Kursus SEO

Daftar isi konten

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara agar website kita naik ranking menjadi nomor wahid di mesin pencarian seperti Google, maka jawabannya adalah harus menggunakan SEO.

Sekalipun ada beberapa website beruntung yang mampu naik tanpa harus menggunakan embel-embel SEO ini, tetapi pada kebanyakan kasus kita wajib menyertakannya sebagai bagian dari strategi marketing kita.

Bahkan beberapa perusahaan besar seringkali memberikan budget terpisah yang khusus digunakan untuk proses pengoptimalan mesin telusur yang satu ini.

Dengan begitu sudah dapat dipastikan bahwa kebutuhan untuk menyewa jasa SEO akan mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya proses jual-beli di internet.

Sebagai jiwa muda yang mengerti akan kebutuhan masyarakat dan mulai mengendus peluang akan munculnya lapangan pekerjaan baru, maka wajib untuk segera mempelajari apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.

Untungnya di masa kini sudah banyak sekali kursus SEO yang murah dan menawarkan ilmu yang menjadi ujung tombak pemasaran di internet tersebut.

Kursus SEO yang baik akan membantu kita meningkatkan pencarian situs web perusahaan, blog pribadi, atau bahkan profil dari halaman medsos kita! Misalnya Youtube yang bisa membawa penonton langsung dari mesin pencarian Google, sehingga mampu meningkatkan cuan kita melalui iklan yang ditayangkan.

Jadi tak ada salahnya menyisihkan sedikit uang untuk belajar ilmu baru bernama search engine optimization ini. Apalagi jika kamu masih berada di usia produktif!

Yang Akan Kamu Pelajari

Yang Akan Kamu Pelajari

Jika masih bingung dan bimbang mengenai pelajarannya – atau bisa tidaknya kamu menguasai pelajaran tersebut, mari kita intip dulu beberapa ilmu yang biasanya akan didapatkan seiring dengan meningkatnya kemampuan kamu di tempat kursus SEO tersebut.

Jika kamu mendapatkan beberapa kata-kata atau istilah yang belum dipahami atau dimengerti, tak perlu risau juga, karena kamu pasti tahu semua bahasa asing tersebut setelah belajar dalam kurun waktu 1 minggu saja.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa materi yang akan kamu pelajari di tempat kursus SEO yang berkualitas baik dengan guru yang berpengalaman.

Pengertian SEO dan Istilah-Istilahnya

Pertama-tama, kamu akan diajari terlebih dahulu apa itu SEO dan bagaimana cara mengimplementasikannya terhadap bisnis. Percuma juga jika misalnya kamu sudah bisa meningkatkan suatu website tapi tak tahu cara menguangkannya.

Mengubah visitor menjadi pelanggan itu dikenal dengan sebutan konversi, sementara menguangkan website disebut sebagai monetasi. Dengan begitu tugas kita tak hanya bergelut di bidang teknis saja, akan tetapi harus ada komunikasi antara kamu dan si pemilik website atau klien.

Berikan informasi mengenai cara mengubah ribuan pengunjung yang masuk tersebut menjadi pelanggan potensial, misalnya melalui landing page.

Baca juga
Jurus AIKIDO Bagі UMKM Agar Tetap Survive Saat Pandemi

Selain itu, kamu pun akan diajarkan mengenai berbagai macam istilah asing yang akan digunakan di dalam setiap pembahasannya. Gunanya adalah biar mempersingkat cara penjelasan SEO itu sendiri.

Beberapa istilah asing tersebut bisa meliputi niche, keyword, LSI, keyword density, backlinking, anchor text, content, drip feed, dan lain sebagainya.

Jangan pusing dulu ya! Tenang dan santai saja! Soalnya semua istilah ini akan diajarkan dengan lengkap dan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. Dijamin kamu akan mengerti semua istilah tersebut hanya kurang dari 1 minggu saja.

Keyword Research

Atau bisa kita artikan “riset kata kunci”. Singkatnya, keyword research ini merupakan sebuah proses dimana kita akan mencari pangsa pasar tertentu berdasarkan kata kunci yang digunakan oleh para calon pelanggan kita.

Bisa dibilang keyword research ini merupakan pilar atau pondasi utama dari suatu blog dan SEO. Tanpanya, maka kita tak akan mungkin mampu mengundang visitor melalui mesin pencari.

