Mengenal Sistem Asuransi Kesehatan Syariah di Indonesia

Lini produk asuransi kesehatan terdiri atas dua sistem yaitu sistem asuransi kesehatan konvensional dan sistem asuransi kesehatan syariah. Keduanya tentu memiliki perbedaan dan kali ini kita akan mengenal sistem asuransi kesehatan syariah seperti apa.

Untuk sistem asuransi kesehatan syariah, prinsip risk sharing atau tolong menolong diberlakukan. Prinsip tersebut diberlakukan untuk menghindari adanya dana yang bersifat subhat atau gharar dimana hal tersebut sangat tidak diperbolehkan dalam hukum syariah.

Nah, jika Anda tertarik untuk ikut dalam program asuransi kesehatan syariah, selengkapnya tentang sistem asuransi kesehatan syariah di Indonesia seperti apa bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Mengenal Sistem Asuransi Kesehatan Syariah

Dalam tata kelola asuransi kesehatan syariah, hal u2013 hal yang bersifat gharar, riba, subhat dan menyerempet kepada perbuatan maksiat serta perjudian bisa diminimalisir. Dengan begitu, Anda yang menggunakan asuransi syariah tidak perlu khawatir tentang prosedur dan sistemnya. Semuanya dilaksanakan sesuai prosedur syariah.

Dalam asuransi syariah sendiri terdapat dua jenis akad yang bisa diikuti yaitu akad tijarah dan akad tabarru. Akad tijarah merupakan akad untuk mendapatkan keuntungan sehingga perusahaan melakukan akad dengan nasabah yang tujuannya adalah untuk mencari berbagai macam keuntungan.

Sementara yang disebut dengan akad tabarru merupakan sebuah perjanjian yang didasarkan atas asas tolong menolong dan gotong royong dimana dalam pengaplikasiannya terdapat didalam asuransi kesehatan syariah.

Sebagai contoh, ketika Anda membayar kontribusi sebesar 2 juta rupiah dan mendapatkan klaim sebesar 20 juta rupiah per tahun, itu artinya dana 18 juta tambahan yang Anda akan dapatkan merupakan dana urunan dari nasabah yang lainnya.

Baca juga >>
Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia Apa Saja? Cek Disini!

Nah, contoh diatas merupakan contoh dana tabarru atau dana hibah yang bisa dimanfaatkan dalam sistem asuransi kesehatan syariah di Indonesia. Jadi, ketika Anda atau ada anggota yang sedang mengalami sakit, maka resiko pembayaran yang sangat besar tidak dapat dialihkan kepada perusahaan selayaknya perusahaan asuransi konvensional.

Melainkan ketika ada anggota yang sedang sakit maka dana yang dibutuhkan akan ditanggung secara bersama u2013 sama oleh nasabah dengan dana yang dikelola dan telah dipersiapkan. Hal tersebut dilakukan karena prinsip pemutaran dana nasabah dalam sistem asuransi kesehatan syariah didasarkan atas prinsip saling tolong menolong antara sesama nasabahnya.

Jika Anda tertarik untuk ikut dalam program sistem asuransi kesehatan syariah, ada beberapa produk asuransi kesehatan syariah yang dapat diikuti dengan premi rendah, diantaranya :

Asuransi kesehatan AlliSya Care dari Allianz

AlliSya Care merupakan lini unit asuransi kesehatan syariah dari Allianz yang memiliki berbagai manfaat. Manfaat biaya kamar yang diterima berdasarkan plan terpilih mulai dari dana sebesar 100 ribu rupiah sampai dengan 1 juta rupiah.

Melalui AlliSya Care dari Allianz, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dan bisa dinikmati nasabah diantaranya :

  • Praktis karena metode pembayarannya menggunakan sistem cashless
  • Dapat mengajukan reimbursement jika rumah sakit berada diluar jaringan Allianz
  • Terdapat santunan kematian
  • Pembagian surplus underwriting secara adil jika tidak terdapat klaim dan berniat perpanjangan polis
  • Mendapatkan diskon sebesar 5% setiap ada tambahan anggota keluarga

Asuransi kesehatan PRUprime Healthcare Syariah dari Prudential

Asuransi kesehatan syariah yang satu ini juga memberikan berbagai macam kelebihan. Salah satu kelebihan dari PRUprime Healthcare Syariah adalah memberikan perlindungan dengan rentang usia sampai 85 tahun dan memberikan manfaat rawat inap mencapai 8 juta rupiah per hari.

Baca juga >>
Manfaat Asuransi Pendidikan yang Perlu Jadi Pertimbangan

Beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dari PRUprime Healthcare Syariah diantaranya :

  • Pembayaran biaya kesehatan yang cashless di tiga negara sekaligus yaitu Indonesia, Singapura dan Malaysia.
  • Nasabah berhak mendapatkan manfaat sebesar 10% sampai 50% jika tidak ada klaim
  • Batas manfaat tahunan yang bisa didapatkan mencapai angka 35 miliar rupiah

Asuransi kesehatan Fulmedicare Gold dari Takaful Keluarga

Takaful Keluarga juga menjadi salah satu perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi kesehatan syariah dengan nama Fulmedicare Gold. Perlindungan yang cukup lengkap ditawarkan oleh Fulmedicare Gold.

Tak hanya perawatan karena jatuh sakit dan kecelakaan saja yang diberikan, melainkan dana persalinan, rawat inap sampai kebutuhan kacamata diberikan oleh lini asuransi dari Takaful Keluarga ini.

Asuransi kesehatan Muda Mandiri Syariah Plus dari Axa Mandiri

Axa Mandiri pun memiliki asuransi kesehatan dengan sistem syariah yang diberi nama Muda Mandiri Syariah Plus.u00a0 Preminya sendiri tergolong terjangkau yaitu mulai dari 4 juta rupiah per tahun. Ini artinya bahwa Anda cukup bayar sebesar 300 ribu rupiah saja setiap bulannya untuk menikmati asuransi dari Muda Mandiri Syariah Plus.

Asuransi bebas handal dari FWD

FWD memang merupakan sebuah perusahaan asuransi yang tergolong masih baru. Nah, FWD ini punya sebuah produk unit syariah yang bisa dimanfaatkan. Namanya Asuransi bebas handal dari FWD.

Melalui asuransi bebas handal, Anda bisa membayar premi dengan harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari 75 ribu rupiah saja per bulan. Sementara manfaat yang Anda bisa terima sampai angka 100 juta rupiah per tahunnya.

Tentu ada banyak keuntungan yang akhirnya bisa Anda dapatkan dari FWD. Kelebihan dari asuransi FWD pun sangat banyak. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya :

  • Memiliki sistem cashless yang lebih praktis
  • Bisa dibeli secara online
Baca juga >>
Perusahaan Asuransi Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan, Apa Bedanya?

Itulah beberapa hal tentang sistem asuransi kesehatan syariah di Indonesia beserta beberapa lini asuransi kesehatan berbasis syariah yang bisa Anda ikuti.

u00a0

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !