Panduan Memilih Jasa Buat Website Yayasan Profesional

Terkadang ada kalanya kita berhenti sejenak dari sifat individualis dan mengejar uang semata. Ini karena ada banyak hal kemanusiaan yang membutuhkan uluran tangan kita. Jadi, tak ada salahnya jika kita mulai bergabung dengan sebuah yayasan amal, atau bahkan memulai dan membuatnya sendiri.

Secara garis besar, yayasan merupakan perusahaan nirlaba atau perwalian amal yang memberikan hibah kepada organisasi, lembaga, atau individu untuk tujuan alam seperti sains, pendidikan, kebudayaan, kemanusiaan, dan agama.

Panduan Memilih Jasa Buat Website Yayasan Profesional

Jika dikategorikan berdasarkan jenisnya, kita bisa menemukan adanya 2 yayasan yang dibangun, yaitu yayasan swasta dan badan amal publik.

Tetapi apapun jenisnya, yayasan tentunya ditujukan untuk membantu sesama, sehingga jarang sekali ada yang tujuan utamanya adalah uang, meskipun memang terdapat beberapa orang yang mencoba menungganginya sebagai batu loncatan untuk menggapai tujuan mereka.

Dikarenakan tujuannya bukan untuk mencari uang, maka biasanya domain yang digunakan pun bukanlah bersifat komersil. Sebagian besar yayasan menggunakan ekstensi .org, karena seperti yang kita tahu bahwa org itu adalah singkatan dari organisasi.

Dengan begitu, nama domain yang kita pilih akan mewakili tujuan dari yayasan tersebut, yaitu sebuah organisasi yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Tapi sekalipun bukanlah terpacu sama uang, seringkali yayasan ini memiliki finansial yang begitu kokoh. Mungkin karena mereka senang membantu orang, maka semesta sendiri menggantinya berkali-kali lipat.

Nah, jika lembaga kamu sudah memiliki anggota dan finansial yang lumayan kokoh, mungkin ini saatnya untuk membuat website. Tentu saja, kami siapkan jasa buat website yayasan yang berkualitas baik dan tidak mengecewakan.

Cara Kami Membuat Website Yayasan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa yayasan merupakan organisasi amal yang melayani komunitas tertentu. Dengan adanya website, maka bisa memperkenalkan keeksisan kita di internet demi menjangkau lebih banyak orang dan komunitas tertentu agar bisa kita bantu dengan ikhlas.

Selain itu, memiliki situs web untuk yayasan bisa mempermudah kita dalam memperbaharui informasi serta mendokumentasikan berbagai macam kegiatan yang telah dilakukan. Dengan begitu, bisa dilihat oleh banyak orang bahwa kita merupakan lembaga yang aktif.

Kami juga tentunya akan menggunakan CMS berbasis wordpress sehingga nantinya akan memudahkan buat kamu dalam mengedit, meng-update, dan mengorganisir segalam macam bentuk konten yang ingin kamu postingkan.

Baca juga
10 Jenis Template Website / E-commerce Yang Memikat

Cara Kami Membuat Website Yayasan

Jika mengalami kesulitan, maka bisa langsung berkonsultasi saja dengan kami, maka kami akan membantu kamu dalam melakukan update dan berbagai macam hal teknis lainnya.

Intinya, kamu cukup fokus saja pada yayasan yang ingin kamu kembangkan, sementara hal-hal ribet seperti website dan pengembangannya bisa diserahkan sepenuhnya kepada kami. Dengan begitu, kamu bisa menghemat banyak waktu dan akan banyak pula komunitas yang bisa terbantu dengan cepat.

1. Tetapkan Tujuan

Sebelum website dibangun, kami membutuhkan informasi mendetail mengenai tujuan yayasan yang kamu kembangkan.

Apapun tujuan yang ingin kamu gapai, maka akan mempengaruhi desain dan fungsionalitas situs web itu sendiri. Ada beberapa pertanyaan yang mungkin kami ajukan kepada kamu, misalnya:

  • Apa yang ingin kamu capai dengan terciptanya website yayasan tersebut?
  • Bagaimana visitor kamu akan menggunakannya? Apakah menghubungi kamu untuk menjalin hubungan, atau sekedar mendokumentasikan kegiatan saja?
  • Apakah ingin menggunakan fitur sumbangan?

Dan masih banyak beberapa pertanyaan yang mungkin kami ajukan.