Makanya banyak para pelaku SEO akan memulai projeknya dengan pencarian kata kunci, baru diimplementasikan terhadap blog atau website.

Sederhananya, riset kata kunci ini mencari “keinginan” atau “kebutuhan” orang di internet, kemudian kita sodorkan solusi berupa jasa atau barang.

Nampak seperti rumit, tapi secara prakteknya tidak sesulit yang orang pikirkan. Ada tools-tools yang digunakan dalam prosesnya tersebut, dan semuanya akan diajarkan tanpa banyak basa-basi! Sehingga kamu akan nampak seperti seorang ahli SEO sejati.

Menulis Konten SEO

Sekalipun tidak semua orang bisa menjadi seorang penulis, tapi wajib mengetahui cara menilai sebuah konten atau artikel jika kamu memilih untuk melakukan outsourcing.

Saat menulis konten SEO, kita wajib memasukan berbagai macam unsur pendukung dalam bentuk kata-kata.

Kesulitan terletak pada gaya penulisan, karena selain harus menyesuaikan dengan struktur SEO, juga harus tetap enak dibaca oleh para visitor kita.

Melalui kursus SEO, kamu nanti akan dilatih bagaimana cara menulis konten atau artikel yang baik. Ini meliputi keyword density, heading, alt tag, internal linking, dan masih banyak lagi.

Dijamin setelah mengenal ilmu ini, kamu gak bakalan dikacangin oleh para penulis artikel di luaran sana.

Strategi SEO

Strategi Seo

Selanjutnya masuk ke bahasan utama, yaitu strategi SEO yang harus terupdate setiap waktu. Pasalnya, mesin pencarian Google itu selalu melakukan update secara berkala demi menemukan website yang bebas spam dan berkualitas saja.

Strategi SEO ini biasanya melibatkan backlinking, yang kemudian dibagi menjadi beberapa kategori berbeda.

Seperti misalnya ada social signal, tier link building, churn and burn, PBN, dan lain sebagainya.

Baca juga
Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Promosi Produk

Perlu diingat bahwa aktivitas-aktivitas di atas akan sangat berkaitan dengan riset keyword dan konten yang telah dibuat sebelumnya. Jadi tidak tiba-tiba melakukan backlinking menggunakan robot, tapi harus mengerti dulu tentang pondasi dari sebuah website.

Kursus SEO yang baik pastinya mengerti betul akan hal ini. Aktivitas dan praktek search engine optimization tidak hanya melibatkan mesin saja saat masa backlinking dilakukan, akan tetapi harus tetap ditujukan pada manusia sebagai konsumen kita.

Jadi sebelum kamu sibuk-sibuk bermain-main dengan strategi manapun, sudah pasti kamu akan digojlok terlebih dahulu mengenai riset keyword dan pembuatan konten.

Setelah semuanya sudah aman untuk dilakukan jenis SEO manapun – termasuk black hat, maka website kamu akan aman terserang oleh berbagai macam update-an dari Google.

Oh ya, dalam dunia SEO sendiri ada 3 aktivitas yang dilakukan, yaitu:

  • White Hat SEO
  • Gray Hat SEO
  • Black Hat SEO

Kemudian nama-nama update-an dari Google meliputi binatang peliharaannya si mbah, termasuk Panda, Penguin, Hummingbird, dan Pigeon.

Masing-masing dari jenis SEO dan update-an Google akan dijelaskan secara terperinci oleh tempat kursus SEO yang profesional dan tahu bagaimana cara memakainya seefektif mungkin.

Kompetitor dan Mobile Responsive

Jangan lupa juga jika dunia bisnis internet pun dipenuhi dengan para kompetitor. Dengan mengetahui musuh-musuh kita, maka aktivitas backlinking kita pun akan disesuaikan, mengingat budget SEO itu tidak murah.

Jika kompetitornya tidak begitu berat, maka backlinking dari social signal, web 2.0, dan beberapa guest post saja sebenarnya sudah cukup, yang kemudian kita blast dengan menggunakan robot seperti GSA atau Scrapebox agar backlink tersebut cepat terindeks.

Lain lagi jika kompetitor kita super canggih dengan backlink profile yang bikin bulu kuduk merinding! Kita harus menggunakan PBN yang memungkinkan website mampu menembus halaman utama dan membalap semua kompetitor yang ada.

