Manfaat Asuransi Pendidikan yang Perlu Jadi Pertimbangan

Produk asuransi yang beredar di Indonesia ada banyak jenisnya. Salah satu jenis produk asuransi yang beredar dan banyak digunakan karena menyangkut untuk kepentingan masa depan buah hati adalah asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan sendiri merupakan produk asuransi yang menjamin biaya pendidikan tertanggung atau dalam hal ini anak sampai ia menyelesaikan program studinya. Fasilitas yang diberikan oleh pihak penanggung atau pihak asuransi sendiri sangat banyak.

Biasanya semua fasilitas yang diberikan tersebut dijelaskan di awal pembukaan rekening asuransi itu sendiri. Tentu saja dengan memiliki sebuah asuransi pendidikan, banyak manfaat yang didapatkan. Mengenai apa saja manfaat dari produk asuransi tersebut, disini kami ulas informasinya untuk Anda!

Manfaat Asuransi Pendidikan

Menjamin dana pendidikan untuk anak

Bagi Anda yang ikut dalam program asuransi pendidikan, akan banyak manfaat asuransi pendidikan yang nantinya didapatkan. Salah satu manfaatnya adalah menjamin dana pendidikan untuk anak Anda di masa depan sehingga keamanan pendidikan anak bisa terjamin.

Dengan demikian, jika terjadi musibah yang menimpa orang tua, mereka tidak perlu khawatir tentang biaya pendidikan buah hati yang mereka cintai. Melalui program asuransi pendidikan, jaminan dana pendidikan yang diberikan kepada tertanggung tidak hanya dalam bentuk pemberian sejumlah uang, melainkan ketika terjadi musibah pada orang tua akan ada beberapa produk asuransi pendidikan yang juga membantu membiayai pendidikan anak di masa depan sampai pendidikannya benar – benar selesai.

Baca juga >>
Cari Investasi Syariah Online yang Aman dan Nggak Ribet? Cek Disini!

Dana pendidikan yang bisa didapatkan di masa depan pun tidak hanya akan didapatkan ketika musibah terjadi. Bahkan jika tidak terjadi musibah apapun pada orang tua, dana pendidikan anak tetap bisa diambil dan akan sangat berguna untuk buah hati tercinta.

Merencanakan masa depan anak yang jauh lebih cerah

Asuransi pendidikan anak tentu sangat membantu Anda dan pasangan untuk merencanakan masa depan bagi buah hati Anda. Ketika pertama kali Anda dan pasangan melakukan pendaftaran asuransi pendidikan untuk anak, pegawai asuransi akan bertanya sampai dimana jenjang pendidikan anak Anda saat ini.

Anda juga akan ditanya perihal pendidikan apa yang diinginkan buah hati Anda ke depannya dari asuransi tersebut apakah akan mendapatkan gelar sarjana S1, S2, atau bahkan sampai S3. Dari informasi yang diberikan pihak tertanggung tersebut, pihak asuransi sebagai penanggung akan menghitung jumlah premi yang harus dibayarkan untuk mencapai tujuan masa depan yang diharapkan.

Premi akan sangat fleksibel

Tak seperti asuransi kesehatan yang bergantung pada kondisi kesehatan, premi asuransi pendidikan bisa dibilang sangat fleksibel. Premi tersebut sangat bergantung atas kebutuhan pendidikan yang Anda inginkan untuk buah hati Anda.

Jika memang kondisi financial Anda mendukung, Anda dapat mengupayakan pendidikan yang lebih tinggi atau di tempat yang lebih mahal sekalipun untuk masa depan buah hati Anda. Namun sebaliknya, jika kondisi financial Anda kurang mendukung, Anda bisa mengambil opsi pendidikan yang lebih ekonomis untuk buah hati Anda. Pilihan tersebut akan menjadi indikator penentuan premi setiap bulannya.

Memberikan pengaturan keuangan secara lebih baik

Tanpa disadari, bahwa dengan adanya asuransi pendidikan Anda bisa mengontrol keuangan dengan lebih baik dari sebelumnya. Manfaat pengaturan keuangan yang pertama, Anda akan lebih mudah menerapkan kebiasaan hidup berhemat dan kebiasaan menabung dengan membayar premi tepat waktu.

Baca juga >>
Perusahaan Asuransi Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan, Apa Bedanya?

Kedua, Anda akan terbiasa memiliki dana darurat, tabungan dan investasi yang disimpan dalam bentuk asuransi pendidikan yang sangat berguna bagi masa depan. Terakhir, Anda dapat lebih bertanggung jawab terhadap keuangan Anda.

Hal tersebut karena biaya dari premi asuransi yang Anda harus bayarkan setiap periodenya sudah ditentukan. Hal tersebut menjadikan Anda lebih terbiasa untuk menyisihkan dana dari pendapatan Anda demi keperluan asuransi yang Anda sudah ikuti.

Tentu saja melalui kebiasaan Anda dalam pengaturan keuangan yang baik dan manajemen yang tepat, hal tersebut menjadikan pengaturan keuangan Anda bisa jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.

Keuangan keluarga Anda akan jauh lebih stabil

Banyaknya kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi tidak jarang membuat Anda dan pasangan belum bisa menabung untuk kepentingan jangka panjang, seperti memiliki tabungan pensiun atau memiliki tabungan pendidikan untuk si kecil.

Nah, dengan ikut dalam program asuransi pendidikan sejak dini hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk lebih mudah dalam mengontrol keuangan karena adanya suatu kewajiban yang harus dibayarkan setiap bulan.

Sebaiknya setiap kali selesai gajian, Anda segera alokasikan uang untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah membayar premi asuransi pendidikan. Dengan begitu uang Anda bisa termanajemen dengan baik untuk masa depan.

Memberikan rasa tenang untuk orang tua

Psikologis dan mental menjadi hal yang sangat berkaitan dengan kesejahteraan seseorang. Jika mental Anda mengalami tekanan, akan sulit bagi Anda berpikir jernih dan sulit bagi Anda mengupayakan kesejahteraan kehidupan Anda.

Nah, semua kondisi tersebut bisa diatasi dengan memiliki asuransi pendidikan. Melalui asuransi pendidikan, jika musibah terjadi perasaan tenang dan aman akan Anda dapatkan karena memiliki dana cadangan atau dana darurat untuk kepentingan masa depan. Anda pun tak perlu kesulitan mencari bantuan dana dari asuransi yang Anda ikuti.

Baca juga >>
Perkembangan Investasi Syariah di Indonesia

Itulah berbagai manfaat asuransi pendidikan yang perlu jadi pertimbangan. Semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang inspiratif.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !