Mengapa Karyawan Membutuhkan Pengakuan dan Penghargaan?

Pengakuan dan penghargaan. Kita sering menggunakan kata-kata ini secara bergantian dan menganggapnya sebagai hal yang sama. Tapi meskipun keduanya terlihat sama penting, ada perbedaan besar di antaranya. Bagi para pemimpin yang ingin tim mereka berkembang dan organisasi yang ingin menciptakan budaya keterlibatan, loyalitas, dan kinerja tinggi, maka sangat penting untuk memahami perbedaannya.

Mengapa Karyawan Membutuhkan Pengakuan dan Penghargaan?

Pengakuan adalah tentang memberikan umpan balik positif berdasarkan hasil atau kinerja. Terkadang hal ini terjadi secara formal seperti piagam penghargaan, bonus, promosi, dan kenaikan gaji. Terkadang pengakuan juga diberikan secara lebih informal seperti ucapan terima kasih secara verbal atau bahkan sekedar catatan tulisan tangan. Semua metode ini bisa bermakna terutama jika dilakukan di waktu yang tepat dan perasaan tulus. Hal ini akan memotivasi semua orang yang ingin pekerjaan terbaik mereka dihargai.

Tapi ada beberapa batasan untuk pengakuan ini. Pertama, ini berbasis kinerja, jadi sangat kondisional. Yang kedua, didasarkan pada masa lalu, jadi ini tentang apa yang sudah dilakukan orang. Ketiga, ini sangat langka terjadi. Terkadang pengakuan ini disebarkan ke semua orang dan memberitahu bonus dan keuntungan yang akan mereka dapatkan. Tapi di sisi lain, orang yang tidak mendapatkan pengakuan akan stres dan mulai mencari cara agar mendapat pengakuan bagaimana pun caranya. Keempat, biasanya harus datang dari atasas. Banyak organisasi telah menyiapkan program yang memungkinkan karyawannya untuk saling menilai satu sama lain, tapi bentuk utama dari pengakuan seperti promosi, kenaikan gaji, dan sebagainya biasanya diberikan oleh para pemimpin senior. Sementara pengakuan yang mencakup kompensasi finansial menjadi lebih diutamakan, para peneliti dari London School of Economics menemukan bahwa insentif finansial bisa sangat mudah menjadi bumerang dalam hal memotivasi karyawan. Menurut analisis dari 51 percobaan, “insentif ini dapat mengurangi kecenderungan alami karyawan untuk menyelesaikan tugas dan mendapatkan kesenangan dari menyelesaika tugasnya.”

Baca juga >>
Tantangan Utama Pemimpin Dalam Menyeimbangkan Kebutuhan dan Kepuasan Karyawannya

Sedangkan di sisi lain, Penghargaan adalah tentang mengakui nilai bawaan seseorang. Intinya bukan tentang prestasi mereka tapi lebih kepada nilai mereka sebagai kolega dan manusia.
Dalam istilah sederhana, pengakuan adalah tentang apa yang dilakukan orang dan penghargaan adalah tentang siapa mereka.
Perbedaan ini penting karena pengakuan dan penghargaan diberikan karena berbagai alasan. Bahkan ketika melihat orang sukses, pasti akan ada kegagalan dan tantangan di sepanjang jalan yang mungkin tidak ada hasil nyata untuk ditunjukkan di kemudian hari. Jika Anda hanya berfokus pada memuji hasil positif dengan pengakuan, maka Anda kehilangan banyak peluang untuk terhubung dan mendukung anggota tim Anda untuk menghargainya.

Ketika Anda menunjukkan penghargaan kepada kolega, pelanggan, manajer, dan mitra lainnya, maka Anda lebih mungkin untuk membangun kepercayaan dan saling terhubung.
Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menunjukkan penghargaan kepada orang-orang di sekitar Anda:

Mendengarkan

Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk orang yang bekerja dengan Anda dengan hayang paling sederhana: Letakkan telepon Anda, matikan komputer Anda, dan dengarkan mereka dengan tulus.
Beri tahu orang-orang apa yang Anda hargai tentang mereka. Melakukan ini secara proaktif bukan karena seseorang melakukan sesuatu yang hebat atau karena Anda menginginkan sesuatu darinya tapi ini adalah hadiah yang sangat berharga. Hal ini dapat secara positif memengaruhi perasaan rekan kerja Anda tentang diri mereka sendiri, hubungan Anda dengan mereka, dan budaya tim.

Memahami

Kutipan menarik yang berhubungan dengan poin ini dari Teddy Roosevelt: “Orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu sampai mereka tahu seberapa besar kepedulian Anda.” Pahami orang yang bekerja dengan Anda. Bertanya bagaimana keadaan mereka dan apa yang mereka hadapi saat ini bisa menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli.

Baca juga >>
Adakah Bisnis Tanpa Modal Selain Dropship

Menunjukkan penghargaan kepada karyawan sangat penting jika Anda seorang manajer. Dalam Survei Apresiasi Karyawan Glassdoor, 53% orang mengatakan merasa bahwa penghargaan dari bos mereka akan membantu mereka tinggal lebih lama di perusahaan mereka, meskipun 68% mengatakan bos mereka sudah menunjukkan penghargaan yang cukup. Para pemimpin hebat harus berhasil memusatkan perhatian dan memupuk apresiasi dan pengakuan. Dan kita semua mendapat manfaat dari memahami perbedaan ini dalam bisnis dan dalam kehidupan. Pengakuan itu tepat dan perlu ketika itu diterima dan layak. Dan Penghargaan bagaimanapun juga sangat penting setiap saat.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !