Panduan Memilih Jasa Desain Brosur Perusahaan Profesional

Berbeda dengan pengiriman surat menyurat fisik berbasis perangko yang sudah tak digunakan lagi akibat pergeseran zaman, brosur perusahaan cenderung masih banyak dipakai berkat perannya yang begitu penting.

Desain brosur perusahaan sendiri sangatlah bervariasi dalam bentuk isi dan panjangnya, tetapi sebagian besarnya masih mengikuti format standar.

Seperti misalnya, pada panel depannya cenderung menampilkan logo dan judul perusahaan. Sementara panel bagian dalamnya memuat berbagai macam produk, layanan, fakta, informasi perusahaan, dan detail pendukung lainnya.

Pada panel terakhir, berisi info kontak, alamat perusahaan, dan ajakan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti misalnya menghubungi nomor telepon yang telah disediakan untuk pemesanan.

Kebetulan kami pun menyediakan jasa desain brosur, sehingga kami benar-benar tahu bagaimana cara membuatnya dan menampilkannya dengan sangat menarik, agar para pembaca tidak bosan saat melihatnya.

Panduan Memilih Jasa Desain Brosur Perusahaan Profesional

Brosur perusahaan sendiri bisa dibilang berupa pengenalan bisnis dan usaha yang tengah kita geluti, sehingga akan sangat penting sebagai bagian dari branding dan brand awareness.

Untuk itulah, desain brosur sendiri haruslah dibuat semenarik mungkin agar merk produk atau nama perusahaan kita tetap menempel di otak siapa saja yang membacanya.

Semakin mereka mengingat produk dan perusahaan kita, maka akan semakin besar kemungkinan mereka belanja ke tempat kita, dan inilah salah satu tujuan dari brand awareness tersebut.

Panduan Memilih Jasa Desain Brosur Perusahaan

Cara Membuat Desain Brosur Perusahaan

Brosur bisa dibuat sebagai ajang promosi dari produk yang tengah kita kembangkan atau jual. Perusahaan akan terbantu memperkenalkan segala macam yang dimilikinya (barang, jasa, dan merk) dalam sekali lihat.

Secara bentuknya, brosur ini harus memuat segala macam informasi perusahaan dan produk secara lengkap.

Tapi sebelum kamu mencoba mendesainnya atau meminta seseorang untuk membuatkannya, kamu harus tahu dulu perbedaannya dengan pamflet.

Faktanya, banyak orang yang salah mengartikan dan sulit membedakan antara brosur dan pamflet, padahal dari segi bentuk dan tujuannya pun sangatlah berbeda.

Baca juga
Apa itu Facebook Ads

Jika brosur bisa memuat beberapa halaman (rata-rata 4 halaman) dengan informasi yang begitu jelas dan detail, lain lagi dengan pamflet yang hanya berupa satu halaman saja yang berisi informasi singkat, padat, dan jelas.

Secara fungsinya pun berbeda, jika brosur seringkali dibuat untuk tujuan komersial seperti mempromosikan sebuah produk atau jasa, lain lagi dengan pamflet yang hanya dibuat dengan tujuan memberikan informasi saja.

Nah, jika sudah tahu perbedaan antara brosur dan pamflet, sekarang saatnya merancang dan mendesain brosur perusahaan untuk tujuan marketing.

1. Tentukan Target Market

Sebelum buru-buru melakukan desain, kita harus menentukan dulu target market kita. Dengan begitu, desain brosur perusahaan pun bisa kita sesuaikan dengan tema yang sudah ada.

Sama halnya seperti aktivitas pemasaran pada umumnya, brosur perusahaan juga harus memuat hal-hal seperti:

  • Mentargetkan segmentasi tertentu dari pasar kita
  • Ditujukan agar pembaca melakukan aksi tertentu di akhir panel

Segmentasi ini harus kita kelompokkan ke dalam beberapa kategori berbeda, termasuk usia, siklus pembelian, pendapatan, lokasi, atau bahkan pilihan gaya hidup.

Nah, pesan dan citra desain brosur perusahaan kita itu haruslah dirancang dengan mempertimbangkan hal-hal detail semacam itu, terutama jika berbicara masalah pelanggan.

Di sinilah tugas jasa desain brosur perusahaan berperan penting dalam meningkatkan kesuksesan kamu untuk menjual berbagai macam produk yang telah tersedia.

