Panduan Memilih Jasa Iklan Adwords Profesional

Iklan bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan perusahaan dan merk produk kita kepada calon konsumen, selama kita punya budget yang cukup untuk melakukannya.

Hampir tidak ada jenis iklan yang gratisan, dan semua membutuhkan dana yang begitu besar. Bahkan fakta menyebutkan bahwa aktivitas ngiklan bisa menjadi tahapan termahal yang harus dikeluarkan oleh perusahaan atau pemilik produk.

Alhasil, produk-produk yang mampu nongol di TV memang dimilki oleh perusahaan besar yang sudah memiliki modal dan penghasilan yang bejibun.

Panduan Memilih Jasa Iklan Adwords Profesional

Lantas, bagaimana dengan perusahaan atau bisnis yang memiliki dana terbatas seperti kita? Apakah masih mungkin untuk ngiklan demi meningkatkan brand awareness dan konversi?

Tentu saja bisa! Ada satu platform murah yang bisa kita pilih bernama Google Adwords. Bahkan platform ini sudah sangat terkenal karena mampu menjaring visitor tertarget dan calon konsumen yang begitu potensial. Syaratnya ada dua, yaitu memiliki website dan dana secukupnya.

Semakin tertarget visitor yang datang ke website kita, maka akan semakin tinggi tingkat konversi yang mampu dihasilkan.

Mendaftar ke Google Adwords-nya sendiri adalah gratis, dan kita hanya membayar jika ada visitor yang mengklik iklan dan masuk ke website kita saja. Jadi benar-benar bisa menghemat banyak dana, bukan?

Panduan Memilih Jasa Iklan Adwords

Sayangnya, ngiklan di adwords juga ternyata ada tekhnik dan ilmu tersendiri, sehingga muncullah tawaran jasa iklan google adwords di berbagai macam tempat.

Jasa iklan google adwords ini bisa kamu gunakan jika tidak memiliki waktu untuk melakukan berbagai macam hal teknis yang tak bisa dipelajari dalam waktu singkat.

Jasa Iklan Adwords Menyiapkan Segalanya

Beriklan di Google bisa dikatakan menjadi salah satu keputusan terbaik yang boleh kamu pilih untuk memperluas jangkauan, menemukan pelanggan baru, dan mengembangkan bisnis secara keseluruhan.

Jika tak ingin ribet mengurus hal-hal yang bukan bagian kamu, maka ada baiknya menggunakan jasa iklan google adwords karena pihak ketiga ini mampu mempersiapkan segalanya.

Meskipun dilakukan oleh bantuan penyedia jasa, tapi jangan lupa juga bahwa ada beberapa informasi yang harus kamu berikan kepada mereka. Bekerja samalah dan berikan semua hal yang diperlukan oleh para profesional yang kamu sewa tersebut.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pembuatan Blog Profesional

Dengan begitu, penyedia jasa akan bertindak cepat dan lancar dalam melakukan beberapa pekerjaannya termasuk:

  1. Menetapkan tujuan iklan.
  2. Menentukan target audiens.
  3. Melakukan riset kata kunci atau keywords.
  4. Menetapkan anggaran dan tawaran.
  5. Membangun struktur akun secara optimal.
  6. Menulis iklan yang memiliki performa tinggi.
  7. Membuat halaman arahan yang efektif dan efisien.
  8. Menerapkan pelacakan konversi melalui Google Analytics.
  9. Mengembangkan daftar pemasaran ulang untuk jangka panjang.
  10. Menjadikan pengoptimalan tersebut sebagai kebiasaan berdasarkan hukum pareto.

10 langkah ini memang bisa dibaca kurang dari satu menit. Tetapi prakteknya, maka bisa menghabiskan waktu seharian atau bahkan satu minggu, tergantung dari seberapa banyaknya produk yang ingin kamu iklankan.

Mengoptimalkan Struktur Iklan

Setelah berhasil menjalankan 10 tahapan dasar di atas, selanjutnya penyedia jasa iklan adwords kita akan mempertimbangkan struktur akun yang sudah disiapkan.

Meskipun ada banyak cara untuk menyusun akun Adwords – seperti dikategorikan berdasarkan produk yang berbeda, akan tetapi akun yang paling efektif dan berhasil biasanya cenderung memiliki struktur yang mudah dibaca dan dipahami.

