Cara іnstall TWRP dі Xiaomi 4A merupakan opsі yang bіsa kamі katakan tіdak wajіb, karena setіap hp telah dіlengkapі dengan mode recovery bawaan darі vendor. Іnstal TWRP tіdak hanya Xaіomі saja, tapі bіsa dіlakukan dі merk laіn sepertі Lenovo, asus dan laіn sebagaіnya. Іnі adalah perpanjangan darі Team Wіn Recovery Project yang merupakan alternatіf darі custom recovery yang dapat dіgunakan pada perangkat Androіd. Іnі sedіkіt berbeda antara mode pemulіhan stok default.

Dі twrp yang dіkembangkan oleh pіhak ketіga yang lebіh lengkap, custom recovery bіasanya dіprogram untuk memіlіkі fungsі backup dan restore sіstem, opsі dalam menghapus data agar tіdak menghapus semua data, dan mengіnstal paket update sіstem yang berasal darі pіhak ketіga. Jіka dalam recovery mode Anda masіh menggunakan tombol volume up, volume down dan power untuk navіgasі dan memіlіh, berbeda dengan TWRP yang mendukung penggunaan layar sentuh dalam pengoperasіannya.

Cara Pasang TWRP Redmi 4A Series

Salah satu alasannya untuk memudahkan kita mengganti ROM, Root hp Android, instal Xposed dan lainnya. Dengan memasang TWRP di smartphone xiaomi, maka kita bisa mengganti ROM tanpa menggunakan Mi Flash lagi, tinggal download image Mi Recovery.

Ingin Root Xiaomi? Tentu saja Anda bisa melalui TWRP, sekaligus menjadi salah satu pintu utama untuk memperbaiki bootloop, flashing dan Anda juga bisa melakukan backup dan restore ROM lengkap. Syarat pemasangan twrp hp xiaomi yang perlu kalian persiapkan adalah hp sudah melakukan Unlock Bootloader (UBL).

Cara Pasang Twrp Redmi 4a

 

Selanjutnya untuk tahap instalasi pastikan anda sudah melakukan unlock bootloader. Untuk mendownload type TWRP sesuaikan dengan jenis hp yang anda miliki atau akan instal.

  • Jika Anda sudah mendownload semua langkah awal, silahkan ekstrak minimal fastboot ADB, lalu instal di PC atau komputer Anda.
  • Selanjutnya untuk file TWRP yang sudah anda download silahkan di copy ke folder TWRP di komputer anda. Caranya adalah masuk ke Data C ke komputer >> “Program Files >> ADB dan Fastboot (untuk windows 32bit)” sedangkan untuk Windows 64bit, “C data >> Program Files (X86) >> minimal ADB dan Fastboot. “
  • Selanjutnya, Ubah nama file TWRP yang Anda unduh ke recoverymode.img
  • Kemudian silahkan matikan hp anda dan hidupkan kembali dengan menekan tombol kombinasi “Volume Down + power” sampai muncul Mi Bunny, kemudian hubungkan ke PC.
  • Buka aplikasi Minimal ADB dan Fastboot dengan masuk ke Dir C // lalu cari dan masuk ke folder Minimal ADB dan Fastboot.
  • Kemudian tahan tombol shift pada keyboard + Klik kanan di area kosong >> Buka jendela Perintah di sini. Anda bisa melihatnya seperti gambar di atas, kemudian setelah membuka Command prompt akan muncul seperti gambar di bawah ini.
  • Ketik perintah di Command prompt “Fastboot Devices”. Kemudian akan muncul angka dan huruf unik
  • Kemudian ketikkan perintah “fastboot flash recovery recovery.img” dan Enter. Jika gagal maka gunakan perintah “fastboot flash recovery recovery” lalu perintah “fast boot recovery.img” lalu enter.
  • Kemudian HP anda akan otomatis masuk ke mode TWRP, lalu centang “Never show this Screen saat boot again”
  • Lalu Swipe untuk mengizinkan modifikasi.

