Panduan Memilih Jasa Pembuatan Video Company Profile

Zaman sekarang makalah dan website saja tidak cukup menggambarkan perusahaan kita, karena ada satu lagi media yang sering diakses oleh orang-orang, yaitu video. Bahkan medsos berbasis video bernama Youtube kini menjadi salah satu website terbesar dan paling banyak dikunjungi oleh netizen dunia.

Itu artinya, kita pun harus mencoba menyesuaikan perubahan zaman tersebut dengan membuat video company profile, yang mana berisi sinopsis singkat tentang merk atau perusahaan kita secara keseluruhan, dan produk apa yang ditawarkan kepada konsumen.

Video profil sendiri bisa diatur dengan format wawancara, ilustrasi, dilapis dengan musik dan gambar, atau bahkan video bergaya dokumenter.

Tapi apapun jenis dan bentuknya, semuanya bisa dibuat dengan mudah asalkan kamu menggunakan jasa di tempat kami, yaitu jasa video company profile dengan harga murah tetapi kualitas jempolan.

Panduan Memilih Jasa Pembuatan Video Company Profile

Profil perusahaan bisa disebut sebagai perkenalan diri (perusahaan) secara profesional untuk menarik perhatian banyak sekali calon pelanggan. Selain itu, bisa pula digunakan untuk memberitahu audiens mengenai perusahaan kita secara ringkas lengkap dengan produk-produk yang kita miliki.

Video company profile tentunya ditujukan kepada calon pelanggan agar mereka menjadi loyal dalam jangka waktu yang panjang serta membuat kesan pertama yang tak terlupakan kepada calon investor maupun klien.

Panduan Memilih Jasa Pembuatan Video Company Profile Profesional

Dengan begitu, profil perusahaan pun haruslah dinamis dan komprehensif serta menjelaskan visi misi usaha kita secara rinci, jelas, dan padat.

Lantas, kenapa harus video? Bukannya website dan katalog saja sudah cukup?

Nggak kok, apalagi di zaman sekarang. Video sendiri merupakan media yang paling kuat memberikan dampak terhadap penonton, apalagi saat kita ingin memberikan sejumlah informasi penting di dalamnya.

Saat ini kita hidup di era serba cepat di mana  informasi akan selalu bisa kita akses langsung hanya dengan sentuhan jari kita. Nah, video sendiri merupakan peluang utama buat kamu jika ingin melakukan branding dan memperkenalkan produk ke khalayak umum, bahkan bisa lebih efektif dengan video company profile.

Silahkan bandingkan sendiri, antara kata-kata yang tertulis di katalog atau website, dengan video yang berisikan kata-kata yang sama, sudah pasti audiens akan lebih memilih menonton video, karena lebih mudah untuk dicerna dan mereka pun tak perlu lagi capek-capek membaca.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Tambahan Followers Profesional

Bahkan menurut sebuah survey yang dilakukan oleh Wyzowl menyebutkan bahwa sebanyak 69% audiens lebih memilih video jika dibandingkan dengan informasi yang berbentuk tulisan.

Manfaat Pembuatan Video Company Profile

Adapun beberapa manfaat yang bisa kamu petik diantaranya adalah:

  • Profil perusahaan memungkinkan kita untuk memberitahu prospek atau calon klien mengenai bisnis kita. Sebagian besar orang-orang bukanlah tak mau membeli produk kita, melainkan mereka belum menemukan atau tahu bahwa kita hadir untuk mereka.
  • Membantu kita menceritakan kisah perusahaan secara efektif dan efisien.
  • Membantu mempromosikan merk kita di depan publik, sehingga bisa menjadi aktivitas branding yang menjanjikan.
  • Membantu kita berbicara dengan audiens secara tertarget.

Pelanggan tertarget teramat sangat penting kehadirannya bagi kita, karena mereka merupakan sekelompok orang yang sudah siap membeli dan menggunakan produk kita.

Jadi, jika kamu ingin mendapatkan video company profile yang berkualitas baik, maka segera hubungi kami saja. Kami sudah berpengalaman dalam memberikan jasa pembuatan video company profile selama bertahun-tahun.

Manfaat Pembuatan Video Company Profile

Sebagai agensi kreatif dan kreasi media terkemuka yang mengkhususkan diri dalam fotografi serta videografi, maka kami siap mendukung bisnis dan perusahaan kamu agar lebih dikenal oleh publik.