Nantinya, kami akan menyesuaikan website yang dibangun sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, website juga bisa ditujukan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap program atau layanan yang disediakan, meningkatkan partisipasi acara, merekrut sukarelawan, dan berkomunikasi dengan komunitas yang jauh lebih luas.

Misalnya jika website kamu bertujuan untuk mengumpulkan donasi, maka kami akan mengusahakan membuat website dengan fitur tombol donasi sebagai highlight-nya.

Jika prioritas kamu adalah merekrut karyawan, maka kami akan membantu membuat formulir pendaftaran yang mudah untuk diakses oleh orang-orang.

Dalam dunia marketing sendiri, istilah ini disebut sebagai call to action. Nah, CTA ini akan kami sematkan dan mudah untuk terlihat, sehingga tujuan kamu dalam membuat website bisa tercapai dengan mudah.

2. Buat Website

Selanjutnya, kamu boleh memilih nama domain yang bisa dipilih secara bebas, selama nama tersebut belum didaftarkan oleh orang lain.

Jika bisa, nama domain tersebut disamakan dengan nama yayasan yang telah kamu bangun, agar memudahkan orang untuk mengingat dan mengaksesnya di kemudian hari.

Domain tersebut juga harus diekstensi di .org agar lebih mencerminkan yayasan secara keseluruhan, dan bukanlah .com yang tujuannya untuk berbisnis dan mencari uang, ataupun .net yang biasanya digunakan untuk perusahaan dan network tertentu.

Setelah berhasil memilih nama domain, selanjutnya kami akan membantu kamu memilih hosting andalan, sehingga website kamu segera bisa dionline-kan.

Bahkan desain website yayasan ini belum bisa dilakukan apabila belum memenuhi dua kriteria dan syarat tersebut, yaitu hosting dan domain.

Baca juga
Panduan Memilih Kursus Adwords Profesional

Nah, berbicara masalah desain, ada beberapa informasi yang wajib disertakan di dalam sebuah website, diantaranya adalah:

  • Anggota Yayasan. Tidak perlu dimasukan semuanya jika anggota yayasan kamu sangatlah banyak. Cukup orang-orang penting yang terlibat di dalamnya saja, seperti pemilik yayasan, ketua, bendahara, sekretaris, dan seksi-seksi tertentu.
  • Staff. Bedanya dengan yayasan adalah anggota staff harus memasukkan detail pekerjaan yang sering mereka lakukan. Sebagian besar staff ini memperkenalkan seksi-seksi dari yayasan tersebut.
  • Navigasi Kegiatan. Layaknya seperti blog, navigasi kegiatan ini akan memungkinkan pengunjung kita tahu apa saja yang kita lakukan dan keberhasilan apa saja yang sudah berhasil kita capai.

Semua informasi ini diharapkan bisa digunakan secara mudah oleh visitor website kita nantinya, sehingga bisa memicu aksi yang kita inginkan, termasuk merekrut relawan baru, mengumpulkan donasi, dan lain sebagainya.

3. Utamakan Branding

Untuk bisa menggapai brand awareness, maka kamu harus memiliki nama yayasan yang mencakup logo, jenis font, dan warna.

Dengan CMS wordpress yang kami install, maka memperlihatkannya di setiap page tentu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Kamu juga bisa menyesuaikan tema situs web ini nantinya secara mandiri, tetapi harus tetap berhati-hati karena desain yang kami buat pasti akan tergantikan dengan yang baru.

4. Pilih Fitur Terbaik

Website yayasan memerlukan fungsionalitas yang serupa dengan organisasi nirlaba pada umumnya. Lembaga non-profit ini membutuhkan fitur tertentu yang harus disematkan di situs web.

Untuk itulah, kami jasa buat website yayasan senantiasa menyediakan fitur-fitur yang penting untuk ditampilkan, sehingga bisa menguntungkan dan mencapai tujuan dari yayasan yang kamu kembangkan.