Cara Unlock Bootloader Redmi 4A

Setelah mengetahui cara pasang twrp redmi 4a selanjutnya kita akan membahas cara UBL redmi 4a. Cara unlock bootloader pada tipe Xiaomi Redmi 4A ini cukup penting bagi kalian yang akan men-tweak atau root hp xiaomi nya. Tanpa unlock xiaomi hp tidak bisa di root, flashdisk dengan tools apapun, karena kondisi lock bootloader adalah untuk keamanan penggunanya.

Unlock Bootloader (UBL) adalah untuk membuka kunci bootloader pada perangkat xiaomi. Sebelumnya unlock dengan meminta persetujuan langsung melalui official Xiaomi menggunakan tool (MI unlock). Prosesnya lumayan lama, karena butuh kesabaran untuk bisa unlock melalui beberapa langkah yaitu membuat akun xiaomi >> mengajukan permintaan >> menunggu konfirmasi >> membuka kunci melalui komputer.

Dari tahapan di atas, Anda tidak dapat melewatkan satu pun langkah, semua proses harus mengikuti prosedur. Untuk cara saya menjelaskannya dalam dua tahap, tentunya kedua tahap ini sangat penting yang tidak bisa dilewati. Anda harus melakukan semua langkah untuk dapat membuka kunci xiaomi Anda.

Perlengkapan Bootloader Xiaomi Redmi 4A  .

  1. PC atau Laptop dengan sistem operasi windows
  2. Memiliki koneksi internet dengan koneksi yang baik
  3. Menggunakan kabel data asli Xiaomi
  4. Minimum 50% Baterai Ponsel Xiaomi

Perbedaan antara xiaomi yang telah UBL dan yang masih dalam kondisi terkunci adalah sama dalam performa atau kinerjanya, yang membedakan adalah fitur yang bisa dilakukan unlock dan lock ponsel, seperti:

  • Xiaomi yang masih terkunci bisa mengupdate Via OTA (Over the Air).
  • Tidak Memiliki akses root atau tidak dapat di-root dengan aplikasi Root apa pun.
  • Tidak bisa di-flash, jadi saat bootloop harus melakukan test point dulu.

Sementara xiaomi yang telah Unlocked bootloader. Sistem Root Smartphone diaktifkan. Pembaruan perangkat lunak tidak dapat dilakukan melalui OTA. Sistem pemulihan perangkat dapat diganti dengan pemulihan TWRP. Sangat mudah untuk menangani kerusakan sistem dengan mem-flash tanpa test point.

Cara Unlock Bootloader Redmi 4a

Tentunya beberapa poin di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika sudah puas dengan kondisi pengunciannya, menurut saya kamu tidak perlu melakukan Unlock Bootloader. Beda jika ingin beberapa kelebihan khusus seperti mendapatkan akses root, tentunya harus melakukan langkah unlock.

Nah dari perlengkapan diatas bisa anda gunakan setelah memiliki akun Mi, salah satu syarat untuk melakukan ini adalah memiliki Mi Account yang nantinya akan digunakan sebagai unlock akun aplikasi. Berikut cara unlock bootloader redmi 4a.

1. Membuat akun Mi

Bagi kalian yang belum memiliki akun Mi, kalian bisa mengikuti pidato di bawah ini untuk cara membuatnya.

  • Masuk ke menu ponsel dan lanjutkan ke Pengaturan >> pilih akun Mi, lalu langsung masuk ke halaman login dan buat akun.
  • Lalu masukkan nomor hp dan passwordnya, lalu OK
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk melanjutkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor hp yang terdaftar. Perlu diingat untuk mendaftarkan akun Mi membutuhkan pulsa yang akan dipotong oleh server. Jadi saat mendaftar pastikan ada pulsa agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan baik.

