SEON One Stop Solution Bisnis Online Indonesia

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Omzet Penjualan Menurun? Waspada 5 Penyebab dan Solusinya SEON One Stop Solution 14:57

Omzet Penjualan Menurun? Waspada 5 Penyebab dan Solusinya

omzet penjualan menurun

PENYEBAB OMZET PENJUALAN MENURUN

Berkembang atau tidaknya sebuah bisnis dapat dilihat dari tingkat penjualan produknya, karena penjualan produk merupakan jantungnya sebuah bisnis. Semakin laris produknya di pasaran maka bisnis tersebut akan semakin besar, tapi jika penjualannya menurun maka pemasukan bisnis tersebut menurun sehingga bisnis menjadi goyah dan akhirnya bangkrut.

Banyak pebisnis yang mencari cara agar produknya bisa laku keras di pasaran, berbagai strategi marketing pun ia jalani demi larisnya produk. Namun,ketika produk bisnis mereka sudah laris di pasaran, mereka sangat puas bahkan sampai terlena sehingga mereka tidak memperhatikan penyebab lain yang dapat menurunkan penjualan produk mereka.

Apa sajakah itu?

Berikut ini beberapa penyebab omzet penjualan menurun yang harus anda waspadai, silakan disimak ya :

1. Menurunnya Kualitas Produk

Penyebab omzet penjualan menurun yang pertama terkait kualitas produk. Sebelum membeli suatu produk, pertama kali yang diperiksa oleh pembeli adalah kualitasnya. Mungkin ketika produk anda pertama kali dijual ke pasaran kualitasnya masih bagus sehingga laris terjual, tapi jika semakin lama produk anda sepi pembeli maka anda harus mengevaluasi kembali kualitas produk. Beberapa hal yang menyebabkan kualitas produk menurun yaitu bahan yang digunakan tidak memenuhi, barang terlalu lama disimpan di gudang, hingga pemeriksaan kualitas produk yang kurang baik.

Solusinya diharapkan anda dapat memperbaiki lagi kualitas produk baik dari sisi kualitas maupun packagingnya sehingga produk lebih menarik, berkualitas tinggi dan memiliki value yang baik.

2. Harga yang Terlalu Tinggi

Penyebab kedua berkaitan dengan harga yang terlalu tinggi. Pernahkah anda survei harga pasaran? Kalau belum, cobalah anda survei sekarang juga. Bisa jadi harga produk anda terlalu tinggi dibandingkan produk sejenis lainnya. Sesuaikan harga produk anda dengan harga pasaran, kalau ada penjual lain yang mematok harga jauh di bawah harga pasar sebaiknya diamkan saja, tetap jual produk anda sesuai dengan harga pasaran saat ini. Tetapkan harga serasional mungkin, margin yang tidak terlalu tinggi dapat terkompensasi dengan jumlah pembelian yang akan meningkat dibanding mematok keuntungan tinggi tetapi tidak banyak penjualan.

Baca juga  8 Cara Memulai Bisnis Jual Beli HP Bekas Murah 2018

3. Strategi Pemasaran yang Tidak Tepat Sasaran

Penyebab omzet penjualan menurun lainnya adalah kesalahan pemasaran. Laris atau tidaknya suatu produk ditentukan oleh strategi pemasarannya. Bukan hanya strateginya tapi target pasarnya juga harus tepat. Anda tidak mungkin menjual mobil  sekelas Ferrari kepada anak sekolah yang uang jajannya saja masih minta sama orang tuanya. Contoh lainnya, anda menjual baju bola kepada para penggemar basket, walaupun kemungkinan ada yang beli tapi tingkat pembeliannya hanya sedikit.

Tentukan siapa saja target pasar anda, contohnya anda memiliki produk kecantikan maka target pasarnya adalah wanita, masih berusia muda, memiliki penghasilan dan hobi dandan. Dengan menjual produk sesuai target pasarnya, maka produk anda bisa laris terjual karena yang membelinya adalah orang-orang yang memang memiliki minat tinggi terhadap prdouk anda.

4. Waspada Pembajakan

Alasan lain kenapa penjualan produk anda selalu menurun yaitu ada yang membajak produk anda dengan kualitas yang lebih rendah, sehingga para pembeli berpikir kalau produk anda memiliki kualitas yang buruk. Kejadian seperti ini sering dihadapi oleh produk yang sudah memiliki brand ternama. Mungkin anda pernah mendengar istilah “barang kw” berarti barang tersebut mirip dengan barang aslinya tapi kualitasnya dibawah standart produk yang asli.

5. Pelayanan yang Kurang Memuaskan

Anda memiliki produk dengan kualitas terbaik, harganya juga sesuai dengan harga pasaran, strategi pemasarannya juga sudah oke, tapi kenapa penjualannya malah turun ya? Cobalah evaluasi pelayanan anda atau karyawan anda sebagai penjual kepada konsumen. Bisa jadi konsumen enggan kembali untuk membeli produk anda karena merasa kecewa dengan pelayanan sebelumnya.

Baca juga  Bermodalkan Toko Online, Raih Omset Jutaan Rupiah

Dengan memperhatikan semua 5 penyebab omzet penjualan menurun yang sudah dijelaskan diatas, diharapkan anda dapat memperbaiki lagi kualitas, pelayanan, hingga pemasaran produk anda sehingga penjualannya bisa kembali meningkat dan laris di pasaran. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia bisnis.

Previous

Next

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

/* */