Jangan sampai brosur yang ditujukan untuk orang tua memiliki desain seperti anak muda, begitupun sebaliknya.

2. Buat Tulisan yang Jelas dan Tertarget

Pernah mendengar istilah copywriting? Saat pembuatan brosur pun, aktivitas tersebut seringkali dilakukan agar mendapatkan kata-kata menarik sekaligus menyediakan informasi menyeluruh dari produk yang tengah kita jual.

Selanjutnya, pastikan pula kata-kata menarik yang ditempatkan di bagian depan, tengah, dan belakang. Seperti yang sudah disebutkan diatas, normalnya desain brosur akan menyematkan judul dan gambar di panel depan, informasi produk di bagian tengah, dan daftar kontak di bagian belakang.

Cara Membuat Desain Brosur Perusahaan

Khusus di panel bagian depan, maka sebisa mungkin harus menyertakan pesan penting yang dapat menarik perhatian bagi siapa saja yang meliriknya.

3. Gunakan Gambar dan Ilustrasi yang Sesuai

Jangan sampai pembaca kita mengantuk dan malas untuk melanjutkan membaca, terutama di bagian produk dan call to action yang disematkan di tengah dan akhir panel.

Maka untuk mengakalinya, jangan lupakan gambar atau ilustrasi yang memudahkan proses penjelasan informasi tersebut. Ditambah lagi, gambar bisa digunakan sebagai penyegaran bagi siapa saja yang membacanya.

Kamu bisa menggunakan foto-foto asli perusahaan, layanan yang diberikan, atau produk yang ditawarkan. Jika ingin mendapatkannya dari internet, pastikan kamu mendapatkannya dengan cara membeli, dan bukan asal comot dari Google Image.

Baca juga
Apa itu GeneratePress dan GeneratePress Pro

Tetapi jika memaksa, maka masih boleh dilakukan asalkan jenis yang dipilih bebas dari copyright dan watermark.

4. Desain Brosur Perusahaan Kamu

sekarang saatnya memulai mendesain brosur yang ingin kamu buat tersebut. Sejauh ini, kita sudah menyiapkan kata-kata, gambar, dan kepada siapa brosur tersebut ditujukan.

Ketiga faktor ini tentunya bisa mempermudah kita dalam mendesain sebuah brosur marketing tersebut.

Kamu juga tentu boleh melakukan googling untuk mendapatkan berbagai macam inspirasi mengenai desain yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tetapi pekerjaan ini bisa jauh lebih mudah diselesaikan jika kamu menggunakan jasa desain brosur perusahaan di tempat kami. Berbekal ketiga informasi di atas, maka kami bisa buatkan desain brosur perusahaan yang begitu optimal dan tepat sasaran.

5. Kamu Bisa Gunakan Desain yang Sama untuk Produk yang Berbeda

Kuncinya hanya satu, selama target market dan segmentasi pasarnya masih sama. Dengan begitu, kamu bisa menghemat banyak uang sehingga tak perlu lagi menyewa jasa kami setiap kali ada produk baru yang ingin diperkenalkan.

Kamu bisa mendesain sendiri dengan tampilan yang sama, serta menulis detail produk yang ingin ditawarkan.

Tetapi jika masih ingin menggunakan jasa kami pun tak masalah, terutama jika kamu kesulitan dalam merangkai kata-kata untuk menawarkan produk baru perusahaan kamu tersebut.

Semua orang boleh memiliki konsep dan ide, tetapi belum tentu bisa menjalankannya. Maka dari itulah, sudah menjadi tugas kami dalam merealisasikan ide kamu tersebut.

Cara Membuat Brosur Perusahaan Efektif dan Tepat Sasaran

Mendesain brosur itu sangatlah mudah dilakukan, akan tetapi desain yang bisa diterima oleh target market kita tidaklah sesederhana yang kita pikirkan.

Desain brosur yang efektif haruslah mampu memberikan detail informasi produk dan layanan secara singkat, padat, dan tidak bikin bosan. Semakin bagus brosur tersebut, maka akan semakin meningkatkan citra perusahaan serta mendatangkan konversi melalui detail kontak yang sudah kita sematkan di akhir panel.

Untuk itulah, ada beberapa hal yang biasa kami lakukan agar desain brosur perusahaan tersebut secara efektif diterima oleh para pembaca kita.