2. Mengajukan Unlock Bootloader Xiaomi

Selanjutnya saya asumsikan Anda telah mendaftar untuk akun Mi, jadi Anda dapat melanjutkan proses pengiriman UBL dengan mengunjungi situs resmi xiaomi http://en.miui.com/unlock/.  Anda akan menemukan halaman untuk membuka kunci cukup memilih “buka” dan akan diarahkan ke halaman login forum MIUI Cina.

  • Silakan login menggunakan akun Mi yang Anda buat dengan mengisi nomor ponsel dan kata sandi. Kemudian klik tombol hijau. Kemudian isikan username forum dengan bebas setelah itu anda akan masuk ke MIUI China Forum.
  • Setelah melakukan langkah di atas, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Dengan mengajukan unlock dengan mengunjungi situs resminya di http://en.miui.com/unlock/ lalu klik Unlock Now. Isi nama, nomor HP yang terdaftar, dan tuliskan alasan unlock bootloader.
  • Checklist saya konfirmasi lalu klik Apply Now . Kemudian setelah selesai tinggal tunggu sms konfirmasi dari xiaomi.
  • Setelah Anda mendapatkan SMS berupa kode verifikasi, kunjungi kembali situs resminya untuk memverifikasi kode tersebut.
  • Perlu diingat bahwa proses pengiriman sms biasanya memakan waktu 2-10 hari. Dengan memiliki SMS dari Xiaomi, berarti request unlock bootloader kamu sudah disetujui.

3. Proses Unlocked Bootloader Xiaomi

Tahap ketiga ini merupakan tahap terakhir untuk unlock bootloader pada hp xiaomi.

  • Pastikan ponsel Redmi harus ada di Chinese Developer ROM agar proses unlock bisa berhasil. Jika kondisi hp xiaomi masih di ROM China Stable atau malah ROM distributor silahkan di flash dulu ke kondisi ROM Developer China (Beta). Dan Coba proses Flash ROM dilakukan 1-2 minggu setelah permintaan unlock.
  • Login menggunakan Akun Mi di HP Redmi kamu. Ini wajib, ponsel harus masuk ke akun Mi.
  • Selanjutnya Unduh Mi Flash Unlock  Tool di http://bigota.d.miui.com/miflashunlock/MiFlashUnlock_1.1.0317.1_en.zip
  • Setelah download, Extract dan buka Mi Flash Unlock Tool melalui PC laptop dan harus terhubung ke internet. Selanjutnya login ke Mi Flash Unlock Tool menggunakan akun Mi yang digunakan oleh HP Redmi kamu
  • Selanjutnya matikan HP Xiaomi Redmi, dan masuk ke mode Fastboot dengan cara mematikan dan menekan kombinasi tombol power + volume down secara bersamaan. Setelah muncul logo fastboot, silahkan lepas kedua tombol tersebut. Kemudian ponsel akan masuk ke mode Fastboot. Kemudian hubungkan HP xiaomi kamu ke PC  laptop menggunakan kabel data asli.
  • Langkah selanjutnya Kembali ke Mi Flash Unlock Tool, Jika sudah ada informasi di Phone connected, tinggal klik tombol Unlock, dan proses unlock bootloader akan berlangsung. Tunggu hingga selesai, kira-kira 10 detik untuk membuka kunci bootloader.
  • Jika proses unlock bootloader berhasil, silahkan klik reboot. Kemudian ponsel Xiaomi Redmi 4A Anda siap direstart.

Cara Fastboot Xiaomi Redmi 4a

Cara Fastboot Xiaomi  Redmi 4A

Setelah mengetahui cara pasang twrp redmi 4a dan cara UBL redmi 4a selanjutnya membahas cara fastbootnya. HP smartphone bisa mengalami kerusakan parah atau berat selama penggunaan dalam waktu lama. Beberapa masalah yang mungkin terjadi antara lain boot loop atau shutdown total, hang, loading lama dan sebagainya. Jika demikian, maka diperlukan teknik flashing untuk kembali ke kondisi semula. Berikut cara fastboot xiaomi redmi 4a.

