Para penggila sepak bola mungkin merasa heran ketika melihat olahraga lain – seperti bola basket – yang waktunya berhenti ketika ada pelanggaran, bola out, bola masuk, pemain cedera, dan lain sebagainya.

Pasalnya, dalam sebuah permainan sebak bola waktu terus berputar sekalipun ada banyak sekali drama di lapangan.

Secara teorinya banyak orang berkata bahwa lama permainan sepak bola adalah 90 menit yang dibagi ke dalam dua babak, tapi ada pula beberapa penonton lain yang merasa kebingungan dan menduga bahwa durasi soccer tersebut lebih lama beberapa menit daripada waktu yang sebenarnya.

Alhasil, banyak dari kita yang berpikir bahwa teori berbeda dengan real time-nya akibat selalu diadakannya perpanjangan waktu beberapa menit setelah timer mencapai 45 menit di babak pertama dan 90 menit di babak kedua.

Biar tak salah dalam memahaminya, mending kita bahas lebih lanjut di bawah ini yuk!

Lama Permainan Sepak Bola Adalah 90 Menit

Masih 90 Menit Kok! Sekalipun ada perpanjangan waktu setelah waktu babak pertama dan kedua selesai, akan tetapi secara hitungan matematika permainan masih tetap berjalan selama 90 menit kok!

Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwa waktu permainan sepak bola akan terus berjalan sekalipun ada banyak drama di dalam lapangan yang membuat permainan berhenti sejenak.

Nah, drama tersebut nantinya akan diganti dengan perpanjangan waktu setelah babak pertama atau babak kedua usai.

Makanya waktu dari perpanjangan tersebut sudah barang tentu beragam mengikuti alur dan kejadian yang ada di lapangan selama permainan berlangsung.

Tapi selain durasi permainan, ada satu kondisi lagi yang harus kamu perhitungkan, yaitu istirahat antara babak pertama dan kedua.

Istirahat ini berlangsung selama 15 menit sehingga total nonton permainan bola kamu akan menjadi 105 menit secara keseluruhan.

Jadi, pastikan kamu luangkan waktu kurang lebih 2 jam jika ingin menonton bola secara langsung di stadion.

Itupun jika misalnya permainan usai dengan salah satu tim memenangkan pertandingan. Jika hasilnya seri selama durasi 90 menit tersebut, maka akan ada ekstra time selama 15 menit per satu babak.

Jika aturannya bukanlah sudden death, maka kamu harus menambahkan ekstra 30 menit agar dapat menonton sampai usai.

Masih seri juga?

Maka harus kembali meluangkan waktu hingga pertandingan penalti berhasil membuahkan salah satu pemenang di lapangan.

Alasan Lama Permainan Sepak Bola Adalah 90 Menit

Tentu saja, angka 90 menit ini tidak muncul dari kepala seseorang tanpa adanya alasan yang kuat. Semuanya memiliki penyebab dan sejarah yang begitu panjang.

Jadi untuk menjawab kenapa lama permainan sepak bola adalah 90 menit, maka kita harus kembali ke sejarah awal ketika olahraga menyenangkan ini dibuat.

Di awal-awal permainan diciptakan, kedua tim haruslah memainkan permainan sampai matahari terbenam.

Intinya, tak ada jam resmi karena kala itu sistem perhitungan waktu masih menggunakan jam matahari.

Akan tetapi aturan tersebut diubah pada tahun 1886, yang mana pertandingan antara London dan Sheffield mulai menyepakati waktu permainan dengan durasi 90 menit.

Aturan tersebut pun diberlakukan dan dijadikan standar internasional yang harus diikuti oleh sistem dan peraturan persepak bolaan di seluruh dunia. Peresmian tersebut lebih tepatnya dilakukan pada tahun 1897.

Peraturan Durasi Waktu Sesuai Usia Pemain

Sekalipun durasi 90 menit tersebut sudah dijadikan patokan utama, akan tetapi jarang orang tahu bahwa ada aturan resmi yang diterapkan bagi usia tertentu.