PBN ini pun nantinya disesuaikan dengan tingkat kesulitan keyword yang tengah disasar. Jadi wajib juga bagi kita untuk mengetahui ilmu cara mengintip dan men-spy para kompetitor.

Tak hanya itu saja, kita pun harus mampu belajar cara agar website nampak responsif dengan para pengguna handphone.

Tools SEO

Tak lupa juga kursus SEO yang baik dan berkualitas akan membantu kamu menggunakan berbagai macam tools pendukung seperti Google Analytics dan Google Webmaster Tools.

Google Webmaster Tools sendiri merupakan kumpulan alat SEO yang membantu mengelola situs kita berada di hasil penelusuran Google. Disertai pula dengan data-data yang sangat penting untuk mendukung kemajuan dan perkembangan dari website kita, termasuk memunculkan keyword-keyword baru yang begitu potensial yang wajib kita garap lagi.

Baca juga
7 Bisnis Pulsa Paling Menguntungkan Anti Rugi 2018

Sementara Google Analytics merupakan layanan analisis web yang menyediakan statistik dan alat analisis dasar demi pengoptimalan mesin telusur dan tujuan pemasaran. Bahkan bisa kita sinkronisasikan dengan Google Adwords dan Google Adsense. Google Ananylitics pun memiliki data-data penting yang bisa kita olah untuk kemajuan sebuah bisnis berbasis website.

Potensi Pekerjaan Sebagai SEO Specialist

SEO Specialiast, itulah sebutan bagi mereka yang sudah menguasai bidang pemasaran berbasis mesin pencarian seperti Google. Tapi apapun namanya, potensi memiliki pekerjaan tetap dan terjamin bisa didapatkan jika misalnya kamu sudah tahu ilmu menarik yang satu ini.

Sekalipun biaya kursus SEO terbilang cukup mahal, tapi itu bisa menjadi investasi jangka panjang yang tak boleh kamu tunda-tunda lagi, apalagi jika kamu memang tertarik dengan pemasaran online atau pernah bergelut di bidang IT dan webmaster.

Faktanya, menurut majalah Forbes mengatakan bahwa secara keseluruhan industri SEO telah mengeluarkan budget sebanyak $80 miliar pada akhir tahun 2020 saja, sekalipun bidang pekerjaan ini masih terbilang baru.

Tentunya, potensi dari industri ini akan terus berkembang dari tahun ke tahun, jadi pastikan kamu ikut andil bagian dari bidang pekerjaan yang menjanjikan ini.

Setidaknya ada 5 karir dan potensi yang menjanjikan jika kamu belajar ilmu ini melalui kursus SEO yang berkualitas baik, yang membuat masa depan kita semakin cerah. Adapun potensi tersebut adalah sebagai berikut.

Menjadi Analis Profesional

SEO merupakan salah satu bidang pekerjaan terbaru yang akan menuntut tingkat analisa kamu semakin tajam. Bahkan beberapa para SEO specialist mengatakan bahwa mereka benar-benar menyukai apa yang mereka lakukan.

Dimulai dari aktivitas backlinking untuk meningkatkan posisi situs di SERP, meningkatkan konversi melalui CTR, hingga meningkatkan pengoptimalan konversi halaman arahan (CRO), semuanya menjadi salah satu aktivitas dan tanggung jawab ahli SEO yang bisa dibilang “menantang” sekaligus “memuaskan”.

Enaknya lagi, SEO tak pernah terikat pada satu sektor tertentu saja. Dimulai dari sektor pariwisata hingga barang-barang berat seperti besi dan baja, SEO bisa bermain di sana selama perusahaan tersebut memiliki website sebagai bagian dari promosi dan marketing di internet.

Alhasil, kamu pun berkesempatan untuk bekerja di berbagai macam perusahaan yang beragam, sekaligus menambah ilmu baru karena setiap sektor pastinya memiliki pendekatan yang berbeda.

Menjadi Orang Spesial di Dalam Organisasi

Semenjak kemunculan komputer hingga saat ini, bisa kita lihat bahwa mereka yang jago memainkan alat elektronik tersebut cenderung lebih disegani. Nah, SEO ada satu tingkatan di atas itu.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Buat Website Yayasan Profesional

Alhasil jika kamu bergabung dengan sebuah perusahaan tertentu, maka skill SEO bisa membuat kamu menjadi orang spesial.

