Panduan Memilih Jasa Optimasi Website Profesional

Sebuah website bukan hanya berbicara masalah tampilan saja, akan tetapi haruslah memuat hal-hal teknis untuk menjaring banyak sekali visitor organik, terutama dari mesin pencari.

Jadi jika kita berbicara mengenai optimasi website, maka aktivitas ini akan melibatkan proses penggunaan alat, strategi lanjutan, dan eksperimen untuk meningkatkan kinerja situs web kita.

Tujuannya hanya satu, yaitu mampu mendorong lebih banyak lalu lintas atau visitor, meningkatkan konversi, dan meningkatkan pendapatan kita dalam jangka panjang,

Salah satu aspek yang paling penting dari optimasi situs web tersebut adalah SEO. Maka dari itulah, kami sediakan berbagai macam jasa yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah optimasi website profesional agar dengan mudah terlihat di mesin pencari.

Panduan Memilih Jasa Optimasi Website Profesional

Sebagai penyedia jasa website profesional, maka kami pun dipersenjatai dengan segudang informasi dan skill yang bisa mempercepat proses situs web kamu terlihat di mesin pencari. Bahkan tak tanggung-tanggung, beberapa langkahnya pun akan memungkinkan bahwa website kamu akan menang di kata kunci tertentu sehingga bisa berada di urutan pertama Google.

Lantas, bagaimana cara kami mengoptimasi website yang menjadi andalan kamu tersebut? Berikut adalah daftarnya:

1. Publish Konten yang Relevan

Maksudnya sesuai dengan niche yang tengah kamu bangun. Misalnya seperti ini, jika website kamu menjual obat-obatan dan suplemen tulang, maka konten yang dibuat pun pastinya berhubungan dengan kekuatan dan kesehatan tulang.

Tapi itu saja tidak cukup, karena harus menjalani proses yang panjang sebelum menentukan konten untuk dibuat.

Pertama-tama, kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Dengan begitu, kita jadi bisa tahu kebutuhan pelanggan itu seperti apa.

Manfaat Fungsi Optimisasi Website

Konten berkualitas bahkan disebut sebagai pendorong nomor satu peringkat website kita di mesin pencari. Tanpanya, maka akan sulit untuk memberikan informasi berguna bagi para pengunjung.

Semakin berkualitas konten yang dimiliki oleh sebuah website, maka akan semakin meningkat pula nilai otoritas website di mata Google.

2. Update Konten Secara Berkala

Syarat berikutnya adalah konten berkualitas tersebut harus dibuat secara berkala, dan dipublish dengan jadwal yang telah ditentukan. Dengan begitu, Google akan tahu bahwa website kita senantiasa up-to-date dalam memberikan informasi dunia niche kita sendiri.

Baca juga
Apa itu Website Personal

Konten yang diperbaharui secara berkala memang dipandang sebagai salah satu indikator terbaik dari relevansi sebuah situs, jadi pastikan untuk membuat website kita tetap segar dengan konten-konten terbaru.

3. Optimasi Metadata

Wah, apa itu? Sekalipun memiliki nama asing, tetapi sebenarnya kita sudah sering bergumul dengan metadata hampir setiap hari, apalagi jika kamu memang terlibat langsung dengan dunia website.

Secara teknisnya, metadata itu merupakan coding html yang terletak di tag <head> untuk menyisipkan judul, deskripsi, keywords, dan lain sebagainya. Akan tetapi di zaman sekarang, menyimpan metadata cenderung lebih mudah untuk dilakukan.

Bahkan memasukan judul konten dan deskripsi saja bisa kita sebut sebagai metadata, sehingga akan sesuai dengan keywords yang telah kita riset sebelumnya.

Memasukan judul sesuai dengan keyword sama halnya dengan mencoba mentarget market tertentu agar lebih tepat untuk melakukan pemasaran.

Dengan mendapatkan visitor tertarget, maka tingkat konversinya pun akan semakin tinggi sehingga penjualan pun akan semakin banyak terjadi.

4. Gunakan ALT tag

Jika konten kamu memiliki gambar, maka jangan lupa untuk memasukan alt tag di dalam gambar itu sendiri. Masalahnya, Google tidak bisa membaca gambar yang telah kita publish di website, maka dari itulah alt tag lahir untuk memberitahu Google.

