Panduan Memilih Jasa Optimasi Page Speed Profesional

Kecepatan sebuah website seringkali menjadi hal yang dilupakan oleh para pemilik website, padahal jika melihat dari sisi bisnis dan SEO, maka page speed tersebut sangatlah mempengaruhi faktor ranking kita di SERP.

Bahkan disebutkan pula bahwa kecepatan sebuah halaman website merupakan faktor peringkat SERP secara langsung. Google guideline sendiri mengatakan hal tersebut beberapa tahun yang lalu tepatnya setelah adanya kebijakan pembaruan algoritma terbaru.

Demi mendapatkan hasil yang terbaik, Google menyarankan kita untuk memiliki kecepatan load halaman rata-rata tidak lebih dari 2 detik. Bisa dikatakan bahwa 2 detik tersebut sudah ada di ambang batas.

Panduan Memilih Jasa Optimasi Page Speed Profesional

Untuk beberapa website berkelas internasional seperti Google dan Youtube sendiri, kecepatan load-nya mencapai kurang dari setengah detik. Ini tentunya didukung oleh coding website yang bebas dari bug serta hosting yang begitu mumpuni saat dikunjungi visitor.

Kecepatannya juga haruslah didukung dengan tema yang responsif. Sekarang, pengguna handphone di internet mencapai lebih dari 60%. Itu berarti, website kita haruslah bisa diakses di berbagai macam gadget yang berbeda.

Jadi bukan hanya cepat saat diakses di PC atau laptop saja, akan tetapi harus bisa dengan mudah di-load di handphone dengan ukuran layar sekecil apapun.

Panduan Memilih Jasa Optimasi Page Speed

Nah, buat kamu yang tengah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan ini, maka bisa menghubungi kami untuk mendapatkan jasa optimasi speed yang murah dan berkualitas baik.

Kami jamin website seberat apapun akan mudah dan cepat saat diakses oleh visitor kamu, sehingga calon pelanggan pun tidak akan lari ke website saingan kita.

Hal yang Kami Lakukan Untuk Mempercepat Website

Kami tak pernah merahasiakan ilmu, sekalipun menyediakan jasa optimasi page speed. Itu artinya, kamu bisa melakukan sendiri jika ingin berhemat. Sebaliknya, jika kamu tak ingin berhadapan dengan hal teknis yang merepotkan, maka bisa menghubungi kami saja.

Dikarenakan kebanyakan webmaster menggunakan wordpress, maka pada contoh kali ini, kami akan memberikan beberapa hal yang bisa meningkatkan kecepatan website berbasis CMS wordpress.

Tapi bukan berarti kami tidak bisa mengoptimasi website dengan jenis CMS yang lain. Pada dasarnya, kami bisa bisa mempercepat website untuk ter-load di hampir semua antarmuka yang berbeda.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website Responsive Mobile

1. Optimalkan Gambar

Ukuran gambar yang terlalu besar sudah menjadi salah satu penyebab utama website worpdress kita begitu lambat untuk diakses. Semakin besar file gambar yang kita miliki, maka akan dibutuhkan waktu lebih lama untuk bisa di-load oleh visitor kita.

Belum lagi buat visitor yang menggunakan kuota terbatas, maka bisa sangat merugikan. Alhasil, website kita bisa saja memiliki citra yang buruk diantara calon pelanggan sehingga akan mempengaruhi bisnis kita dalam jangka panjang.

Maka dari itulah, pastikan kamu mengkompres gambar sebelum diupload. Tetapi jika sudah terlanjur terupload dan datanya begitu banyak, maka bisa menginstall plugin yang dapat mengkompres gambar-gambar yang sudah terpublikasi di situs wordpress kita.

Setidaknya ada 6 plugin yang kami rekomendasikan dan selalu kami pakai, diantaranya adalah:

  • EWWW Image Optimizer
  • Optimole
  • ShortPixel Image Optimizer
  • Compress JPG & PNG Images
  • WP Rocket
  • Jetpack

Untuk selanjutnya, pastikan kamu mengkompres gambar terlebih dahulu sebelum diupload. Bisa kamu edit di photoshop dan simpan dalam bentuk JPG, dan bukan PNG. Faktanya, PNG jauh lebih berat saat diakses daripada JPG.