Jasa Iklan Adwords Menyiapkan Segalanya

Struktur ini diperlukan jikalau kamu ingin beriklan lebih dari satu kampanye atau produk. Faktanya banyak dari para pengiklan yang menjalankan lebih dari satu kampanye di saat yang bersamaan.

Setiap kampanye tersebut akan menampung berbagai macam grup iklan, yang masing-masing berisi kata kunci unik, teks iklan, dan landing page yang menyertainya.

Selain itu, kampanye juga biasanya diatur berdasarkan tema, seperti misalnya saat lebaran, bulan ramadhan, natal, tahun baru, tahun baru china, dan lain sebagainya.

Ada pula kampanye yang harus diatur berdasarkan jenis produk atau layanan yang kita miliki. Dengan begitu, akan sangat sulit untuk di-manage jika kita tidak memiliki struktur terarah.

Jasa iklan adwords yang profesional sudah pasti siap mengatur segalanya buat kamu, sehingga tak perlu lagi capek-capek me-manage iklan yang akan dijalankan.

Memberikan Laporan Data Secara Terperinci

Penyedia jasa juga akan memberikan laporan data yang berisi tentang biaya, keyword, visitor, hingga tingkat konversi yang dihasilkan.

Dengan begitu, kita bisa mempelajari semua kinerja iklan tersebut dan mampu membuat keputusan di masa depan berdasarkan data yang nyata.

Data ini sangat sulit sekali untuk didapatkan jika kita ngiklan di TV atau media-media cetak lainnya, karena sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang melihat.

Paling-paling kita hanya bisa menilainya dari segi konversi yang masuk, misalnya dari konsumen yang menelepon atau memesan produk kita.

Tentunya jika berbicara masalah data yang diberikan, maka Google Adwords juaranya.

Baca juga
Apa itu Online Shop, Marketplace dan E-commerce

Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Google Adwords

Sebelum buru-buru menyewa jasa iklan adwords, sebenarnya ada 4 hal yang wajib kamu persiapkan terlebih dahulu, atau setidaknya tahu ke-4 alat ini agar implementasi iklan kamu jauh lebih efektif.

Dengan begitu, kita tahu bagaimana cara berhubungan dengan orang-orang dari penyedia jasa tersebut dan mampu mempersiapkan semua hal yang mereka butuhkan untuk mempercepat proses ngiklan, serta meningkatkan konversi penjualan kita.

Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Google Adwords

Dikarenakan Adwords ini merupakan produk miliknya Google, maka tools yang dipersiapkan pun semua berbasis Google, agar lebih mudah jika ingin disinkronisasikan antara satu sama lain.

Terlebih lagi, semua tools ini sangatlah mudah untuk diakses dan digunakan. Tahu sendiri, kan? Google memang berfokus pada kata “ramah pengguna”.

1. Google My Business

Google My Business merupakan tools gratis yang bisa kamu gunakan dengan tujuan agar visitor atau calon pelanggan yang telah kita targetkan mampu menemukan kita berdasarkan lokasi.

Selain mampu mentarget orang-orang yang berada dekat dengan tempat bisnis kita diadakan, mereka pun bisa mengetahui tempat atau kantor kita secara lebih mendetail melalui Google Maps.

Dengan begitu, visitor bisa tahu mengenai bisnis kita secara lebih terperinci termasuk informasi penting yang ada di dalamnya, seperti:

  • Deskripsi singkat tentang perusahaan kita, dan produk apa yang kita sediakan.
  • Alamat kantor atau bisnis.
  • Nomor telepon.
  • Jam buka. Diinformasikan secara real time.
  • Alamat situs web. Bisa menjadi backlink loh!
  • Tautan media sosial.
  • Postingan dan foto.

Dikarenakan informasi tersebut ditampilkan dengan sangat jelas, maka penting sekali bagi kita untuk selalu memastikan bahwa data-data yang diberikan sangatlah akurat dan ter-update.

Menggunakan Google My Business ini bisa membantu kita meningkatkan brand awareness, menjalin hubungan dengan calon pelanggan dan klien, dan memudahkan orang untuk menghubungi kita, sehingga membantu meningkatkan konversi.

