Manfaat Teknologi LiDAR Bagi Manusia

LiDAR adalah salah satu dari rangkaian teknologi yang bersama-sama membentuk blok bangunan dasar era baru otomasi. Dari aplikasi dasar dalam sensor hingga pencetakan 3D, pemindaian 3D, pemodelan, dan kota pintar, LiDAR mengubah dunia dalam beberapa cara. Mari kita lihat beberapa Manfaat Teknologi LiDAR dan aplikasi utama LiDAR

Manfaat Teknologi LiDAR Bagi Manusia

Manfaat Teknologi LiDAR dalam Augmented Reality (AR)

Augmented reality (AR) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melihat konten virtual seperti yang ada di dunia nyata. LiDAR meningkatkan kejelasan dan hasil akhir sistem AR. Pemindai LiDAR menawarkan pemetaan 3D berkualitas tinggi, yang memungkinkan sistem AR lain menumpuk data di atas peta resolusi tinggi. Menggunakan point cloud, LiDAR menambah pengalaman AR. Penelitian sedang berlangsung pada penerapan LiDAR angin Doppler, yang memungkinkan kita melihat pergerakan angin secara harfiah. Pendekatan ini akan sangat berguna dalam keselamatan penerbangan, visualisasi data atmosfer, prakiraan cuaca, dan kesiapsiagaan bencana.

Manfaat Teknologi LiDAR di Kendaraan Otonom

Mobil otonom diharapkan segera hadir dan mereka akan merevolusi sektor otomotif sepenuhnya. Tanpa LiDAR, kendaraan otonom tidak bisa dibayangkan. LiDAR harus disebut mata kendaraan otonom karena melihat sekeliling kendaraan, menghitung jarak, mengidentifikasi penghalang di depan, menerangi objek dengan laser, dan kemudian membuat gambar digital resolusi tinggi. LiDAR juga digunakan untuk menghindari tabrakan dengan mengukur jarak antara mobil dan mobil lain di depannya. Ini dilakukan dengan memasang LiDAR di bumper atau atap. Sistem Adaptive Cruise Control di mobil otonom mendapatkan informasi dari sensor LiDAR, yang digunakan untuk memutuskan kapan harus mengerem, memperlambat, atau berakselerasi.

Baca juga >>
Manfaat dan Aplikasi 3D Printing Untuk Industri Penerbangan

Manfaat Teknologi LiDAR Dalam Mitigasi Perubahan Iklim

Resolusi ultra-tinggi dan citra presisi dari LiDAR menangkap dan menyorot bahkan detail terkecil. Karena alasan ini, LiDAR semakin disukai oleh para ilmuwan dan ahli geologi. LiDAR dapat membantu melacak deforestasi dan pola pertanian dengan lebih efisien daripada metode lainnya. Dan data yang diperoleh juga menunjukkan dengan tepat apa yang tidak teramati dalam estimasi sebelumnya, yang membuatnya semakin dapat diandalkan.

NASA telah mengembangkan instrumen berbasis LIDAR yang disebut GEDI (Investigasi Dinamika Ekosistem Global) untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional yang memberikan tampilan 3D unik dari hutan Bumi dan membantu memberikan informasi tentang siklus karbon yang sebelumnya tidak tersedia. GEDI memberikan informasi penting tentang dampak pohon terhadap jumlah karbon di atmosfer. Dengan menggunakan info tersebut, para ilmuwan sekarang dapat mengetahui tingkat pasti karbon yang disimpan hutan dan jumlah pohon yang harus ditanam untuk mengimbangi efek emisi rumah kaca.

Manfaat Teknologi LiDAR dalam Arkeologi

Untuk menggali situs-situs arkeologi tua, LiDAR terbukti menjadi aset penting terutama karena detail luar biasa yang ditawarkannya. LiDAR menghemat waktu serta tenaga para arkeolog dan memungkinkan mereka membuat model yang hampir tidak mungkin dibuat sebelumnya. Gambar 3D yang menakjubkan dari kota Maya kuno dibuat oleh dua arkeolog menggunakan LiDAR yang menawarkan wawasan yang belum pernah ada sebelumnya tentang kota kuno itu.

Manfaat Teknologi LiDAR Pada Drone

Drone LiDAR pada dasarnya adalah sistem LiDAR seluler yang dibawa oleh UAV, atau drone. Ini menggunakan sensor LiDAR yang dikombinasikan dengan sistem IMU (Inertial Measurement Unit) dan GNSS yang akurat. Dibandingkan dengan Fotogrametri, Anda menggunakan LiDAR untuk membuat data point cloud yang sangat akurat.

Baca juga >>
Spesifikasi dan harga handphone realme 6 pro

UAV LiDAR memungkinkan Anda menangkap data spasial saat Anda terbang. Ini tidak bergantung pada metode pasca-pemrosesan yang kompleks sebelum Anda mengetahui apakah yang Anda jepret berkualitas tinggi. Artinya, Anda dapat menangkap data spasial berkualitas tinggi dengan sekali lintasan. Ini memungkinkan Anda untuk memeriksa data Anda di lapangan untuk memastikan Anda telah menangkap apa yang Anda butuhkan. Anda kemudian dapat memperbaiki data yang ditangkap di pos.

Dari awal hingga akhir, Drone LiDAR menawarkan waktu pengambilan dan pemrosesan yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan fotogrametri. Proses pengambilan gambar untuk fotogrametri mengharuskan Anda berjalan di sebagian besar area, menempatkan kontrol tanah untuk memastikan akurasi. LiDAR mengurangi waktu pengiriman data jika dibandingkan dengan fotogrametri. Melakukan hal itu sering memungkinkan set data yang dapat dikirimkan diproduksi dalam hitungan jam dan bukan hari.