1. Menggunakan Software Fastboot

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan software Fastboot. Perlu beberapa persiapan berikut sebelum menjalankan proses flash.

  • Unduh dan instal Firmware Xiaomi Redmi 4A, aplikasi Mi Flash atau Xiaomi Flash dan Driver Qualcomm
  • Saat menginstal Mi Flash atau Xiaomi Flash Anda mungkin menemukan keamanan windows, silakan klik opsi Instal Perangkat Lunak Driver Ini
  • Ekstrak file Firmware dan pastikan ekstensinya tgz, bukan zip atau rar, anda bisa menggantinya dengan klik kanan rename.

Selanjutnya Anda bisa langsung melakukan proses flashing dengan tutorial di bawah ini

  1. Pertama, matikan smartphone Xiaomi 4A kamu lalu tekan tombol volume down dan power untuk masuk ke mode Fastboot
  2. Gunakan USB untuk menghubungkan smartphone ke komputer atau laptop dan tunggu smartphone terdeteksi oleh komputer
  3. Setelah itu buka aplikasi Mi Flash lalu tekan tombol refresh dan akan muncul kode perangkat Xiaomi kamu
  4. Selanjutnya klik pilih dan cari folder Firmware yang di ekstrak tadi lalu tekan ok
  5. Tekan tombol flash untuk menjalankan proses flashing kemudian tunggu hingga proses selesai
  6. Setelah selesai, smartphone Xiaomi 4A akan otomatis restart dan tinggal menunggu sampai proses booting selesai.

2. Menggunakan UBL dan Testpoint

Jika metode flash Xiaomi 4A di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba metode kedua. Kali ini kita akan menggunakan UBL dan Testpoint, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke mode download. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Pertama

Jika smartphone Xiaomi 4A sudah mengalami boot loop dan masih hidup, maka hp tidak bisa dimatikan. Untuk itu perlu dilakukan langkah berikut.

  • Tekan tombol power dan volume atas secara bersamaan sampai HP restart
  • Jika logo Mi muncul, lepaskan saja tombol daya dan tunggu hingga masuk ke mode recovery
  • Kemudian Anda perlu mengklik tombol unduh dan smartphone akan mati

Cara ini juga bisa dilakukan untuk HP Xiaomi yang benar-benar mati atau tidak hidup sama sekali. Namun jika cara ini tidak berhasil, maka anda bisa mencoba cara kedua seperti di bawah ini.

Cara Kedua

Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan metode Testpoint atau yang disebut dengan metode jumper. Untuk melakukannya, ikuti langkah di bawah ini.

  • Buka HP Xiaomi 4A dengan rapi lalu buka sekrup pada tutup pengaman mesin, kemudian buka penutup mesin
  • Masukkan USB ke komputer atau laptop dan siapkan penjepit logam untuk menghubungkan test point ke mode unduh.
  • Sebelum itu, Anda perlu mencabut pasang konektor baterai untuk menstabilkan kondisi smartphone.
  • Selanjutnya letakkan kedua ujung pinset ke titik pancing bersama-sama dengan memasukkan USB ke port Xiaomi.
  • Setelah itu komputer atau laptop anda akan otomatis mendeteksi driver Xiaomi kemudian menunggu prosesnya hingga selesai

Cara Flash Xiaomi 4A

Jika sudah berhasil masuk ke mode download, maka anda bisa melanjutkan dengan flashing sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Mi Flash, klik pilih dan pilih firmware hasil ekstrak lalu klik OK
  • Klik segarkan agar perangkat membaca di Mi Flash Tools
  • Tekan tombol flash untuk menjalankan proses flashing lalu tunggu sampai selesai, jika Anda bisa mencabut USB.

Demikian pembahasan mengenai cara pasang twrp redmi 4a semoga ulasan di atas bisa memberikan manfaat bagi pecinta HP XIOAMI REDMI 4A.