Tips Cara Membuat Video Company Profile

Video company profile bisa kita sebut sebagai strategi terbaru dalam melakukan pendekatan terhadap calon pelanggan. Tetapi sama halnya dengan profil perusahaan yang suka kita buat di katalog dan website, kita tetap harus mendengarkan apa yang diinginkan oleh calon pelanggan kita.

Tujuan kita membuat video adalah memberika konten yang melibatkan jenis produk yang mereka butuhkan, mendidik, dan menggugah minat para audiens.

Langkah pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah memutuskan niche dan merk dari produk kita. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan setelahnya, dimulai dari wawancara, memberikan kilas balik perusahaan, tur atau jalan-jalan di sekitaran pabrik, dan memamerkan budaya perusahaan.

Jika kesulitan dalam memberikan narasi, selalu persiapkan naskah agar lebih mudah dalam menyampaikan informasi yang ingin diberikan. Jika kamu ingin merekam para karyawan, beritahu mereka terlebih dahulu agar mereka siap. Tapi jangan pula akting berlebihan, cukup senatural mungkin agar semuanya nampak alami.

Selanjutnya, ada beberapa hal yang harus kamu sertakan di dalam video company profile, diantaranya adalah:

  • Jelaskan layanan atau produk industri yang kamu tawarkan
  • Jelaskan bagaimana layanan atau produk kamu bisa memudahkan kehidupan sehari-hari.
  • Masukan narasi dan musik agar nuansa video terasa lebih hidup.
  • Tunjukkan adanya hubungan erat antara merk atau produk kamu dengan pelanggan.
  • Buat ajakan (persuasif) di akhir dan awal video agar calon pelanggan menghubungi kita.
  • Upload di medsos seperti Youtube, jangan lupa pula untuk memasangnya di website.
Baca juga
Panduan Memilih Kursus Web Design Profesional

Dalam proses pembuatannya, selalu pertimbangkan untuk menggunakan peralatan profesional atau bahkan menyewa ahli video untuk memudahkan perencanaan dan proses produksi video tersebut.

Tak apalah mahal sedikit, asalkan hasil akhirnya nanti tidak mengecewakan. Video sendiri tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena akan mencerminkan siapa diri kita dan perusahaan kita dari waktu ke waktu.

Tips Cara Membuat Video Company Profile

Suara yang bagus dan kualitas viedo yang tinggi sangatlah penting untuk bisa menangkap dan mempertahankan perhatian para calon pembeli.

Kelebihan Jasa Pembuatan Video Company Profile SEON

Nah, sebagai bagian dari penyedia jasa video company profile, maka pakar video kami sudah bertahun-tahun berpengalaman dalam melayani industri manufaktur sehingga kami memahami bisnis dan tujuan penjualan dari perusahaan kamu.

Soalnya, produksi video profil perusahaan akan bervariasi tergantung pada kebutuhan bisnis dan jenis pesan yang ingin kamu sampaikan dan gambarkan. Untungnya, untuk mempermudah kinerja kamu saat proses pembuatan, maka kami akan bekerja sama dalam membuat skrip dan produksi yang merangkum segala jenis produk dan isi perusahaan kamu secara keseluruhan.

Tim kami akan mengumpulkan video profesional berkualitas tinggi yang menarik bagi para calon pelanggan. Tergantung dari keinginan kamu, maka bisa mendapatkan video HD dengan resolusi 1080p atau bahkan 4K.

Selanjutnya, kami akan memastikan video tersebut diiklankan secara online sehingga pada akhirnya bisa menjangkau banyak prospek di berbagai macam kalangan yang berbeda, sesuai dengan segmentasi pasar dari masing-masing produk.

Tapi buat kamu yang tidak menginginkan iklan di platform video juga tak masalah, karena ini hanya bersifat opsional saat distribusi video dilakukan.

Cara Membuat Gambaran Umum Perusahaan untuk Video 

Ada banyak sekali hal-hal kecil yang bisa kamu satukan menjadi sebentuk video secara utuh. Salah satunya adalah gambaran umum perusahaan yang juga terkadang disebut sebagai deskripsi perusahaan atau ringkasan perusahaan.