Sehingga sekalipun gambar yang kita simpan di website itu adalah wajahnya Monalisa, tetapi jika alt tag nya berjudul Katy Perry, maka Google pun akan membacanya sebagai Katy Perry.

Jadi alt tag ini haruslah sesuai! Agar apa yang dilihat Google dan visitor manusia pun menjadi sama.

Nah, semua hal teknis tersebut bisa kami handle sebagai penyedia jasa optimasi website! kamu tinggal duduk santai saja, biarkan hal teknis seperti ini kami handle agar website kamu segera tampil di urutan pertama mesin pencarian Google.

Daftar Tools untuk Optimasi Website

Kebanyakan optimasi website memang berupa on-page SEO, yaitu segala hal yang terjadi di dalam website kita, sebelum nantinya kita sibuk melakukan off-page SEO berupa backlinking.

Pengoptimalan situs web ini nantinya haruslah menjalani proses analisa berbagai macam pengalaman pengguna (UX), aksesibilitas, dan kinerja penelusuran situs web, serta menerapkan perubahan untuk meningkatkan lalu lintas dan konversi penjualan.

Daftar Tools Untuk Optimasi Website

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan loh! Seperti misalnya pengoptimalan mesin telusur SEO, pengoptimalan tingkat konversi CRO, pengoptimalan penelusuran seluler, peningkatan kecepatan halaman, dan masih banyak lagi.

Maka dari itulah, jasa optimasi website hadir buat kamu agar mempermudah pekerjaan dan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang bisanya bikin geleng-geleng kepala.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Tambahan Followers Profesional

Sebagai gambaran, ada beberapa tools yang selalu kami gunakan. Buat kamu yang ingin mencobanya juga silahkan, dan berikut adalah daftarnya:

1. Page Speed Insight

Dibuat oleh Google secara langsung, PSI merupakan pemeriksa kecepatan situs web yang sederhana dan bisa dipakai secara gratis.

Dengan alat ini, kamu bisa mengetahui kecepatan suatu halaman situs web, kinerja situs web desktop, dan kecepatan halaman saat diakses oleh seluler.

Cara menggunakannya pun cukup sederhana, yaitu tinggal memasukkan URL ke dalam kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol “analisis”. Maka PSI akan memperlihatkan skor kecepatan halaman kamu dengan sangat akurat.

2. Hotjar

Lain lagi dengan Hotjar, yaitu sebuah perangkat lunak analitik yang mengukur interaksi dan umpan balik pengunjung dari sebuah situs web.

Melalui software ini, kamu nantinya bisa menemukan dan memperbaiki bug dari seuah website, mengoptimalkan desain halaman untuk tingkat konversi, hingga meningkatkan UX.

3. Google Search Console

Balik ke produk miliknya si mbah Google, GSC ini juga termasuk alat pengoptimalan pencarian yang bisa kamu akses secara gratis dan mudah.

Alat ini bisa mengukur kinerja SEO, melihat tayangan kata kunci, daftar klik atau konversi, melihat profil backlink sebuah website, dan memeriksa kesalahan perayapan dan kecepatan suatu website.

Data-data yang dikumpulkan tentunya bisa terambil secara otomatis, jadi kamu tidak perlu memasukan URL website kamu terus-menerus. Cukup sekali saja, lalu verifikasi kepemilikan kamu atas website tersebut, tunggu hingga minimal 24 jam, dan kemudian semua data penting mengenai website kamu akan muncul dan ter-update dengan sendirinya.

4. Screaming Frog

Katak yang berteriak? Lucu juga namanya. Tapi dari segi kinerjanya lumayan cukup bagus, karena merupakan software atau tools berbasis perayapan situs web yang bisa dijalankan di PC, Mac, atau Linux.

Fungsinya adalah untuk mengoptimasi website secara teknis dan pada halaman tertentu, seperti misalnya menemukan tautan rusak, memeriksa peta situs HTML dan XML, menemukan konten duplikat, memeriksa pengalihan, dan menganalisis judul halaman serta deksripsi dari metadata.

5. Google Optimize

Lagi-lagi mbah Google, memang mesin telusur ini ga ada habis-habisnya dalam memberikan kita tools gratisan!

Google Optimize sendiri merupakan platform eksperimen untuk situs web yang telah terintegrasi dengan Google Analytics. Sehingga buat kamu pengguna alat analisis dari Google, bisa memiliki keuntungan terbesar saat menggunakan tools yang satu ini.

