Panduan Memilih Jasa Pembuatan CV Riwayat Hidup Profesional

Pengalaman dan catatan akademik wajib diperkenalkan kepada orang-orang tertentu agar kita bisa dengan mudah menjalin hubungan kerja sama atau bekerja dengan mereka, dan semua itu bisa kita cantumkan ke dalam sebuah CV.

Memiliki kepanjangan curiculum vitae, daftar riwayat hidup ini biasanya dibuat untuk memberitahukan kepada agen, lembaga, perusahaan, hingga tempat kita ingin bekerja bahwa kita adalah orang yang pas yang tengah mereka cari-cari.

Panduan Memilih Jasa Pembuatan CV Riwayat Hidup Profesional

Kamu juga bisa mempromosikan diri untuk melamar di posisi tertentu, terutama jika kamu memang memiliki keahlian yang sulit dikuasai oleh orang umum.

Tetapi pada saat lowongan kerja dibuka, ada kalanya kita harus bersaing dengan orang lain dengan CV yang beragam dan jauh lebih menjanjikan. Di sinilah kita dituntut untuk membuat CV semenarik mungkin agar dilirik oleh calon bos kita.

Masalahnya, pembuatan riwayat hidup ini pun terkadang sangat ribet, terutama jika kamu kurang begitu lancar saat bekerja di depan layar komputer. Jika kamu menghadapi masalah tersebut, mungkin salah satu jalan keluarnya adalah dengan menyewa jasa pembuatan CV yang berkualitas baik.

Melalui jasa ini, maka CV yang dibuat pastinya lain daripada yang lain. Diharapkan kamu bisa jauh lebih stand out dan mampu bersaing dengan orang lain.

Panduan Memilih Jasa Pembuatan CV Riwayat Hidup Profesional

Bahkan ada perusahaan yang menilai dari tampilan serta isi dari CV kita, sehingga wajib kita dandani dengan sebaik mungkin.

Unsur Penting yang Harus Dimasukan ke Dalam CV

Membangun CV yang menarik secara visual serta menjelaskan riwayat hidup secara singkat dan padat bisa menjadi tantangan bagi para pencari kerja. Tetapi sebenarnya, ada beberapa strategi tertentu yang biasa digunakan oleh jasa pembuatan CV riwayat hidup, yang mana akan memperlihatkan bahwa kamu adalah seorang kandidat terbaik untuk segera dipilih.

Jika dari sisi CV saja nampak menarik, berkelas, dan profesional, maka perusahaan pun akan menilai bahwa kamu adalah seorang yang memiliki kepribadian yang sama – menarik, berkelas, dan profesional.

Baca juga
Apa Itu Website Direktori Jenis Manfaat dan Contoh

Jasa pembuatan riwayat hidup itu akan memasukan 7 unsur penting dalam membuat curiculum vitae buat kamu!

1. Menambahkan Kontak Informasi

Unsur pertama dari CV yang akan dicantumkan adalah nama depan, nama belakang, nomor telepon, serta alamat email.

Mereka juga akan menyarankan kita untuk menyertakan informasi kontak tambahan sehingga calon bos kita memiliki banyak cara saat ingin menghubungi kita.

Kamu bisa memberikan akun medsos bila perlu, termasuk facebook dan twitter. Tapi pastikan kamu bersihkan dulu akun pribadi tersebut dari curhatan yang bersifat negatif, foto-foto yang kurang sreg untuk dilihat, dan kegiatan-kegiatan yang membuang-buang waktu.

Unsur Penting yang Harus Dimasukan ke Dalam CV

Faktanya, banyak perusahaan yang meminta kandidat barunya untuk menyertakan facebook saat wawancara berlangsung, karena mereka berpikir bahwa medsos bisa menjadi CV yang paling jujur jika berbicara mengenai sikap.

2. Tambahkan Ringkasan dan Tujuan

Calon bos kita seringkali tak memiliki banyak waktu untuk meninjau semua informasi yang ada dalam CV kita, maka kita pun harus menampilkan kualitas positif kita secara ringkas dan nampak menonjol.

Pernyataan-pernyataan ini akan dibuat oleh jasa pembuatan CV riwayat hidup secara ringkas yang menggambarkan bahwa kamu memang orang yang berkualitas, memiliki kepribadian menarik, profesional, serta bisa beradaptasi dengan cepat di tempat kerja.

