Manfaat Teknologi Robotik Bagi Dunia Industri

Industri robotika telah berkembang selama bertahun-tahun, dan tren ini kemungkinan akan berlanjut hingga tahun 2020. Federasi Robotika Internasional memperkirakan bahwa lebih dari 3 juta robot akan digunakan di pabrik-pabrik di seluruh dunia pada akhir tahun ini.  Peningkatan signifikan dalam industri robotika ini bukan satu-satunya pertumbuhan yang diharapkan. Tetapi manfaat teknologi robotik sangat dirasakan.

Konsep otomatisasi tempat kerja bukanlah hal baru, tetapi masa depan tenaga kerja robot cerah.  Bisnis telah menerapkan robotika selama beberapa dekade, jika sebagian besar di bidang manufaktur.

Tidak hanya jumlah robot yang diperkirakan akan meningkat, tetapi jumlah industri yang memanfaatkan robot juga kemungkinan akan meningkat.  Robotika akan mulai muncul dalam peran yang sebelumnya tidak terlihat, dan peran ini akan menjadi lebih terlihat oleh publik.

Manfaat Teknologi Robotik

Banyak sekali manfaat teknologi robotik yang dapat dirasakan manusia,  beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Otomatisasi Kognitif

Di titik pertemuan antara komputasi kognitif dan kecerdasan buatan (AI) terletak otomatisasi kognitif.  Dengan bantuan teknologi AI yang lebih maju, komputer dapat memproses informasi dalam jumlah besar yang akan membuktikan tugas yang mustahil bagi manusia.

Otomatisasi kognitif menggunakan alat-alat seperti pemrosesan bahasa, penggalian data, dan teknologi semantik untuk memahami kumpulan data yang besar dan tidak terorganisir.  Kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk menghasilkan prediksi dan analisis yang berguna.

Banyaknya volume data yang dapat diambil oleh sistem komputasi ini dapat memberi bisnis informasi yang tidak akan pernah mereka miliki sebelumnya.  Perusahaan dapat menggunakan analisis yang disediakan oleh otomatisasi kognitif untuk menilai kembali dan mengoptimalkan praktik bisnis mereka.  Perusahaan-perusahaan ini akan dapat melakukan perbaikan yang tidak mereka ketahui dibutuhkan. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

Baca juga >>
Cara Menggabungkan Foto Dan Video Dalam Satu Bingkai

2. Keselamatan Dan Keamanan

Otomatisasi proses robotik (RPA), praktik mengotomatiskan operasi bisnis yang berulang, menawarkan potensi signifikan dalam meningkatkan keselamatan.  Banyak masalah keamanan bermuara pada risiko kesalahan manusia.  Mengotomatiskan proses tertentu menghilangkan kekhawatiran ini.

Manusia bisa terganggu dan lelah, menyebabkan kesalahan yang dapat menyebabkan cedera fisik atau kerugian finansial bagi perusahaan.  Mendelegasikan tugas yang lebih mudah dan biasa ke aset robotik dapat memastikan keselamatan dan membebaskan orang untuk menangani pekerjaan yang lebih mendesak dan kompleks.

Robotika juga dapat meningkatkan keamanan informasi.  Komputer secara unik disesuaikan untuk menangani pekerjaan yang banyak data, sehingga perusahaan dapat menggunakan bot RPA untuk melacak aliran informasi sensitif.  Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

3. Logistik Gudang

Bot RPA juga terbukti berguna di bidang logistik gudang.  Manajemen inventaris adalah bagian penting dari banyak bisnis, tetapi kesalahan sederhana seperti pelatihan yang tidak memadai dan entri data yang salah dapat menghalangi keseluruhan proses.

Menerapkan robotika ke dalam logistik gudang dapat membantu mengurangi kesalahan inventaris ini dan mencegah konsekuensi parah yang mengikutinya.  Perubahan prosedural yang mungkin menyebabkan pekerja manusia membuat kesalahan tidak akan memengaruhi mesin berbasis data.

Jika seorang karyawan mungkin salah menghitung atau lupa menulis sesuatu, sistem otomatis akan melacak semuanya secara akurat dan otomatis. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

4. Pekerjaan Berbahaya

Robotika tidak hanya membantu di area di mana manusia mungkin membuat kesalahan, tetapi juga saat berada dalam bahaya.  77 persen pekerja yang mengesankan di Inggris mengatakan mereka lebih suka robot melakukan tugas berbahaya daripada manusia.  Perusahaan dapat menggunakan mesin yang kokoh dalam situasi yang dapat melukai seseorang.

Baca juga >>
Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Via PC dan Smartphone Dengan Mudah

Produsen robotika sering merancang robot industri yang dioptimalkan untuk satu tugas.  Kemajuan teknologi telah menghasilkan alat berat yang lebih tangguh, memungkinkan perusahaan untuk menerapkannya di lingkungan yang berbahaya.