Jadi saat kita ngiklan di Google Adwords dan merk atau nama situs kita diingat oleh visitor, maka bisnis kita akan langsung muncul di Google lengkap dengan data-data yang orang perlukan saat mereka mengetikkan nama perusahaan kita di mesin pencarian, layaknya call to action.

2. Google Analytics

Lagi-lagi produk Google super keren ini bisa diakses secara gratis. Disebut keren dan hebat karena software ini mampu melacak pengunjung lengkap dengan detail dan data yang kita perlukan untuk digunakan di kemudian hari.

Saat ada visitor yang masuk ke website kita, maka kita pun akan tahu informasi penting termasuk:

  • Lokasi tempat mereka tinggal, termasuk negara dan kota.
  • Berapa lama mereka tinggal di situs web kita.
  • Halaman mana yang paling sering mereka kunjungi.
  • Darimana mereka berasal (misalnya organik dari google atau melalui iklan).
  • Bagian apa saja dari situs web kita yang mereka klik.
  • Rute yang mereka lalui dari satu halaman ke halaman lain.
Baca juga
Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Instagram Whatsapp

Alhasil, jika kita mengsinkronisasikannya dengan Google Adwords, maka kita bisa tahu tingkat konversi dan keyword mana yang paling membuahkan hasil.

Saat kita mampu menemukan keyword yang paling potensial mendatangkan cuan, maka sudah tugas kita untuk terus mempertahankannya atau bahkan memperbanyaknya dari segi dana dan waktu.

Data penting seperti ini mustahil didapatkan jika kamu tidak menggunakan produk Google atau tidak ngiklan di tempat mereka. Jika ada yang lebih mudah untuk digunakan, kenapa masih memilih yang lain?

3. Google Digital Unlocked

Mampu menonjol secara online memang merupakan salah satu hal yang paling diinginkan oleh setiap pemilik bisnis dan perusahaan. Makanya banyak perusahaan raksasa yang senantiasa ngiklan di TV agar merk mereka terus diingat oleh banyak orang.

Tapi Google sendiri sebenarnya mau mengajarkan kita cara agar perusahaan atau bisnis yang dijalankan bisa begitu menonjol dan berkembang, yaitu melalui Google Digital Unlocked.

Sekalipun kita menggunakan jasa iklan adwords, akan tetapi kita pun harus mengetahui ilmu dari digital marketing agar mampu mengetahui tujuan dan kebutuhan sebelum ngiklan.

Dengan begitu kita tidak akan menghamburkan uang dan budget perusahaan. Melakukan sesuatu yang tidak kita tahu maksud dan tujuannya bisa disebut haram untuk dilakukan.

Begitupun saat ngiklan! Jika kita tidak bisa memanfaatkan maksud dan tujuan dari Google Adwords, maka bisa membuat dana kita menguap dengan sangat cepat tanpa hasil yang sesuai.

Jadi sekali lagi, pelajari media marketing melalui Google Digital Unlocked, agar kamu bisa mengetahui ilmu menarik seperti:

  • Memanfaatkan media sosial sebaik mungkin.
  • Menjual lebih banyak produk secara online.
  • Mengubah data yang didapat menjadi cuan.
  • Membangun toko online yang menghasilkan passive income.
  • Mendapatkan perhatian calon pelanggan melalui iklan adwords.

Jika sudah mengetahui hal-hal dasar di atas, maka saatnya kita ngiklan dan sewa jasa iklan adwords.

4. Akun Google Adwords

Yang terpenting kita mampu mengetahui dasarnya terlebih dahulu, sehingga tak akan dimanfaatkan oleh orang yang kurang memiliki etika.

Setiap hari kita akan dihadapkan dengan berbagai macam manusia dengan sifat yang berbeda, begitupun dengan penyedia jasa iklan google adwords.

Ada beberapa diantaranya yang hanya memanfaatkan ketidaktahuan kita, sehingga kita wajib mengetahui hal-hal tentang media marketing, agar tidak diakalin.

Selain itu, proses ngiklan dan komunikasi dengan penyedia jasa juga akan semakin lebih lancar dan menghemat waktu, karena kita benar-benar tahu apa yang kita lakukan dengan iklan tersebut.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Editing Foto Profesional

Bahkan kita pun bisa menilai kinerja mereka sesuai dengan ilmu yang kita miliki, termasuk:

  • Menilai tulisan iklan yang mereka buat.
  • Menilai kata kunci yang mereka temukan dan jalankan di iklan.
  • Menilai anggaran maksimum harian yang mereka tetapkan.
  • Tahu kapan kampanye untuk di-pause dan dijalankan.