Intinya, overview ini akan memberikan informasi mengenai rencana bisnis dan informasi latar belakang dasar suatu perusahaan kepada calon pelanggan kita nantinya. Mereka juga bisa tahu mengenai pemilik, tim manajemen yang terlibat, dan produk apa yang nantinya cocok bagi mereka.

Jika kepanjangan, maka bisa dibuat dalam beberapa part dan buat semenarik mungkin. Tetapi kamu pun bisa meringkasnya sesingkat mungkin dan dimasukan ke dalam satu video utuh.

Adapun hal-hal yang harus kamu muat diantaranya adalah

1. Informasi Dasar Perusahaan

Berikan visi, misi, dan moto perusahaan di bagian ini. Penting sekali untuk menyebutnya berulang-ulang agar calon pelanggan kita semakin akrab dengan nama dan moto perusahaan kita.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Restore Website Profesional

Selanjutnya, beritahu pula informasi penting mengenai:

  • Nama Perusahaan. Bukan produk, tapi nama perusahaan yang menaungi segala macam produk yang telah kamu buat.
  • Struktur bisnis. Penonton kamu nantinya akan tahu mengenai entitas bisnis apa yang dimiliki perusahaan tersebut, apakah berbentuk tunggal, kemitraan, korporasi, atau terbuka.
  • Ini juga bagian penting, karena sebuah lokasi bisa memberikan status perusahaan secara fisik. Berikan alamat sejelas-jelasnya agar calon pelanggan bisa mendatangi kita secara langsung jika mereka ingin melakukan kunjungan atau semacamnya.

2. Kepemilikan dan Tim Manajemen

Uraikan siapa yang menjadi pemilik dari bisnis dan perusahaan tersebut. Akan lebih baik jika misalnya pemilik sudah memiliki background di beberapa bidang bisnis lainnya. Tetapi jika kamu baru mulai pun tak apa.

Tujuannya hanya satu, agar publik merasa lebih dekat dengan pemilik perusahaan dan tahu dengan siapa mereka terlibat.

Beritahu pula tim manajemen, agar calon pelanggan kita juga yakin bahwa mereka tengah berurusan dengan orang-orang yang ahli di bidangnya.

3. Sejarah Perusahaan

Hal yang membuat perusahaan kita unik adalah terletak di sisi sejarahnya. Dan bahkan sekelas perusahaan start-up saja pastinya memiliki beberapa sejarah yang layak untuk diceritakan kepada publik.

Tetapi jika cerita yang ingin disampaikan masih kurang begitu banyak, kamu pun bisa melewati bagian ini. Intinya, jangan terlalu fokus pada bagian ini, tetapi sebagai gantinya tambahkan beberapa kepribadian dan detail yang menarik jika memungkinkan, terutama jika berhubungan dengan budaya perusahaan dan lokasi setempat.

Seperti misalnya, di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia selalu merayakan beberapa event dan acara tahunan yang menarik untuk dilihat.

4. Misi Perusahaan

Sekilas memang sudah kita sebutkan di awal-awal, tetapi nantinya kita harus memasukkannya kembali secara lebih mendetail, sebagai gambaran umum dari sebuah perusahaan.

Jika saat ini belum memilikinya, pastikan kamu segera membuatnya dengan tim kreatif atau tim inti dari perusahaan. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Ingin dibawa kemana perusahaan kita? Memiliki tujuan akhir akan membuat perusahaan kita berjalan pada jalurnya.
  • Ide bisnis selalu berorientasi pada pemecahan masalah calon pelanggan kita.
  • Sebarkan ide masalah tersebut kepada calon pelanggan agar seolah-olah mereka terlibat di dalamnya.

Keterbukaan juga terkadang bisa membuat kamu semakin dekat dengan pelanggan, sehingga bisa menciptakan perasaan loyal diantara mereka.

5. Produk, Layanan dan Pelanggan

Bagian overview perusahaan yang tak kalah pentingnya adalah produk dan layanan yang telah kamu ciptakan untuk disampaikan kepada calon pelanggan. Jelaskan secara terperinci mengenai barang yang tengah kamu jual dan kepada siapa ditujukan.

