu menjadi lebih dikenal oleh publik di dunia maya.

Demikian pembahasan mengenai panduan memilih jasa pembuatan website jenis dan manfaatnya.

5/5 (1 Review)