2. Aktifkan Caching

Dengan mengaktifkan caching di situs kita, maka semua data yang ada bisa disimpan secara lokal di ruang penyimpanan dalam waktu sementara.

Dengan begitu, browser visitor yang mengakses dapat dengan mudah memuat file situs sehingga membuat mereka tidak perlu mengunduh berulang-ulang saat dilakukan refresh atau bahkan kembali ke website kita di masa mendatang, selama data cache mereka tetap aktif.

Caching tersebut tentunya dapat membuat kecepatan pemuatan halaman menjadi jauh lebih cepat, sehingga bisa menjadi sinyal positif bagi SEO.

Di dunia mesin pencarian sendiri, ada crawler atau robot yang sering mendatangi website kita untuk melakukan indexing, algoritmik, dan lain sebagainya. Nah, dengan bantuan cache tersebut, maka robot google pun akan dengan mudah dan cepat mengakses situs kita sehingga menjadi sinyal positif dari sisi SEO.

3. Utamakan Tampilan Seluler

Ingat, Google juga mulai menggunakan website responsif sebagai salah satu faktor dalam algoritma mereka. Ini karena adanya statistik yang memperlihatkan bahwa pengguna internet jauh lebih banyak mengakses melalui handphone dibandingkan dengan komputer.

Jadi, pastikan kamu menggunakan tema wordpress yang responsif dengan berbagai macam ukuran dan gadget.

Untungnya, hampir semua tema wordpress saat ini sudah sangat kompatibel dengan berbagai macam gadget yang ada, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Namun jika bisa, cari tema yang berbayar agar terhindar dari null dan terbebas dari kerentanan dan kejahilan para hacker.

Baca juga
Pengertian Search Engine, Jenis dan Manfaat Search Engine

4. Aktifkan Kompresi GZIP

Dengan aktifnya GZIP, maka file situs web kita akan ditransfer antara server hosting web kita dengan browser visitor dalam versi terkompresi sehingga akan sangat mudah saat diakses.

Tentunya ini membuat proses loading yang begitu cepat sehingga bisa menguntungkan bagi siapa saja yang ingin meningkatkan posisi websitenya di SERP.

GZIP ini tersedia dalam bentuk plugin, dan bisa kamu install dengan sangat mudah dan gratis. Salah satunya adalah plugin bernama WP-Optimize yang memiliki opsi kompresi GZIP dengan kualitas terbaik.

Plugin ini juga berguna buat kamu yang senantiasa mengedit atau menambahkan konten secara berkala, karena akan terasa ringan saat bekerja.

5. Perkecil File CSS, HTML, dan JS

Jika keempat cara diatas sudah kamu lakukan tetapi website masih sangat berat saat diakses, maka harus diperkecil ukuran file CSS, HTML, dan JS yang sudah tersemat secara default di website berbasis wordpress kamu tersebut.

Menariknya, kamu tidak perlu jago coding untuk bisa mengakali hal tersebut. Cukup dengan menggunakan plugin tertentu, maka CSS, HTML, dan JS bisa diperkecil secara signifikan.

Jenis plugin yang bisa digunakan sama dengan kompresi GZIP di atas, yaitu WP-Optimize. Ada fitur untuk memperkecil ukuran file CSS, HTML, dan JS yang bisa diaktifkan hanya dengan satu kali klik saja.

6. Selalu Update Plugin

Ternyata plugin juga bisa mempengaruhi kecepatan situs kita secara signifikan, terutama jenis yang jarang diupdate. Jadi, pastikan kamu selalu memperbaharui plugin setiap kali tersedia versi terbaru.

Selain itu, plugin yang sudah out-of-date juga cenderung lebih rentan disusupi oleh para hacker, sehingga website kamu lebih beresiko dalam hal keamanannya.

Dengan begitu, plugin yang jarang diupdate bisa merugikan situs kita dalam berbagai macam sisi.

Tak ada salahnya untuk selalu memperbaharui plugin. Toh, caranya pun cenderung mudah untuk dilakukan. Cukup dengan satu kali klik saja, maka plugin sudah secara otomatis terupdate dan berjalan sebagaimana mestinya.