Tools ini bisa digunakan untuk pengujian A/B, pengujian terpisah, dan pengujian multivarian (MVT) untuk menguji variasi halaman web yang berbeda dan mengukur kinerjanya.

Nah, itu adalah sedikitnya tools atau alat yang kami gunakan dalam melakukan optimasi website. Jangan sampai deh kamu ketinggalan untuk mendapatkannya! Sekali lagi, jika tak ingin ribet, maka bisa menghubungi kami kapanpun kamu inginkan.

Baca juga
Wordpress Ping List Terbaru 2019 untuk SEO

Manfaat Fungsi Optimisasi Website

Saat melakukan hal apapun dan menggunakan jasa apapun, maka kamu harus mengetahui tujuan akhir dari program tersebut. Jangan sampai kamu melakukan sesuatu tapi tidak tahu fungsinya untuk apa.

Melalui jasa optimasi website milik kami, setidaknya ada beberapa hal penting yang bisa kamu bawa pulang, beberapa diantaranya bahkan sangat krusial untuk kemajuan website dalam jangka panjang.

Tanpa adanya hal-hal yang menjadi target kami tersebut, maka proses off-page SEO pastinya akan terasa begitu keras untuk dilakukan.

Maka dari itulah, saat optimasi website dilakukan, ada beberapa hal yang pasti bisa kamu gapai, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan Memuat Halaman

Kecepatan halaman yang lambat saat dimuat bisa menjadi alasan pertama yang bisa membuat website kamu kesulitan menembus pejawan. Pasalnya, rasio pentalan bisa memperlihatkan tingkat kepuasan visitor kita.

Penelitian menunjukkan bahwa 40% para pengunjung akan meninggalkan situs kita jika tidak berhasil dimuat kurang dari 3 detik. Maka tak heran, halaman yang sulit dimuat akan memiliki rasio pentalan yang membengkak saat dilihat di Google Analytics.

Secara langsung, ini menjadi sinyal bagi Google dan mereka pun akan menilai bahwa website kita tidak layak untuk dirankingkan. Alhasil, pelanggan potensial pun berlarian.

Panduan Memilih Jasa Optimasi Website

Sebagai penyedia jasa optimasi website, ada beberapa hal yang biasa kami lakukan, diantaranya adalah:

  • Meminimalkan ukuran gambar
  • Menghapus plugin yang tidak diperlukan
  • Mengaktifkan cache browser
  • Meminimalkan file CSS dan JavaScript
  • Mengurangi waktu respon server dengan memilih hosting terbaik.

2. Fokus pada Search Intent

Search intent ini akan dikategorikan berdasarkan jenis dan tujuan website kita. Setidaknya, ada 4 jenis maksud pencarian yang dilakukan oleh orang-orang, yaitu:

  • Informasional, yaitu keyword berupa informasi secara spesifik.
  • Navigasi, yaitu keyword berupa aplikasi atau situs web tertentu.
  • Komersial, dimana pengguna mencari produk tetapi belum mengambil keputusan, seperti misalnya “handphone terbaik”.
  • Transaksional, yaitu dimana pengguna sudah tertarik untuk melakukan pembelian.

Keyword transaksional inilah yang sering kita sebut sebatai buying keyword dan visitor tertarget, karena mereka sudah jelas ingin membeli produk yang kita tawarkan, dan sudah menjadi pengunjung dengan nilai konversi tertinggi.

3. Pendekatan Mobile Friendly

Secara sederhananya, mobile friendly akan membuat website kamu mudah diakses melalui gadget manapun, termasuk melalui desktop, laptop, tablet, dan handphone.

Ingat, website yang responsif pun sudah termasuk ke dalam sinyal SEO, sehingga kami taruh di bagian pekerjaan paling krusial dan urgent agar proses off-page SEO tidak tersendat nantinya.

Baca juga
Apa itu Google Suite

4. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Fakta menyebutkan bahwa sekitar 88% orang cenderung tidak akan mengunjungi website kita lagi jika pengalaman mereka terhadap situs kita begitu sangat buruk.

Jadi, langkah pertama untuk dioptimasi tidak lain dan tidak bukan adalah mengidentifikasi masalah UX. Selalu lihat alur pengguna, halaman keluar, heatmaps, dan rekaman sesi di Google Analytics.