Tak jarang mereka yang mengenal SEO selalu dijadikan sebagai ketua dari projek marketing tertentu.

Marketing merupakan proses yang menantang, apalagi jika dilakukan secara offline. Lain lagi jika kita melakukannya secara online, karena prakteknya bisa membuat perusahaan kebanjiran order.

Aktivitas pemasaran secara tradisional mengharuskan kita mencari pelanggan. Sebaliknya, mengimplementasikan SEO kepada website perusahaan akan membuat pelanggan mencari kita.

Makanya SEO saat ini dibutuhkan oleh semua jenis perusahaan, entah itu berskala kecil hingga sekelas unicorn dan internasional.

Berbagai Skill Dalam Satu Paket

Berbagai Skill Dalam Satu Paket

Dari semua ilmu yang kamu dapatkan, maka bisa diuangkan berkali-kali lipat. Katakanlah kamu tidak bergabung ke perusahaan dan lebih memilih untuk menjadi freelancer atau bahkan membuat perusahaan SEO sendiri.

Maka setiap step yang didapatkan dari kursus SEO itu bisa menjadi sumber cuan bagi kita. Misalnya, kita dapat cuan dari jasa riset keyword, juga cuan lainnya dari jasa backlinking. Jika kita serba bisa, maka potensi mencari uang di internet bisa begitu tinggi.

Tapi tentunya tak akan bisa dilakukan sendirian, karena masing-masing step pastinya membutuhkan tenaga dan waktu yang lumayan banyak. Terutama dalam pembuatan artikel yang biasanya dilakukan secara manual 100%.

Jadi jika mau, cobalah buat tim yang menyediakan berbagai macam jasa SEO dalam satu paket. Dikarenakan permintaannya yang sangat banyak, maka bisnis ini tak akan pernah redup sekalipun negara kita tercinta tengah terserang wabah penyakit.

Tak Sulit Mencari Rezeki

Ilmu tak berat untuk dibawa! Begitulah yang selalu dikatakan oleh orang tua kita dulu – dan memang benar adanya. Bahkan berkat ilmu SEO ini, kita akan dicari-cari orang agar kita bisa menjadi bagian dari mereka.

Semakin banyak skill yang kamu kuasai di bidang SEO, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan masa depan semakin terjamin.

Jadi tak heran jika Forbes menilai bahwa industri ini telah menghabiskan lebih dari $80 miliar dalam waktu singkat, karena saking banyaknya digunakan oleh para pemilik perusahaan dan produk yang ingin mereka perkenalkan dan jual kepada para konsumen.

Tingkatkan kemampuan kamu melalui kursus SEO, kemudian latihan secara langsung. Setelah itu, baru bisa merantau hingga ke negeri orang sebagai ahli SEO. Dijamin tak akan pernah sepi orderan, terutama di negara-negara maju seperti Inggris, Jepang, dan Amerika.

Bisa Work From Home

Bisa Work From Home

Trend di masa depan adalah bisa bekerja di rumah secara remote, dan masa depan yang ditunggu-tunggu itu telah sampai di masa sekarang.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Google Halaman 1 Profesional

Selain sebagai tuntutan dari kondisi saat ini, work from home atau bekerja di rumah sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern.

Itu artinya, kita wajib menguasai bidang-bidang pekerjaan yang hanya bisa dilakukan di rumah aja, dan salah satunya adalah SEO.

Sebagai bocoran, menurut sebuah survey CIO yang dilakukan oleh Enterprise Technology Research menyebutkan bahwa persentase bekerja secara remote alias work from home secara permanen akan berlipat ganda di seluruh dunia di akhir tahun 2021 menjadi 34,3%, dibandingkan dengan pra-pandemi yang hanya berkisar 16,4% saja.

Ini bisa menjadi ancaman bagi kita jika tak bisa ikut ke dalam gaya hidup modern saat sekarang. Jadi, persenjatai diri kamu sedini mungkin dengan memilih salah satu skill yang memungkinkan kita bekerja di rumah.

Bisa menjadi seorang penulis, forex trader, investor, programmer, atau SEO specialist seperti yang sudah dibahas panjang lebar di atas.

5/5 (1 Review)