Manfaat Gadai BPKB Motor dan Mobil Dengan Amanah

Hal tak terduga yang mengharuskan kita menyediakan dana tunai dengan cepat memang seringkali membuat jantung deg-degan dan sakit kepala. Mencari pinjaman ke sana kemari tak kunjung hasil. Menjual kendaraan yang dimiliki pun belum tentu laku terjual dengan cepat.

Saat kamu dilanda dengan situasi sulit seperti ini, untungnya masih ada penyelamat yang dapat menyediakan dana tunai dengan cepat tanpa banyak basa-basi, sebut saja pegadaian BPKB yang ada di sekitar kita. Artikel ini membahas manfaat gadai bpkb motor dan mobil dan juga tips supaya tidak terjerat hutang.

Dengan metode dan pendekatan hutang piutang semacam ini, kamu bisa mendapatkan uang tunai dengan cepat hanya dengan modal gadai bpkb saja. Dengan begitu, kendaraan kesayangan kamu tak harus ditahan dalam kurun waktu yang begitu lama.

Ada dua macam jenis BPKB yang seringkali dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu sepeda motor dan mobil. Keduanya tentu memberikan nilai hutang yang berbeda. Tetapi apapun jenis kendaraan yang kamu miliki, sudah pasti keduanya bisa diproses dengan syarat yang sangat mudah. Bahkan bisa cair hanya dalam kurun waktu satu hari saja.

Manfaat Gadai BPKB Motor dan Mobil

Ada banyak sekali manfaat yang bisa ditawarkan buat kamu yang ingin mencoba mendapatkan dana cepat dengan gadai BPKB kendaraan bermotor, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gadai BPKB Motor dan Mobil Bisa Cepat Dilakukan

Memang banyak orang yang menghindari aktivitas gadai karena cenderung memberikan bunga yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pinjaman bank tertentu. Akan tetapi jika berbicara mengenai kecepatan, maka gadai BPKB lah yang bisa menjadi penyelamat saat kamu mengalami kemalangan dalam bentuk finansial.

Pinjaman bank bahkan bisa memakan waktu berminggu-minggu dengan berbagai macam syarat dan proses yang tak mudah untuk dilalui, terutama jika histori kredit kamu begitu buruk. Padahal, kamu tengah membutuhkan dana tunai cepat yang tak bisa ditunda-tunda lagi.

Berbeda dengan pegadaian, biasanya syarat yang diberikan hanya berupa BKPB motor atau mobil yang akan dijadikan sebagai agunan. Kamu tinggal membawanya ke lembaga keuangan terdekat untuk digadaikan dan bisa mendapatkan sejumlah uang yang tengah kamu butuhkan.

Baca juga
Website Caileak.com Tempat Tutorial Cara Terbaru Lengkap

Selanjutnya, kamu tinggal membayarnya secara dicicil dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Meskipun cenderung cepat dan praktis, akan tetapi harus berhati-hati terhadap jebakan yang dimiliki oleh lembaga tertentu.

Manfaat Gadai Bpkb Motor Dan Mobil

Ada kalanya mereka memberikan bunga yang terlalu tinggi sehingga bisa memberatkan kamu untuk membayarnya. Jika dipaksakan, maka bisa mengakibatkan gagal bayar dan kendaraan kesayangan kamu pun akan dibawa oleh mereka. Inilah salah satu resiko jika kamu gagal dalam membayar.

Jadi pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu, terutama mengenai bunga dan besaran cicilan yang diberikan. Jika sudah pas di hati, maka melakukan gadai BPKB kendaraan bermotor pun bisa dilakukan kapanpun kamu membutuhkannya. Rata-rata pegadaian akan mencairkan dana tunai yang ingin kamu pinjam hanya dalam kurun waktu 6 jam hingga 1 hari saja.

2. Tak Perlu Khawatir Tentang Histori Perhutangan

Sudah ada banyak orang yang ditolak untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga tertentu akibat histori piutangnya yang tidak begitu baik. Sehingga akan mempersulit diri saat tengah membutuhkan dana cepat yang begitu darurat.

Untungnya, sebagian besar dana BPKB cenderung tidak melakukan pengecekan histori tersebut, yang mana seringkali dikenal dengan istilah BI Checking.
Pihak peminjam bahkan tidak akan pernah peduli dengan histori kita di masa lalu, toh mereka sudah mendapatkan jaminan berupa BPKB kendaraan yang nilainya jauh lebih besar dari dana tunai yang dipinjamkan.

