Optimasi SEO Onpage Pengertian dan Cara Optimasi SEO On Page

Search Button SEON PORTAL BISNIS One Stop Solution Bisnis Online Indonesia Transparent

Mungkin diantara kita pernah mendengar kata SEO atau biasa disebut dengan Search Engine Optimization. Tentu bagi para pengembang situs baik itu siter, blogger dan sejenisnya tahu betul akan pentingnya SEO untuk menunjang keberadaaan suatu situs. Istilah ini sebenarnya sudah tak asing lagi, meski demikian ternyata masih banyak para pengguna internet awam kurang begitu mengerti kegunaan SEO secara umumnya. Tahukah bahwa peranan SEO sangatlah vital mengingat teknik tersebut sangat membantu blog atau situs agar berada di posisi teratas dalam mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan sebagainya.

Sebagai kalangan blogger, menulis tidak hanya sebatas kesenangan atau curhat saja melainkan juga mempelajari setiap kalimat yang ditulis sehingga bisa dibaca bahkan dikenal luas oleh semua orang. Oleh karenanya, SEO pun lahir sebagai dukungan utama supaya para blogger tidak hanya mampu menulis artikel saja melainkan dapat dibaca oleh semua orang dengan menempatkan situsnya pada on top search engine. Barangkali dari sedikit penjabaran ini, dapat dipahami jika SEO ternyata memiliki pengaruh besar terhadap suatu website atau situs sehingga untuk lebih lengkapnya mari memahami makna SEO lebih spesifik yang mengarah ke ONPAGE SEO, manfaat sekaligus jenis-jenisnya.

Pengertian SEO Onpage

Berdasarkan sumber, makna SEO secara luas adalah suatu upaya yang dilakukan oleh webmaster demi meningkatkan posisi suatu web pada mesin pencari. Jadi arti sederhananya, optimasi yang dilakukan guna memperoleh trafik sebanyak-banyaknya dengan cara menempatkan artikel tertentu di halaman pertama search engine. Sampai disini, masing masing upaya oleh para siter maupun blogger akan berbeda tergantung teknik dan keyakinan mereka sendiri. Secara sederhana SEO dibagi dua jenis yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage dan yang akan dibahas untuk materi berikut adalah SEO ON PAGE.

Jenis SEO Onpage terbilang lebih spesifik sehingga perlu dipelajari sampai tuntas. Secara terminologi onpage artinya serangkaian optimasi suatu website agar halaman halaman yang ada memenuhi kriteria terbaik maka dapat dikatakan bahwa cara optimasi seo on page tidak menyertakan campur tangan website-website dari luar (dalam hal ini disebut dengan backlink).  SEO Onpage Termasuk teknik paling mudah untuk dilakukan karena sudah menjadi ritual penting bagi para blogger. Jelas sekali jika SEO Onpage merupakan pondasi utama, ibarat kata ketika sedang membangun sebuah rumah, maka bebatuan dan tiang penyangga akan menentukan seberapa besar kekuatan menahannya, apakah sampai tahunan saja atau puluhan tahun menopang rumah tersebut. Adapun yang terlibat dalam SEO Onpage antara lain.

1. Pemilihan Tema atau Theme
Template mempunyai peranan penting mengingat bilamana template itu ringan secara otomatis para pengunjung pun akan betah berada disana. Disamping itu, keunggulan pada responsive serta desainya juga tak kalah penting untuk upaya memanjakan para pengunjung sehingga dapat diakses entah itu melalui desktop, HP android dan sebagainya.

2. Anchor Text
Menempatkan anchor text termasuk salah satu yang tidak boleh diabaikan. Kita tahu search engine sudah semakin canggih bahkan tak luput dari penilaian-penilaian kecil suatu website. Jadi, penempatan anchor text dengan baik dan benar haruslah diperhatikan yakni tepat menempatkan judul pada anchor text.

3. Pemilihan Judul
Selanjutnya, pemilihan judul sebaiknya jangan asal-asalan. Perlu diketahui bahwa judul yang tanpa melalui riset sudah dapat dipastikan tidak akan memberikan dampak positif terhadap web. Maka dari itu, riset terlebih dahulu judul utama untuk sebuah artikel. Kalo perlu lihat beberapa situs besar seperti detik.com, kompas.com, vemale.com dan masih banyak lagi sebagai acuan ketika ingin mengambil judul tertentu.

4. Gunakan URL singkat
Sudah pada tahu kan URL singkat ternyata mampu mengoptimalkan halaman website pada posisi on top pencarian di search engine. Umumnya, pemilihan URL lebih bagus jika dikaitkan langsung terhadap pembahasan website itu sendiri. Milsanya saja, keyword bidikan website adalah kesehatan jantung, maka URLnya sebisa mungkin terdapat kata “jantung” (contoh Jantungsehat.com, jantungan.com dan lain-lain). Diambil dari beberapa sumber, URL singkat boleh saja tidak melulu ke bidikan keyword melainkan yang mudah dihafal oleh semua orang sehingga saat mereka membutuhkanya secara otomatis akan langsung mengetikan nama website tersebut tanpa melakukan pencarian di search engine.