Secara ringkasnya, beberapa cara untuk memastikan bahwa website memiliki nilai UX terbaik diantaranya:

  • Mudah dinavigasi dan digunakan
  • Konten unik dan memenuhi kebutuhan pengguna
  • Menarik dan membangun hubungan emosional
  • Mengintegrasikan desain dan navigasi untuk pengalaman terbaik serta intuitif
  • Tampak kredibel dan dapat dipercaya
  • Menambah nilai bagi pengunjung

Ingat, ini hanya sebagian kecil pekerjaan yang dilakukan oleh penyedia jasa optimasi website. Sebenarnya kamu bisa melakukan semua pekerjaan tersebut tepat saat memulai membangun sebuah website.

Tetapi jika ingin terima beres saja, maka bisa menghubungi kami secepatnya. Kami pun siap melanjutkannya dengan jasa off-page SEO untuk memperlengkap dan memperlancar posisi website kamu di SERP, sehingga dapat dengan mudah menjaring banyak calon konsumen serta mendatangkan cuan yang berkelimpahan.

Manfaat Memiliki Website yang Dioptimasi

Buat apa kita mengeluarkan banyak uang untuk melakukan optimasi website jika tidak ada manfaatnya sama sekali? Buat apa pula kita menyerahkan tugas tersebut kepada orang lain jika dirasa mudah untuk dilakukan?

Tenang, tak perlu buru-buru! Melakukan optimasi website itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Intinya membutuhkan proses yang panjang dan beberapa skil yang akurat.

Manfaat Memiliki Website Yang Dioptimasi

Selain itu, ada pula manfaatnya jika website kamu berhasil dioptimasi. Hasil akhirnya tentu adalah mendapatkan penjualan dan menyentuh titik ROI, atau bahkan lebih.

Adapun manfaat menggunakan jasa optimasi website di tempat kami adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Trafic

Tak akan ada penjualan tanpa adanya visitor yang datang ke website kita. Karenanya proses optimasi website kami pastinya berfokus agar lalu lintas di situs web perusahaan kamu tersebut ramai dilalui oleh kelompok orang yang telah ditarget sebelumnya.

Bahkan bisa dibilang bahwa pengoptimalan situs web memang menjadi salah satu taktik dalam meningkatkan pengunjung suatu blog. Halaman website kamu nantinya akan mendapatkan sebagian besar tayangan dan klik jika tetap berada di atas halaman mesin pencari.

2. Mengundang Visitor Tertarget Dalam Jumlah Besar

Besaran nilai konversi yang boleh kamu harapkan dari visitor yang tertarget adalah mencapai 10%. Misalnya, jika visitor yang kamu dapatkan secara organik adalah sekitar 1000 orang per hari, maka kamu boleh berharap mendapatkan 100 penjualan setiap harinya.

Optimasi website bisa membuat kamu berada di urutan pertama Google, dan itu artinya akan semakin banyak visitor tertarget yang berbondong-bondong masuk ke website kita dalam jumlah yang besar.

Baca juga
Cara Check Domain Authority Page Authority dan Alexa Rank

3. Lebih Murah

Di awal-awal memang kita harus mengeluarkan banyak biaya. Akan tetapi, biaya tersebut berlaku untuk jangka panjang. Pasalnya, website yang telah teroptimasi dengan baik pastinya akan sulit digeser oleh para kompetitor kita.

Jatuhnya jauh lebih murah, bahkan jika dibandingkan dengan Google Adwords yang harus menyediakan dana setiap bulannya secara konsisten.

Visitor yang didapatkan melalui SEO jauh lebih berkualitas dan menghemat banyak biaya, sehingga layak untuk kamu coba dalam jangka panjang.

4. Mesin Pencari Senang, Kita pun Senang

Google sebagai perusahaan raksasa pun ingin tetap memberikan pengalaman luar biasa bagi para penggunanya, sehingga mereka akan menampilkan website paling relevan dengan keinginan mereka.

Jika optimasi tersebut mengikuti kaidah dan ketentuan dari Google, maka bukan hanya pihak Google saja yang diuntungkan, melainkan kita pun bisa mendapatkan posisi teratas dan visitor gratis yang siap membeli produk kita kapanpun mereka inginkan.

 

5/5 (2 Reviews)