Manfaat Teknologi LiDAR dalam Vegetasi

Dalam vegetasi, LiDAR adalah sistem unggulan. Ini terutama kasus di mana sistem bisa mendapatkan banyak pengembalian yang berarti bahwa setiap pulsa laser mendapat banyak pengembalian. Ini meningkatkan kemungkinan membaca data melalui vegetasi untuk mendapatkan model tanah. Fitur Drone LiDAR ini juga menawarkan manfaat sekunder berupa berkurangnya kebutuhan input manusia di lapangan.

Manfaat Teknologi LiDAR dalam proyek konstruksi

Melakukan Survei yang Akurat

Sebelum proyek konstruksi dapat dimulai, survei LIDAR harus dilakukan. Inspeksi ini mengevaluasi seluruh medan untuk menentukan bagaimana tanah perlu diubah atau diratakan. Semakin akurat survei tersebut, semakin akurat hasil akhir dari proyek konstruksi tersebut. Teknologi dari perusahaan pemetaan LIDAR memberikan hasil yang lebih akurat dibandingkan jika teknologi fotogrametri tradisional digunakan.

Simulasi dan Analisis Pengembangan Proyek

Setelah data dari sistem deteksi LIDAR dikumpulkan, proyeksi 3D dari area sekitar proyek konstruksi dapat dibuat. Proyeksi ini dapat digunakan untuk membuat simulasi realistis dari berbagai elemen konstruksi, seperti ukuran dan bentuk jendela. Berbagai bahan dapat dimasukkan ke dalam simulasi untuk menentukan biaya proyek yang akurat. Pemangku kepentingan utama bisa mendapatkan representasi visual tentang bagaimana proyek akan terlihat dalam kehidupan nyata melalui pengaturan realitas virtual ini. Simulasi ini dapat membantu mencegah masalah konstruksi yang mahal untuk diperbaiki dan membantu para pemangku kepentingan sangat senang dengan hasil akhirnya.

Baca juga >>
Cara Agar Open Scope Lebih Cepat Active sav + Config Emulator Untuk Android PUBG Mobile

Manfaat Teknologi LIDAR Untuk Masalah Keamanan

Layanan LIDAR dapat digunakan untuk menemukan potensi masalah yang dapat menyebabkan masalah keamanan. Banyak perusahaan konstruksi kesulitan memeriksa lokasi proyek mereka. Ini karena area tersebut terlalu besar untuk dilalui inspektur atau terlalu berbahaya.

Teknologi dari perusahaan pemetaan LIDAR dapat membantu menghilangkan kekhawatiran ini. Survei LIDAR jauh lebih aman daripada inspeksi manual karena tidak mengharuskan manusia berada di area yang mungkin dianggap tidak aman. Drone dapat diterbangkan di atas kepala untuk mengumpulkan informasi apa pun yang diperlukan.

Keunggulan Utama LiDAR untuk keamanan

LiDAR memberikan banyak manfaat dibandingkan teknologi pesaing, termasuk akurasi tinggi, pelacakan dan analisis waktu nyata, integrasi tanpa batas dengan infrastruktur yang ada, dan manajemen sistem sederhana.

Akurasi tinggi dan tingkat alarm palsu yang rendah

Dalam aplikasi keamanan, alarm palsu sangat mahal harganya. Setiap kali alarm berbunyi, staf harus dimobilisasi untuk segera menanggapi ancaman penyusup. Sistem keamanan dengan tingkat alarm palsu yang tinggi tidak hanya membutuhkan lebih banyak anggota staf untuk merespons peringatan palsu ini, tetapi juga memerlukan perangkat tambahan untuk meningkatkan akurasi deteksi sistem. Selain itu, seringnya alarm palsu dapat membuat operator tidak peka, sehingga menurunkan efisiensi mereka dalam menanggapi peringatan.

Sensor 3D LiDAR dapat memberikan akurasi deteksi lebih dari 95 persen dan keandalan 24/7 di semua kondisi pencahayaan dan atmosfer. Keakuratan dan keandalan solusi berbasis LiDAR secara signifikan mengurangi alarm palsu, yang pada akhirnya menghemat waktu dan biaya. Tingkat alarm palsu yang lebih rendah membuat personel yakin akan keandalan peringatan, meningkatkan kualitas dan ketepatan tanggapan mereka.

Pelacakan dan analisis waktu nyata

Dengan LiDAR, data keamanan tersedia secara real time. Solusi ini secara otomatis melacak setiap orang dan memberikan informasi lokasi waktu nyata, memungkinkan personel keamanan untuk dengan cepat menemukan dan menanggapi potensi ancaman.

Baca juga >>
Cara Paling Sederhana Memasang Kit Subwoofer

Integrasi yang mulus dengan kamera dan infrastruktur yang ada

Sensor LiDAR dapat diintegrasikan dengan kamera PTZ dan Sistem Manajemen Video (VMS). Data posisi dari sensor dapat digunakan untuk mengotomatiskan kontrol kamera PTZ dan secara akurat mengidentifikasi dan melacak objek bergerak di area yang diinginkan. Kontrol PTZ dapat diprogram, dan data lokasi digunakan untuk secara cerdas memilih kamera mana yang akan mengikuti intrusi berdasarkan aturan yang telah diprogram sebelumnya.
Dengan memanfaatkan teknologi LIDAR, perusahaan dapat menghindari potensi masalah berisiko tinggi dan menjaga pekerjaan tetap di bawah anggaran.

Order via Whatsapp !