Panduan Memilih Jasa Adwords Profesional untuk Bisnis

Profesional bukanlah sesuatu yang begitu mudah untuk dibawa-bawa. Untuk bagian adwords sendiri, ada tes yang harus dijalani untuk bisa memiliki sertifikat dari mereka. Jadi orang tidak hanya bisa mengaku-ngaku sebagai seorang profesional saja, akan tetapi ada tugas yang harus dijalankan.

Tesnya tersebut disebut sebagai ujian Google Adwords Fundamental. Isinya bermacam-macam, ada 100 pertanyaan tentang search advertising, 100 pertanyaan tentang display advertising, dan lain sebagainya. Seseorang bisa disebut sebagai profesional jika bisa memenuhi target nilai minimal 80%.

Dengan begitu, kamu bisa menilai dan mencari jasa adwords profesional yang bukanlah abal-abal, tetapi memang sudah teruji oleh standar baku yang diterapkan Google itu sendiri.

Maka dari itulah, kami hadir untuk memberikan jasa adword profesional, untuk membantu kamu memasarkan produk melalui internet, agar lebih cepat laku dan dikenal secara publik.

Panduan Memilih Jasa Adwords Profesional untuk Bisnis

Setiap detiknya, ada sekitar 2,3 juta pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google, dan sebagian besar halaman hasil pencarian tersebut menyertakan iklan Google yang kita kenal dengan sebutan adwords.

Dengan budget tertentu, iklan Google tentunya dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengarahkan lalu lintas yang relevan dan berkualitas ke situs web kita tepat saat orang mencari atau menelusuri produk yang mereka inginkan melalui mesin pencari.

Dengan kata lain, Google menawarkan website kita tampil di halaman pertama secara instan bahkan tanpa dukungan SEO sama sekali. Tetapi sebagai gantinya, kita harus membayar sejumlah uang dari pengunjung yang masuk.

Dikarenakan kita membayar setiap pengunjung, maka harus dilakukan dengan tekhnik-tekhnik tertentu, agar budget kita tidak terbuang secara percuma. Bayangkan jika kita membayar sekelompok visitor yang memang bukan menjadi segmentasi pasar kita, maka secara otomatis kita akan kehabisan banyak uang tetapi dengan tingkat konversi penjualan yang minim.

Maka dari itulah, jasa adwords profesional dibutuhkan untuk meminimalisir kerugian tersebut. Melalui jasa ini, kamu akan mendapatkan visitor tertarget sesuai dengan keinginan perusahaan kamu, sehingga tingkat konversi atau penjualan pun akan meningkat drastis tanpa harus mengeluarkan lebih banyak budget.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pembuatan CV Riwayat Hidup Profesional

Panduan Memilih Jasa Adwords Profesional

Silahkan bandingkan sendiri dengan melakukan iklan di radio atau TV, untuk setingkat yang memiliki rating tinggi, maka dana yang harus dibayarkan TV lokal saja mencapai 80 jutaan untuk setiap 15-30 detik saja.

Nilai tersebut tentunya bukanlah jumlah yang sedikit, belum lagi target market yang terlalu melebar jauh. Sehingga akan lebih efisien jika dana tersebut kamu alokasikan untuk iklan adwords, mengingat sekarang pengguna internet sudah begitu luas cakupannya.

Tapi persaingan pun masih ada!

Menyedihkan memang, tapi faktanya demikian. Sekalipun kita membayar sejumlah uang untuk membayar iklan, bukan berarti kita pun menjadi prioritas jika dalam satu niche atau pasar tersebut digandrungi oleh pengiklan lain.

Biasanya, semakin ramai sebuah market, maka semakin mahal tiap klik yang ter-generate. Untuk itulah, lagi-lagi jasa adwords profesional hadir buat kamu agar bisa terhindar dari persaingan yang terlalu ramai.

Banyak kok yang bisa kita lakukan, dimulai dari mengkerucutkan segmentasi pasar hingga mencari pasar ceruk lain yang masih luas.

Biaya Google Ads sendiri bervariasi berdasarkan sejumlah faktor, termasuk daya saing kata kunci seperti yang sudah disebutkan di atas, lokasi geografis, kualitas kampanye iklan, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri, rata-rata biaya per klik untuk iklan penelusuran Google yang mencakup semua industri adalah sekitar $1, atau sekitar 15 ribu rupiah. Di negara lain, biaya rata-rata bisa menjadi lebih besar atau rendah. Misalnya untuk segmentasi pasar Amerika, maka kita harus mengocek kantong lebih dalam hingga dua kali lipatnya, sekitar $2,32 per visitor.