Pernyataan ini juga bisa memasukan pengalaman kerja dan catatan akademik kita secara keseluruhan. Intinya, bagian ini akan memberitahu siapa kamu dan apa background pendidikan kamu.

3. Jelaskan Pengalaman Kerja Secara Terperinci

Terutama jika pengalaman kerja tersebut ada hubungannya dengan jenis pekerjaan sekarang yang ingin kamu sasar.

Beberapa informasi penting yang diberikan pun haruslah cukup jelas, seperti jabatan, lokasi perusahaan sebelumnya, dan lamanya bekerja di tempat tersebut.

Kamu juga harus menjelaskan tanggung jawab dan jenis pekerjaan apa yang kamu lakukan di sana, pencapaian yang sudah digapai, dan adanya ketertarikan terhadap pekerjaan sekarang.

Seberapa banyak pengalaman kerja yang kamu miliki, maka akan menentukan posisi prospektif di perusahaan baru.

Tapi bukan berarti kamu harus berpindah-pindah kerja dalam waktu singkat demi mendapatkan banyak pengalaman. Justru cara tersebut malah akan membuat citra diri kamu terlihat buruk di mata mereka.

3. Sertakan Catatan Akademik

Catatan akademik ini memang bersifat formalitas, karena pengalaman dan keahlian banyaknya lahir di tempat kerja. Akan tetapi masih sering diminta oleh penerima kerja. Terlebih jika kita memiliki gelar, maka akan jauh lebih disegani.

Jika kamu pernah kursus di tempat tertentu dan memiliki sertifikat, maka juga bisa menjadi nilai tambah dan menjadi isyarat bahwa kamu memang seseorang yang ahli di bidangnya.

Untuk lulusan SMA, kamu bisa mencari perusahaan yang memperbolehkan fresh graduate untuk melamar. Jika diterima, pastikan kamu bekerja dengan serius dan dapatkan pengalaman serta skill sebanyak-banyaknya, untuk modal pembuatan CV di masa mendatang dengan jenis pekerjaan yang jauh lebih menjanjikan.

Baca juga
Perbedaan NVME Hosting VS SSD Hosting untuk Website

4. Buat Daftar Keterampilan

Sekalipun kamu memiliki banyak keterampilan, akan tetapi pastikan kamu membuat daftar yang memiliki sangkut paut dengan pekerjaan kamu saja.

Misalnya, jika kamu senang bermain musik dan bermain game, maka jangan pernah memasukan kedua skill tersebut jika ingin bekerja di pabrik atau bagian konstruksi.

Sebaliknya, bermain game bisa kamu cantumkan jika ingin bekerja di perusahaan pengembangan software, atau bahkan developer game online.

Tambahkan juga deskripsi atau keterangan di masing-masing keterampilan tersebut dalam satu kata, misalnya “pemula”, “menengah”, atau “mahir”.

Nantinya, calon bos kita akan menilai, “bisakah kita mengisi kekosongan pekerjaan tersebut?

5. Jelaskan Prestasi dan Penghargaan

Calon bos mungkin akan tertarik jika kita memiliki kemampuan yang sudah teruji dan menghasilkan penghargaan tertentu.

Jadi, memasukan prestasi dan penghargaan bukanlah bentuk kesombongan, akan tetapi menjadi sebuah tawaran kepada perusahaan bahwa kita pun bisa melakukan hal yang sama di tempat mereka.

Penghargaan yang mampu dicapai ini juga dapat membedakan diri kamu dengan kandidat lain sehingga kemungkinan dipanggil dan diterima di tempat kerja baru tersebut akan semakin tinggi.

Apalagi jika prestasi dan penghargaan tersebut sangatlah terkait erat dengan jenis pekerjaan yang ingin kamu coba sekarang, maka perusahaan pun akan menandai kita sebagai prospek yang menjanjikan.

6. Menggunakan Format Bisnis

CV itu sebenarnya bisa hadir dalam berbagai macam bentuk format. Bahkan beranda facebook kita pun bisa dibilang CV, tetapi dalam bentuk yang lebih santai.

Tetapi bagi kamu yang ingin melamar kerja, maka pembuatan CV dalam bentuk format bisnis adalah wajib untuk dilakukan.

Ada aturan tersendiri untuk bagian ini, seperti jenis font haruslah menggunakan Times New Roman, rata kanan dan kiri harus sesuai, dan segudang hal penting lainnya.