Hal yang Kami Lakukan Untuk Mempercepat Website

Pekerjaan ini memang terlihat sangat mudah, tetapi saat dilakukan belum tentu sesederhana itu

Buat kamu yang merasa kesulitan melakuan keenam hal di atas, pastikan segera menghubungi jasa optimasi page speed kami. Dijamin, optimasi page speed bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Urusan kecepatan website memang tidak boleh kamu tunda-tunda lagi, bahkan harus dilakukan di awal-awal website dibuat, agar lebih mudah saat dirankingkan di SERP, serta memberikan pengalaman terbaik bagi para visitor kita.

Fakta menyebutkan bahwa visitor kita akan kabur jika website kita tidak terload lebih dari 3 detik. Alhasil, bisa mempengaruhi tingkat konversi dan penjualan kamu secara nyata.

Baca juga
Apa itu Joomla dan Penjelasannya

Beginilah Page Speed Mempengaruhi SEO Kita

Sudah berulang kali disebutkan bahwa kecepatan suatu website bisa mempengaruhi faktor SEO kita secara nyata. Jadi bukan hanya sekedar melakukan bakclinking dan link building saja, juga harus memperhitungkan hal-hal yang ada di dalam website kita, atau onpage SEO.

Ada banyak yang bisa mempengaruhi faktor tersebut, dimulai dari rasio pentalan, dwell time, hingga kesulitan robot google saat melakukan indexing dan algoritmik secara keseluruhan.

Jadi, sudah tugas kamu untuk meningkatkan kecepatan website jika situs kamu memang berbasis bisnis dan menjadi tulang punggung penjualan dari perusahaan kamu. Jika tidak, bisa-bisa usaha kamu tidak mendatangkan cuan dan akhirnya gulung tikar.

Tes Dulu Kecepatan Website Kita

Ada satu cara dalam mengetes kecepatan website kita secara keseluruhan, dengan begitu page speed pun bisa kita nilai dalam berbagai macam sisi dan perspektif yang berbeda, yaitu dengan mengunjungi https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.

Tak perlu khawatir, situs tersebut dimiliki oleh Google sehingga sangat aman untuk digunakan. Dengan disediakannya software tersebut, maka menjadi bukti kuat bahwa Google memang benar-benar memperhitungkan kecepatan suatu website bagi algoritma mereka.

Silahkan masukan alamat website yang ingin kamu cek. Maka Google akan mulai memperhitungkan page speed situs kita dan memperlihatkan hasil yang lumayan akurat.

Ada skor yang harus kita pertimbangkan, dimulai dari 0 hingga 100. Skor di atas 90 sudah tidak perlu melakukan perbaikan. Sementara skor antara 50-90 perlu melakukan sedikit tweaking agar bisa lebih mendukung faktor ranking kita di SERP.

Lain lagi jika kamu memiliki skor di bawah 50, maka sudah dipastikan bahwa website kita sangatlah sulit diakses oleh para visitor kita sehingga memerlukan jasa optimasi page speed di tempat kami, agar lebih cepat, aman, dan terhindar dari kata merepotkan.

Pasalnya, optimasi kecepatan website sendiri tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada banyak faktor yang menunjang keberhasilan dari upaya tersebut. Sekalipun sudah dijelaskan caranya di atas, tetapi bukan berarti bisa langsung lancar dalam sekali coba.

Masih banyak faktor yang harus diperhatikan. Agar tidak menyulitkan, maka silahkan gunakan saja jasa optimasi page speed di tempat kami!

Beginilah Page Speed Mempengaruhi SEO Kita

Pentingnya Memiliki Nilai Pagespeed 90 atau Lebih

Memiliki skor 90 ke atas berarti website kita sangatlah mudah dan cepat saat diakses. Ini tentunya bisa berefek langsung pada visitor yang datang ke situs kita tersebut. Mereka cenderung akan lebih betah berlama-lama di website kita, sehingga tidak akan membuat rasio pentalan kita membengkak, sekaligus mengurangi dwell time secara natural.

Baca juga
Apa Itu Rich Snippet dan Schema.org

Google sendiri selalu memprioritaskan kenyamanan visitor, sehingga tak heran jika kebanyakan website-website yang bertengger di atas hasil pencarian memang layak untuk dirankingkan, termasuk dari segi page speed yang mereka miliki.

