Be Ad F Ebc Cab C E Fd A

Kecerdasan otak anak tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan dari orangtuanya. Tetapi juga dari stimulasi dan pola asuh yang diajarkan oleh orangtua, serta dari asupan makanan yang penting untuk perkembangan otak anak. Terutama pada periode emas pertumbuhan otak anak pada umur 1-3 tahun yang berkembang sangat cepat. Sehingga tiap orangtua yang memiliki anak balita pada usia tersebut wajib memberikan asupan makanan dan minuman yang berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan otak ini.

5 Makanan Sehat untuk Perkembangan Otak Anak Cerdas

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang penting untuk perkembangan otak anak, diantaranya;

5 Makanan Sehat Untuk Perkembangan Otak Anak Cerdas

  • Ikan

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang kaya kandungan DHA, seperti kita tahu DHA amat baik untuk perkembangan otak. Pada bayi, DHA bisa didapat dari ASI, sedangkan pada anak-anak dan orang dewasa, DHA bisa didapat dari berbagai sumber makanan lain seperti telur, kacang kedelai, dan ikan, atau produk olahanya seperti minyak ikan. Jenis ikan yang disarankan karena banyak mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan fungsi otak diantaranya adalah ikan salmon, tuna, cod, sarden dan ikan hering.

  • Telur

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat mudah didapat. Di dalam kuning telur terdapat kandungan kolin yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak. Jika ibu rajin memberikan sarapan sehat dengan menu makanan yang terbuat dari telur, maka kebutuhan anak akan kolin dapat terpenuhi dengan baik.

  • Sayuran segar berwarna cerah

Sayuran kaya akan antioksidan, terutama sayuran yang memiliki warna cerah seperti tomat, wortel, labu, dan bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini penting karena dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Kacang hijau

Nutrisi dari kacang hijau terbilang cukup lengkap, yakni mengandung kadar protein dan karbohidrat kompleks yang tinggi, mengandung vitamin C, serta kandungan mineral yang cukup lengkap, dari asam folat, zst besi, pottasium, zinc, tembaga, magnesium, fosfor, mangan, dan thiamin. Semua zat itu penting bagi tubuh dan berguna untuk perkembangan otak.

  • Susu

Susu beserta produk olahannya seperti keju, yoghurt, butter, es krim, semuanya memiliki manfaat yang sama untuk meningkatkan fungsi otak. Susu mengandung protein serta vitamin B yang baik untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmiter, serta enzim. Dan vitamin D yang akan menjaga fungsi sel saraf dan otot.

Baca juga >>
Kiat Sukses Memberikan ASI Eksklusif untuk Anak

Mengingat pentingnya asupan makanan untuk perkembangan otak anak, sebagai orangtua harus memberikan nutrisi yang terbaik untuk anaknya agar memiliki otak yang cerdas dan berprestasi di sekolahnya.