Untuk bagian ini, serahkan sepenuhnya kepada jasa pembuatan CV riwayat hidup, karena mereka sudah tidak perlu lagi meminta informasi pribadi kepada kita. Mereka akan menyetingnya dengan cepat dan tanggap.

7. Gunakan Format PDF untuk Melamar Kerja Online

Dulu, dokumen yang ingin kita berikan kepada perusahaan harus dalam bentuk fisik dan dikirimkan lengkap dengan semua dokumen pendukung (fotocopian). Sekarang, sudah zamannya internet dan orang jauh lebih doyan menggunakan format PDF.

Soalnya, soft file cenderung tidak menghabiskan banyak space di ruang kantor, dan tak perlu dirapikan saat ingin dibuang.

Memang terdengar menyedihkan, tetapi faktanya memang demikian. CV yang kita buat dengan susah payah pastilah akan dibuang jika memang kita tidak dipanggil atau tidak memenuhi standar dari perusahaan yang kita lamar.

Baca juga
Tanpa Backlink, Jangan Harap Web Bisa Naik, Benarkah?

Untungnya, sekarang format PDF bisa mempermudah urusan tersebut agar semuanya jauh lebih praktis. Tak perlu lagi memfotokopi, memasukkannya ke dalam amplop coklat, dan bahkan mengirimkannya via pos jika perusahaan tersebut memiliki jarak yang jauh.

Tak perlu pula berurusan dengan oknum perusahaan yang biasanya meminta uang pelicin atau jangkrik agar CV kita sampai di tangan HRD.

Sekarang kamu bisa menggapai email HRD secara langsung tanpa banyak basa-basi berkat lamaran online.

Sebagai gantinya, ada format yang harus kamu perhatikan saat melakukannya. Biasanya kita memasukan semua file pendukung menjadi satu file agar lebih mudah saat dibaca.

Tetapi jika kamu meminta untuk dipisah, maka jasa pembuatan CV juga akan menyesuaikan dengan permintaan kamu tersebut.

Cara Membuat File PDF di Microsoft Word

  1. Word merupakan salah satu software terkenal yang seringkali digunakan untuk berbagai macam hal, terutama di dunia kerja dan bisnis. Asyiknya, software ini sudah menyertakan fitur save as pdf sehingga kamu tak perlu lagi menggunakan tools tertentu untuk mengconvert docx menjadi pdf – berbeda dengan beberapa tahun yang lalu.

Cara agar bisa menyimpan MS. Word menjadi file PDF adalah sebagai berikut:

  • Klik “File” di sudut kiri atas.
  • Klik “simpan sebagai” di menu yang muncul.
  • Saat kotak muncul, klik menu drop-downdi samping “format file”.
  • Pilih PDF dari menu.
  • Klik “simpan”

CV berbentuk PDF tersebut kini sudah tersimpan di file forder yang kamu piilh sebelumnya.

Cara Membuat File PDF di Google Doc

Microsoft Word yang merupakan bagian dari produk Microsoft Office ternyata tidak gratisan, dan harus dibeli dengan harga 1 jutaan, atau disewa sekitar 100 ribu per bulannya.

Jika kamu enggan untuk mengeluarkan uang, maka bisa menggunakan jasa pembuatan CV riwayat hidup atau membuatnya melalui Google Doc secara mendiri.

Google Doc ini gratis dan bisa diakses oleh siapa saja, dan cara untuk menyimpannya sebagai pdf adalah sebagai berikut:

  • Klik “File” di sudut kiri atas.
  • Klik “Unduh” di menu yang muncul.
  • Saat menu tersebut sudah muncul, maka pilih “Dokumen PDF”.

Versi PDF ini akan tersimpan dengan rapi di folder “download” secara default.

Cara Membuat File PDF di MAC

Meskipun jarang, tetapi masih tetap ada orang yang menggunakan MAC. Jika ingin membuat dokumen versi PDF, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka file CV kamu dalam format apapun.
  • Pilih “File” dari bilah menu.
  • Pilih “Cetak” dari menu yang muncul.
  • Di kotak yang muncu, pilih menu drop-down di sudut kiri bawah.
  • Pilih “PDF” dari menu drop-down

Versi PDF kemudian akan tersimpan secara cepat di komputer MAC yang kami miliki.

Baca juga
Software Backlink Sangat Berbahaya, Mitos Atau Fakta?

8. Buat CV Kamu Terlihat Stand Out!

Jasa pembuatan CV profesional pastinya selalu ingin memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada orang normal pada umumnya.