Mempekerjakan robot di area berbahaya tidak hanya mengurangi risiko bagi manusia, tetapi juga akan memungkinkan bisnis melakukan tugas baru yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan karena bahaya yang terlibat. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

5. Mobil Self-Driving

2020 mungkin bukan tahun di mana mobil self-driving mengambil alih jalan, tetapi model otonom kemungkinan akan muncul dalam lebih banyak jumlah dan peran daripada yang terlihat sebelumnya.

Kendaraan otomatis yang berjalan di jalur tetap, seperti monorel bandara, telah digunakan selama beberapa waktu.  Sekarang transport ini telah membuktikan fungsionalitas dan keandalannya, mereka siap untuk digunakan di lingkungan lain.

Layanan antar-jemput mengemudi sendiri dapat mengangkut siswa melintasi kampus atau penghuni panti jompo di seluruh komunitas mereka.  Olimpiade Tokyo 2020 dapat mendemonstrasikan penggunaan mobil otonom seperti itu, menggunakannya untuk membantu atlet dan penonton menavigasi kompleks.  Kendaraan self-driving bahkan dapat digunakan di kota-kota besar untuk pengiriman makanan.  Terlepas dari spesifiknya, prevalensi mobil otomatis kemungkinan akan meningkat pada tahun 2020. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

6. Melengkapi Retail

Tujuan robotika dalam bisnis bukanlah untuk menggantikan tenaga kerja manusia, tetapi untuk melengkapinya.  Industri ritel dapat menjadi tempat pembuktian bagaimana robot dan manusia dapat bekerja sama.  Seperti halnya manufaktur, mesin dapat menangani tugas yang lebih berulang atau berpusat pada data sementara karyawan menangani pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak nuansa.

Menggunakan robotika untuk membantu di berbagai bidang seperti pembersihan, manajemen inventaris, atau entri data akan membebaskan karyawan untuk memberikan perhatian lebih kepada pelanggan.  Interaksi tatap muka adalah landasan ritel.  Memberi lebih banyak waktu kepada staf untuk menangani interaksi ini dapat menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan membantu pengecer fisik bertahan di era belanja online.

Baca juga >>
Cara Kerja Teknologi Robotik

Keuntungan utama yang dimiliki toko fisik dibandingkan rekan internet mereka adalah konektivitas manusia.  Meskipun tampaknya berlawanan dengan intuisi, robotika dapat membantu pengecer ini memanfaatkan keuntungan ini sebaik mungkin.

Mesin sering kali lebih unggul dalam pekerjaan berbasis data dan monoton, sementara orang lebih baik dalam bidang yang membutuhkan percakapan dan keramahan.  Memanfaatkan keduanya di bidang yang paling sesuai bagi mereka dapat meningkatkan bisnis secara eksponensial. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

7. Perawatan Kesehatan

Industri medis membutuhkan analisis yang cepat dan tepat, dan robotika menawarkan hal itu.  Meskipun sentuhan manusia masih penting untuk pekerjaan dokter, robot dapat membantu mereka menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan lebih akurat.

Tes menunjukkan bahwa dokter dapat melakukan operasi robotik lebih dari 1.000 mil jauhnya dari pasien mereka.  Operasi jarak jauh dengan robotika akan memungkinkan ahli bedah terkemuka di negara itu untuk mengoperasi pasien yang jauh tanpa harus bepergian.  Bahkan jika robot bedah tidak lepas landas pada tahun 2020, perawatan kesehatan kemungkinan masih akan menjadi lebih otomatis.

Seperti halnya robot dapat mengangkut dan mengirimkan barang di manufaktur dan ritel, mereka dapat memindahkan obat dan peralatan melalui rumah sakit sementara dokter dan perawat fokus pada tugas lain.

Sistem otomatis dapat melacak status pasien saat anggota staf melakukan pemeriksaan.  Sebuah industri yang sibuk dan sepenting perawatan kesehatan memiliki banyak keuntungan dari penerapan robotika. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

Masa Depan Teknologi Robotik

Peran robotika dalam bisnis telah berkembang ke posisi kita saat ini yaitu di ujung tombak masa depan.  Seiring dengan meningkatnya jumlah industri yang mempekerjakan robot, demikian pula kehadiran mereka di dunia kerja.

Baca juga >>
Cara menggunakan aplikasi ruang guru.

Masa depan mungkin memiliki cerita yang berbeda.  Kemajuan teknologi dan penerimaan budaya yang lebih luas atas konsep tersebut kemungkinan besar akan mengarah pada otomatisasi lebih lanjut dari dunia modern. Hal ini tentu saja akan meningkatkan manfaat teknologi robotika bagi umat manusia.

Order via Whatsapp !