Manfaat dan Aplikasi 3D Printing untuk Industri Konstruksi

3D Printing atau Pencetakan 3D (kadang-kadang disebut sebagai Additive Manufacturing (AM)) adalah pelapisan sekuensial yang dikendalikan komputer untuk membuat bentuk tiga dimensi. Ini sangat berguna untuk pembuatan prototipe dan untuk pembuatan komponen geometris yang kompleks.

Dalam industri konstruksi, pencetakan 3D dapat digunakan untuk membuat komponen konstruksi atau untuk ‘mencetak’ seluruh bangunan. Konstruksi sangat cocok untuk pencetakan 3D karena banyak informasi yang diperlukan untuk membuat item akan ada sebagai hasil dari proses desain, dan industrinya sudah berpengalaman dalam pembuatan dengan bantuan komputer. Kemunculan baru-baru ini khususnya pemodelan informasi bangunan (BIM) dapat memfasilitasi penggunaan pencetakan 3D yang lebih besar. Konstruksi pencetakan 3D memungkinkan, konstruksi yang lebih cepat dan lebih akurat dari item yang kompleks atau dipesan lebih dahulu serta menurunkan biaya tenaga kerja dan menghasilkan lebih sedikit limbah. Ini juga memungkinkan konstruksi dilakukan di lingkungan yang keras atau berbahaya yang tidak cocok untuk tenaga kerja manusia seperti di luar angkasa.

Printer membuat fondasi dan dinding rumah atau bangunan, lapis demi lapis. Tanah secara harfiah adalah pelat pembuat printer. Beberapa printer 3D beton, bagaimanapun, digunakan untuk mencetak cetakan bata 3D. Saat dicetak, batu bata kemudian ditumpuk secara manual (atau dengan lengan robot).

Keuntungan pencetakan 3d

1.Mengurangi Cedera

Salah satu manfaat terbesar yang diberikan printer 3D kepada pekerja konstruksi adalah pengurangan cedera di lapangan. Mengingat bangunan dengan beton itu sulit, bahkan berbahaya,ini adalah perbaikan yang disambut baik. Pekerja tidak hanya memiliki waktu yang lebih mudah untuk melakukan pekerjaan mereka, tetapi pemberi kerja memiliki lebih sedikit dokumen kompensasi pekerja yang harus diselesaikan karena cedera di tempat kerja.

Baca juga >>
Cara menggunakan aplikasi ruang guru.

Mengurangi Cedera merupakan salah satu Manfaat dan Aplikasi 3D Printing untuk Industri Konstruksi.

 2.Pengurangan Biaya MaterialTuang Beton – Tumpukan Limbah Beton

Perbaikan lainnya adalah pengurangan limbah material yang cukup besar. Printer 3D menggunakan jumlah beton yang dibutuhkan untuk dinding, lantai, atau apa pun yang ingin Anda bangun. Pembangun dan GC tidak perlu memesan secara massal karena akan tahu persis berapa banyak bahan yang di butuhkan. Tidak hanya cara membangun yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan, tetapi juga menghasilkan pengurangan biaya bagi kontraktor. Hal ini merupakan salah satu Manfaat dan Aplikasi 3D Printing untuk Industri Konstruksi.

3.Konstruksi Lebih Cepat

Di sinilah printer 3D beton benar-benar membedakan diri dari metode konstruksi tradisional. Jika proyek terkadang membutuhkan waktu berminggu-minggu – atau berbulan-bulan untuk diselesaikan, printer 3D sering kali dapat menyelesaikan proyek dalam hitungan jam atau hari. Seluruh rumah pernah dibangun dalam 24 jam! Hal ini memungkinkan kontraktor untuk pindah ke proyek lain lebih cepat dan dengan lebih banyak pesanan yang dipenuhi, lebih banyak uang masuk untuk kontraktor. Ini juga merupakan salah satu Manfaat dan Aplikasi 3D Printing untuk Industri Konstruksi.

4.Pasar Baru

Menggunakan printer 3D juga memungkinkan perusahaan konstruksi untuk bekerja di pasar yang sebelumnya mungkin tidak dapat diakses oleh mereka. Dan bagi perusahaan konstruksi baru, memiliki printer 3D dapat membedakan mereka dari perusahaan yang telah ada selama beberapa dekade dan tahan terhadap perubahan.

Demikian pula, perusahaan konstruksi tradisional dan mapan dapat memanfaatkan printer 3D untuk memastikan mereka tetap relevan di pasar. Pada dasarnya, printer 3D dapat digunakan sebagai sarana untuk memasuki pasar baru, tetapi juga untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang sudah mapan.

Baca juga >>
Cara Menggunakan Smartphone Xiaomi sebagai Remote Control

Perusahaan konstruksi memiliki banyak Manfaat dan Aplikasi 3D Printing untuk Industri Konstruksi.