Jika para nasabah atau kliennya nunggak bayar, maka akan dibebankan berupa bunga yang begitu besar. Jika gagal bayar, maka mereka akan mengambil kendaraan kamu. Dengan kata lain, mereka sebagai peminjam sama sekali tidak memiliki resiko apapun.

Sebaliknya, kamu memiliki resiko kehilangan kendaraan kamu jika kondisi finansial kamu tidak membaik pasca meminjam. Tetapi sisi baiknya, ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan dana pinjaman dengan sangat cepat, tak peduli siapapun kamu di masa lalu.

Tips agar kamu terhindar dari gagal bayar adalah dengan memastikan dulu mengenai pemasukan kamu saat ini. Idealnya, dana pinjaman tidak boleh melebihi 30% dari pemasukan kamu tiap tahunnya.

3. Terhindar Dari Survey dan Wawancara

Secara sederhanya, pihak peminjam pastinya melakukan survey dan wawancara saat kita mengajukan pinjaman. Alasannya cukup sederhana, demi memastikan dan menilai apakah kita bisa membayarnya atau tidak.

Wawancara tersebut biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan income dan kondisi finansial kamu saat ini. Padahal, pertanyaan-pertanyaan tersebut memang sangat sensitif untuk dibahas. Tapi karena kita butuh dana pinjaman, mau tak mau rahasia tersebut haruslah dibicarakan dengan pihak peminjam.

Baca juga
Pengalaman Gadai BPKB Mobil di BFI Finance

Nah, melalui aktivitas gadai BPKB motor dan mobil, maka tahap ini bisa kamu hindari sepenuhnya. Memang ada beberapa tempat yang juga melakukan BI Checking dan survey, tetapi sebagian besar pegadaian tidak akan mau tahu akan hal tersebut.

Hal yang harus kamu lakukan adalah memberikan dokumen kepada mereka berupa surat kepemilikan kendaraan bermotor, membaca dengan seksama mengenai bunga dan angsuran yang akan kamu bayarkan, lalu menanda tangani perjanjian. Maka dana akan segera cair di hari itu juga. Semudah itu!

4. Surat Kamu Akan Tersimpan Rapi dan Aman

Jangan takut mengenai keamanan dan keselamatan dokumen yang kamu setorkan, pasti dijamin aman. Bahkan di beberapa tempat tertentu, disediakan brankas agar dokumen kamu tidak tercuri atau bahkan hilang saat disimpan.

Ada satu hal paling menarik dari menggunakan jasa BPKB motor atau mobil! Dikarenakan yang disimpan adalah surat BPKB, maka kamu masih bisa menggunakan kendaraan bermotor kami seperti biasanya, selama kamu masih lancar membayar cicilan atau angsuran setiap bulannya.

Opsi ini tentunya bisa membantu siapa saja yang tengah memiliki pekerjaan menggunakan kendaraan, seperti misalnya ojek atau taksi online. Jadi ibaratnya kamu difasilitasi untuk terus mencari uang demi melunasi cicilan yang ada.

Dengan begitu, gadai BPKB bisa menjadi opsi terbaik jika dibandingkan dengan pegadaian biasa, yang biasanya motor atau mobil kamu akan disimpan oleh mereka sebagai jaminan.

Berkat sistem yang menguntungkan ini, banyak orang yang berbondong-bondong lebih memilih gadai bpkb mobil atau motor, dan mungkin salah satunya adalah kamu.

5. Dokumen yang Disediakan Sangat Sedikit

Saat mengajukan pinjaman, dokumen-dokumen yang kita miliki seringkali menjadi pertimbangan utama apakah dana tunai pinjaman bisa cair atau tidak. Beberapa diantaranya bahkan sangat sulit untuk kita lengkapi sehingga tak jarang dari kita mengalami penolakan.

Sementara di gadai BPKB sendiri, dokumen-dokumen yang harus kamu sediakan cenderung sangat sedikit dan benar-benar to the point. Biasanya hanya menyertakan KTP, KK, dan BPKB itu sendiri yang akan kamu jadikan sebagai agunan.

Jangan lupa juga untuk mengisi formulir dan membaca dengan seksama isi perjanjian serta kesepakatan antara kedua belah pihak, yaitu pihak pertama sebagai pemberi pinjaman, dan kita pihak kedua sebagai peminjam.