Beberapa fitur yang biasa kami masukan diantaranya adalah:

  • Donasi Online. Yayasan biasanya memiliki banyak sekali dana yang harus dikelola. Tetapi ada baiknya tetap membubuhkan tombol donasi online untuk meningkatkan finansial sehingga proses kemanusiaan bisa lebih mudah untuk dilakukan.
  • Acara. Fitur ini digunakan agar memudahkan anggota komunitas dan visitor lainnya untuk mendaftar dan berpartisipasi di berbagai macam acara yang akan kita adakan, sehingga bisa lebih meriah dan berkesan.
  • Blog. Fitur ini nantinya bisa digunakan untuk dokumentasi, agar visitor kita tahu bahwa yayasan kita sangatlah aktif. Melalui blog ini jugalah, biasanya para donatur berdatangan.
  • Manajemen Pengguna. Fitur ini memberikan hak akses kepada anggota yayasan kita untuk bisa mengedit, menambahkan tulisan, dan lain sebagainya.
  • Tema Responsif. Lebih dari 60% pengguna internet merupakan pengguna handphone, jadi memiliki website yang responsif sangatlah wajib hukumnya.

Semua fitur ini bisa kami tambahkan untuk keperluan yayasan! Kami akan bekerja dengan cepat dan tanggap memasukan segala macam keinginan yang kamu minta.

Baca juga
Cara Membuat Halaman Privacy Policy Website

Strategi Agar Website Yayasan Begitu Efektif

Sekalipun di dunia nyata kita telah memberikan berbagai macam bantuan dan melakukan banyak aktivitas positif, akan tetapi terkadang semuanya itu tidak bisa digambarkan dengan baik di dalam sebuah website.

Sebagai penyedia jasa buat website yayasan, kami menyadari ada banyak hal yang menjadi penyebabnya. Beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang-orang diantaranya:

  • Website terlihat membingungkan karena sulit dinavigasi.
  • Tulisan artikel yang tidak begitu atraktif, kurang informatif, dan tidak persuasif.
  • Desain website yang terlihat seperti dibuat oleh anak SD.
  • CMS yang sulit untuk digunakan.
  • Integrasi sistem yang begitu menyakitkan mata saat dilihat.
  • Representasi merk yang buruk sehingga jauh dari kata brand awareness.

Jadi, jasa buat website yayasan di tempat kami akan menghindarkan hal-hal kesalahan klasik seperti itu. Ditambah lagi, kami akan membagi ilmu strategi kami sehingga kamu nantinya bisa menyesuaikan dengan kegiatan yang telah dilakukan.

Strategi Agar Website Yayasan Begitu Efektif

Di sini, kami share sedikit strategi yang biasanya kami rapatkan terlebih dahulu dengan pemilik yayasan, sehingga bisa segera diimplementasikan ke dalam website yang akan kami bangunkan untuk kamu.

Adapun strategi tersebut meliputi hal-hal yang begitu penting yang tak boleh kamu abaikan begitu saja.

1. Meningkatkan Brand

Entah itu perusahaan besar atau kecil, profit atau nirlaba, meningkatkan brand awareness diantara para pengunjung kita itu wajib hukumnya, agar bisa menjangkau orang-orang dengan lebih mudah dan menjalin kerjasama dalam jangka panjang.

Untuk itulah, kami biasanya menempatkan logo yayasan tepat di atas website dan bisa dilihat dengan mata telanjang karena mudah dinavigasi.

Ini tentunya akan menggelitik psikologi para pembaca sehingga bisa mengingat nama yayasan kamu hanya dalam sekali lirik.

Jika nama yayasan kita sudah diingat oleh mereka, maka kemungkinan menggapai tujuan pun akan semakin mudah, karena didukung dengan visitor tertarget dan berkualitas baik.

2. Konten Berkualitas

Sama halnya seperti website dan blog pada umumnya, website yayasan juga membutuhkan konten berkualitas dan riset keyword yang mumpuni. Dengan begitu, akan mudah dirankingkan di SERP dan bisa menjaring visitor tertarget.

Konten tersebut haruslah informatif bagi para visitor, serta persuasif jika visitor tersebut ingin digiring ke dalam call to action.

Konten yang asal-asalan akan mencerminkan bahwa yayasan yang kita bangun juga nampak seperti main-main belaka.

Sebaliknya, konten berkualitas juga bisa memperlihatkan kinerja relawan dan staff yayasan dengan begitu baik, sehingga para donatur tidak akan segan-segan memberikan uangnya buat yayasan kamu tersebut. Mungkin juga untuk menjaring lebih banyak relawan dengan lebih mudah.