1. Menentukan Tujuan

Pertama-tama, kita tentukan dulu tujuan membuat brosur perusahaan. Ini akan menentukan bagaimana perusahaan kamu melakukan pemasaran produknya secara keseluruhan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, segmentasi pasar juga haruslah dipikirkan secara matang, serta bagaimana cara kita mendistribusikan produk tersebut agar sampai ke tangan mereka dengan cepat dan aman.

Selanjutnya, cari juga manfaat apa yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan kehadiran brosur tersebut.

Jangan bilang bahwa brosur perusahaan tersebut dibuat hanya untuk ajang gaya-gayaan semata, atau bahkan sekedar ikut-ikutan perusahaan lain karena sedang trend.

Baca juga
Software Backlink Sangat Berbahaya, Mitos Atau Fakta?

Brosur perusahaan hadir dengan tujuan yang berbeda, ada diantaranya untuk membantu menjelaskan produk kepada calon pelanggan, membantu mempresentasikan layanan yang disediakan, atau sekedar melakukan branding merk tertentu kepada khalayak umum.

2. Desain Lipatan Brosur

Salah satu ciri khas dari brosur perusahaan adalah adanya lipatan yang khas. Fakta menyebutkan bahwa lipatan ini mampu mengontrol bagaimana informasi penting disimpan di area tertentu, serta bagaimana kata-kata menarik di lipatan utama mampu menarik perhatian orang yang meliriknya.

Kebanyakan orang mungkin hanya mengira bahwa brosur dibuat dengan lipatan secara random dan sembarang, padahal buat kami penyedia jasa desain brosur perusahaan, ada tekhnik tertentu agar setiap lipatan mampu memberikan dampak yang begitu besar bagi para pembacanya. Tentunya hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan.

3. Tinjau Sebelum Disebar

Konten itu penting sekali, karena menjadi denyut nadi dari sebuah produk yang ingin kita perkenalkan dan tawarkan.

Maka dari itulah, setelah kata-kata dibuat dengan sedemikian rupa, maka harus ditinjau sebelum disebarkan ke khalayak umum. Ada istilah editing dan proofread demi memantau isi tulisan jikalau ada kata-kata yang rancu, sulit dipahami, dan masalah lainnya.

Tunjuk satu atau dua orang dari perusahaan kamu, kemudian mintalah mereka untuk membacanya. Jika mereka mampu menarik kesimpulan dari yang ingin kita sampaikan, maka brosur tersebut sudah layak dibaca oleh publik.

Jika tidak, maka harus menjalani proses editing lagi sampai benar-benar bisa dimengerti dengan mudah oleh para calon konsumen kita.

4. Pilih Font yang Sesuai

Font itu bisa kita artikan sebagai “gaya tulisan”. Di dalam komputer sendiri, ada font default yang seringkali digunakan, dan sudah menjadi jenis tulisan sejuta umat, yaitu Arial dan Times New Roman.

Padahal jika diselami lagi, ada banyak jenis tulisan yang mampu menggelitik psikologi para pembaca, dimulai dari comic sans MS untuk anak muda, hingga brush script MT untuk mereka yang menyukai tulisan indah berseni tinggi.

Pemilihan font juga haruslah dipikirkan dengan baik-baik, karena akan mempengaruhi minat dari pembaca kita. Sesuaikan dengan usia dan segmentasi pasar kamu ya!

5. Gunakan Resolusi Tinggi

Sudah ga zaman lagi menggunakan resolusi rendah. Foto yang burem serta tulisan yang tak terlalu jelas bisa bikin mata berkunang-kunang.

Jadi, pastikan desain brosur perusahaan kamu dibuat dengan resolusi yang tinggi saat dibuat di komputer. Jangan lupa juga diprint menggunakan tinta yang berkualitas tinggi.

Ingat, brosur kita akan menyertakan informasi penting mengenai produk yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Jika tidak begitu jelas untuk dipelajari, maka akan sulit menyampaikan isi hati kita kepada calon pelanggan.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pembuatan CV Riwayat Hidup Profesional

Niat hati ingin berhemat, jatuhnya malah bikin rugi. Mendingan investasikan uang kita untuk membuat brosur berkualitas tinggi dengan resolusi terbaik, agar hasil yang didapatkan pun tak mengecewakan.