Maka dari itulah, ada tekhnik tertentu agar CV kamu nampak stand out, unik, dan lain daripada yang lain.

Sebuah penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa rata-rata perektrut hanya menghabiskan 7 detik untuk melihat CV sebelum memutuskan apakah kita menjadi seorang kandidat yang cocok untuk peran tersebut atau tidak.

Buat CV Kamu Terlihat Stand Out

Penyedia jasa pembuatan riwayat hidup tahu betul akan hal tersebut, sehingga akan membuat CV kamu menjadi jauh lebih menonjol daripada yang lain, dengan cara melakukan hal-hal sederhana seperti berikut ini:

9. To The Point Tanpa Banyak Basa Basi

Kita mulai dengan ringkasan keterampilan dan pencapaian utama. Ini akan menarik HRD dan calon bos menarik perhatian lebih terhadap CV yang kita buat.

Profil pribadi ini adalah bagian terpenting dari CV demi memberitahu perekrut siapa kita sebenarnya.

Contohnya adalah seperti ini:

“Saya adalah individu yang antusias, pekerja keras, dan berkomitmen dengan rekam jejak yang terbukti dalam merancang situs web dan menulis konten berkualitas tinggi berbasis SEO. Saya memiliki keterampilan teknis yang kuat, serta keterampilan interpersonal yang sangat baik. Saya ingin sekali ditantang untuk tumbuh dan memperluas keahlian yang saya peroleh melalui pengalaman saya di sektor IT.”

Ingat ya! Kalimat di atas adalah contoh. Kamu tentunya bisa mendapatkan kalimat power tersebut secara unik dengan menggunakan jasa pembuatan CV.

10. Tekankan Hasil Daripada Tanggung Jawab

Jenis pekerjaan dan tanggung jawab memang harus tetap dicantumkan, akan tetapi hasil dan pencapaian ternyata jauh harus lebih ditekankan.

Misalnya, alih-alih menggunakan kata seperti ini:

“Saya bertugas dalam meningkatkan visitor melalui tekhnik SEO untuk perusahaan Seon.co.id”

Maka akan jauh lebih baik jika menggunakan bahasa yang merayu dan menarik minat perusahaan, seperti berikut:

“Saya telah meningkatkan visitor melalui tekhnik SEO hingga sebesar 200% untuk perusahaan Seon.co.id”.

11. Targetkan Jenis Pekerjaan

Jangan pernah basa-basi, langsung tanggapi deskripsi pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Ingat, 7 detik adalah waktu yang singkat, sehingga kita pun tak boleh berbicara ngalor ngidul di CV.

Calon bos kita ingin agar kandidatnya memahami peran yang mereka lamar, sehingga menjadi bukti bahwa mereka membaca secara terperinci lowongan kerja yang mereka buat.

12. Soroti Perubahan dan Pertumbuhan

Di dalam CV, maka kamu harus fokus pada pengembangan pribadi. Tunjukkan bagaimana kamu telah tumbuh dan berkembang melalui pencapaian yang kamu dapatkan di perusahaan sebelumnya tempat kamu bekerja.

Baca juga
Apa itu Website Personal

Ini akan menunjukkan kepada calon bos bahwa kamu telah banyak belajar dari posisi sebelumnya, dan berkomitmen untuk berkembang lebih jauh di perusahaan mereka.

13. Tunjukan Wawasan di Industri Tersebut

Kesadaran akan industri yang kita lamar bisa menunjukkan bahwa kita adalah profesional di bidangnya.

Semua orang pasti ingin bekerja sama dengan para ahli di bidangnya, terutama jika mereka adalah perusahaan besar.

Masukan poin ini dengan kata-kata yang jelas, tanpa harus pamer menggunakan istilah-istilah rumit yang muncul di industri yang tengan ingin kamu sasar.

14. Tunjukkan Kamu Adalah Orang yang Pandai Bersosialisasi

Kebanyakan pekerjaan akan membutuhkan kerja sama tim. Di tempat manapun, kita akan bertemu dengan orang-orang baru dengan watak yang berbeda.

Sekalipun ini bisa menjadi tantangan terbesar buat semua orang, tekankan pula bahwa kamu adalah orang yang mampu beradaptasi sangat cepat dengan semua orang.

Sosialisasi dan keterampilan komunikasi yang kuat bisa menjadi hal yang paling dihargai di dunia kerja, sehingga calon bos kita pun akan senang hati menerima kita di perusahaannya tersebut.

5/5 (1 Review)