Baca juga
Inilah 9 Cara Membuat Blog Terlihat Lebih Profesional

3. Desain yang Sesuai

Desain website yayasan menjadi tugas utama kami dalam membangunnya. Soalnya, erat kaitannya dengan berbagai macam fitur yang harus disediakan, navigasi yang mudah untuk ditelusuri, dan lain sebagainya.

Desain juga tak boleh dibuat secara sembarangan, karena menjadi hal pertama yang dilihat oleh visitor kita.

Dengan kata lain, desain ini haruslah sesuai dengan yayasan yang tengah kami miliki atau kembangkan, dan harus disesuaikan entah dari segi jenis tulisan, warna, dan keresponsifan terhadap semua gadget.

Desain yang bagus akan mendatangkan hasil yang baik pula, sehingga wajib menyisihkan uang untuk menyewa jasa buat yayasan website di tempat kami. Tenang saja, jasa kami tidak terlalu mahal kok! Dan malah memiliki harga bersaing jika dibandingkan dengan di tempat lain.

Cara Meningkatkan Visitor ke Dalam Website Yayasan

Apapun tujuan kamu dalam membuat website yayasan, maka memiliki visitor yang sedikit bagaikan sayur yang kurang garam. Visitor adalah hal yang dapat menentukan kesuksesan kamu dalam membuat website, sehingga harus diberikan perhatian lebih.

Cara Meningkatkan Visitor ke Dalam Website Yayasan

Sebenarnya, ada banyak strategi meningkatkan trafik ke dalam website yayasan kita, dan beberapa diantaranya bisa dilakukan dengan menggunakan jasa tertentu.

Tapi ingat, mendatangkan trafik itu bukanlah hal yang mudah, sehingga harus mempersiapkan budget tersendiri karena melibatkan banyak orang.

Beberapa strategi tersebut meliputi:

  • SEO. Dimulai dari pemilihan keyword hingga strategi SEO secara berkelanjutan, maka website yayasan kita diharapkan nongol di urutan pertama hasil pencarian google agar menambahkan banyak sekali trafik tanpa harus memikirkan biaya iklan yang jauh lebih besar. SEO ini harus dilakukan oleh ahlinya, dan melibatkan lebih dari satu orang.
  • Link Building. Ini juga masih termasuk ke dalam SEO, tetapi tekhniknya jauh lebih spesifik. Ada satu keuntungan tambahan jika melakukan link building, terutama jika alamat website kita tersemat di situs-situs terkenal yang banyak pengunjungnya. Kita pun akan keciptratan pengunjung mereka yang datang secara langsung, dan visitor mereka pun tentunya sudah sangat tertarget.
  • Trafik Dari Email. Kita juga bisa mengumpulkan berbagai macam informasi dan data pribadi dari komunitas, donatur, dan relawan di dunia nyata, yang kemudian kita kontak melalui email mereka agar datang ke website kita. Ini ditujukan agar mereka melihat bahwa yayasan kita sangat aktif, sehingga bisa menjalin kerjasama yang berkelanjutan.
  • Aktif di Medsos. Media sosial juga bisa mendatangkan trafik yang tertarget dan lumayan banyak. Ada banyak sekali jenis medsos, dimulai dari mini blog seperti twitter, sosial network seperti facebook, video sharing seperti Youtube, dan lain sebagainya. Untuk bisa menjaring visitor, maka kamu harus aktif setiap hari di medsos tersebut.
Baca juga
Panduan Memilih Jasa Editing Foto Profesional

Untuk mendapatkan budget marketing, maka kamu bisa menggunakan dana yayasan yang telah tersedia, selama tidak melebihi dari 20% dari pendapatan bulanan yayasan kamu.

Hukum pareto sendiri menyarankan kita menggunakan 20% pengeluaran, dengan harapan mendapatkan pemasukan sebanyak 80%. Angka 20% tersebut sudah sangat maksimal, dan tidaklah bijak jika ditambahkan lebih daripada itu.

Untungnya, jasa buat website yayasan di tempat kami begitu murah, ditambah lagi kami pun memiliki jasa SEO yang ramah di kantong, sehingga tak akan membebani anggaran yayasan kamu terlalu parah.

Meskipun yayasan website merupakan bentuk non-profit, tetapi bukan berarti situs tersebut dibangun dengan ngasal. Sebaliknya, website yayasan harus dibangun dengan profesional dan penuh kasih sayang, agar bisa mendatangkan donatur yang baik hati.

5/5 (1 Review)