Tapi perlu diingat pula bahwa ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan website kita. Selain dari isi dalaman dari situs kita, juga ada faktor web hosting yang kita gunakan.

Maka dari itulah, sekarang zamannya menggunakan NVME hosting yang sudah terbukti memiliki kecepatan saat diakses. Sekalipun harganya cenderung lebih mahal daripada SSD dan HDD, akan tetapi hasil yang diberikan pastinya sepadan.

Jadi sebelum kamu buru-buru memperbaiki website karena terlihat lambat, pastikan dulu memilih hosting yang mumpuni, entah itu dari segi kecepatan, uptime 99,9%, downtime yang rendah, dan memiliki tingkat keamanan yang begitu baik.

Keuntungan Menggunakan Jasa Optimasi Page Speed Profesional

Sudah tak perlu diragukan lagi jika page speed sebuah website memang bisa mendatangkan berbagai macam keuntungan dan manfaat yang mungkin tidak kita sadari selama ini.

Tapi mengoptimasi kecepatan website sendiri cenderung tidak mudah untuk dilakukan, karena ada banyak hal yang harus dites dan dikerjakan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Optimasi Page Speed Profesional

Khusus buat kamu yang tidak memiliki banyak waktu, akan lebih baik jika menggunakan jasa optimasi page speed yang kami sediakan, karena kami sudah menyiapkan berbagai macam keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Jasa kami dijamin tidak akan mengecewakan, dan sudah melayani ribuan pelanggan setiap tahunnya. Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut.

1. Hasil yang Instan

Ada alasan kenapa banyak orang menyukai mie instant dan kopi instant, karena cenderung lebih mudah saat dibuat dan lebih enak saat masuk ke mulut. Begitupun dengan jasa dan produk yang dijual di pasaran.

Jasa optimasi page speed di tempat kami akan memberikan hasil yang instant tanpa banyak basa-basi. Ada minimal 6 langkah yang harus dilakukan, seperti yang sudah dijelaskan di atas secara panjang lebar.

Tetapi bisa saja ada pekerjaan tambahan karena mungkin titik masalah bukan pada 6 faktor tersebut, sehingga buat orang awam, maka pekerjaan tersebut bisa sangat memusingkan.

Tapi kami sebagai penyedia layanan sudah sering menghadapi masalah semacam itu, sehingga bisa segera tahu titik mana yang harus segera diperbaiki.

2. Efisiensi

Efisiensi bisa berdampak pada sumber daya perusahaan kita secara vital. Dengan menggunakan jasa optimasi page speed di tempat kami, maka secara otomatis bisa menghemat waktu dan uang kamu lebih banyak.

Sekalipun harus membayar sejumlah biaya untuk layanan tersebut, tetapi hasil yang diberikan jauh lebih berharga.

Baca juga
Apa itu Website Sekolah dan Universitas

Silahkan pilih, mending mengeluarkan budget yang sedikit di awal-awal, atau kehilangan konsumen dalam jangka panjang akibat sulitnya website kamu saat diakses?

Tentunya jika berbicara masalah keberlangsungan suatu usaha, maka menyediakan budget untuk optimasi kecepatan website pastinya menjadi pilihan yang terbaik untuk dilakukan.

3. Reabilitas

Pernah menggunakan jasa optimasi kecepatan website dan hasilnya bikin gedek? Maka jangan lagi deh menggunakan jasa orang secara sembarangan.

Jangan pernah terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan, tetapi selalu fokus pada hasil akhir yang diberikan.

Namun di tempat kami, bukan hanya hasil optimasi yang begitu bagus, juga didukung dengan harga yang bersaing.

Artinya, harga jasa optimasi page speed kami tidak terlalu mahal maupun tidak terlalu murah. Nilai yang ditawarkan sangatlah sesuai dengan jenis pekerjaan yang kami lakukan.

Tingkat keandalan dari jasa yang kami sediakan bisa kamu buktikan secara langsung. Dijamin, website kamu akan meningkat dari segi kecepatan, layaknya mobil balap yang berlari di jalanan yang mulus.

5/5 (1 Review)