5. Memaksimalkan Tag Heading
Tag Heading merupakan indikator untuk menegaskan suatu pembahasan dalam artikel itu sendiri agar gampang dikenali oleh algoritma search engine yang pada akhirnya mengoptimalkan SEO secara onpage. Terdiri dari beberapa bagian namun yang diutamakan yaitu H1, H2, H3 dan H4 dimana masing-masingnya memiliki tugas khusus. H1 sebagai tempat untuk keyword utama (contoh “cara belajar menghitung”) yang biasanya berada di 100 kata pada kalimat pertama suatu artikel, H2 secara tegas sebagai tempat keyword turunan pertama (contoh ”cara belajar menghitung angka”), H3 berperan sebagai keyword turunan kedua (contoh ” cara belajar menghitung angka matematika”) dan seterusnya. Boleh juga menempatkan setiap Tag Heading dengan keyword utama supaya bidikannya tertarget.

6. Tag title pada gambar
Setiap artikel yang didukung oleh gambar sebaiknya pergunakan tag title untuk mengoptimasi SEO secara onpage. Teknik ini sangat sederhana, cukup dengan menuliskan kata kunci di setiap gambar (link hidup) agar tidak hanya artikel saja yang terbaca oleh search engine melainkan gambarnya pun ikut terindeks pula.

7. Adanya Meta Tag
Pada kasus nyata, SEO onpage tidak hanya melulu berkutat pada kualitas artikel saja akan tetapi penempatan teknik meta tag terkadang menentukan hasil akhir. Disini, ada anjuran supaya suatu artikel terdukung oleh meta tag description, tittle serta keyword yang dipilih.

Manfaat SEO Onpage
Dengan menerapkan teknik onpage secara tidak langsung manfaatnya pun akan berimbas positif terhadap website yang dikelola. Dibawah ini beberapa keuntungan jika kita benar-benar melakukanya secara baik dan benar.

1. Mampu meningkatkan trafik pengunjung
Tadi sudah dibahas sejak awal bila SEO mempengaruhi posisi di search engine. Ketika suatu website sudah berada di top mesin pencari maka kunjungan pun semakin banyak, tahu kenapa? Karena setiap orang yang mencari suatu keyword hampir pasti selalu mengklik posisi teratas untuk dijadikan sumber mengingat bahwa secara tidak sadar mereka percaya kalo posisi paling atas merupakan website terpercaya atau terbaik.

2. Meningkatkan popularitas blog atau website
Dengan menempati posisi pertama di SERP tentu saja web atau blog kalian akan selalu dikunjungi oleh siapapun bahkan hanya untuk sekedar melihat-lihat. Bayangkan saja jika didukung dengan isi artikel-artikel yang berkualitas maka besar kemungkinan mereka akan singgah kembali bahkan sampai hafal betul bahwa website tersebut sangat bermanfaat sehingga tingkat popularitas pun ikut naik drastis.

3. Mudah ketika memasarkan suatu produk
Bila Anda ingin berbisnis lewat online shop, nampaknya SEO onpage patut diterapkan hingga suatu produk langsung dapat dikenal masyarakat secara luas. Awalnya Anda dapat menulis review produk atau barang tertentu kemudian bertahap mengoptimalkannya secara onpage. Jika sudah berada di posisi teratas dalam mesin pencari tentu tingkat prosentase penjualan produk akan semakin besar mengingat kunjungan dari waktu ke waktu pasti selalu meningkat. Tapi tergantung pula terhadap pencarian produk itu sendiri.

4. Meningkatkan Pendapatan
Jangan salah bila website dengan kualitas berbobot dan menempati posisi pertama di search engine bisa langsung mendapatkan income secara pasif. Misalnya saja, memberikan penyewaan iklan mandiri yang akan ditayangkan pada website atau blog atau mengikuti kerjasama periklanan atau biasa disebut publisher (pop under, google adsense, popcash dan lain-lain). Prinsipnya, setiap kunjungan ke website akan memperoleh income pasif apalagi jika pengunjung mengklik iklannya. Semuanya tergantung pilihan kita karena ada banyak sekali jenis iklan yang dapat dipasang.

Jenis SEO Onpage
Diambil dari kesimpulan diatas bahwa Cara Optimasi SEO On Page hanyalah berkutat pada internal suatu website atau blog saja. Jadi tidak ada jenis lain selain memperhatikan komponen-komponen yang sudah disebutkan tadi. Oleh sebab itu, belajar mengenali karakter website menjadi dasar terpenting mau dibawa kemana arah dan tujuan utamanya. Fokus dan kreatifitas mengoptimasi secara onpage akan menjadi senjata ampuh agar situs kita mampu bertahan serta bersaing di tingkat pencarian search engine. Perlu diketahui juga, janganlah terlalu berlebihan dalam hal ini karena algoritma mesin pencari dapat berubah kapan saja dan bila website tidak sesuai dengan aturan yang telah dibuat maka siap-siap deindex selamanya.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍3

Your Details

Let us know how to get back to you.


How can we help?

Feel free to ask a question or simply leave a comment.


Shares