Cara UBL Mi4c tanpa Verifikasi Kode Xiaomi

Vendor smartphone android dari cina yang fenomenal yakni Xiaomi sudah lama mengumumkan smartphone android terbarunya akan terkunci bootloadernya, pengumuman tersebut menjadi para penggemar custom android menjadi kecewa. Karena untuk custom smartphonenya harus membuka bootloader atau unlock bootloader dari ponsel tersebut agar dapat menggunakan custom ROM. Sebelumnya xiaomi sudah terkenal dengan smartphonenya yang terbilang mudah untuk di custom oleh pengguna.

Salah satu smartphone yang mengalami update lock bootloader adalah Mi4c. Jadi untuk kamu yang menggunakan Mi4c harus membuka bootloader agar dapat menggunakan memasang TWRP atau custom ROM. Dengan UBL kamu bisa leluasa menggunakan smartphonemu. Tentunya ada dampak negatifnya dari unlock bootloader. Salah satunya resiko garansi ponsel yang menjadi hangus. Sehingga garansi ponsel Mi4c kamu sudah tidak berlaku jika melakukan UBL (Unlock Bootloader).

Cara Ubl Mi4c Tanpa Verifikasi Kode Xiaomi

Untuk UBL resminya harus mengajukan permohonan untuk meminta kode UBL. Setelah selesai meminta kode, kamu harus menunggu berhari-hari agar mendapatkan kode untuk UBL. Sehingga menurut saya itu sangat ribet, jadi disini JalanKecoa akan membagikan sebuah trik untuk unlock bootloader tanpa verifikasi kode tersebut. Bagaimana caranya ? Kamu bisa simak tutorialnya di bawah ini.

Alat UBL Mi4c

  • Adb – https://drive.google.com/file/d/0B0MKgCbUM0itNVB1elljU2NPR0k/view
  • Mi Flash Beta – http://en.miui.com/thread-281979-1-1.html
  • ROM MIUI 6.1.7 http://bigota.d.miui.com/6.1./libra_images_6.1.7_20151221.0000.11_5.1_cn_b09dac70a0.tgz

Cara UBL Mi4c tanpa Verifikasi

  1. Matikan ponsel, masuk ke mode fastboot dengan cara tekan tombol power + vol (-). Kamu akan melihat gambar mi bunny yang memperbaiki android.
  2. Colokkan Mi4c pada komputer, kemudian buka adb. Dan ketik : fastboot oem edl
    Pada saat ini layar ponsel akan menjadi hitam atau blank. Kamu tidak perlu khawatir karena ini normal atau wajar.
  3. Buka Mi Flash, pilih ROM 6.1.7 yang sudah kamu unduh sebelumnya. Dan flash xiaomi Mi4c mu. Setelah berhasil flash saat proses booting memang lama. Jadi tunggu hingga berhasil booting.
  4. Matikan ponselnya lagi dan masuk ke mode fastboot. Buka adb dan ketik: fastboot oem unlock
  5. Pada langkah ini ponsel android kamu sudah terbuka bootloadernya, untuk mengeceknya masuk mode recovery dengan menekan tombol vol (+) + power. Pada kondisi ponsel mati. Setelah itu lihat apakah kamu berhasil masuk ke recovery atau tidak. Jika masuk ke recovery maka xiaomi mi4c mu sudah berhasil unlock bootloader.

Catatan! Untuk langkah nomor 3 jangan lupa untuk mengekstrak ROM MIUI 6.1.7 tadi hingga menemukan file berekstensi .bat atau kamu bisa mencari tutorial cara flashing ponsel xiaomi. Karena caranya sama hanya saja kamu harus dalam keadaan fastboot oem edl tadi atau yang membuat ponsel jadi blank warna hitam.

