Nggak Hingga 50 Juta, Milenial Dapat Bangkit Rumah ‘risha’ Satu Lantai.

Nggak Hingga 50 Juta, Milenial Dapat Bangkit Rumah ‘risha’ Satu Lantai.

Kaum milenial tengah dibayang-bayangi kekhawatiran untuk mempunyai rumah karena harganya yang terus melonjak setiap tahun. Pilihan untuk menyicil KPR sebagai salah satu solusi kepemilikan rumah juga kadang terhambat oleh ketersediaan uang muka. Bangun rumah pun terkendala harga tanah dan tenggat waktu yang lama.

Jangan duka dulu, ada penemuan Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) yang sanggup jadi solusi alternatif rumah layak huni dengan harga terjangkau. Penasaran ibarat apa rumah Risha? Yuk, simak!

1. Risha merupakan rumah beton instan dengan konsep bongkar pasang yang sanggup dibangun dengan singkat

Rumah dengan teknologi Risha yang dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memakai konsep bongkar pasang yang proses pembangunannya nggak membutuhkan semen dan bata, melainkan dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut. Kompenennya dibentuk secara pabrikasi dengan kostruksi penyusun rumah menurut ukuran modular. Makanya, Risha sanggup diselesaikan dengan waktu yang relatif singkat.

2. Sesuai dengan namanya, rumah ini dirancang memakai material yang mudah dan gampang dikerjakan

Nggak Hingga 50 Juta, Milenial Dapat Bangkit Rumah ‘risha’ Satu Lantai.

Rumah Risha memakai beton bertulang – gabungan pasir, semen, dan batu – sebagai material struktur utamanya. Sedangkan untuk lantai, konstruksi yang dipakai yakni balok loteng dan papan kayu (multipleks). Kualitas material ini terjamin alasannya diproduksi secara pabrikasi.

Baca juga >>
Desain Ruang Keluarga Gaya Klasik Berkelas Ala Eropa 2014

3. Struktur bangunan Risha terdiri dari tiga macam panel yang membentuk modul rumah jikalau disambungkan

Ada 3 jenis panel yang menyusun struktur rumah Risha. Panel 1 berbentuk balok, panel 2 berbentuk kolom, dan panel 3 berbentuk siku, difungsikan untuk mengunci rangka di bab sudut. Di setiap panelnya terdapat tiga lubang mur dan baut yang dipakai untuk menyambung panel-panel yang berbeda. Ukuran standar ini sanggup diadaptasi dengan kebutuhan dan anggaran yang kau punya. Untuk memperluas ukuran modul, kau tinggal menabah panel saja. Satu modulnya sanggup diselesaikan dalam waktu kurang lebih 24 jam dan dikerjakan oleh 3 tenaga kerja.

4. Sekilas sih kelihatan rentan dan kayak rumah mainan, tapi Risha sudah memenuhi SNI dan tahan gempa lo!

Nggak Hingga 50 Juta, Milenial Dapat Bangkit Rumah ‘risha’ Satu Lantai.

Meski bentuk Risha cenderung kaku alasannya harus mengikuti kelipatan dari panjang konstruksi, namun komponen modulnya memungkinkan untuk melaksanakan ekspansi dan penambahan lantai. Iya, kau sanggup bangkit Risha dua lantai kok. Selain itu, Risha ini sudah lolos uji SNI lo, pun diklaim tahan gempa. Risha ini jugalah yang dipakai Kementerian PUPR untuk membangun ulang rumah masyarakat di Lombok yang terdampak musibah gempa.

5. Rumah Risha ini memang punya banyak keunggulan, tapi perlu diperhatikan kelemahannya juga

Nggak Hingga 50 Juta, Milenial Dapat Bangkit Rumah ‘risha’ Satu Lantai.

Selain struktur bangunannya yang cenderung kaku, beban lantai dan rumah tinggal Risha nggak boleh melebihi 125 kilogram per meter persegi. Jadi, ketika ada perubahan fungsi ruang, pastikan nggak ada penambahan beban hingga melebihi batas yang ditentukan. Sebaiknya juga nggak memakai lantai dari materi beton bertulang alasannya Risha memungkinkan buat dibangun hingga dua lantai memakai lantai keramik.

Nah, dengan adanya Risha, kau sanggup mematahkan anggapan bahwa milenial nggak sanggup beli atau bangkit rumah alasannya menipisnya hunian yang terjangkau. Justru, kau punya peluang untuk membangun rumah dengan biaya yang murah dan waktu pengerjaan yang cepat, meski belum punya tanah sendiri alasannya sistem bongkar pasang Risha yang gampang dipindahkan.

Baca juga >>
Desain Ruang Tamu Minimalis Warna Putih

Gimana? Kamu tertarik? Segera hubungi kontraktor berpengalaman untuk berkonsultasi, ya!