Lantas, apakah Google Adwords baik buat bisnis kita?

Secara keseluruhan bisa dibilang “YA”. Bagaimana tidak, pada tahun 2013 saja, sekitar 1,5 juta pemilik bisnis menghasilkan pendapatan sekitar $111 miliar dari alat pencarian dan periklanan Google.

Apalagi di tahun sekarang yang sebagian besar orang-orang sudah tak aneh mengenai pemesanan secara online, sehingga aktivitas branding dan pemasaran secara online semakin giat dilakukan.

Kelebihan Jasa Adwords Profesional

Kita kesampingkan dulu teori panduan memilih jasa adwords, dan mari kita berbicara mengenai prakteknya secara langsung. Saat kita ingin membuat sebuah iklan di Google, tentunya kita akan dihadapkan dengan hal-hal teknis yang mungkin asing untuk disentuh.

Ada beberapa tahapan yang harus dijalani dan memang tidak boleh dilakukan secara asal. Salah sedikit, maka target market kita akan melenceng, sehingga bisa menguras budgeting iklan perusahaan kamu tanpa mendatangkan calon pembeli.

Kelebihan Jasa Adwords Profesional

Sebagai jasa adwords profesional, kami senantiasa mengelola akun Google Ads (atau sering kita sebut sebagai Google AdWords), yaitu salah satunya adalah dengan cara menargetkan kata kunci yang akan mengarahkan calon pembeli ke situs kamu.

Baca juga
Jasa Kecepatan Blogspot

Sebagai gambaran, berikut adalah tahapan yang akan kami lakukan untuk menunjang bisnis perusahaan kamu:

1. Riset Kata Kunci

Dari awal kita selalu berbicara mengenai segmentasi pasar dan visitor yang tertarget, dan itu mustahil untuk didapatkan tanpa melakukan riset kata kunci di awal-awal projek dilakukan. Menentukan kata kunci bahkan merupakan aktivitas yang tidak bisa ditawar-tawar, karena akan menjadi kunci sukses dari kampanye iklan yang akan dilakukan.

Kami akan meneliti kata kunci dan biaya untuk menentukan keywords mana yang berpotensi memberikan ROI terbaik. Selanjutnya, kamu bisa tahu bahwa beberapa sekelompok orang atau market tertentu memang tengah membutuhkan produk kita.

Lebih baik lagi jika mereka mampu mengingat merk, alamat website, hingga nama perusahaan kita. Itu artinya, branding telah berhasil dilakukan.

2. Analisa Pesaing

Sekali lagi, persaingan yang berat akan membuat kita kehilangan banyak uang. Jangan sampai kita mengusik pasar perusahaan yang besar, apalagi berkelas unicorn seperti Tokped dan Shopee.

Untuk mengakalinya, kami akan senantiasa mencari pasar ceruk lebih mendalam agar mendapatkan peluang yang masih sama-sama mendatangkan cuan.

Tetapi di saat yang bersamaan, kita pun akan mempelajari bagaimana para pesaing memainkan perannya di dunia periklanan, yang kemudian akan kami implementasikan terhadap produk kamu.

Dengan memahami bagaimana pesaing kita menjalankan kampanye di Google Ads, maka kita bisa mendapatkan manfaat besar.

3. Pembuatan Kampanye dan Salinan Iklan

Proses pekerjaan kita pun tak berhenti sampai di sana, karena goal-nya adalah sampai iklan berhasil ditayangkan di tempat yang rendah saingannya.

Setelah berhasil menentukan segmentasi pasar dan menemukan pasar ceruk idaman, maka kami pun akan segera menyiapkan kampanye iklan perusahaan kamu sebelum dicolek oleh orang lain. Beberapa aktivitasnya bisa berupa membuat salinan iklan dan mengonfigurasi semua setelah yang ada di alat Google tersebut.

Memang belibet, tetapi buat kami itu semua sudah menjadi makanan sehari-hari, sehingga cenderung dengan mudah dilakukan.

Beberapa variasi iklan akan dibuat dan dimodifikasi demi mencapai tingkat konversi setinggi mungkin, yang kemudian bisa menjadi ladang cuan bagi perusahaan kamu.