Selanjutnya, data dari Google Analytics juga dapat membantu kamu mengembangkan strategi kampanye yang dilakukan, agar uang yang dikeluarkan tidak mubazir.

Pasalnya, Google Adwords sendiri sudah sangat canggih, dan bisa menjangkau orang-orang di lokasi tertentu.

Jika misalnya segmentasi pasar kamu hanya untuk orang-orang di wilayah Jabodetabek, maka bisa diatur berdasarkan lokasi tersebut, sehingga orang yang tinggal di luar wilayah tersebut tidak akan mampu melihat iklan kamu. Benar-benar tertarget dan efisien!

Zamannya Bisnis Kita Didukung Digital Marketing

Google Adwords sendiri merupakan salah satu platform terbesar dari digital marketing yang tersedia dengan mudah dan bisa diakses oleh semua kalangan.

Sehingga siapapun kamu dan bisnis apapun yang tengah kamu jalankan, maka kamu masih bisa berkesempatan untuk berkembang lebih jauh melalui iklan yang ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah.

Zamannya Bisnis Kita Didukung Digital Marketing

Sekarang zamannya bisnis kita didukung oleh digital marketing, biar bisa menjangkau target market lebih luas lagi, dan distribusi kita pun bisa ditingkatkan secara lebih mudah.

Jasa iklan adwords yang berkualitas baik tentunya bisa mendukung bagian ini buat kamu.

1. Google Adwords Sangat Penting di Era Sekarang

Biar kamu tidak ketinggalan oleh para kompetitor! Ditambah lagi, kamu hanya membayar visitor tertarget yang mengklik iklan dan masuk ke website kita, sehingga bisa menyesuaikan dana yang budget perusahaan miliki pada saat itu.

Selain itu, ngiklan di Google juga akan memungkinkan kita untuk mengetahui segmentasi pasar lebih jauh lagi. Bahkan kita pun bisa menemukan pasar ceruk baru dari data yang dihasilkan melalui Google Analytics.

Biasanya, data tersebut bisa berupa keywords yang diketikkan oleh para visitor kita. Otomatis, nantinya kita bisa tahu keywords apa saja yang benar-benar berpotensi mendatangkan cuan.

2. Ngiklan di Google Jauh Lebih Murah

Lebih murah jika dibandingkan dengan di TV, dan lebih efektif jika dibandingkan dengan media cetak.

Dulu, hanya para kaum bourjois saja yang bisa ngiklan di TV, sehingga sistem “yang kaya semakin kaya” cenderung bergulir deras pada masa itu.

Lain lagi dengan di zaman sekarang, karena biaya ngiklan sudah jauh lebih bisa dijangkau oleh para pemilik bisnis sekecil apapun. Sehingga keterampilan dan kepintaran semakin mendekatkan kita pada kesuksesan.

Baca juga
Panduan Memilih Kursus Adwords Profesional

Meskipun ada orang-orang yang menghambur-hamburkan uang mereka untuk modal ngiklan dengan mentarget keyword mahal (seperti keyword yang menyertakan 2 kata saja), tetapi kita pun masih bisa memiliki kesempatan ngiklan di niche yang masih rendah pesaingnya, dengan harga yang jauh lebih menghemat dompet.

Apakah Google Adwords Masih Ampuh?

Jawabannya YA! Jika misalnya tak ampuh, mungkin sudah ditinggalkan semenjak lama. Buktinya, para agensi pemasaran, perusahaan, dan pemilik website individu masih saja aktif ngiklan di sana.

Jadi tergantung dari cara pakai kita. Jika penggunaannya asal-asalan dan tanpa ilmu, maka sudah dipastikan kita mengalami tekor.

Jika diserahkan secara full kepada penyedia jasa iklan google adwords, juga beresiko karena kita tidak tahu perkembangannya dan akan sulit untuk melakukan keputusan penting.

Saran yang terbaik adalah, pelajari media marketing itu seperti apa, terutama cara Google Adwords bekerja. Kemudian sewa jasa iklan adwords agar bisa mempermudah urusan dan menghemat waktu serta tenaga kita.

5/5 (1 Review)