Apa Itu Optimasi Speed Website
Mau Buat Blog WordPress Self Host Tapi Gak Ada Duit

Jika punya blog WordPress Self Host memang kita jadi gak khawatir blog bakal dihapus. Beda jika pakai yang gratisan semacam blogspot maupun WordPress.com yang sewaktu-waktu bisa kena hapus. Tapi buat blog WordPress self host juga gak gratis. Paling murah saya lihat untuk sewa hostingnya di dobelhost.com itu Rp. 77.000/tahun belum termasuk domain. Kalau di layanan hosting yang lain kebanyakan lebih mahal. Cuman kelemahan di dobelhost.com ini adalah pakainya server USA sehingga kurang oke jika buat blog berbahasa Indonesia.

Pusing juga memang bagi yang duitnya pas-pasan tapi pengin punya blog WordPress self host. Apalagi jika blognya lebih dipakai sebagai hobi menulis dan berbagi sedangkan earning blognya masih nol. Kalau pakai VPS paling murah itu $5/bulan di vultr maupun digitalocean. Panelnya kita bisa pakai yang gratisan semacam vestacp. Kalau pakai layanan shared hosting selain dobelhost.com itu ya ada yang 8.000/bulan, 16.000/bulan tergantung speknya, itu belum termasuk biaya sewa domain.

Saran saya sih pakai aja domain com aja yang sudah terkenal. Pernah tertarik lihat harga domain id ternyata harganya lebih mahal dari dot com. Di hostgator ada promo biaya hosting $0.01/bulan tapi ternyata cuman di bulan pertama doang. Di bulan berikutnya harganya mahal di atas $10 per bulannya. Kalau ada kartu kredit bisa coba pakai Google cloud yang gratis setahun pertama. Untuk tahun berikutnya juga harganya mahal. Bisa coba juga apply dengan kartu jenius btpn tapi aman gak nya kurang tahu. Takutnya di tengah jalan akun di suspend dan data blog hilang semua.