Gadai Bpkb Motor Dan Mobil

Jangan sampai kamu tidak membaca terlebih dahulu setiap kata demi kata yang ada dalam surat perjanjian. Pasalnya, sudah banyak kasus yang memperlihatkan keteledoran seorang peminjam sehingga utang mereka berbunga-bunga hingga ratusan persen. Dari yang meminjam jutaan rupiah, berubah hingga menjadi ratusan juta rupiah.

Memang benar jika ada beberapa lembaga keuangan yang mencoba jahil dan iseng dengan memberikan bunga yang begitu besar. Akan tetapi kamu bisa menghindari jebakan tersebut dengan membaca surat perjanjian secara seksama.

Baca juga
Apakah Binomo Legal di Indonesia dan IQ Option

Jadi jikalau ada hal-hal yang memberatkan, maka kamu bisa tolak dan cari lembaga keuangan lainnya yang memberikan bunga rendah serta cicilan yang ringan.

Misalnya kamu terkena jebakan, maka tidak akan ada seorang pun yang bisa menyelamatkan kamu karena sudah ditanda-tangani dan menjadi bukti kuat bahwa kesepakatan tersebut telah dibuat sekalipun yang diuntungkan hanyalah salah satu pihak saja.

Jika kamu jeli dalam membaca semua perjanjian dan ketentuan yang berlaku, maka meminjam secara gadai BPKB pun akan menjadi lancar dan penolong bagi kondisi finansial kamu saat ini.

Hal Penting Sebelum Gadai BPKB Motor dan Mobil

Setelah mengetahui manfaat gadai bpkb di atas kita juga harus waspada. Seperti yang kita tahu jika gadai BPKB tersebut cenderung bisa mendatangkan berbagai macam manfaat, terutama bagi kamu yang tengah membutuhkan dana tunai secara cepat. Tapi kita cukupkan dengan manfaatnya, dan sekarang kita masuk ke dalam hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum mulai melakukan gadai BPKB, biar ga salah langkah.

1. Gadai Berupa Pinjaman, dan Harus Dikembalikan

Secara sederhananya, sesuatu yang kita pinjam haruslah dikembalikan. Begitupun dengan gadai BPKB motor atau mobil. Pasalnya, kita mempertaruhkan kendaraan kesayangan kita. Jika kita tidak memiliki niatan untuk membayar hutang yang dilakukan secara dicicil, maka sepeda motor atau mobil pun akan dibawa pulang oleh pihak peminjam.

Inti dari bisnis ini adalah pegadaian akan senang hati memberikan pinjaman, asalkan kita menawarkan sesuatu yang jauh lebih berharga untuk diagunkan. Dalam kasus ini adalah berupa surat kepemiliki kendaraan bermotor.

Jadi yang memiliki resiko itu adalah kita sebagai peminjam, dan bukan mereka sebagai pemberi pinjaman. Karena mereka sudah memegang harta yang jauh lebih berharga dari nominal yang kita pinjam.

2. Uang yang Didapat Tergantung Jenis Barang Agunan

Ada barang ada uang. Semakin berharga nilai barang yang kamu agunkan, maka semakin tinggi pula pinjaman yang bisa kamu mintai. Tapi sekali lagi, pegadaian hanya meminjamkan uang, dan bukan membelinya.

Itu artinya, mereka tidak akan meminjamkan uang lebih besar daripada nilai jual dari barang itu sendiri. Rata-rata hanya berkisar antara 10 hingga 50 persen dari nilai kendaraan bermotor yang kamu miliki.

Seperti misalnya jika kamu memiliki mobil dengan harga 100 juta rupiah, maka besaran utang yang bisa mereka berikan adalah antara 10 hingga 50 juta rupiah saja. Tentunya setiap lembaga keuangan memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda.

3. Ada Bunga yang Harus Kamu Tanggung

Disinilah lembaga keuangan mendapatkan keuntungan. Tanpanya, mereka tidak akan mampu menjalankan jasa gadai BPKB tersebut, dan dampaknya pun akan sampai pada kita.

Baca juga
Cara menggunakan aplikasi spoon

Maka dari itulah, bunga ada agar jasa pinjaman tunai cepat cair ini tetap ada dan berkembang, sehingga bisa memfasilitasi dan membantu masyarakat yang tengah terhimpit dengan keadaan dan kondisi tertentu.

Bunga dari sebuah lembaga tentunya bermacam-macam, ada yang fix rate per bulannya, hingga membebankan persentase dari total pinjaman yang dilakukan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa menghitung beban biaya per bulan dengan durasi cicilan yang telah disepakati bersama.