4. Desain dan Pengembangan Halaman

Tak hanya faktor eksternal saja, akan tetapi kita pun akan membantu kamu membuat desain landing page yang mengundang penjualan. Ingat ya, iklan saja tidak cukup untuk dilakukan, karena kita masih membutuhkan halaman website untuk menjaring calon konsumen kita tersebut.

Dengan tim desain dan pengembangan internal yang lengkap dan mumpuni di bidangnya, maka kami akan memandu kamu untuk membuat dan memiliki landing page yang sangat berkonversi.

Baca juga
Panduan Memilih Kursus Adwords Profesional

5. Pelaporan Rinci dan Rapat Bulanan

Di akhir masa kontrak, maka kami akan memberikan pelaporan rinci mengenai iklan yang sudah dijalankan.

Tetapi jika kerjasama kita terjadi dalam jangka panjang, maka harus diadakan rapat bulanan untuk mengetahui, mengevaluasi, memantau, dan merencanakan segala macam kebutuhan di bulan berikutnya.

Manfaat Fungsi Google Adwords untuk Bisnis

Google adwords memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi. Bahkan menurut seorang pebisnis dan penulis buku 4 Hours Work Week bernama Tim Ferris mengatakan bahwa Google Adwords juga bisa kita gunakan untuk mengetes sebuah pasar.

Misalnya seperti ini, kita membuat sebuah produk baru tetapi masih belum bisa diproduksi secara masal karena belum tahu reaksi market terhadap barang tersebut. Untuk mengatasinya, maka kita bisa menggunakan jasa adwords profesional untuk membantu mengetahui bagaimana pasar melihat produk kita tersebut.

Manfaat Fungsi Google Adwords Untuk Bisnis

Jika misalnya dalam satu minggu ini kita berhasil menjual beberapa produk tertentu dan reaksi pasar terlihat positif, maka pengembangan produk untuk diproduksi secara besar-besaran memang layak untuk dilakukan.

Tetapi sebenarnya, fungsi dari Google Adwords tidak terlepas dari sebagai testing terhadap produk baru kita saja, melainkan bisa kamu lihat dari berbagai macam aspek dan sudut yang berbeda.

Setelah memahami panduan memilih jasa adwords, beberapa manfaat fungsi google adwords diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lebih Cepat Dari SEO

Bisa dibilang selama kita punya banyak uang untuk dana iklan, maka kita tidak membutuhkan SEO sama sekali. Atau bahkan SEO bisa terbantu nantinya dengan adwords, karena aktivitas iklan ini akan menghasilkan data-data yang begitu penting untuk kita sebagai kebutuhan SEO.

Baik SEO ataupun Google Adwords, keduanya merupakan strategi pemasaran mesin pencari terbaik untuk menghasilkan lebih banyak visitor dan cuan. Namun kampanye adwords yang dioptimalkan dengan baik dapat bekerja lebih cepat bagi bisnis kita sehingga bisa mendapatkan urutan pertama di mesin pencari tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Keefektifan ini juga mendatangkan manfaat tersendiri, yaitu berupa:

  • Kamu bisa fokus pada beberapa kata kunci secara sekaligus.
  • Kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kampanye kapanpun kamu mau, menyesuaikan jam-jam ramai.
  • Iklan yang muncul di bagian atas halaman tentunya mendapatkan visibilitas secara langsung.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Apa pula itu? Brand awareness itu sebenarnya hasil akhir yang diidam-idamkan banyak sekali pelaku bisnis. Coba kamu bayangkan merk indomie, coca cola, dan lifebuoy, maka akan terbersit di kepala bahwa merk-merk tersebut merupakan produk mie instant, minuman bersoda, dan sabun mandi.

Baca juga
Apa Itu Twitter Ads

Itulah brand awareness! Jadi dengan Google Adwords, orang akan melihat kita sebagai perusahaan yang memiliki produk yang mereka butuhkan, sehingga bisa menempel dikepala mereka tanpa susah-susah lagi memperkenalkan merk produk kita secara berulang.

3. Menjangkau Pelanggan Melalui Email

Percaya atau tidak, iklan kita juga akan muncul tidak hanya di hasil pencarian saja, bahkan bisa merembes hingga email. Email seperti Gmail saja sekarang sudah disertai dengan iklan, sehingga menjadi cara termudah untuk memperkenalkan produk kita kepada khalayak umum.

Salah satu strategi pemasaran yang paling sering diguakan di setiap bisnis adalah pemasaran email, itulah sebabnya iklan gmail juga dapat membantu.