Baca juga
Cara Membuat Halaman Cookies Policy Website

Pertama-tama, kamu harus mengedukasi penonton terlebih dahulu mengenai manfaat dan cara menggunakan produk atau layanan yang tengah kamu berikan. Selanjutnya, penonton akan tahu dan memutuskan sendiri apakah produk atau layanan kamu tersebut akan menjadi pemecah masalah bagi mereka atau tidak.

Kuncinya adalah untuk tetap sederhana dan lugas. Jangan pernah berbelit-belit atau bahkan berlebihan dalam memberikan informasi, karena bisa fatal akibatnya. Sudah banyak kok perusahaan dan merk yang dihujat netizen akibat hanya memberikan janji-janji kosong saja.

Cara Membuat Video Company Profile Profesional

Fakta menyebutkan bahwa membuat video company profile itu tidaklah mudah! Ada banyak pekerjaan dan persiapan di balik prosesnya, serta harus melibatkan orang-orang yang sudah ahli di bidangnya.

Maka dari itulah, kami sebagai penyedia jasa pembuatan video company profile siap membantu kamu yang ingin mendapatkannya secara profesional. Berikut adalah contoh video company profile SEON One Stop Solution yang bisa anda saksikan juga di channel youtube.

Saat mulai bekerja dalam membuat video tersebut, maka kami akan mulai melakukan wawancara dengan perusahaan untuk mendapatkan beberapa informasi penting seperti misalnya:

  • Identifikasi Tujuan. Apa sih tujuan kita membuat video ini? Untuk menjangkau konsumen? Memperkenalkan produk baru? Atau branding merk? Tentunya setiap tujuan memiliki pendekatan yang berbeda.
  • Ceritakan Perusahaan Kamu. Ini ibaratnya tempat curhat, tapi bukan diri kita, melainkan perusahaan. Siapa sih perusahaan, dan apa yang diinginkannya?
  • Tujuan Kamu Muncul di Publik. Banyak perusahaan yang hadir di tengah-tengah publik tanpa tahu tujuan dan fungsinya bagi mereka itu seperti apa. Tugas kamulah yang harus menjawab pertanyaan tersebut.
  • Berikan Nilai. Hal menonjol apa yang dimiliki oleh perusahaan kamu, dan jika dibandingkan dengan saingan, tunjukan di bidang apa perusahaan kamu unggul.
  • Buat Catatan kronologi. Video profil perusahaan memang bukanlah sebuah film, akan tetapi sejarah dari suatu produk atau perusahaan bisa begitu menarik untuk diikuti, apalagi jika konsumen kita sudah beberapa kali mengonsumsi atau menggunakan produk kita tersebut.
  • Masukan Detail Kontak. Dimulai dari nomor kantor hingga nomor yang menuju line cutomer service, kontak detail ini bisa menjadi tulang punggung perusahaan saat melakukan closing penjualan. Dan itu artinya, semakin banyak cuan yang bisa kamu terima.
  • Buat Daftar Klien Berpengaruh. Bawa dan tunjukkan kepada publik bahwa kamu telah melayani beberapa perusahaan dan brand ternama. Pansos sedikit tak apa, yang penting bisa memberikan dampak berbeda di mata masyarakat.
  • Masukan Testimoni. Jika bisa sih, testimoni asli yang bukan dibuat secara ngasal. Biar tak terlihat seperti dibuat-buat.
  • Call to Action. Call to Action ini ajakan di akhir video, seperti misalnya “untuk informasi lebih lanjut, hubungi mas Seon”. Biasanya ajakan ini bisa meningkatkan penjualan dan konversi karena pelanggan kita bersifat penasaran.
  • Langkah Akhir, Proofread. Editing dan proofread ini menjadi tugas kami sebagai penyedia jasa pembuatan video company profile. Jadi kamu tidak perlu lagi melakukan tugas berat apapun.
Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pengembangan Website Profesional

Betul, kan? Bahwa membuat video company profile itu tidak semudah seperti yang dibayangkan. Ada banyak sekali hal-hal yang harus dipersiapkan. Belum lagi nanti tata cara pengambilan gambar, menyusun narasi, hingga proses editing – semuanya dilakukan harus dengan cermat dan profesional.

Jadi, biar kamu gak pusing mikirinnya, cukup serahkan semuanya pada kami, maka video company profile kamu sudah pasti memiliki hasil akhir yang memuaskan.

5/5 (2 Reviews)