Hal Penting Sebelum Gadai Bpkb Motor Dan Mobil

Misalnya jika kamu meminjam 1 juta rupiah dan harus mengangsur cicilan sebesar seratus ribu rupiah setiap bulannya selama 1 tahun, maka total tanggungan kamu adalah 1,2 juta rupiah. Artinya, besaran bunga tersebut adalah 20%.

Sehatnya, bunga sebuah pinjaman tidak boleh melebihi angkat 30%. Tentunya semakin rendah semakin baik. Tapi jika diatas dari nilai tersebut, maka kamu bisa kesulitan untuk membayarnya.

Hati-hati juga terhadap bunga yang bisa meningkat ratusan persen saat kamu telat melakukan pembayaran, bisa-bisa hutang kamu menjadi meningkat berkali-kali lipat.

4. Kamu Bisa Kehilangan Kendaraan Dalam Sekejap

Kita pikirkan situasi yang terburuk. Misalnya jika setelah meminjam uang dan kondisi finansial kamu tidak kunjung membaik, maka ada kemungkinan kamu akan gagal bayar. Saat itu terjadi, mereka akan membawa mobil atau sepeda motor kamu yang sangat berharga, sekecil apapun hutang yang kamu miliki.

Jadi bijak-bijaklah sebelum melakukan pinjaman, dan pastikan kamu menggunakannya terhadap sesuatu yang benar-benar darurat. Jangan sampai kamu membelanjakannya untuk hal-hal yang tidak perlu, seperti misalnya jalan-jalan dan membeli barang-barang elektronik impian.

Perlu diingat bahwa membeli sesuatu yang mewah dengan cara meminjam bukanlah hal yang sehat untuk dilakukan menurut kacamata ekonomi. Pasalnya, kamu akan kesulitan untuk mengimbangi pemasukan dan gaya hidup dalam jangka panjang.

Kepemilikan haruslah dibarengi dengan tanggung jawab. Apalagi jika barang yang dibeli tersebut adalah liabilitas, maka bisa mengeruk habis harta kamu secara perlahan namun pasti.

Barang-barang mewah seperti handphone akan membuat uang yang kamu pinjam tersebut berhenti mengalir, atau bahkan menyusut nilainya. Jika tidak segera ditangani, maka akan fatal akibatnya.

Berbeda jika kamu meminjam uang untuk kebutuhan modal usaha, maka dana tersebut pun bisa menjadi cashflow atau aliran dana yang akan masuk ke dalam kolom aset. Dengan begitu, ada aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk membayar hutang-hutang tersebut.

Jadi sebelum kamu benar-benar meminjam melalui gadai BPKB motor, pastikan dulu bahwa situasi kamu tengah terdesak.

5. Jenis Hutang Menurut Ahli Ekonomi

Tanpa maksud menggurui, ternyata ada 3 jenis hutang yang harus kamu pertimbangkan sekaligus waspadai. Yaitu hutang baik, hutang buruk, dan hutang terburuk.

Baca juga
Pentingnya Logo dan Tips Cara Design Logo Online

Hutang baik adalah pinjaman dana tunai yang digunakan untuk tujuan usaha. Praktik ini bahkan seringkali dilakukan oleh pengusaha, dimulai dari kelas kecil, menengah, hingga kakap. Karena mereka tahu betul jika hutang baik akan memberikan hasil yang baik pula.

Ada pula hutang buruk, yaitu jenis pinjaman dana tunai yang digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan sama sekali. Seperti yang sudah disebutkan diatas, ini mencakup handphone, laptop, fashion, dan barang-barang lainnya yang tidak akan menghasilkan uang untuk kamu, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sementara hutang terburuk adalah kamu meminjam dana tunai untuk membayar hutang sebelumnya. Ini menandakan bahwa kondisi finansial kamu benar-benar buruk. Istilah yang menggambarkan situasi ini adalah gali lubang tutup lubang.

Meskipun nampak seperti efektif, tapi sebenarnya cara ini malah akan membuat kamu tergerus oleh bunga yang akan terus melambung tinggi tanpa henti. Alhasil, kamu beresiko terkena gagal bayar dan mobil atau motor yang kamu jadikan syarat pun akan dibawa pulang oleh mereka.

Demikian artikel mengenai manfaat gadai bpkb motor dan mobil yang bisa kami sampaikan, gunakan informasi ini dengan bijak.

5/5 (1 Review)