Pada bulan September 2015, google mengintegrasikan iklan Gmail asli dengan Google Adwords dan membuatnya tersedia untuk semua pengiklan, yang berarti kamu dapat menjangkau lebih banyak prospek melalui kotak masuk Gmail mereka.

4. Mengukur Kinerja Pemasaran Secara Konsisten

Sangat sulit untuk mengukur hasil dari iklan yang ditampilkan di televisi atau media cetak lainnya, tetapi berbeda dengan adwords. Kamu bisa mendapatkan data-data krusial dan penting dari aktivitas iklan yang kamu jalankan.

Dengan begitu, kamu bisa mengeliminasi keyword dan target market yang kurang begitu mendatangkan cuan, dan tetap memegang jenis yang mendatangkan banyak uang.

Selalu gunakan hukum pareto, yaitu berfokus pada sesuatu yang sudah berhasil, dan meningkatkan kinerjanya hingga 80%.

Cara Menjalankan Google Adwords Dengan Benar

Bahkan seorang sultan pun tidak akan kaya jika tidak memiliki manajemen pemasaran yang baik. Sebaliknya, seseorang bisa menjadi sultan karena mengetahui tekhnik dan cara terbaik mendatangkan cuan secara efektif, salah satunya melalui Google Adwords.

Jadi sebelum berbicara “Sultan mah bebas”, pastikan dulu melakukan pengiklanan dengan benar agar budget kamu tidak terbuang secara percuma.

Cara Menjalankan Google Adwords Dengan Benar

Jika tidak ingin repot, maka bisa menggunakan jasa adwords profesional di tempat kami, agar tidak salah langkah.

Adapun beberapa tips melakukan Google Adwords dengan benar setelah memahami panduan memilih jasa adwords di atas adalah sebagai berikut:

1. Memahami Tujuan Mengiklan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, terkadang iklan pun bisa digunakan untuk mengetes reaksi pasar. Tetapi ada pula tujuan lainnya yang mungkin kamu butuhkan.

Intinya, dengan mengetahui tujuan kamu menjalankan iklan, maka bisa mendatangkan cuan secara konsisten dan tidak keluar jalur. Beberapa tujuan yang dilakukan kebanyakan pebisnis adalah sebagai berikut:

  • Mengetes reaksi pasar seperti yang disebutkan di buku 4 hours work week.
  • Menjual produk
  • Membranding suatu produk, seperti yang dilakukan oleh TokPed, Shopee, dan lain sebagainya.
  • Mengumpulkan data pelanggan melalui email marketing.
  • Mencari pasar ceruk baru. Karena kita akan mendapatkan data keyword yang dibutuhkan oleh konsumen.
Baca juga
Waktu Yang Pas Dalam Pemasangan Backlink Di Web

Dan masih banyak lagi. Tentunya setiap tujuan memiliki pendekatan yang berbeda.

2. Mengetahui Target Audiens

Secara sederhananya, dimana ada kebutuhan, disana ada peluang. Dimana ada permintaan, maka disanalah ada penawaran. Obat nyamuk akan lebih laris di Indonesia karena memiliki suhu udara panas tempat hidupnya serangga bersuhu tropis.

Maka dari itulah, jangan sampai memilih target audiens yang tidak kamu ketahui sama sekali. Bisa-bisa produk kamu tidak laku terjual dan mengalami kerugian mendalam.

3. Buat Tujuan Spesifik Setiap Iklan yang Ditampilkan

Sangat mudah untuk terlihat ambisius dengan kampanye iklan tertentu, terutama jika kamu berencana menghabiskan sebagian besar anggaran pemasaran yang disediakan.

Tetapi sebesar apapun perusahaan yang kamu miliki, sebanyak apapun uang yang bergumul di dompet kamu, tidaklah bijaksana jika dihabiskan dan dihamburkan untuk sesuatu yang tidak kamu butuhkan.

Begitupun dengan google Adwords, maka kamu harus membuat tujuan secara spesifik setiap iklan yang ditampilkan. Tujuannya pun harus disesuaikan dengan standar dari kebutuhan perusahaan masing-masing.

Nah, buat kamu yang tidak ingin ribet memikirkan hal tersebut sendirian, cukup hubungi kami saja sebagai penyedia jasa adwords profesional.

Demikian pembahasan mengenai panduan memilih jasa adwords profesiona, untuk bisnis.

5/5 (1 Review)