Perbedaan Rom Stable dan Rom developer Xiaomi

Jika anda pengguna baru xiaomi, mungkin masih belum familier dengan beberapa jenis rom yang dimiliki Xiaomi. Memang terdapat beberapa jenis rom berbeda dan mungkin akan membuat anda bertanya Apakah ada Perbedaan Rom Stable dan Rom developer? Rom atau firmware sendiri bisa diartikan sebagai sistem operasì android seperti windows pada sistem operasi komputer, namun bedanya rom diterapkan untuk perangkat mobile. Dan Xiaomi menggunakan Rom yang dinamai MIUI.

Perbedaan Rom Stable Dan Rom Developer Xiaomi

Ada beberapa jenis rom xiaomi didunia. Dan di tanah air, hp xiaomi yang beredar agak beda dengan ponsel kebanyakan, utamanya untuk rom yang dipakai. Rom xiomi memiliki beberapa jenis seperti rom stable dan rom developer. Berikut ulasannya lengkap beserta beda masing masing.

1. Rom stable

Rom stable atau rom resmi dari xiaomi. Rom ini menggunakan alokasi update bawaan dari xiaomi. Biasanya update Miui dengan cukup stabil minimal 1 bulan sekali, bisa lewat on the air (OTA). Rom stable terbagi jadi dua kategori yakni rom global official dan rom china official.

A. Rom stable global official

Rom stable global official merupakan bagian dari rom stable, khusus untuk perangkat xiaomi dan dipasarkan global ke seluruh dunia. Rom ini terdiri dari banyak bahasa termasuk bahasa indonesia. Di ponsel xiaomi dengan menggunakan rom ini sudah terinstal aneka aplikasi bawaan google seperti google play store dan aplikasi google lainnya. Juga sudah terinstal aplikasi bawaan android yang tinggal pakai. Disarankan bagi pengguna xiaomi di tanah air sebaiknya menggunakan rom ini. Sebab resmi dan sudah di instal berbagai aplikasi bawaan google maupun android.

B. Rom stable china official

Rom stable ini juga rom resmi dari xiaomi. Bagian dari rom stable. Rom ini digunakan untuk target market wilayah cina. Meski begitu banyak juga digunakan di indonesia. Rom ini memiliki ketersediaan bahasa terbatas seperti bahasa cina dan inggris. Karena memang targetnya untuk satu wilayah yakni cina saja.

Di dalam rom ini, cuma tersedia aplikasi mi store, tidak terinstal aplikasi bawaan google seperti google play store, google service, dan aplikasi lainya. Jadi jika beli xiaomi dengan rom ini, harus instal aplikasi google, agak merepotkan. Sebagai saran, jika beli xiaomi, pilihlah yang rom resmi. Namun jika tidak tersedia, bisa beli xiaomi dengan rom china ini. Namun anda harus instal lagi aplikasi bawaan google dan playstore, karena tidak tersedia di rom china.

2. Rom developer atau Rom beta

Rom xiaomi jenis developer, cukup banyak beredar di indonesia. Disebut juga dengan rom beta karena di ponsel xiaomi rom ini bertulis BETA. Walaupun di update terbaru, tulisan beta tidak hilang. Rom ini khusus untuk uji berbagai aplikasi maupun fitur xiaomi. Sehingga waktu updatenya tercepat dibanding rom lain. Tiap ada tambahan fitur xiaomi, perangkat langsung dapat notifikasi. Waktu update 2 minggu sekali. Rok developer terbagi menjadi 2. Yakni rom developer china dan developer global.

A. Rom Developer china

Rom.ini punya beberapa ciri diantaranya terdapat bug sebab fitur update masih dalam tahap percobaan, tidak terdapat bahasa indonesia, tidak terdapat Google Apps, update sangat rutin 2 minggu sekali. Kelebihan rom developer china yakni seperti jaringan 4g aman, fitur terbaru, tidak terdapat bahasa indonesia dan untuk request unlock bootloader harus developer cina.

B. Rom developer global

Rom satu ini punya ciri antara lain, telah tersedia bahasa indonesia. Tersedia Google Apps, update sangat rutin, terdapat bahasa indonesia, fitur baru, jaringan 4G hilang di semua ROM Global.