6. Sertakan call-to-action

Itu loh, bagian panel yang mengajak pembaca kita untuk melakukan aksi tertentu. Untuk brosur perusahaan, biasanya berupa mengajak pembaca untuk menelepon ke nomor yang telah disediakan, atau datang langsung ke kantor di alamat yang telah ditulis secara lengkap.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan saat mereka mulai menghubungi kita, seperti agar kita bisa mempresentasikan produk lebih jauh, melakukan follow-up, atau bahkan closing dan menghasilkan penjualan.

Disinilah brosur mencapai tujuan utamanya, yaitu menghasilkan konversi sehingga biaya jasa desain dan pencetakan pun bisa balik lagi dengan cepat.

Cara Membuat Brosur Perusahaan Efektif

Dalam jangka panjang, maka brosur bisa meningkatkan brand awareness sehingga nantinya konsumen tersebut akan datang dengan sendirinya ke tempat kita untuk membeli produk yang mereka butuhkan.

Cara Terbaik Untuk Mendesain Brosur Perusahaan

Pertama-tama, nyalakan leppy atau komputer kamu dan jalankan software-software tertentu. Meskipun beberapa aplikasi ini harus dibeli dengan harga yang lumayan tinggi, akan tetapi bisa memberikan hasil yang begitu memuaskan.

Beberapa software andalan kami untuk membuat desain brosur perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Adobe InDesign CC

Adobe InDesign CC memang dirancang untuk membuat dokumen multi halaman, sehingga sangat cocok untuk pembuatan brosur yang kamu butuhkan.

Selain itu, software ini memang dikembangkan oleh perusahaan yang jagoannya di bidang desain, yaitu Adobe. Jadi tak heran jika aplikasi ini dipersenjatai dengan banyak kelebihan tetapi dengan sedikit kekurangan.

2. Menggunakan Adobe Illustrator CC

Masih di dunia Adobe, ada satu lagi software yang bisa kamu gunakan dari perusahaan yang sama, yaitu Illustrator CC.

Software ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang hampir sama dengan InDesign CC di atas, akan tetapi dengan alur kerja yang sedikit berbeda.

Adobe Illustrator ini memang ditujukan bagi desainer profesional yang ingin membuat seni vektor kelas atas. Dengan begitu, desain brosur perusahaan yang dihasilkan pun akan terlihat berseni tinggi.

3. Menggunakan Scribus

Software ini merupakan open source yang awalnya dirancang untuk Linux, BSD, dan Debian. Meskipun tidak sekuat dan sefleksibel Adobe, tetapi scribus masih memiliki serangkaian fitur yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Sayangnya, mempelajari scribus juga bukanlah hal yang mudah, sekalipun bisa didownload secara gratis. Mungkin kamu harus mendedikasikan diri menjadi seorang desainer jika ingin menggunakannya secara efektif dan efisien.

4. Menggunakan Inkscape

Software ini juga berbasis vektor dengan fitur yang begitu lengkap, dan menjadi software open source yang wajib kamu coba jika ingin membuat brosur yang berkualitas baik.

Baca juga
Apa Itu Backlink Website Fungsi dan Jenis Backlink Website

Dikarenakan termasuk ke dalam open source, maka Inkscape pun bisa kamu download secara gratis dan dapat digunakan secara langsung. Tapi perlu belajar dulu tentunya, agar brosur yang dibuat tidak terlihat ngasal.

5. Menggunakan Microsoft Publisher

Mungkin ini menjadi software yang paling ramah dengan pengguna, sekalipun tidak memiliki fitur selengkap keempat aplikasi di atas.

Bisa dibilang MS. Publisher sangatlah cocok bagi para pemula. Hanya saja, hasil yang diberikan belum tentu sama dengan yang diharapkan. Tetapi bisa digunakan untuk belajar atau mencari inspirasi saat membuat desainnya.

6. Sewa jasa desain brosur perusahaan di tempat kami

Biar lebih mudah dan praktis, serta tepat sasaran. Dengan harga yang ramah di kantong, maka kamu bisa mendapatkan brosur berkualitas tinggi, dengan gambar resolusi tinggi pula, serta bisa menggelitik psikologi para calon pelanggan, agar nantinya meningkatkan konversi dan mengakses call to action yang sudah disediakan.

Jika tidak percaya, silahkan dicoba. Jasa Desain brosur perusahaan yang kami hasilkan, pastinya tidak akan mengecewakan.

5/5 (1 Review)