Untuk alasan ini jugalah, liga sepak bola anak-anak atau remaja memiliki rentang waktu yang bervariasi tergantung dari kelompok usia yang tengah bertanding.

Dikutip dari Soccer.org, berikut adalah aturan dari durasi waktu tersebut:

  • Anak di bawah 8 tahun: 4 kali 12 menit.
  • Anak di bawah 10 tahun: 2 kali 25 menit.
  • Anak di bawah 12 tahun: 2 kali 30 menit, dan 2 kali 10 menit dalam perpanjangan waktu.
  • Remaja di bawah 14 tahun: 2 kali 35 menit, dan 2 kali 10 menit dalam perpanjangan waktu.
  • Remaja di bawah 16 tahun: 2 kali 40 menit, dan 2 kali 15 menit dalam perpanjangan wakut.
  • Remaja di bawah 19 tahun: 2 kali 45 menit, dan 2 kali 15 menit dalam perpanjangan waktu.

Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa setelah seseorang atau tim menginjak usia 17 tahun ke atas, maka haruslah menggunakan durasi waktu berdasarkan patokan aturan internasional.

Durasi di Luar Dugaan

Tidak ada hal yang selalu pasti di dunia ini. Ada kalanya 90 menit tersebut terasa seperti lebih pendek atau lama tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi oleh masing-masing pemain.

Beberapa kejadian di luar dugaan wasit dan penonton tersebut diantaranya adalah sebagian berikut.

Waktu Tambahan

Sekalipun sudah dijelaskan secara panjang lebar di atas, ada kalanya waktu tambahan tersebut terasa tidak sesuai dengan perhitungan pribadi kita.

Padahal, wasit dan analis yang ada di lapangan mungkin lebih mengenal situasi dan kondisi permainan dibandingkan kita.

Misalnya, wasit haruslah menambahkan waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera, atau satu tim yang sengaja membuang-buang waktu.

Aturan ini bahkan ditambahkan ketika ada seorang pemain yang memalsukan cedera dan membutuhkan waktu lebih lama untuk saat pergantian pemain.

Penambahkan waktu itu pun hanya bisa dilakukan ke akhir periode oleh wasit, karena perpanjangan tersebut mungkin saja memerlukan tendangan penalti sebagai penentu kemenangan salah satu tim sepak bola yang bertanding.

Permainan Seri

Seri bisa saja ditambahkan hingga penalti jika diantara kedua tim sama kuatnya.

Akan tetapi ada pula kondisi dan aturan dimana permainan akan langsung dihentikan setelah babak kedua berakhir.

Di beberapa liga juga malah langsung melakukan tendangan penalti tanpa adanya extra time, sehingga lebih menghemat waktu nonton sekalipun mungkin kurang terasa gereget.

Tendangan Penalti

Mungkin ini adalah hal yang sulit untuk kita prediksikan karena tendangan penalti tak memiliki durasi waktu sama sekali.

Secara totalnya ada 5 tembakan, dan hasil akhirnya bisa lebih sebentar atau lebih lama dari yang diperkirakan.

Misalnya, persiapan pelatih untuk menentukan siapa saja jajaran pemain yang akan menembak bola bisa memakan waktu.

Belum pergantian antara satu penembak bola dengan yang lainnya bersama penjaga gawang yang juga bisa mebebani setiap detik di atas lapangan berumput hijau.

Semisal 5 tendangan tersebut seri, maka akan terus dilakukan tendangan penalti hingga salah satu tim keluar sebagai juara.

Itu artinya, akan ada lebih banyak waktu yang harus kita luangkan jika ingin menonton hingga akhir.

Kejadian Alam

Atau bahkan durasi permainan akan menjadi sangat singkat akibat adanya kejadian alam yang tak terduga, sehingga membuat pertandingan harus dihentikan secara total.

Kejadian alam ini bisa berupa gempa bumi, peringatan tsunami, sambaran petir, dan lain sebagainya.

Pernah sekali waktu ada beberapa pemain yang terkena sambaran petir di atas lapangan sehingga permainan harus dihentikan tanpa adanya tim yang menang, untuk kemudian dilakukan pertandingan ulang di hari yang berbeda.