Model Pagar Rumah Minimalis Baja Ringan

Pagar adalah struktur tegak yang dirancang untuk membatasi atau mencegah gerakan melintasi batas yang dibuatnya. Pagar umumnya dibedakan dengan dinding menurut kekokohan kontruksinya. Suatu dinding umumnya didefinisikan sebagai pembatas yang terbuat dari batu bata atau beton, yang tidak hanya membatasi gerakan, melainkan juga pandangan.

Pagar memiliki beberapa kegunaan, misalnya pagar pertanian untuk melindungi hewan ternak dari pemangsa, pagar privasi untuk memberikan privasi, pagar sementara untuk memberikan keselamatan dan keamanan publik pada suatu situs konstruksi, pagar pengaman untuk menghindari pelanggar batas atau pencuri dan mencegah anak-anak dan hewan peliharaan untuk lari, serta pagar hias, untuk mempercantik tampilan rumah, taman, atau lainnya.

Di artikel kali ini kami akan membahas beberapa model pagar rumah minimalis baja ringan. Memasang pagar di sekeliling rumah adalah upaya menciptakan keamanan yang lumrah dilakukan. Setidaknya, pagar dapat memperkecil peluang terjadinya pencurian. Selain itu, pagar juga bisa menjadi pembatas yang jelas antara lahan rumah milik Anda dan orang lain.

Pagar Baja Ringan

Model Pagar Rumah Minimalis Baja Ringan

Pagar baja ringan adalah pagar yang menggunakan bahan baja ringan yaitu baja karbon yang bersifat kaku dan kuat sehingga banyak digunakan untuk keperluan konstruksi. Baja ringan mempunyai feromagnetisme (magnet) yang berarti bisa juga untuk digunakan sebagai rangka mobil, membuat peralatan listrik dan senjata api.

Pagar dari baja ringan memiliki beberapa kelebihan dibanding jenis lainnya. Kelebihan pertama adalah bobotnya yang ringan sekitar 9 sampai 12 kilogram per meter persegi dibandingkan dengan rangka kayu yang bobotnya sekitar 40 kg/m2. Baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional.

Selain bobotnya yang ringan, pagar dari baja ringan juga memiliki keunggulan sebagai material yang ringkas dan mudah untuk disambungkan sehingga proses pengerjaan bisa lebih cepat. Pagar rumah dari baja ringan juga tahan terhadap segala cuaca baik panas dan dingin yang ekstrem dan juga tidak mudah keropos karena karat atau dimakan rayap. Baja ringan bersifat tidak membesarkan api dan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin.

Selama beberapa tahun terakhir, pagar rumah minimalis baja ringan cukup populer di kalangan masyarakat. Ini bukan tanpa alasan. Rumah minimalis mengutamakan kesederhanaan, baik dari segi desain maupun ukuran. Jadi, rumah dengan luasan terbatas tetap bisa menonjolkan estetika. Dengan kata lain, rumah minimalis lebih dari sekedar memilih warna hitam, putih dan abu-abu. Penggunaan warna lain juga sangat memungkinkan untuk diterapkan pada rumah minimalis. Nilai minimalis sebuah hunian bisa Anda tonjolkan melalui konsep-konsep berikut.

Sebuah struktur bangunan rumah yang tidak rumit

Salah satu hal yang biasanya paling “terlihat” dari rumah minimalis adalah struktur bangunannya. Rumah minimalis memang memiliki desain eksterior dan interior yang berbeda-beda, tergantung dari kesukaan penghuninya masing-masing. Namun semuanya memiliki satu kesamaan, yaitu struktur bangunan yang tidak rumit. Secara umum struktur bangunan rumah minimalis cenderung kompak dan simetris, baik secara horizontal maupun vertikal.

Dekorasi minimal, tidak ada kekusutan dalam desain

Penggunaan furnitur dan pemasangan dekorasi dalam sebuah rumah tergantung dari masing-masing penghuninya. Namun, jika Anda memang ingin memiliki rumah minimalis, maka sebaiknya gunakan furnitur sesedikit mungkin. Lalu, jika ingin memasang sejumlah dekorasi, pilih yang berdesain simpel atau tidak terlalu ribet. Untuk membantu Anda dalam menentukan furnitur dan dekorasi rumah, umumnya rumah minimalis bercirikan penggunaan tangga, lemari panel datar, dan furnitur yang secara visual terlihat “bersih”.

Pencahayaan maksimal dengan ruang terbuka

Rumah minimalis identik dengan ruang terbatas, namun tidak selalu demikian. Dalam hal ini yang lebih penting adalah ruangan yang terlihat luas, bersih dan terang di dalam rumah. Penggunaan sekat dikurangi agar ruangan terasa lebih luas. Misalnya, Anda bisa memadukan ruang tamu dan ruang makan tanpa sekat. Akan lebih baik jika Anda memasang jendela besar daripada dinding. Melalui jendela ini, sinar matahari bisa masuk dengan mudah sehingga saat pagi hingga sore hari, Anda tidak perlu menyalakan lampu di dalam rumah. Tidak hanya penerangan yang bisa maksimal, penggunaan listrik juga bisa dihemat di waktu yang sama.

Sederhana dalam bentuk dan fungsi rumah

Tatanan yang sederhana dan efisien menjadi prioritas atau fokus utama pada konsep rumah minimalis. Dari sini Anda bisa membuat ruangan yang simpel dan tidak ribet. Oleh karena itu pada umumnya struktur rumah minimalis  berbentuk kotak. Namun, bukan berarti bentuknya yang sederhana mengurangi fungsi rumah itu sendiri. Padahal, dengan furnitur dan dekorasi yang minim, Anda sebagai penghuni bisa lebih leluasa dalam beraktivitas. Ditambah dengan pencahayaan yang maksimal, tentunya rumah minimalis akan memberikan pengalaman hunian yang menyenangkan.

Setiap orang pasti punya ide berbeda tentang rumah minimalis. Namun, bagi Anda yang berencana membangun hunian dengan tema serupa, beberapa konsep rumah minimalis di atas bisa menjadi dasar pertimbangan. Di bawah ini kami sajikan beberapa gambar dan foto model pagar rumah minimalis baja ringan yang bisa Anda jadikan referensi dalam desain pagar rumah Anda.

 

 

 

0/5 (0 Reviews)