 5.Konstruksi Lebih Murah

Secara keseluruhan, penggunaan printer 3D lebih murah daripada teknik dan proses konstruksi tradisional. Dengan pengurangan cedera, waktu, dan biaya material, perusahaan akan melihat peningkatan keuntungan yang dramatis. Dan sementara beberapa pekerja mungkin harus dilepaskan, yang lain akan tetap tinggal, karena seseorang masih harus dapat menyatukan semua bagian. Dengan mempelajari teknologinya, pekerja memiliki kesempatan untuk menjaga keamanan pekerjaan mereka juga. Mereka akan mendapatkan lebih banyak, seperti halnya perusahaan secara keseluruhan.

6.Bentuk yang Lebih Baik

Printer 3D terkenal karena kemampuannya untuk membuat struktur desain yang tampak aneh dan tidak biasa. Sekarang perusahaan konstruksi dapat memanfaatkannya untuk menawarkan kepada klien mereka bangunan unik yang dirancang sepenuhnya untuk mereka. Ini dapat membuka portofolio mereka untuk individu tertentu yang mungkin tidak menginginkan opsi persegi panjang standar. Pada dasarnya, kemampuan menciptakan desain arsitektur yang unik untuk klien membuat perusahaan konstruksi lebih diminati oleh klien tertentu. Hal ini merupakan Manfaat dan Aplikasi 3D Printing untuk Industri Konstruksi yang sangat penting.

7.Daya Tahan Lebih Baik

Sementara pengujian beton selama tahap awal konstruksi akan terus diperlukan, printer 3D terbukti berkontribusi pada ketahanan elemen struktural. Hal ini sebagian karena bagaimana bahan dibuat dan cara perakitannya. Bangunan yang lebih tahan lama berarti lebih sedikit perbaikan yang perlu dilakukan, sehingga perusahaan konstruksi dapat memfokuskan upaya mereka di tempat lain untuk mendorong keuntungan. Untuk klien juga, preferensi mereka pasti terletak pada bangunan yang akan bertahan lebih lama.

 

Manfaat dan Aplikasi 3D Printing untuk Industri Konstruksi 

Ramah lingkungan: Rumah cetak 3D dapat dibangun dengan bahan organik dan ramah lingkungan. Selain itu, beberapa printer 3D rumah menggunakan energi matahari dan menghasilkan emisi CO2 yang rendah.

Baca juga >>
Cara Paling Sederhana Memasang Kit Subwoofer

Terjangkau: printer 3D rumah dapat membangun perumahan yang terjangkau, sangat membantu orang-orang di daerah yang dilanda kemiskinan atau setelah bencana alam.

Skalabel: pencetakan 3D konstruksi mengurangi biaya bangunan tertentu. Misalnya, biaya untuk 1 meter persegi dinding dengan metode konstruksi tradisional sekitar $ 75, sedangkan dengan printer 3D rumah Apis Cor hanya $ 27.

Efisien: karena bahan dicetak 3D sesuai permintaan, mesin menghasilkan lebih sedikit limbah. Selain itu, printer 3D konstruksi dapat menyelesaikan fondasi rumah dalam waktu kurang dari beberapa hari, sedangkan metode konstruksi tradisional memerlukan beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Fleksibilitas desain: dengan printer konstruksi 3D, Anda dapat dengan mudah membuat dinding melengkung dan fasad yang unik. (Hal yang baik adalah mungkin untuk furnitur cetak 3D agar sesuai dengan kurva!)

 

Pengaruh pencetakan 3d untuk industri konstruksi

Seringkali ketika otomatisasi dan mekanisasi meningkat, harga turun. Pencetakan 3D adalah cara terjangkau untuk membuat rumah mereka yang miskin membutuhkan tempat tinggal yang memadai. Dengan munculnya pencetakan 3D, “Penggunaan kayu dalam kerangka rumah akan terhindar.” Ini merupakan kemajuan besar bagi perusahaan konstruksi hijau dan perkembangan menakutkan bagi industri kayu.

Bagian penting dari setiap rencana proyek adalah desainnya. Dengan pencetakan 3D, perusahaan akan dapat dengan cepat dan murah membuat model untuk memiliki representasi visual dari proyek serta membantu menentukan area masalah dan menghindari penundaan.

Dengan pencetakan 3D, para profesional konstruksi dan pelanggan mereka dapat berkomunikasi dengan lebih jelas dan efisien. Bahkan pelanggan tanpa latar belakang arsitektur dapat mengekspresikan kebutuhan mereka dengan lebih baik dan memastikan bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang sama. Sebagian besar ekspektasi klien berasal dari sebuah ide, dan pencetakan 3D memudahkan untuk mewujudkan ide tersebut di luar metode pensil dan kertas yang sudah lama.

Baca juga >>
Cara Merubah Tanggal Di Foto Kamera Handphone

Terlepas dari potensi yang luar biasa, banyak profesional konstruksi tetap waspada terhadap pengaruh pencetakan 3D pada bisnis mereka. Peningkatan otomatisasi dan mekanisasi telah merusak pasar tenaga kerja.

Pencetakan 3D memberikan peluang yang menjanjikan bagi industri konstruksi untuk menjadi lebih hijau dan lebih hemat biaya, seringkali dengan margin yang cukup besar. Seiring dengan terus berkembangnya penelitian pencetakan 3D, akan sangat menarik untuk melihat manfaat teknologi ini di banyak aspek industri konstruksi.

Order via Whatsapp !